Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Apa Bedanya Terapi Anak Autis, Down Syndrome dan Speech Delay?

Apa Bedanya Terapi Anak Autis, Down Syndrome dan Speech Delay?
Apa Bedanya Terapi Anak Autis, Down Syndrome dan Speech Delay?

Apa Bedanya Terapi Anak Autis, Down Syndrome dan Speech Delay?

Pada umumnya, anak akan mulai bicara dimulai usia 1 tahun, yang dimulai dengan melafalkan 2-3 kata. Namun jika ternyata, di usia tersebut, anak belum bisa mengucapkan 1 kata pun, maka bisa dimungkinkan anak tersebut mengalami gejala autis, yang membuatnya harus menjalani terapi anak autis.

Namun sebenarnya, tidak semua anak yang belum pandai berbicara dikategorikan sebagai anak autis, karena bisa saja anak tersebut mengalami down syndrome, yang mengharuskannya untuk menjalani terapi anak down syndrome. Kemungkinkan lainnya, anak tersebut hanya mengalami gejala speech delay.

TOC / Daftar Isi

Apa Itu Terapi Anak Autis dan Down Syndrome?

Secara umum, gangguan bicara pada anak bisa terdeteksi sejak anak umur 1 hingga 1,5 tahun. Dimana jika pada anak di usia tersebut ternyata belum bisa mengucapkan 2-3 kata, maka anak tersebut mungkin saja mengalami keterlambatan bicara, yang sering dikenal dengan speech delay.

Dimana untuk anak yang mengalami speech delay tersebut pada umumnya, akan disarankan untuk mengikuti terapi bicara anak. Namun sebenarnya, gangguan bicara bisa saja terjadi pada anak yang mengalami gejala autis maupun down syndrome.

Dimana pada anak yang mengalami salah satu gejala tersebut, besar kemungkinan bisa mengalami gangguan bicara. Karena seperti diketahui, beberapa gejala yang bisa terlihat dari anak autis dan juga down syndrome yaitu mengalami keterlambatan motorik maupun sensorik, yang mana salah satunya adalah keterlambatan dalam berbicara maupun berjalan.

Dengan kata lain, sebelum mengklaim bahwa anak Anda mengalami speech delay, autis, maupun down syndrome, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak maupun psikolog anak.

Dengan demikian, Anda bisa mengambil keputusan apakah anak Anda layak untuk mendapat terapi anak autis, terapi untuk down syndrome, ataukah hanya mengikuti terapi bicara untuk gejala speech delay.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat terapi anak down syndrome, tentunya akan sangat berbeda dengan terapi bicara untuk anak yang mengalami gejala autis, maupun bagi anak yang terdeteksi speech delay.

Back to Content ↑

Mengenali Perbedaan Antara Speech Delay, Gangguan Bicara pada Anak Autis dan juga Down Syndrome

Sekedar informasi, autis merupakan suatu kondisi dimana anak ataupun seseorang mengalami permasalahan pada syaraf, yang mengakibatkan anak/orang tersebut mengalami kesulitan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang sekitarnya.

Sementara down syndrome yaitu suatu kondisi yang memungkinkan seseorang memiliki kecerdasan yang pada umumnya berbeda dengan orang kebanyakan, yang mana kecerdasan ini menyangkut kemampuan untuk merespon sesuatu dalam batas di bawah rata-rata.

Dengan kata lain, seseorang yang mengalami salah satu dari kedua gejala tersebut pada umumnya akan mengalami keterlambatan dalam hal berbicara maupun berjalan. Oleh karena itu, untuk memastikan hal tersebut, memang disarankan untuk meminta bantuan dokter anak dan juga psikologi.

Dimana biasanya, dokter anak dan juga psikologi anak tersebut akan melakukan sejumlah observasi, yang mana pada akhirnya akan ditemukan sejumlah bukti yang menguatkan, apakah anak yang mengalami gangguan bicara tersebut merupakan anak dengan gejala autis, down syndrome maupun hanya sekedar speech delay.

Dengan demikian, untuk anak autis, maka nantinya akan disarankan untuk mengikuti terapi anak autis. Begitu juga dengan anak yang terdeteksi down syndrome, maupun speech delay, kedua orang tua dari anak tersebut akan diminta untuk mendaftarkan anak mereka untuk melakukan terapi sesuai dengan gejala yang dialami oleh anak tersebut.

Sedangkan speech delay biasanya terdeteksi pada anak yang tidak mengalami kedua gejala tersebut, namun mengalami gangguan bicara. Ada beberapa penyebab yang bisa membuat anak bisa mengalami speech delay. Bisa saja dikarenakan mengalami permasalahan pada pendengaran, hiperaktif, dan yang lainnya.

Dengan kata lain, anak yang mengalami autis dan down syndrome, besar kemungkinan akan mengalami gangguan bicara maupun berjalan. Namun tidak semua anak yang mengalami gangguan bicara dikatakan sebagai anak autis dan juga down syndrome.

Dimana gangguan bicara yang terjadi pada anak yang tidak mengalami gejala autis dan down syndrome tersebut dikenal dengan istilah speech delay. Oleh karena itu, orang tua yang memiliki anak yang mengalami speech delay, memang disarankan untuk mendaftarkan anak mereka untuk mengikuti terapi bicara anak.

Back to Content ↑

Aktivitas yang Dilakukan di Kelas Terapi untuk Anak Autis

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa terapi anak autis akan berbeda dengan terapi untuk anak down syndrome maupun speech delay. Perbedaan tersebut bisa terlihat dari materi yang diberikan, aktivitas yang dilakukan pada saat melakukan terapi, pengobatan medis (jika diperlukan), serta beberapa hal yang memang harus dilakukan oleh si anak dan juga orang tuanya.

Oleh karena itu, sebelum Anda mendaftarkan anak Anda untuk melakukan terapi bicara anak, ada baiknya Anda memeriksakan anak Anda tersebut ke dokter anak. Dari hasil konsultasi tersebut akan diketahui, apakah memang harus mendaftarkan anak Anda tersebut ke pusat terapi untuk anak down syndrome, autis, maupun terapi untuk speech delay.

Pada umumnya, pusat terapi wicara terdiri dari terapi anak autis, down syndrome dan juga terapi bicara untuk gejala speech delay. Dimana biasanya, pusat terapi tersebut juga dilengkapi dengan konsultasi dokter anak dan juga psikolog anak, untuk membantu orang tua dalam mendeteksi gejala gangguan bicara pada anak.

Khusus untuk anak yang mengalami gejala autis, beberapa materi dan aktivitas yang diberikan/dilakukan selama terapi diantaranya:

  • Observasi dan analisis mengenai perilaku anak
  • Pelatihan mengenai keterampilan
  • Melakukan terapi okupasi, yaitu melakukan terapi pada anak agar anak tersebut bisa melakukan semua aktivitas secara mandiri
  • Memberikan terapi fisik
  • Melakukan terapi berupa integrasi sensorik
  • Jika diperlukan, pakar terapi (terapis) akan memberikan terapi dengan menggunakan suatu alat tertentu, yang berhubungan dengan teknologi, pemberian obat tertentu, hingga memberikan metode diet yang diperlukan oleh setiap anak yang mengalami gejala autis

Back to Content ↑

Alejo Academy, Pusat Terapi Bicara untuk Anak Autis, Down Syndrome dan juga Speech Delay

Salah satu pusat terapi bicara (wicara) yang melayani terapi untuk anak yang mengalami speech delay, anak autis dan juga down syndrome yaitu Alejo Academy, yang berlokasi di kota Surabaya. Dimana pusat terapi bicara anak tersebut memberikan metode terapi, berdasarkan usia anak, yang terdiri dari kelas/kategori Paud, TK, dan juga sekolah dasar.

Dalam pelayanannya, Alejo Academy akan memberikan terapi bicara pada anak, dengan melibatkan orangtua dari masing-masing anak. Dengan kata lain, selain mengikuti kelas terapi sendiri, pada beberapa kesempatan, Alejo Academy akan memberikan kelas khusus yang melibatkan orang tua dan juga anak.

Hal ini dilakukan, agar ikatan emosional anak dan orang tua bisa ikut terjalin selama proses terapi berlangsung, yang mana hal ini bisa turut mempengaruhi keberhasilan dari terapi tersebut. Bukan hanya itu saja, salah satu keunggulan dari pusat terapi yang berada di Jalan Arif Rahman Hakim Ruko Klampis 21 Blok G-2 Surabaya ini yaitu memiliki terapis, dokter anak, dan psikolog anak yang berkompeten di bidangnya.

Sementara dalam proses terapi yang dilakukan, setiap anak akan dibantu oleh 1 orang terapis. Dengan kata lain, 1 anak 1 terapis. Hal ini berlaku untuk terapi anak autis, down syndrome, maupun terapi untuk speech delay.

Keunggulan lainnya yaitu Alejo Academy yaitu memiliki fasilitas gedung yang memadai, yang terdiri dari ruang terapi, ruang observasi, taman bermain anak, ruang konsultasi dokter anak, serta ruang konsultasi untuk psikolog anak.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kelas terapi untuk anak down syndrome, terapi anak autis, maupun terapi speech delay, Anda bisa menghubungi Alejo Academy di nomor (031) 5992501, maupun melalui pesan whatsapp di nomor 0812-3235-808. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Back to Content ↑