Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Atasi Cemas Selama Pandemi dengan 5 Hal Berikut!

Atasi Cemas Selama Pandemi dengan 5 Hal Berikut!
Pandemic

Atasi Cemas Selama Pandemi dengan 5 Hal Berikut!

Apa kabar daerah tempat tinggal kamu? Apakah daerahmu termasuk salah satu daerah yang mulai menerapkan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk tahap kedua? Kalau iya, berarti kamu harus tetap semangat dan berusaha agar tidak mengalami rasa cemas yang berlebihan ya!

Saat masa pandemi seperti saat ini, perasaan sedih, takut, dan cemas adalah hal yang sangat umum terjadi. Khususnya bagi kamu yang kegiatan sehari-harinya selalu keluar rumah dan bertemu dengan banyak orang. Rasanya pasti akan sangat berbeda dan butuh proses adaptasi yang tidak sebentar.

Selain itu, ketidakpastian kapan pandemik Covid-19 ini akan selesai juga menjadi salah satu faktor perasaan cemas yang selalu menghantui kita. Hal ini disebabkan karena artinya kita harus melakukan isolasi mandiri di rumah dan juga melakukan pengurangan kegiatan yang biasa kita lakukan sehari-hari.

Meskipun demikian, kita tidak boleh membiarkan rasa cemas ini menghantui dan berpengaruh pada kesehatan mental kita nantinya. Pada akhirnya kita malah putus asa atau yang terburuk malah terkena penyakit yang disebabkan oleh gangguan psikis. Penyakit tersebut akrab dikenal dengan nama psikosomatik.

Selain berpengaruh pada kesehatan mental, hal tersebut juga akan membuat menurunnya tingkat imunitas yang kita punya. Oleh karena itu, kita harus bisa mengatasi rasa cemas tersebut dengan melakukan beberapa tips berikut. Apa saja ya? Yuk, disimak!

TOC / Daftar Isi

Jangan Percaya Pada Hoax yang Bertebaran, Tetaplah Berserah Diri Kepada Tuhan yang Maha Esa

Sudah menjadi rahasia umum, bahwasanya segala sesuatu yang ada di dunia ini berasal dari pemberian Tuhan Yang Maha Esa dan akan kembali lagi kepada-Nya. Lalu, mengapa kita harus khawatir dan merasa sedang tidak beruntung?

Sebenarnya, daripada kita selalu menghabiskan waktu dengan melakukan berbagai kegiatan yang kurang bermanfaat, lebih baik kita melakukan ibadah yang rutin. Ibadah sesuai dengan agama kita masing-masing tentunya.

Kita bisa berdoa dan meminta ke Tuhan agar segera membuat pandemic yang melumpuhkan hampir seluruh negara di dunia ini cepat selesai. Sebab, kita pasti tahu bahwasanya manusia hanya bisa merencanakan dan mengusahakan, tetapi semuanya bergantung pada kekuasaan Tuhan bukan?

Back to Content ↑

Social Distancing Bukan Berarti Memutuskan Hubungan dengan Sekitar, Tetaplah Berhubungan melalui Dunia Maya

Kebijakan work from home atau yang akrab dikenal dengan sebutan WFH dari pemerintah mendorong kita untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. WFH pun telah diterapkan oleh berbagai perusahaan sesuai dengan instruksi yang diberikan pemerintah. Hal ini bertujuan untuk menekan angka penyebaran Virus Covid-19 yang tak kunjung mereda.

Diterapkannya kebijakan yang terkesan baru ini tentu mau tidak mau membuat interaksi kita dengan banyak orang semakin berkurang. Khususnya saat melakukan physical dan social distancing. Hal ini biasanya akan berdampak kita yang merasa semakin kesepian di tengah masa Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Kita tidak boleh membiarkan rasa kesepian ini terus-menerus menghantui kita dan pada akhirnya membuat kita cemas dan depresi berlebihan. Maka dari itu, meskipun kita harus mengurangi interaksi secara fisik, tetapi kita masih bisa terhubung melalui dunia maya bukan?

Kita harus tetap menjaga tali silaturahmi dan rasa persaudaraan dengan teman, rekan kerja, dan keluarga tetap terjalin dengan baik. Apalagi, di zaman serba digital seperti saat ini interaksi melalui dunia maya sudah bukan menjadi suatu hal yang tabu.

Kita bisa memanfaatkan berbagai aplikasi live conference untuk mendukung kegiatan tersebut. Pastikan juga bahwa hal yang kita bahas nantinya bukan hanya perihal pandemi Covid-19 dan akhirnya berujung pada rasa cemas yang semakin bertambah. Lebih baik kita mengisi topik pembicaraan seputar berbagi cerita dan focus pada hal-hal penting lainnya.

Back to Content ↑

Ubah Perilaku Terdahulu, Mulai Sekarang Lakukanlah Segala Kegiatan Sesuai Protokol Kesehatan

Protokol kesehatan, mungkin kebanyakan dari kita sudah sangat akrab dengan kalimat tersebut. Memang benar, di masa pandemi seperti saat ini, pemerintah kita akhirnya memutuskan untuk “berteman” dengan Virus Covid-19.

Hal ini disebabkan karena jika kita tetap terus melakukan perlawanan, maka dapat dipastikan roda ekonomi negara akan benar-benar runtuh. Dengan demikian, kita tetap diperbolehkan beraktivitas seperti biasa, tetapi dengan syarat patuh dan menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat.

Dalam menjalani protokol kesehatan, ada beberapa persyaratan yang harus kita siapkan dan lakukan. Dimulai dari selalu menggunakan masker kalau bepergian, mencuci tangan dengan sabun secara rutin, dan selalu menyiapkan hand sanitizer.

Selain itu, ada satu persyaratan yang membuat kita harus benar-benar beradaptasi untuk menerima dan melakukannya. Jika dulu kita selalu bersalaman dan bertegur sapa saat bertemu, berbeda jauh saat masa penerapan PSBB seperti saat ini. Kita diwajibkan harus menerapkan baik social dan physical distancing di manapun kita berada.

Meskipun demikian, ini tidak membuat terputusnya tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat dekat bukan? Kamu masih bisa menjalin silaturahmi dengan mengandalkan alat komunikasi di dalam dunia maya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Saat melakukan kegiatan sesuai dengan protokol kesehatan, kita masih diperkenankan untuk bertukar sapa dan mengobrol dengan orang di sekitar kita. Bedanya, sekarang kita harus menghindari kontak fisik yang menjadi salah satu tempat termudah penularan Virus Covid-19.

Kontak fisik yang dimaksud bisa seperti berpelukan, bersalaman, dan juga cium tangan atau pipi. Selain itu, kita juga diharuskan untuk menjaga jarak minimal 1 meter saat mengantri atau berbicara dengan orang secara tatap muka.

Back to Content ↑

Kamu Perokok atau Peminum? Untuk Sekarang Cobalah Berhenti Terlebih Dahulu

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang suka merokok atau minum-minuman keras? Sebaiknya, untuk sekarang kamu harus menghentikan aktivitas ini. Mungkin memang terkesan bisa membuat rasa cemas kita bisa hilang dalam sekejap, tetapi hal ini tidak akan bertahan lama.

Saat kita merokok dan minum-minuman keras serta menggunakan obat-obatan terlarang, dapat dipastikan bahwasanya kesehatan kita akan semakin menurun. Hal ini pastinya bukan solusi yang tepat, mengingat Virus Covid-19 sangat mudah tertular ke orang yang mempunyai imunitas tubuh rendah.

Sebaiknya, daripada kita memilih jalan yang kurang bermanfaat seperti itu, bukankah lebih baik kita memilih jalan yang benar? Berkonsultasi dengan tenaga kesehatan atau ahli psikologi misalnya. Selain tepat, mereka adalah orang yang sudah berpengalaman menangani berbagai macam masalah yang terjadi karena hal seperti ini

Nantinya, kita bisa berkomunikasi secara langsung dan menceritakan segala keluh kesah kita selama menjalani masa PSBB yang sangat membosankan. Pada akhirnya, kita bisa mendapatkan pertolongan kesehatan fisik dan jiwa sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Back to Content ↑

Jangan Langsung Percaya! Lebih Baik Mencari Informasi yang Benar-Benar Valid

Sudah sangat umum terjadi, bahwasanya saat masa-masa seperti saat ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum jahat untuk menyebarkan hoax. Kebanyakan orang yang daya literasinya rendah pasti akan langsung mempercayai apapun yang mereka sedang baca. Padahal, hal seperti ini sangat tidak dianjurkan.

Alangkah baiknya kita mencari sumber informasi yang benar-benar valid untuk mengurangi rasa cemas di tengah pandemi Virus Covid-19 seperti sekarang. Carilah sumber-sumber yang benar-benar bermanfaat dan bukannya malah menyesatkan.

Misalnya saja kita bisa mengakses melalui website resmi pemerintah di Covid19.go.id guna mengetahui kabar terbaru seputar perkembangan pandemi. Selain itu, kita juga bisa langsung menghubungi hotline center Covid-19 untuk mendapatkan informasi yang jelas dan valid.

Kita tidak boleh mudah percaya pada informasi yang tersebar di internet. Selain itu, hindari juga menyebarkan informasi yang belum dapat dipastikan kebenarannya. Hal ini bertujuan agar kita tidak menyebabkan kepanikan nantinya. Sebab, bukan hanya rantai penyebaran Virus Covid-19 yang harus dihentikan, tetapi juga penyebaran berita hoax.

Back to Content ↑

Demikian pembahasan tentang Atasi Cemas Selama Pandemi dengan 5 Hal Berikut! yang telah Kami sajikan dalam pembahasan terbaru kali ini. Demikianlah pembahasan artikel ini Kami buat.

Dan terimakasih karena telah mengunjungi portal blog teknologi Kami. Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan share artikel ini agar semakin bermanfaat.