Skip to main content

7 Aplikasi Penambah RAM Android Terbaik 2022, Wajib Coba!

7 Aplikasi Penambah RAM Android Terbaik 2022, Wajib Coba!
Aplikasi Penambah RAM Android

7 Aplikasi Penambah RAM Android Terbaik 2022, Wajib Coba!

RAM merupakan salah satu bagian terpenting dalam Android. Dengan adanya RAM ini kita bisa menjalankan Hp kita dengan lancar, semakin besar ukuran RAM semakin lancar pula aktivitas yang bisa kita lakukan di Hp. Baik itu untuk bermain game, menonton video, browsing, dan lain-lain.

Sekarang ini sudah banyak Hp yang dirilis dengan RAM berukuran besar dan harganya cukup terjangkau. Namun bagi Anda yang menggunakan Hp dengan RAM 2GB tentu akan sulit memainkan game-game terbaru sekarang ini.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa coba beberapa aplikasi penambah RAM Android. Dengan aplikasi ini Anda bisa meningkatkan performa Hp Anda supaya lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Langsung saja berikut daftar aplikasinya.

TOC / Daftar Isi

7 Aplikasi Penambah RAM Android Terbaik

Ada cukup banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan dan menambah RAM di Android. Jika RAM Anda terlalu penuh, silahkan gunakan beberapa aplikasi berikut untuk membersihkan dan menambah RAM di Hp Anda.

Back to Content ↑

1. All-In-One Toolbox: Cleaner, Speed Booster

All-In-One Toolbox: Cleaner, Speed Booster

Aplikasi pertama untuk menambah RAM di Android yang kami rekomendasikan adalah All-In-One Toolbox. Aplikasi ini bisa menjawab semua kebutuhan Anda hanya dengan satu tombol saja, mulai dari membersihkan sampah sampai dengan mempercepat Android.

Aplikasi ini juga memiliki fitur tambahan berupa CPU Cooling, Batch Uninstall/Install, Junk File Clean, Backup Assist, Boost Boot Speed, Lock App, Meningkatkan Performa Game, Mendeteksi Aplikasi dengan Banyak Iklan, dan Manajer Notifikasi.

Anda bisa memakai semua fitur yang ada di aplikasi secara cuma-cuma alias gratis. Aplikasi ini juga tidak membutuhkan akses root untuk menggunakan semua fungsi yang ada. Kelemahan dari aplikasi ini adalah tata letaknya yang sedikit tidak teratur.

Back to Content ↑

2. CCleaner

CCleaner

CCleaner merupakan aplikasi pembersih RAM dengan fitur yang sangat lengkap. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membersihkan banyak hal mulai dari folder unduhan, riwayat browser, cache aplikasi clipboard, dan masih banyak lagi.

Bahkan aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk menghapus pesan SMS, log panggilan, dan memudahkan Anda dalam menguninstall aplikasi yang sulit diuninstall. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk membersihkan penyimpanan RAM dan ruang dengan cepat.

Bukan cuma itu saja, aplikasi CCleaner ini juga menyediakan halaman yang memberikan informasi sistem di Android Anda. Informasi yang ditampilkan meliputi sumber daya RAM dan juga CPU pada HP Anda. Anda juga tidak perlu khawatir penyimpanan penuh karena aplikasi ini hanya memakan sedikit ruang.

Back to Content ↑

3. RAM Cleanup

RAM Cleanup

Rekomendasi aplikasi penambah RAM Android yang berikutnya adalah RAM Cleanup. Sama seperti aplikasi pembersih sebelumnya, RAM Clean up bisa Anda gunakan untuk membersihkan RAM dan penyimpanan di HP Anda dari file-file sampah yang tidak dibutuhkan.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat sederhana dan mudah digunakan, Anda hanya perlu menekan satu tombol saja. Secara otomatis RAM Cleanup akan membersihkan semua aplikasi yang membuat RAM di Hp Anda menjadi penuh.

Kekurangan yang dimiliki aplikasi ini diantaranya adalah fitur yang masih terbatas jika dibandingkan dengan aplikasi pembersih lain. Namun meskipun begitu, RAM Cleaner ini sangat cocok dipakai untuk orang tua yang gaptek atau tidak bisa memakai Android.

Back to Content ↑

4. Speed Booster

Speed Booster

Aplikasi cleaner selanjutnya ini dikembangkan oleh developer cukup terkenal yaitu Cheetah Mobile. Speed Booster menjadi salah satu aplikasi pembersih RAM terbaik karena ukurannya yang sangat kecil jika dibandingkan aplikasi pembersih lainnya.

Anda tidak perlu khawatir aplikasi ini akan membuat penyimpanan penuh, karena aplikasi ini hanya berukuran sekitar 2MB saja. Selain itu, aplikasi ini juga cukup bebas dari iklan sehingga sangat nyaman digunakan di Hp Anda. Cocok sekali untuk Anda yang sering terganggu dengan iklan-iklan di aplikasi pembersih lain.

RAM Speed Booster ini memiliki banyak fitur di dalamnya. Beberapa diantaranya adalah pembersih file cache dan pendingin CPU. Bukan cuma itu saja, aplikasi ini juga bisa meningkatkan RAM kosong dan membuat baterai Hp Anda menjadi lebih hemat dan tahan lama.

Back to Content ↑

5. Advanced Task Manager

Advanced Task Manager

Advanced Task Manager merupakan salah satu aplikasi penambah RAM terbaik yang bisa Anda gunakan berikutnya. Aplikasi ini bisa menampilkan semua aplikasi serta game yang sedang berjalan di Hp Anda.

Anda bisa memilih mana aplikasi atau game yang ingin Anda hentikan supaya penyimpanan RAM menjadi bertambah. Advanced Task Manager ini akan memantau penggunaan CPU di Hp Anda dan mendeteksi aplikasi-aplikasi yang mungkin tertinggal.

Bukan cuma itu saja, Anda juga bisa memilih aplikasi mana saja yang akan Anda abaikan dan tidak ingin dimatikan seperti aplikasi lain. Ada juga opsi untuk mengatur penutupan aplikasi secara otomatis dengan pengaturan yang berbeda. Jadi Anda bisa memilih menghentikan aplikasi ketika layar mati ataupun mematikan aplikasi secara berkala.

Back to Content ↑

6. Greenify

Greenify

Aplikasi Penambah RAM di Android yang kami rekomendasikan berikutnya adalah Greenify. Aplikasi yang satu ini sangat mudah digunakan dan memiliki banyak kegunaan untuk mengoptimalkan Hp Android Anda yang RAM nya kecil.

Greenify bisa digunakan pada Hp Android yang sudah di root maupun yang belum. Sebelum Anda membuka aplikasi ini, Anda harus klik ikon Plus di bagian bawah terlebih dahulu. Setelah itu aplikasi tersebut akan menunjukkan daftar aplikasi yang berjalan di background atau latar belakang Hp Anda.

Nah disini Anda bisa memilih aplikasi maupun game yang ingin Anda hibernasikan. Untuk menutup aplikasi ini, Anda hanya perlu klik ikon tidur yang ada di bagian bawah. Dengan ini Anda bisa mengatur dan menyesuaikan waktu serta cara menghibernasi aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Aplikasi ini mendapat banyak respon positif dari para penggunanya. Selain bisa mengosongkan atau menambah RAM di Android, aplikasi ini juga bisa membuat kinerja Hp Anda semakin lancar. Bahkan Anda bisa mendinginkan Hp sama seperti aplikasi-aplikasi yang sudah kami bahas sebelumnya.

Back to Content ↑

7. Smart Booster Pro

Smart Booster Pro

Booster Pro merupakan salah satu aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menambah kapasitas RAM di Hp Anda. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk menemani keseharian Anda dalam memakai Smartphone.

Ada banyak kelebihan Smart Booster Pro, yang paling menonjol adalah fungsinya yang bisa membuat kinerja Android semakin bagus. Selain itu, cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah karena bisa digunakan lewat widget.

Tentunya hal ini akan sangat menghemat waktu Anda karena tidak perlu membuka aplikasi ini untuk memakai fitur yang ada. Aplikasi ini bekerja dengan cara menonaktifkan aplikasi yang bisa membuat kinerja Hp Anda menurun karena RAM yang penuh.

Dua fitur unggulan yang ada di aplikasi ini adalah fitur menonaktifkan aplikasi yang membuat RAM penuh dan fitur untuk menghapus cache di Hp Anda. Dengan dua fitur ini, Hp Anda akan menjadi lebih ringan dan kinerja meningkat.

Back to Content ↑

Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!