Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Smart Home System: Tentang dan Fungsi Kegunaannya dalam Membuat Kemudahan

Smart Home System: Tentang dan Fungsi Kegunaannya dalam Membuat Kemudahan
Smart Home System: Tentang dan Fungsi Kegunaannya dalam Membuat Kemudahan

Smart Home System: Tentang dan Fungsi Kegunaannya dalam Membuat Kemudahan

Berikan tingkat kualitas hidup yang lebih efisien, fleksibel dan mudah dengan memanfaatkan layanan perangkat smart home system atau sistem rumah pintar. Hal ini akan memberikan dampak positif tersendiri bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu mengurus rumah. namun, sebelumnya kenali dahulu apa itu rumah pintar dan kegunaan sebenarnya di bawah ini.

TOC / Daftar Isi

Tentang Sistem Rumah Pintar

Smart home system atau dalam bahasa Indonesianya ialah sistem rumah pintar, yakni sebuah sistem perangkat yang menjadikan segala hal di dalam rumah menjadi lebih canggih, seluruh perangkat menjadi saling terhubung, ini memungkinkan pemilik rumah untuk mengendalikannya dengan secara remote.

Jelasnya, rumah pintar ini merupakan hunian berbasiskan teknologi yang mana teknologi ini disematkan dan memiliki fungsi sebagai pengatur dan pengontrol otomatis dari jarak jauh, dimanapun dan kapanpun si pemilik inginkan. Pengaturan ini membutuhkan perangkat seluler sebagai remote controlnya.

Dari segi tampilan rumah pintar tidak jauh berbeda dengan rumah konvensional biasanya, tetapi dalam rumah pintar, Anda sebagai pemiliknya dapat mengontrol berbagai fasilitas dalam rumah semisalnya menghidupkan atau mematikan TV, mengatur suhu ruangan, mengendalikan keamanan rumah hingga mengatur pencahayaan dari jarak jauh.

Dengan adanya rumah pintar Anda bisa mendapatkan berbagai kemudahan, sehingga ini akan memberikan kenyamanan yang mumpuni. Sebab dengan sistem dapat membantu Anda melakukan berbagai aktivitas rumah. sekalipun Anda meninggalkan rumah tersebut, Anda tetap bisa mengontrol sistem keamanan setiap saat. Bagaimana? Sungguh luar biasa sekali bukan menggunakan perangkat fitur sistem rumah pintar ini?

Back to Content ↑

Perlengkapan Sistem Rumah Pintar

Setidaknya sistem rumah pintar dapat bekerja dengan lebih maksimal dengan adanya 2 (dua) perlengkapan di bawah ini yakni:

Back to Content ↑

1. Smart Bulb

Smart light bulb atau smart bulb menjadi bagian perangkat yang banyak disukai oleh sejumlah orang. Sebab smart bulb ini dapat memungkinkan pengguna melakukan pengaturan tingkat cahaya dan warna lampu ruangan dengan lebih mudah.

Tak hanya itu, smart bulb pun memberikan kemudahan yang lebih praktis dalam menghidupkan dan mematikan lampu secara otomatis, yakni Anda bisa membuat jadwal pengaturannya melalui perangkat ponsel Anda sendiri.

Namun, dalam memilih smart bulb And pun tidak sembarang bisa memilih, penting sekali untuk memilih smart light bulb yang hemat energy dan memiliki masa penggunaan yang lama.

Back to Content ↑

2. IP Camera

Perangkat pelengkap selanjutnya ialah Smart Camera yang mana ini memiliki fungsi untuk melihat atau memantau kejadian-kejadian yang terjadi di dalam ruangan maupun di sekitar hunian rumah Anda.

Pilihlah smart camera yang sudah dilengkapi dengan sensor untuk meningkatkan keamanan rumah Anda di mana ini bekerja dengan mendeteksi dan mengikuti gerakan bahkan memberikan notifikasi pada Anda.

Setidaknya itulah dua perangkat pelengkap sistem rumah pintar yang penting untuk dimiliki agar benar-benar tingkat kecanggihan rumah bisa Anda rasakan.

Back to Content ↑

Fungsi dan Kegunaan Smart Home System

Penggunaan perangkat sistem rumah pintar ini dapat memberikan peran terbaik untuk kenyamanan Anda di rumah tersebut. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada banyak fungsi dan kegunaan dari rumah pintar ini yakni diantaranya adalah sebagai berikut:

Back to Content ↑

1. Melakukan Kontrol Energi Rumah

Kemudahan pertama yang dapat Anda rasakan dari menggunakan sistem rumah pintar ini di antaranya Anda dapat melakukan kontrol penggunaan energy rumah secara mudah.

Misalnya mematikan lampu atau perangkat elektronik di dalam rumah dengan jarak jauh secara lebih mudah dengan hanya menggunakan perangkat seluler Anda, smartphone.

Lupa mematikan perangkat elektronik dapat membuat tagihan listrik melonjak. Dengan kemudahan kontrol ini, Anda bisa tidak akan lagi membuang energy listrik di rumah dengan sia-sia.

Back to Content ↑

2. Meningkatkan Keamanan Hunian

Tidak hanya melakukan kontrol penggunaan perabot dengan daya listrik, rumah pintar pun dapat membantu Anda dalam meningkatkan keamanan hunian. Di mana sistem ini dapat melakukan pengawasan lingkungan sekitar rumah Anda. Hal ini karena adanya kamera pengintai yang memberikan notifikasi jika terdeteksi adanya pergerakan di dalam hunian.

Anda tidak perlu lagi berkeliling rumah untuk melakukan pengecekan keamanan sebelum tidur, sebab semuanya dapat dilakukan dengan bantuan sistem rumah pintar tersebut.

Cara kerja sistem rumah pintar dalam meningkatkan tempat tinggal Anda yakni dengan pemasangan sensor khusus di depan pintu. Hal ini tidak akan membuat sembarang orang bisa keluar masuk tempat tinggal Anda.

Sensor rumah pintar sendiri sangat beragam mulai dari fingerprint, password hinga foto wajah. Dengan adanya teknologi sensor ini, rumah Anda akan menjadi lebih aman.

Back to Content ↑

3. Pekerjaan Rumah menjadi Lebih Mudah dan Praktis

Sistem rumah pintar ini sangat cocok digunakan oleh mereka yang disibukkan dengan urusan pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan atau sebab sibuk mengasuh anak.

Sebab, rumah pintar ini mempermudah Anda dalam membantu melakukan pekerjaan rumah seperti kegiatan bersih-bersih menggunakan vacuum cleaner yang canggih sehingga mampu membersihkan rumah dengan sendirinya.

Begitupun dengan penggunaan perangkat lain seperti lampu, televisi, AC hingga pintu. Cukup dengan mengontrolnya melalui smartphone, Anda tidak perlu capek untuk berjalan mendatangi perangkat-perangkat tersebut untuk dimatikan atau dinyalakan. Hal ini tentu menjadi kemudahan dan kepraktisan tersendiri bagi penggunanya.

Back to Content ↑

4. Mampu Meningkatkan Kualitas Hidup

Meskipun pemasangan sistem rumah pintar ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. namun, hal ini terbayarkan sebab dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dan keluarga tercinta dengan memasang smart home sehingga dapat menjadikan keluarga tinggal di era kecanggihan teknologi dan memberikan kesan kemudahan pada pada aktivitas di rumah Anda.

Setidaknya ke 4 (empat) hal tersebutlah yang menjadi fungsi dan kegunaan yang diberikan oleh rumah pintar.

Back to Content ↑

Kesimpulan: Hal yang Dapat Dikontrol dengan Rumah Pintar

Seperti penjelasan diatas, maka dapat kita rangkum bahwasannya sistem rumah pintar ini dapat mengontrol 4 hal ini:

Back to Content ↑

1. Lighting Control

Pertama dengan rumah pintar Anda dapat mengatur lampu di seluruh ruangan rumah, sekalipun Anda berada di luar. Di mana Anda bisa mengatur tingkat pencahayaan, warna bahkan kontrol penggunaan listrik, sehingga dapat bekerja dengan efektif dan efisien.

Back to Content ↑

2. Climate Control (HVAC)

Di mana Anda bisa mengontrol sirkulasi udara dengan secara otomatis seperti AC, air purifier dan lain sebagainya. Ini juga berguna untuk mengatur tirai jendela yang dapat ditutup dan dibuka secara otomatis.

Back to Content ↑

3. Home Security And Safety

Yang mana ini dapat membuat Anda melakukan kontrol keamanan dan perlindungan rumah dari tindakan-tindakan yang berbau kriminal dalam jarak jauh, seperti alarm, sensor, CCTV, dan perangkat keamanan lainnya.

Back to Content ↑

4. Home Entertainment

Terakhir Anda bisa melakukan kontrol kegiatan rumah yang bersifat entertainment seperti menonton TV, Film atau menyalakan musik menggunakan perintah suara.

Back to Content ↑

Nah itulah bagaimana sistem rumah pintar memberikan peran penting untuk kemudahan para penghuni rumah.

Jika Anda ingin mendapatkan momen kecanggihan terbaik dari rumah pintar, maka Anda bisa mendapatkan fasilitasnya dari Meval. Di sini Anda bisa mendapatkan perangkat sistem rumah pintar yang berkualitas dengan jaminan sertifikasi dan garansi.

Yuk, tingkatkan kualitas hidup Anda bersama smart home system dari Meval!. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!