Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

7 Alasan Menggunakan Lightroom dan Cara Menginstalnya

 7 Alasan Menggunakan Lightroom dan Cara Menginstalnya
Lightroom Mobile

7 Alasan Menggunakan Lightroom dan Cara Menginstalnya

Lightroom Mobile adalah aplikasi edit video yang banyak diminati banyak orang. Fiturnya yang lengkap dan mudah dioperasikan menjadi alasan mengapa Lightroom jadi favorit bagi kebanyakan orang.

Dengan Lightroom Mobile, Anda dapat membuat direktori sebanyak yang Anda mau, serta menyelaraskannya dengan perangkat lain. Semua ini dilakukan dari antar muka yang elegan dan mudah digunakan. Anda pun dapat menggunakan pintasan gestur untuk melakukan sejumlah tindakan yang sudah familier dalam cara yang lebih mudah.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan secara free. Untuk lebih mengenal Lightroom, inilah beberapa alasan mengapa aplikasi ini banyak digemari banyak orang;

TOC / Daftar Isi

Mendukung Format File RAW

Bagi para fotografer profesional, mengambil gambar dalam format RAW memang sangat disarankan. Sebab, foto dalam format RAW akan menangkap semua data gambar yang direkam oleh sensor kamera, berbeda dengan format JPEG yang datanya terkompresi. Namun, aplikasi edit foto di handphone jarang mendukung format file RAW.

Pengguna Lightroom juga patut berbangga hati, sebab dukungan format RAW sudah tersedia sejak 2016. Dengan fitur ini, kita bisa mengimpor dan mengedit foto dalam format RAW lewat handphone. Tak perlu lagi bersusah payah mengedit foto berformat RAW lewat PC, cukup dengan sentuhan jari di layar handphone.

Back to Content ↑

Tersedia Fitur Sinkronisasi Cloud

Fitur ini menjadi salah satu kekuatan terbesar dari aplikasi Lightroom Mobile. Anda dapat menyimpan foto yang sedang di edit di cloud serta dapat diakses lewat perangkat apapun.

Jadi, Anda dapat mengedit melalui PC lalu kemudian bisa melanjutkannya kembali melalui handphone ataupun tablet, sehingga setelahnya bisa langsung diunggah ke media sosial ketika deadline sudah mepet.

Fitur satu ini juga sangat membantu Anda dalam menyimpan atau membackup file foto yang akan atau sudah diedit, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir akan kehilangan file tersebut.

Back to Content ↑

Fitur Untuk Mengedit Foto yang Sangat Lengkap

Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan aktivitas mengedit foto standar, seperti mengatur pencahayaan, highlight, bayangan, rona putih dan hitam, dan urusan mengedit biasa lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat mengedit warna dengan mengedit suhu warna, corak, vibrance, hingga saturasi. Untuk mengatur efeknya Anda hanya perlu mengubahnya dibagian tekstur, kejernihan, efek kabut, vignette, serta grain.

Anda juga dapat menajamkan foto, mengurangi noise dan mengedit foto dengan preset instan yang tersedia. Namun tidak semua fitur dapat Anda gunakan secara cuma-cuma.

Selain itu, ada juga beberapa fitur yang hanya dapat Anda buka dengan melakukan upgrade prabayar. Berikut beberapa fitur yang dapat Anda gunakan di aplikasi Lightroom Mobile;

  • No Root
  • Unlimited Layer
  • Export Gambar Full HD
  • No Ads
  • Update Preset
  • Custom Preset
  • Update Cleaning
  • Tambah Watermark
  • Filter Color Lebih Beragam.

Back to Content ↑

Memiliki Interface yang Mudah Dipahami

Aplikasi Lightroom Mobile dapat dikatakan unggul dari segi User Interface (UI). Setelah selesai mengunduh, Anda akan diarahkan untuk login atau membuat akun baru. Dan selanjutnya Anda dapat langsung menambahkan ataupun mengimport foto.

Dengan hanya sekali klik saja, Anda sudah dapat langsung mengedit foto sesuka Anda. Lightroom Mobile ini memiliki desain yang elegan serta mudah dipahami. Tombolnya yang jelas dengan fitur-fiturnya yang tertata rapi akan memudahkan Anda dalam mengedit. Sangat terlihat simple namun berkelas.

Back to Content ↑

Fitur Web Sharing

Fitur web sharing ini memudahkan Anda untuk berbagi foto dengan orang lain. Cukup Anda klik tiga titik vertikal di sebelah kanan atas, lalu klik "Tambahkan Ke". Kemudian klik ikon "+" dibagian kanan atas dan pilih "Buat Album Baru".

Jika sudah, Anda dapat membagikan dan mengundang teman untuk melihat-lihat album foto tersebut. Foto ini akan disinkronkan secara langsung sehingga perubahan yang Anda buat akan selalu tersimpan dengan aman. Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda hanya perlu membayar member premium seharga Rp. 67.000 per bulan.

Back to Content ↑

Kita Bisa Membuat dan Menyimpan Preset Sendiri

Setelah mengedit foto, Anda dapat menyimpan preset sendiri. Caranya adalah dengan menekan tiga titik vertikal di bagian kanan atas, lalu klik "Buat Preset". Selanjutnya Anda dapat menamai preset Anda sendiri dan menyimpannya. Anda juga dapat membuat grup preset untuk mengelompokkan preset sesuai kategori yang Anda inginkan.

Fitur yang satu ini memudahkan Anda untuk tidak lagi mengedit secara manual. Cukup memilih preset yang Anda ingin maka foto akan diedit secara otomatis.

Back to Content ↑

Super Lengkap dan Ada Fitur Kamera di Dalamnya

Bukan hanya memiliki seperangkat fitur yang lengkap, Lightroom Mobile juga mempunyai aplikasi kamera built-in di dalamnya. Untuk mengaksesnya, Anda hanya perlu menekan ikon kamera. Fitur pada kamera built-in ini juga cukup lengkap seperti mengatur rasio foto, ada pula timer yang bisa kita atur dengan pilihan 2 detik, 5 detik, dan 10 detik.

Kabar baiknya, untuk Anda pengguna Android yang gemar berfoto kini aplikasi Lightroom Mobile dapat diunduh secara cuma-cuma. Dimana sebelumnya, aplikasi ini mengharuskan Anda untuk membayar biaya bulanan agar dapat menggunakannya secara full.

Hanya saja, pengguna tetap memerlukan akun berlangganan Creative Cloud jika ingin mendapatkan fitur sinkronisasi dengan aplikasi Lightroom versi desktop.

Lightroom versi desktop sendiri sangatlah populer di kalangan fotografer, karena menawarkan opsi penyesuaian yang sangat lengkap dan interface yang mudah untuk dipahami. Lightroom Mobile pun demikian, mengusung sederet tool yang sangat komplit. Apalagi dibandingkan dengan aplikasi edit foto sederhana yang lain.

Lightroom Mobile pada Android juga sanggup mengedit foto dalam format DNG. Seperti yang Anda tahu, saat ini handphone Android di kelas flagship tengah berlomba memberikan dukungan pemotretan dalam format mentah ini, yang kemudian bisa disunting secara rinci dan hasilnya akan lebih menawan daripada format JPEG.

Lewat aplikasi Lightroom Mobile juga Anda dapat mempelajari dan membangun skill fotografi Anda dengan cepat, yaitu melalui kontrol kamera ponsel. Dapatkan inspirasi dengan adanya tutorial yang interaktif dan pelajari cara menggunakan editor foto secara maksimal.

Anda hanya perlu mengikuti langkah demi langkah yang dikuratori oleh sesama fotografer. Anda bisa mempelajari dasar-dasarnya atau kuasai fitur terbaru hanya dalam waktu singkat.

Back to Content ↑

Cara Install Lightroom

Cara menginstal aplikasi Lightroom Mobile ada dua cara, yaitu dengan melewati Handphone ataupun PC. Berikut ulasannya;

a) Menginstall aplikasi Lightroom Mobile melalui PC

  • Buka browser pada PC Anda (Chrome, Mozilla, dan sebagainya)
  • Ketik download "Lightroom Mobile" sehingga akan muncul beberapa referensi.
  • Klik download dan tunggu beberapa saat hingga proses unduh selesai. Selama menunggu unduhan selesai masuklah kedalam pengaturan-keamanan dan centang pada opsi settingan "Instal dari sumber tidak dikenal"
  • Setelah unduhan selesai cari file di menu download dan lakukan penginstalan
  • Pilih YES atau NEXT untuk ke tahap selanjutnya
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi siap untuk digunakan.

b) Menginstall aplikasi Lightroom Mobile melalui Handphone

  • Buka aplikasi Play Store atau App Store pada perangkat smartphone
  • Ketik Lightroom Mobile hingga muncul beberapa referensi
  • Klik install
  • Tunggu beberapa saat hingga proses download selesai
  • Setelah muncul tanda "buka" maka silahkan Anda klik
  • Anda sudah langsung dapat menggunakan aplikasi ini.

Back to Content ↑

Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya demi mendapatkan gambar yang lebih ciamik? Selamat mencoba, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!