Skip to main content

12 Keuntungan Kuliah Online yang Bisa Kamu Nikmati

12 Keuntungan Kuliah Online yang Bisa Kamu Nikmati
Kuliah Online

12 Keuntungan Kuliah Online yang Bisa Kamu Nikmati

Di era pandemi ini seluruh kegiatan belajar dilaksanakan dengan sistem online. Mulai ditutupnya sekolah-sekolah menimbulkan seluruh pelajar harus menyesuaikan kegiatan belajar mereka. Namun, bagi mereka yang sudah mahasiswa tentu ini bukan tantangan lagi. Sebab, mereka sudah paling dewasa dibandingkan dengan pelajar jenjang lainnya.

Kuliah online langsung bisa dilaksanakan berdasarkan surat keputusan rektor. Bahkan, bagi beberapa universitas, kuliah online bukanlah hal baru. Sebelumnya, sejumlah universitas tersebut sudah beberapa kali menerapkan kuliah online. Nah, bagi kamu mahasiswa tentu sudah tidak asing lagi dengan sistem kuliah online. Inilah keuntungan kuliah online yang bisa kamu nikmati. Apa saja?

TOC / Daftar Isi

Tidak Perlu Lelah dengan Mobilitas

Saat kulian offline dahulu, jam kuliah yang tidak penuh waktu membuat mahasiswa harus mengikuti kegiatan lain seperti UKM. Hal tersebut selain bermanfaat untuk mengisi waktu luang juga berguna bagi pengembangan diri. Alhasil, mereka harus berpindah-pindah tempat dengan cepat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Keuntungan kuliah online salah satunya mahasiswa tidak perlu repot berpindah-pindah tempat. Tentunya hal ini bisa mengefektifkan waktu untuk melakukan kegiatan lebih banyak. Mereka cukup duduk di depan komputer dan mengerjakan tugas. Hasilnya,lebih praktis, santai dan fleksibel.

Back to Content ↑

Lebih Banyak Waktu di Rumah

Tentu saja, dari namanya, kuliah online bisa dilakukan di mana saja asalkan terkoneksi dengan jaringan internet. Tempat paling aman dan nyaman adalah di rumah. Memang kuliah online harus dilakukan di rumah demi menghindari penularan virus corona. Belajar dan kuliah di rumah menjadikan mahasiswa memiliki lebih banyak waktu berada di rumah.

Hal ini sangat menguntungkan anak kost dan anak rantau. Mereka tidak perlu lagi merasakan kangen rumah. Selain itu, mereka tidak perlu repot lagi memesan tiket mudik. Hal ini dirasa sangat meringankan sebagian pikiran mereka. Mahasiswa tetap bisa melakukan aktivitas rumah.

Back to Content ↑

Waktu Tidak Banyak Terbuang di Perjalanan

Seringkali anak rantau harus menempuh perjalanan beberapa jam untuk bolak balik dari rumah ke kampus. Akhirnya, hal ini memakan banyak waktu. Padahal, waktu perjalanan tersebut bisa digunakan untuk mengerjakan tugas lain. Nah, saat kuliah online tidak berlaku demikian. Yang ada waktu menjadi lebih efisien karena tidak banyak terbuang dalam perjalanan.

Kamu juga lebih fleksibel mengatur waktu di rumah. Bisa bekerja dengan cepat dan memaksimalkan waktu yang tersedia. Kamu bisa menyeimbangkan jadwal kuliah dengan tugas. Dengan begitu, waktu kamu akan terdistribusi maksimal.

Back to Content ↑

Menghemat Energi

Saat kuliah online, kamu tidak membutuhkan banyak energi, hal ini karena kamu bisa mengikuti kuliah di kamar sehingga terbatas dalam pergerakan. Keadaan ini membuatmu tidak mudah lelah meskipun resikonya badan kamu harus selalu dalam keadaan sehat.

Karena sistem online dan hemat energi, usahakan kamu mengikuti seluruh kelas dengan baik ya! Justru kemudahan kuliah daring ini harus kamu syukuri dengan mengikuti kuliah secara rajin dan mengatur waktu dengan baik.

Back to Content ↑

Bisa Mengatur Waktu Belajar Sendiri

Salah satu keuntungan kuliah online lainnya adalah waktu belajar bisa kamu atur sendiri. Dalam artian kamu tidak harus terpaku pada jadwal kuliah yang sesungguhnya. Sebab, sistem daring ini tidak memakan banyak waktu. Kebijakan ini ditetapkan dengan memperhatikan kuota dan jaringan para mahasiswa.

Dengan begitu, saat live kuliah telah selesai, tetapi jam kuliah masih panjang, kamu bisa mengatur kapan kamu akan belajar. Tentunya waktu ini lebih fleksibel, yang terpenting kamu bisa mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. Sebenarnya boleh saja menunda tugas. Namun, kamu harus mengerti bagaimana pola belajar kamu. Hal ini bisa coba kamu analisis sendiri.

Back to Content ↑

Kuliah Bisa Sambil Makan

Hayo siapa yang saat kuliah di kelas sering merasa lapar? Biasanya para mahasiswa menanti jam istirahat dan segera menyerbu kantin. Akan tetapi, pada masa pandemi dengan kuliah daring ini, kamu bisa makan kapanpun yang kamu mau. Misalnya saat menyimak materi kuliah, kamu bisa sambil makan asalkan dosenmu tidak mensyaratkan untuk on camera itu aman.

Beberapa dosen malah membolehkan mahasiswanya makan makanan ringan. Asalkan mereka tetap mengikuti kuliah dengan baik dan mengerjakan tugas. Namun, jangan terlalu fokus pada makanan juga. Perhatikan barangkali selama penyampaian materi, nama kamu dipanggil untuk sekadar menjawab pertanyaan.

Back to Content ↑

Menghemat Uang

Saat pandemi ini, alokasi uang untuk transportasi kini berpindah menjadi alokasi untuk kuota. Namun, jika dihitung, biaya ini lebih hemat lho! Pasalnya, kamu yang setiap hari bolak balik ke beberapa tempat dalam satu kampus pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika dibandingkan membeli kuota, biaya kuota ini lebih murah.

Bahkan, subsidi kuota dari pemerintah saat ini sudah dicairkan untuk membantu mahasiswa. Nah, kurang nikmat apalagi coba?

Back to Content ↑

Makan Lebih Terjamin

Anak kost pasti merasakan kebingungan menu makanan. Apalagi mereka dengan jadwal padat terkadang tak punya waktu memesan makanan. Alhasil, anak kost dicirikan kurang sejahtera. Berbeda saat kondisinya kuliah daring. Kamu bisa menikmati makanan rumah yang enak dan sesuai keinginan.

Lebih menarik lagi bagi kamu yang hobi masak. Kamu bisa makan sesuka hati. Pola makan ini menjadi kesenangan tersendiri ketika berada di rumah. Bagaimana tidak, saat di kost kadang terpaksa harus makan olahan kuliner di daerah perantauan.

Back to Content ↑

Jadwal Lebih Leluasa

Anak rantau pasti merindukan kampung halaman bukan? Terkadang jika boleh, mereka lebih ingin menjalani kuliah di rumah tanpa harus meninggalkan lingkungan sekitar. Nah, akhirnya keinginan ini terwujud saat sistem kuliah daring. Jadwal kuliah menjadi lebih leluasa karena bisa dilakukan dimanapun.

Back to Content ↑

Ketika Sakit Masih Bisa Ikut Kuliah

Satu penghalang kamu tidak bisa hadir adalah karena sakit. Akan tetapi, saat kuliah daring kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga yang besar. Artinya, saat sakit pun kamu tetap bisa mengikuti kuliah dengan berbaring dari kasur. Untuk mengatasi on camera, kamu bisa menggunakan virtual background agar tak terlihat jelas tempatmu menyimak materi.

Dengan ini, meskipun terlihat kurang maksimal, yang penting kamu bisa mengisi absensi. Kamu tidak perlu khawatir karena kondisi kesehatan yang kurang baik. Kamu bisa menyusul tugas setelah istirahat cukup.

Back to Content ↑

Bisa Mengikuti Kursus atau Seminar Secara Online

Jika saat di kampus kamu terbatas dalam mengikuti kursus seperti TOEFL, saat kuliah daring kamu bisa mengikuti kursus secara online. Waktu kursus ini lebih fleksibel karena sistemnya yang online. Alhasil, kamu bisa tetap mengembangkan skill sembari mengikuti kuliah secara lancar. Sambil menyelam minum air, begitulah peribahasa yang dirasa tepat menggambarkan keunggulan ini.

Back to Content ↑

Lebih Praktis saat Sidang Skripsi

Pandemi memang menghambat bimbingan bagi mereka mahasiswa semester akhir. Namun, kondisi ini menguntungkan karena lebih praktis. Sebab, seringkali mahasiswa kesulitan dalam menemui dosen untuk konsultasi. Dengan sistem online, mahasiswa bisa lebih fleksibel dalam menghubungi dosen.

Back to Content ↑

Kuliah daring ternyata cukup menarik bukan? Yang terpenting kamu menikmati waktu belajar ilmu jurusanmu ya. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!