Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

8+ Framework Populer Pilihan Para Developer

8+ Framework Populer Pilihan Para Developer
Laravel

8+ Framework Populer Pilihan Para Developer

Saat ini proses pengembangan website tidak serumit dahulu yang membutuhkan waktu yang lama. Semenjak munculnya beragam framework PHP, proses pengembangan website menjadi jauh lebih mudah dan cepat.

Anda sekarang sudah bisa mengembangkan beragam macam aplikasi website dengan menggunakan PHP dengan lebih mudah, karena framework memiliki struktur dasar dari sebuah website. Dengan begitu Anda tidak perlu membuat struktur website dari awal.

Pada pembahasan kali ini, kami akan mencoba mengulas framework populer yang ada di seluruh dunia. Harapan kami dari referensi berbagai macam framework populer ini bisa membantu Anda membangun sebuah website yang aman, kompleks dan tangguh dengan lebih mudah.

Apa saja? Yuk mari kita cari tahu bersama-sama!

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Sebelum Ganti CMS, Perhatikan Keunggulan WordPress Ini

Laravel

Laravel

Posisi pertama diduduki oleh salah satu framework populer pilihan banyak developer yaitu Laravel, jika Anda menggunakan kata kunci framework populer, pastinya laravel akan muncul paling pertama.

Karena bisa dibilang saat ini para developer sedang jatuh cinta dengan framework yang satu ini, kelebihan dari framework ini yaitu memiliki sintaks yang rapi, ringkas dan elegan sehingga para developer lebih mudah membaca program yang akan mereka kembangkan.

Keuntungan lainnya adalah kode mudah dibaca oleh pengembang website yang lainnya, sehingga sekalipun developer tersebut tidak ada di satu proyek tersebut lagi dan digantikan developer lain, maka developer tersebut tidak akan kebingungan.

Back to Content ↑

CodeIgniter

CodeIgniter

Menurut kami, framework yang satu ini adalah rival dari Laravel dan framework ini memiliki arsitektur Model View Controller atau kita lebih mengenalnya dengan MVC. Jadi, framework ini menggunakan komponen berbeda untuk mengandal tugas secara spesifik.

Metode pengembangan ini digunakan oleh banyak developer ketika mereka sedang mengembangkan aplikasi berbasis website, yang mungkin bisa dikembangkan lagi sewaktu-waktu. Framework ini sangat ramah bagi yang baru belajar pemrograman PHP.

Sehingga kami sangat menyarankan Anda yang baru belajar PHP framework untuk menggunakan CodeIgniter. Selain mudah dalam memahaminya, framework yang satu ini memiliki dokumentasi yang lengkap tersebar di internet.

Sehingga jika Anda mendapatkan beragam masalah, Anda bisa dengan mudah menemukan panduan. Mau segera mencobanya?

Back to Content ↑

Yii Framework

Yii Framework

Kami juga masukkan yii framework ke dalam daftar framework populer saat ini, alasannya karena framework yang satu ini memiliki konfigurasi yang cukup mudah. Tidak hanya itu, dari sisi performanya juga memiliki performa yang bisa bersaing dengan framework sebelumnya.

Kelebihan Yii framework yaitu memiliki komponen yang bisa membantu mempercepat kinerja website Anda. Dan jika berbicara tentang keamanan website, framework ini menyediakan fitur keamanan yang bisa digunakan ketika proses pembangunan website.

Back to Content ↑

Symfony

Symfony

Framework populer berikutnya adalah Symfony, bisa dibilang saat ini kepopulerannya tidak berbeda jauh dengan Laravel , Codeigniter dan Yii. Symfony ini bisa Anda coba secara langsung, bila Anda tidak percaya dengan ini.

Keunggulan dari Symfony sangat fleksibel dan memiliki fitur bundel serta komponen yang bisa membuat Anda menggunakan fungsi PHP secara langsung dan Anda juga bisa menggunakan beragam fitur yang tersedia dengan lebih sederhana.

Fungsionalitas built-in testing dihadirkan untuk membantu Anda dalam memastikan aplikasi di dalamnya tetap berjalan. Sangat disayangkan ada beberapa pengguna framework yang satu ini karena hasil pengembangan website mereka tidak berjalan dengan sangat maksimal.

Back to Content ↑

CakePHP

CakePHP

Di tahun 2000-an, framework populer yang menggunakan konsep arsitektur MVC pertama adalah CakePHP. Dan sampai saat ini CakePHP masih banyak digunakan para developer, mungkin bedanya sekarang CakePHP sudah kalah bersaing dengan CodeIgniter.

Versi terbaru dari framework yang satu ini yaitu memiliki beberapa peningkatan dari sisi performa. Tidak hanya itu saja, CakePHP juga menambahkan berbagai macam komponen baru yang menunjang kinerjanya menjadi lebih baik.

CakePHP adalah salah satu framework populer yang sempurna dalam mengenai cara mereka mendekati konvensi ketika proses coding berlangsung. CakePHP juga menawarkan kumpulan library kepada para penggunanya, library tersebut berisikan beberapa komponen yang handal dan lengkap.

Jadi kesimpulannya, framework ini adalah salah satu framework pilihan terbaik yang bisa Anda gunakan dan jarang ditemukan beberapa fiturnya di framework populer lainnya.

Back to Content ↑

Zend

Zend

Anda kami sarankan untuk mencoba salah satu framework populer Zend, terlebih jika Anda sudah terbiasa dengan framework PHP. Dikarenakan dalam menggunakan php di framework ini memerlukan pengetahuan dasar framework dalam penggunaannya.

Saat ini Zend telah banyak digunakan oleh kalangan profesional dalam mengembangkan aplikasi website, Zend memiliki performa tinggi yang bisa dibilang sekelas dengan aplikasi enterprise. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Hal itu karena Zend berfokus pada tujuan untuk pengembangan aplikasi enterprise, sehingga framework ini memiliki beragam komponen autentifikasi, form, feed, service dan masih banyak komponen lainnya.

Namun, Zend tidak cocok untuk pengembangan aplikasi website yang sederhana. Jadi untuk Anda yang sedang merencanakan aplikasi website yang kompleks, pertimbangkan salah satu framework populer dari Zend ini.

Back to Content ↑

Phalcon

Phalcon

Framework populer berikutnya adalah phalcon, percaya atau tidak framework yang satu ini tidak dibuat dengan bahasa pemrograman website pada umumnya. Kode sumber framework ini menggunakan bahasa C, jadi bisa dibilang dasarnya adalah bahasa C untuk pembangunan website dengan pemrograman PHP.

Memang terdengar aneh, akan tetapi framework ini memiliki keunggulan lebih cepat dibandingkan dengan framework lainnya. Performa yang ditawarkan framework yang satu ini cukup konsisten sesuai dengan namanya.

Framework yang satu ini juga menggunakan arsitektur MVC dan yang unik dari framework yang satu ini yaitu tidak membutuhkan file, sehingga Anda hanya perlu menambahkan modul dan library saja, sehingga proses pengembangan website menjadi lebih tertata dan rapi.

Back to Content ↑

Aura

Aura

Framework populer berikutnya bernama Aura, framework yang satu ini merupakan seperangkat library yang terpisah secara kelompok dan dikelola dengan lebih teratur. Jika Anda ingin mengembangkan website yang sederhana, framework ini sangat cocok.

Setiap library yang ada di framework ini bisa berdiri sendiri dan bisa diintegrasikan dengan proyek website apa saja, bahkan setiap librarynya juga memiliki dependencies. Dengan begitu, bisa membuat kumpulan library yang tersedia di framework ini lebih fleksibel.

Tidak hanya itu, para developer juga bisa lebih mengintegrasikan lebih banyak jenis website, library yang ada di framework ini juga ditulis dengan sangat baik dan memiliki beragam dokumentasi untuk setiap librarynya, sehingga membuat para developer bisa lebih mudah mencari beragam informasi dari setiap library yang ada.

Back to Content ↑

Bagaimana, jadi sebenarnya tidak hanya Laravel dan CodeIgniter saja yang merupakan framework populer yang ada di dunia. Anda perlu mengetahui beberapa framework populer lainnya, karena tentu saja Anda memilih framework untuk membangun website tujuannya agar bisa lebih mudah dan cepat dalam proses pengembangan.

Anda memiliki kebebasan dalam memilih framework yang ada, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Karena setiap framework memiliki ciri khas mereka dan tujuan mereka digunakan. Beberapa opsi di atas bisa Anda pertimbangkan sebelum menentukan framework yang terbaik untuk Anda gunakan.

Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!