Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

Masih Ragu untuk Menjadi Peserta Asuransi? Yuk Kenali Manfaat Asuransi Berikut Ini!

Masih Ragu untuk Menjadi Peserta Asuransi? Yuk Kenali Manfaat Asuransi Berikut Ini!
Manfaat Asuransi

Masih Ragu untuk Menjadi Peserta Asuransi? Yuk Kenali Manfaat Asuransi Berikut Ini!

Meskipun asuransi memang sangatlah penting, namun hingga kini, masih banyak masyarakat yang masih merasa ragu untuk mendaftar asuransi. Hal ini mungkin saja dikarenakan, bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai manfaat asuransi.

Untuk itu, dalam pembahasan kali ini akan diulas mengenai sejumlah manfaat dari asuransi. Baik itu yang dilihat dari asuransi secara keseluruhan, maupun yang dilihat dari jenis-jenis asuransi itu sendiri. Oleh karena itu, yuk simak sejumlah penjelasannya berikut ini. Yuk check it out!.

TOC / Daftar Isi

Apa Saja Manfaat Asuransi Secara Keseluruhan?

Secara umum, asuransi diartikan sebagai sebuah perjanjian antara kedua belah pihak, yang mana pihak pertama berkewajiban untuk membayar sejumlah uang yang dikenal dengan premi, yang dibayarkan secara rutin. Sementara pihak yang lainnya atau pihak kedua memiliki kewajiban untuk memberikan jaminan/perlindungan atas sejumlah barang, diri pribadi, maupun hal lainnya yang dipertanggungkan/dijaminkan.

Dari penjelasan diatas, bisa dikatakan, bahwa asuransi erat kaitannya dengan sebuah jaminan/perlindungan. Dimana untuk mendapatkan sejumlah perlindungan tersebut, peserta asuransi tersebut diharuskan untuk membayar premi.

Lebih jauh lagi, perlindungan ataupun jaminan pada asuransi tersebut sering disebut juga dengan manfaat asuransi. Secara umum, manfaat dari asuransi itu sendiri diantaranya:

Back to Content ↑

1. Membantu Meminimalisir Kerugian

Tak bisa dipungkiri, bahwa dalam kehidupan sehari-hari, Anda pastinya tidak bisa terlepas dari kejadian yang tidak terduga. Misalnya mengalami insiden kecelakaan, kehilangan kendaraan, rumah terbakar, dan yang lainnya.

Dengan kata lain, jika Anda mendaftar asuransi, baik itu berupa asuransi jiwa, asuransi kendaraan, asuransi properti, dan semacamnya, Anda akan memperoleh manfaat asuransi berupa perlindungan/jaminan atas semua kejadian tak terduga, dengan nilai pertanggungan yang sesuai dengan perjanjian asuransi, yang tertulis pada polis asuransi. Dimana hal tersebut tentunya bisa sedikit meminimalisir kerugian yang terjadi.

Back to Content ↑

2. Sebagai Antisipasi dan Jaga-Jaga atas Semua Kejadian yang Tak Terduga

Karena memang kejadian tak terduga datangnya memang tidak bisa diprediksi. Sementara, imbas dari adanya kejadian tak terduga tersebut sudah bisa dipastikan akan memerlukan biaya yang cukup besar. Maka dengan menjadi peserta asuransi, Anda bisa menyiapkan dana darurat, yang bisa digunakan sebagai antisipasi, sekaligus jaga-jaga, akan kemungkinan terjadinya kejadian tak terduga tersebut.

Back to Content ↑

3. Membantu dalam Mengatur Keuangan

Seringkali, Anda mungkin kesulitan untuk menyiapkan dana darurat, hingga akhirnya Anda baru menyadari saat Anda membutuhkan dana darurat tersebut. Khususnya mengenai dana darurat yang digunakan untuk pengobatan, perawatan rumah sakit, renovasi rumah, dan semacamnya.

Dengan mendaftar asuransi, mau tak mau, Anda diwajibkan untuk membayar premi asuransi secara rutin. Dimana hal tersebut sebenarnya merupakan salah satu cara paling efektif dalam menyiapkan dana darurat. Dengan kata lain, saat Anda menyiapkan dana darurat berupa premi asuransi ini, secara tidak langsung, Anda telah mampu mengatur keuangan Anda sendiri.

Back to Content ↑

4. Sebagai Investasi Jangka Panjang

Pada umumnya, saat Anda mendaftar asuransi, perusahaan asuransi akan menawarkan pilihan mengenai lamanya pertanggungan. Baik itu dalam waktu 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun, dan seterusnya. Bukan hanya itu saja, selama masa pertanggungan tersebut, peserta asuransi diwajibkan untuk membayar premi yang dibayarkan setiap bulan.

Dimana pada saat masa pertanggungan berakhir, maka peserta asuransi tersebut akan mendapatkan manfaat asuransi dengan nilai pertanggungan yang disesuaikan dengan perjanjian asuransi. Dengan demikian, secara tidak langsung, asuransi bisa diibaratkan sebagai investasi jangka panjang, yang mana keuntungan dari investasi tersebut bisa Anda nikmati di masa yang akan datang.

Back to Content ↑

5. Memberikan Rasa Aman Sekaligus Ketenangan

Selain sejumlah manfaat di atas, manfaat asuransi lainnya yang bisa Anda peroleh yaitu adanya rasa aman, yang mana hal ini akan membuat Anda merasa lebih tenang. Mengapa dikatakan demikian? Karena dengan menjadi peserta asuransi, secara tidak langsung, Anda telah menyiapkan dana darurat, yang nantinya bisa Anda gunakan sewaktu-waktu, bilamana Anda mengalami kejadian tak terduga, yang membuat Anda harus mengeluarkan biaya lain, di luar biaya pokok sehari-hari.

Back to Content ↑

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenis-Jenisnya

Selain sejumlah manfaat yang telah dibahas di atas, sebenarnya ada banyak manfaat lainnya yang bisa Anda peroleh, bilamana Anda mendaftarkan diri sebagai peserta asuransi. Dimana sejumlah manfaat yang dimaksud yaitu manfaat dari asuransi, yang dilihat berdasarkan dari jenis-jenis asuransi itu sendiri.

Karena sebagaimana diketahui, ada beragam jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Dimana jenis-jenis asuransi tersebut menawarkan sejumlah manfaat yang terdiri dari:

Back to Content ↑

1. Asuransi Jiwa

Pada umumnya, asuransi jiwa memberikan perlindungan bagi ahli waris dari peserta asuransi, bilamana peserta asuransi tersebut mengalami kecelakaan, yang membuatnya menderita cacat ataupun akhirnya meninggal dunia. Bahkan jenis asuransi ini juga memberikan jaminan bagi ahli waris, bilamana peserta asuransi tersebut meninggal karena penyakit.

Back to Content ↑

2. Asuransi Kesehatan

Seperti namanya, asuransi kesehatan memberikan manfaat asuransi berupa biaya untuk pengobatan, perawatan, hingga biaya untuk operasi (pembedahan). Lebih jauh lagi, asuransi kesehatan ini juga memberikan perlindungan berupa layanan rumah sakit rujukan, hingga layanan evakuasi medis.

Back to Content ↑

3. Asuransi Kendaraan

Manfaat asuransi kendaraan yaitu memberikan perlindungan, bilamana kendaraan Anda mengalami kerusakan, dengan nilai pertanggungan yang disesuaikan dengan jenis asuransi kendaraan yang Anda pilih (TLO/comprehensive). Bukan hanya itu saja, asuransi kendaraan juga akan memberikan perlindungan bilamana secara tidak sengaja, mobil Anda dicuri ataupun hilang.

Back to Content ↑

4. Asuransi Pendidikan

Tak bisa dipungkiri, bahwa saat ini, biaya pendidikan dari hari ke hari menjadi semakin mahal. Namun tidak demikian jika Anda menggunakan asuransi pendidikan. Dimana dengan asuransi pendidikan ini, anak Anda akan mendapatkan sejumlah dana pendidikan, yang mana hal ini akan sedikit meringankan beban Anda sebagai orangtua.

Back to Content ↑

5. Asuransi Properti

Asuransi properti bisa Anda gunakan untuk memberikan perlindungan bagi rumah Anda. Dimana manfaat asuransi yang bisa Anda peroleh dari jenis asuransi ini yaitu dana pertanggungan untuk melakukan renovasi rumah. Baik itu untuk renovasi rumah yang rusak karena bencana alam, seperti kebakaran, tertimpa pohon besar, tertimbun longsor, diterpa angin puting beliung, terendam banjir, dan kerusakan yang diakibatkan karena usia rumah tersebut yang sudah terlalu lama.

Back to Content ↑

6. Asuransi Dana Pensiun

Bagi sebagian orang, menyiapkan dana darurat ataupun dana pensiun merupakan hal yang sulit dilakukan. Oleh karena alasan itu pula, maka sejumlah perusahaan asuransi menawarkan layanan asuransi pensiun, yang memberikan manfaat dalam menyiapkan dana khusus, yang digunakan saat Anda pensiun nanti.

Back to Content ↑

7. Asuransi Perjalanan

Hingga kini, banyak orang yang masih menganggap bahwa asuransi perjalanan tidak lebih penting dari semua jenis asuransi lainnya. Namun sebenarnya, pendapat tersebut bisa dibilang keliru. Mengapa demikian? Karena Anda tidak bisa memprediksi apa yang mungkin terjadi, ataupun apa yang akan Anda alami selama perjalanan yang Anda lakukan.

Biasa saja, saat perjalanan tersebut, Anda mengalami kecelakaan, bagasi hilang, penerbangan tiba-tiba dibatalkan secara mendadak, dan kejadian tak terduga lainnya. Dengan alasan itu pula, maka ada baiknya, sebelum Anda berencana untuk melakukan perjalanan, pastikan dulu bahwa Anda telah memilih asuransi perjalanan, agar sejumlah manfaat asuransi yang telah disebutkan diatas bisa Anda peroleh dengan mudah.

Back to Content ↑

Demikian beberapa manfaat asuransi yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan diatas bisa lebih meyakinkan Anda mengenai pentingnya asuransi bagi kesejahteraan Anda dan juga keluarga Anda. Apakah Anda telah mendaftar sebagai peserta asuransi? Dari jenis-jenis asuransi diatas? Jenis asuransi mana yang Anda pilih?. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!