Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

5 Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam Lengkap: Penyebab+Solusi

5 Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam Lengkap: Penyebab+Solusi
Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam

5 Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam Lengkap: Penyebab+Solusi

Ada banyak sekali jenis masalah yang bisa muncul di laptop, mulai dari masalah ringan sampai dengan berat. Salah satu masalah ringan yang cukup sering terjadi di laptop adalah layar laptop hitam atau blank namun kondisi mesin menyala normal seperti biasanya.

Ada beberapa penyebab kenapa layar laptop menjadi hitam, yaitu karena masalah pada sistem operasi Windows yang digunakan, kedua adalah karena hardware seperti layar monitor, VGA, IC Bios dan power yang bermasalah.

TOC / Daftar Isi

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam

Untuk mengatasi layar laptop yang blank hitam ketika dinyalakan, Anda harus tahu sumber masalahnya terlebih dahulu. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari penyebab dari layar hitam tersebut. Berikut ini adalah penyebab laptop layar hitam dan solusinya.

Back to Content ↑

1. Windows Explorer Tidak Berjalan

Windows Explorer Tidak Berjalan

Penyebab pertama kenapa layar laptop menjadi hitam ketika dinyalakan adalah karena Windows Explorer yang tidak berjalan ketika startup sehingga membuat tampilan laptop menjadi blank atau hitam.

Ketika laptop dihidupkan, program Windows Explorer ini biasanya berjalan secara otomatis. Namun karena penyebab tertentu Windows Explorer tidak berjalan saat startup yang menyebabkan layar menjadi hitam dan seolah-olah sistem tidak berjalan.

Untuk mengecek masalah ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah pertama, hidupkan laptop atau komputer Anda seperti biasa.
  • Tunggu sampai muncul tampilan layar hitam.
  • Tekan tombol CTRL + ALT + DEL pada keyboard.
  • JIka muncul menu lock screen maka dapat dipastikan penyebab layar hitam di laptop Anda adalah karena Windows Explorer yang tidak berjalan saat startup.
  • Ciri lain dari masalah ini adalah layar hitam namun kursor masih muncul dan bisa digerakan seperti biasa.

Namun jika setelah melakukan langkah-langkah diatas dan tidak berhasil, maka penyebab layar hitam di laptop Anda bukan karena Windows Explorer yang tidak berjalan. Jadi silahkan ikuti cara lain berikut ini.

Berkut cara mengatasi layar laptop hitam karena Windows Explorer tidak berjalan:

  • Tekan tombol WINDOWS + R.
  • Kemudian ketikkan perintah “regedit” dan tekan Enter atau OK.
  • Buka folder “HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon” pada registry editor.
  • Cari entry yang bernama Shell, pada kolom Data pastikan nilainya adalah explorer.exe.
  • Jika bukan, silahkan klik kanan pada Shell dan pilih Modify.
  • Ubah kolom Value data menjadi explorer.exe dan simpan dengan klik OK.
  • Terakhir Anda bisa tutup semua jendela dan restart laptop Anda.

Back to Content ↑

2. Monitor Tidak Terdeteksi

Monitor Tidak Terdeteksi

Layar laptop atau komputer yang blank hitam bisa jadi disebabkan karena monitor atau display yang tidak terdeteksi di sistem. Biasanya ini terjadi saat Anda menggunakan komputer atau PC dibanding menggunakan laptop.

Faktor masalah layar hitam yang satu ini terletak pada port HDM/VGA yang digunakan atau kabel yang menghubungkan monitor dengan CPU rusak dan tidak mendeteksi sinyal dari CPU sehingga tampilan di layar menjadi kosong atau hitam.

Di layar monitor Anda biasanya muncul tulisan “No Signal” dan sejenisnya. Jika layar hitam yang muncul seperti ini, maka bisa dipastikan penyebabnya adalah karena monitor, port dan kabel yang digunakan rusak atau bermasalah.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengecek kondisi port, kabel dan monitor yang Anda gunakan. Jika ada yang rusak, segera ganti dengan perangkat baru atau perangkat lain yang masih bisa digunakan. Jika masih belum berhasil, silahkan lanjut ke cara mengatasi layar laptop hitam berikut ini.

Back to Content ↑

3. Graphic Driver Bermasalah

Graphic Driver Bermasalah

Graphics driver adalah salah satu program di Windows yang bertanggung jawab mengontrol fungsi dari kartu grafis di laptop dan komputer Anda. Sama seperti program yang lain, driver ini juga bisa mengalami error atau kerusakan seperti korup dan kompabilitas yang tidak sesuai.

Atau bahkan karena alasan dan faktor tertentu, driver grafis di laptop ini bisa terhapus tanpa Anda sadari. Jika ini terjadi, maka kartu grafis yang ada di laptop Anda menjadi tidak berfungsi dengan semestinya dan membuat tampilan pada layar laptop menjadi blank hitam ketika dinyalakan.

Untuk mengetahui apakah sumber masalah terletak pada driver grafis atau bukan, Anda bisa mengeceknya dengan masuk ke Safe Mode. Jika pada safe mode tampilan layar normal, maka dapat disimpulkan penyebab laptop layar hitam adalah karena driver grafis yang bermasalah.

Setelah berhasil masuk ke Safe Mode, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Device Manager dengan menekan tombol WINDOWS + R dan ketikkan perintah “devmgmt.msc” tekan Enter atau OK.
  • Setelah itu pada Device Manager, klik panah kecil di sebelah tulisan Display Adapters.
  • Akan terlihat kartu grafis Anda, silahkan klik kanan pada driver tersebut dan pilih Update Driver.
  • Pilih Update Driver otomatis.
  • Anda juga bisa re-install driver tersebut dengan cara menghapus atau uninstall dan restart laptop Anda. Nantinya driver akan terinstal secara otomatis.

Back to Content ↑

4. Komponen Monitor Rusak

Komponen Monitor Rusak

Penyebab laptop layar hitam atau blank yang berikutnya adalah karena terdapat kerusakan pada komponen yang berhubungan dengan monitor. Jadi yang rusak disini bisa jadi bukan cuma monitor saja, bisa juga power inverternya yang rusak, bisa IC BIOS dan CCFL Backlight.

Untuk mengetahui dengan tepat mana bagian komponen yang rusak, Anda harus membawanya ke teknisi atau tukang service yang lebih tahu tentang komponen elektronik. Namun ada beberapa pengecekan yang bisa mendukung benar tidaknya kerusakan komponen tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, tekan tombol CTRL + ALT + DEL. Sampai muncul menu Lock Screen.
  • Setelah muncul menu Lock Screen, silahkan masuk ke Safe Mode.
  • Langkah berikutnya, coba gunakan dual monitor.

Jika Anda tidak bisa menjalankan langkah nomor 1 dan 2, sedangkan langkah nomor 3 bisa dilakukan. Maka bisa disimpulkan penyebab layar hitam di laptop Anda adalah karena rusaknya salah satu komponen yang berhubungan dengan display tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa mengganti komponen yang rusak dengan yang baru. Namun jika Anda tidak ingin ribet dan bingung mana komponen yang rusak, bawa saja laptop Anda ke tukang service laptop terdekat di tempat Anda.

Back to Content ↑

5. Kartu Grafis/Monitor Rusak

Kartu Grafis/Monitor Rusak

Penyebab layar laptop blank hitam yang terakhir adalah karena kartu grafis atau monitor yang mengalami kerusakan. Kartu grafis dan monitor yang rusak biasanya membuat tampilan layar monitor menjadi tidak normal seperti bergaris, muncul gelombang warna-warni dan layar hitam.

Jika Anda menggunakan dedicated GPU atau kartu grafis yang terpisah seperti AMD dan NVIDIA maka Anda bisa coba memindahkan koneksi monitor ke port motherboard. Jika tampilan muncul, maka GPU Anda lah yang bermasalah.

Jika seperti ini, maka solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi layar laptop hitam ini adalah dengan mengganti kartu grafis yang baru. Namun jika Anda ingin coba melakukan servis, silahkan bawa kartu grafis yang rusak ke tempat servis laptop.

Back to Content ↑

Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!