Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

Apa Itu SEO? dan Poin-Poin Apa Saja yang Termasuk ke Dalam Teknik SEO?

Apa Itu SEO? dan Poin-Poin Apa Saja yang Termasuk ke Dalam Teknik SEO?
Apa Itu SEO? dan Poin-Poin Apa Saja yang Termasuk ke Dalam Teknik SEO?

Apa Itu SEO? dan Poin-Poin Apa Saja yang Termasuk ke Dalam Teknik SEO?

Pernahkah Anda membuat sebuah konten/artikel, namun ternyata artikel/konten tersebut tidak bisa ditemukan oleh mesin pencari (Search engine)? Jika Anda pernah mengalaminya, maka besar kemungkinan, bahwa Anda lupa untuk menerapkan teknik SEO dalam setiap konten/artikel yang Anda buat.

Namun mengapa SEO menjadi sangat penting? Dan hal-hal apa saja yang termasuk ke dalam SEO ini? Anda bisa menemukan jawabannya dalam ulasan singkat yang akan diberikan di bawah ini. Untuk itu, pastikan agar Anda selalu menyimak poin demi poin yang akan diberikan, untuk membuat sebuah artikel/konten yang SEO friendly!

TOC / Daftar Isi

Apa Itu Teknik SEO? dan Mengapa SEO Begitu Penting?

Search Engine Optimization atau yang kini lebih dikenal sebagai SEO, merupakan salah satu cara/teknik yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung (trafik) pada sebuah website maupun blog.

Karena sebagaimana diketahui, peran dari mesin pencari (Search engine) memiliki pengaruh yang cukup besar dalam mengoptimasi, hingga membuat sebuah website berada di landing page. Sementara, untuk membuat sebuah website bisa ditemukan oleh mesin pencari tersebut, tak lain tentunya dengan membuat sebuah artikel/konten yang SEO friendly, atau dengan kata lain, membuat sebuah artikel/konten dengan menggunakan teknik SEO.

Secara umum, ada 3 cara kerja SEO dalam mengoptimasi sebuah website/blog. Diantaranya:

  1. Crawling. Mengumpulkan serta menyimpan halaman website yang baru rilis
  2. Indexing. Melakukan pencarian hingga mempelajari struktur website serta kualitas dari setiap konten yang ditampilkan, serta
  3. Ranking. Memilih sejumlah halaman website yang memiliki kualitas terbaik serta yang menerapkan teknik SEO yang tepat. Kemudian menempatkannya pada peringkat teratas dari sebuah mesin pencari (Landing page)

Selain untuk menempatkan website pada peringkat pertama pencarian (Landing page), sebenarnya, ada sejumlah alasan lainnya mengapa Anda perlu menggunakan teknik SEO dalam setiap konten yang Anda buat. Khususnya jika website yang Anda buat tersebut merupakan website bisnis. Sejumlah alasan tersebut diantaranya:

  • Memudahkan pengunjung menemukan website/blog Anda
  • Membantu dalam melakukan branding produk dengan mudah
  • Meningkatkan penjualan/bisnis
  • Sebagai media promosi yang paling mudah
  • Membantu dalam menemukan target konsumen yang tepat
  • Membantu dalam menjaring pelanggan dalam jumlah banyak, dan yang lainnya

Back to Content ↑

Teknik-Teknik dari SEO yang Perlu Anda Pahami

Setidaknya ada sejumlah poin-poin penting yang perlu dipahami oleh para pemilik website/blog, saat akan membuat sebuah konten. Dimana poin-poin tersebut merupakan teknik SEO, yang bisa dilakukan oleh setiap pemilik blog/website. Baik itu oleh pemilik website profesional, maupun bagi yang baru memulai untuk membuat sebuah web/blog sekalipun (pemula).

Back to Content ↑

Teknik-teknik dari SEO tersebut diantaranya:

1. Gunakan Keyword yang Tepat

Poin pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat sebuah konten yang SEO friendly yaitu menentukan dan juga menggunakan keyword yang tepat. Dalam arti, Anda perlu menggunakan keyword, yang mana keyword tersebut merupakan kata kunci (Keyword) yang paling banyak dicari pengunjung.

Untuk memastikan bahwa keyword yang akan Anda pilih tersebut adalah keyword yang paling banyak dicari pengunjung website, maka Anda bisa melakukan riset keyword. Caranya yaitu dengan mengetikkan keyword tersebut di kolom pencarian.

Biasanya, mesin pencari akan menampilkan mengenai jumlah pencarian mengenai keyword tersebut. Dengan kata lain, semakin banyak jumlah pengunjung yang mengetikkan keyword tersebut di kolom pencarian, maka semakin besar peluang dari konten yang Anda buat dengan menggunakan keyword tersebut, untuk bisa ditemukan oleh pengunjung website.

Back to Content ↑

2. Tempatkan Keyword Secara Tersebar, di Sejumlah Bagian Artikel/Konten

Pastikan bahwa Anda menempatkan keyword yang telah Anda pilih tersebut di sejumlah bagian dari konten yang Anda buat, namun dengan kapasitas (Density) antara 1% hingga 2%. Dalam arti, jika Anda membuat artikel sebanyak 500 kata, maka ada baiknya Anda menuliskan keyword tidak kurang dari 5 kali, namun tidak lebih dari 10 kali. Namun yang paling disarankan adalah 5-7 kali keyword untuk artikel/konten yang dibuat dalam 500 kata, yang disebar di sejumlah bagian dari artikel.

Back to Content ↑

3. Gunakan Judul yang Menarik

Setelah menemukan keyword yang tepat, serta menempatkannya secara tersebar, di sejumlah bagian dari artikel, maka teknik SEO selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu memilih judul yang menarik.

Karena selain tertarik dengan keyword yang digunakan, pengunjung juga biasanya akan langsung tertarik dengan judul konten yang menarik. Untuk itu, pastikan judul yang Anda gunakan bisa membuat pengunjung tertarik untuk membaca artikel, dan juga mengunjungi website Anda.

Back to Content ↑

4. Gunakan Heading yang Tepat

Pada umumnya, sebuah konten/artikel SEO friendly biasanya terdiri dari heading dan subheading. Bahkan ada beberapa konten/artikel yang menggunakan Heading 1 (H1), Heading 2 (H2), dan juga Heading 3 (H3), dan seterusnya secara sekaligus. Hal tersebut sebenarnya tidak dilarang, namun justru sangat dianjurkan, agar pembaca bisa langsung memahami isi dari konten tersebut.

Back to Content ↑

5. Buatlah Konten dengan Isi yang Menarik, Informatif dan juga Bermanfaat

Meskipun poin-poin dari teknik SEO tersebut telah Anda lakukan dengan benar, namun perlu diingat, bahwa pembaca bukanlah robot. Dalam arti, Anda perlu membuat sebuah konten yang menarik, informatif, maupun bermanfaat.

Lebih jauh lagi, Anda juga perlu memikirkan kata-kata yang bisa membuat pembaca tidak merasa bosan dengan tulisan Anda, namun justru ingin membaca konten Anda hingga selesai. Bahkan jika memungkinkan, bisa membaca konten-konten Anda yang lainnya.

Dengan kata lain, penggunaan kata-kata yang tepat serta isi konten yang menarik, informatif dan juga bermanfaat tersebut, secara tidak langsung bisa membuat konten Anda tersebut bisa mempengaruhi trafik dari website Anda.

Back to Content ↑

6. Jangan Lupa untuk Menyisipkan Backlink

Backlink diartikan sebagai tautan yang menautkan artikel/konten yang Anda buat dengan konten/artikel lainnya yang ada di website Anda maupun website lainnya, yang memiliki konten dengan tema yang hampir sama.

Backlink terbagi kedalam internal link dan juga eksternal link. Dimana internal link diartikan sebagai tautan yang mengarah ke halaman/konten lainnya yang ada di website Anda. Sementara eksternal link digunakan untuk menautkan konten Anda kepada website lainnya, yang memiliki konten dengan tema yang sama, dengan konten yang Anda buat.

Tujuan dari eksternal link biasanya untuk memudahkan pengunjung website tersebut, untuk mengunjungi website Anda juga, bilamana pengunjung tersebut tengah membaca konten yang Anda tautkan dengan konten Anda. Begitupun sebaliknya.

Back to Content ↑

Demikian penjelasan mengenai teknik SEO serta sejumlah alasan mengapa Anda perlu menggunakan SEO dalam setiap konten/artikel yang Anda buat. Semoga informasi diatas bisa membantu Anda dalam membuat sebuah konten/artikel yang SEO friendly, yang bisa menaikkan rating dari website Anda. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!