Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Apa Itu Domain or.id, Pengertian dan Kelebihan

Apa Itu Domain or.id, Pengertian dan Kelebihan
Apa Itu Domain or.id, Pengertian dan Kelebihan

Apa Itu Domain or.id, Pengertian dan Kelebihan

Dalam menjalankan sebuah website, ada berbagai macam hal penting yang harus diperhatikan. Salah satu faktor penting yang harus ada dari banyaknya hal penting adalah nama. Identitas harus jelas sehingga orang dapat mengetahui informasi yang berkaitan dengan website. Nama tersebutlah yang dikenal dengan istilah domain. Ada banyak jenis domain dan salah satunya adalah domain or.id.

Domain merupakan nama unik dan menjadi alamat suatu website. Seperti yang sudah Anda baca sebelumnya, domain sendiri ada dalam beberapa ekstensi. Berbagai pilihan tersebut adalah .com yang biasanya digunakan secara umum. Kemudian, ada juga jenis lainnya yaitu .id untuk kepentingan di negara Indonesia. Yuk, simak lebih lanjut berkaitan dengan domain.id untuk organisasi!

TOC / Daftar Isi

Apa itu Domain or.id?

Sebelum membuat website yang berkualitas, Anda harus memastikan penggunaan domain yang tepat. Dari banyaknya jenis domain yang dapat digunakan, Anda dapat memilih or.id sesuai dengan keperluan. Jenis domain yang satu ini banyak dimanfaatkan untuk keperluan organisasi. Karena itu, singkatannya adalah or. Kata "or" ini diambil dari organization. Jadi, memang untuk organisasi saja.

Sementara itu, "id" adalah Indonesia. Dengan begitu, or.id adalah domain yang digunakan untuk seluruh organisasi yang berada di Indonesia. Jika Anda membuka website dengan tujuan penggunaan organisasi. Maka, jenis yang satu ini dapat menjadi pilihan yang sesuai dari banyaknya domain yang dapat dimanfaatkan.

Banyak yang menyediakan berbagai macam domain untuk dimanfaatkan. Paket domain ini juga mempunyai harga yang berbeda satu dengan lainnya. Tentunya, ada pilihan yang sesuai untuk mendapatkan domain berkualitas. Anda dapat menjadikan Niagahoster sebagai pilihan yang tepat karena berbagai macam penawaran yang tersedia. Ada banyak paket domain dengan harga murah.

Back to Content ↑

Sejarah Domain or.id

Domain juga mempunyai sejarahnya sendiri. Berdasarkan hasil ungkapan dari Verisign pada tahun 1985 terkait dengan sejarah domain dunia, ada 6 nama domain di seluruh dunia. Kemudian, 6 jenis domain ini terus mengalami perkembangan sehingga berjumlah lebih dari 265 nama domain. Dari banyaknya nama domain yang terdaftar tersebut, jenis or.id menjadi salah satunya.

Back to Content ↑

Kelebihan Domain or.id

Sebelum menggunakan jenis domain organisasi ini, Anda dapat mencari tahu informasi yang berkaitan dengan kelebihan jauh lebih dulu. Ada berbagai macam kelebihan dalam pemakaian jenis domain ini. Jadi, wajar jika digunakan oleh banyak orang. Sebagai jenis umum yang dimanfaatkan organisasi, berikut ini daftar kelebihan menggunakan domain or.id:

Back to Content ↑

1. Identitas Jelas

Keunggulan pertama dalam penggunaan yang akan Anda dapatkan adalah identitas yang jauh lebih jelas. Anda tidak harus menjelaskan susah payah lagi. Orang akan langsung mengenali situs tersebut dan negara asalnya. Berarti, website dengan kode tersebut berasal dari negara Indonesia dan digunakan oleh organisasi atau komunitas. Jadi, pengunjung dapat lebih mudah dalam pemakaian.

Hal ini juga membantu pengunjung ketika ingin mempertanyakan hal tertentu. Para pengunjung dapat menggunakan bahasa Indonesia karena sudah tahu identitas website. Ingat, hal ini karena website hanya khusus digunakan di Indonesia. Jadi, sudah pasti dikelola oleh orang yang mengerti bahasa Indonesia.

Back to Content ↑

2. Terpercaya

Website terpercaya merupakan salah satu keunggulan lainnya dalam pemakaian domain. Semua keuntungan yang diberikan dalam pemakaian memang tertuju pada pengunjung juga. Jadi, tidak hanya pemilik situs saja yang akan memperoleh keuntungan. Pengunjung akan langsung tahu kalau situs Anda terpercaya, bukan yang palsu. Hal ini dikarenakan domain jenis ini perlu biaya.

Back to Content ↑

3. Harga Murah

Anda juga harus tahu kelebihan lainnya dalam penggunaan jenis domain organisasi. Anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis lainnya. Tentunya, hal ini hanya terjadi jika Anda memilih pada tempat yang sesuai. Ada yang menyediakan paket dari harga puluhan ribu rupiah saja.

Back to Content ↑

4. Ada Perlindungan Hukum

Jika ingin mendapatkan keuntungan lebih, website harus terdaftar dalam penggunaan domain ini. Jadi, pemerintah akan memberikan proteksi sesuai dengan hukum Undang-undang yang ada. Perlindungan terhadap or.id adalah jenis perlindungan yang tinggi. Jadi, posisi website akan menjadi lebih aman juga. Semua perlindungan lebih pasti hingga ke pengadilan juga mudah.

Back to Content ↑

Fungsi Domain or.id

Anda juga dapat mencari informasi berkaitan dengan fungsi dari pemakaian domain sendiri. Jenis domain ini tidak hanya mempunyai keunggulan juga. Ada berbagai macam fungsi yang diberikan kepada para pemilik website juga. Berikut ini daftar fungsi dalam penggunaan domain:

Back to Content ↑

1. Sarana Komunikasi

Fungsi pertama dalam penggunaan website organisasi adalah sarana untuk melakukan komunikasi. Jadi, jika Anda ingin bekerjasama, langkah yang diperlukan cukup mudah. Pasalnya, website hanya perlu menyediakan informasi kontak dengan jelas. Jika sudah, orang akan melihat sendiri dan menghubungi organisasi jika ingin bekerjasama.

Back to Content ↑

2. Penjelasan Organisasi

Pemakaian website ini juga memberikan informasi yang lebih lanjut berkaitan dengan organisasi yang Anda buat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir terkait dengan kejelasan organisasi. Pengunjung yang membuka situs juga sudah tahu bahwa website ini adalah milik organisasi tertentu. Jadi, dapat dijadikan sebagai sebuah referensi sehingga harus ada penjelasan organisasi.

Back to Content ↑

3. Menunjukkan Kredibilitas

Orang hanya akan mempercayai situs yang Anda miliki jika sudah menggunakan pilihan or.id ini. Website telah menunjukkan kredibilitasnya sendiri dengan pemakaian domain ini. Hal ini dikarenakan tidak semua orang dapat membuat website dengan kode id. Harus menggunakan wajah dan juga foto yang jelas. Selain itu, perlu berbagai macam dokumen dalam pembuatan akun.

Back to Content ↑

4. Sarana Operasional

Domain or.id juga mempunyai kelebihan lainnya yaitu sarana yang dapat mempermudah manajemen organisasi Anda. Selain itu, pemakaian website ini juga akan membuat sistem operasional menjadi lebih mudah juga.

Back to Content ↑

5. Mendatangkan Konsumen

Fungsi pemakaian lainnya adalah mendatangkan banyak konsumen. Jelas hal ini merupakan fungsi yang penting untuk mendapatkan keuntungan sendiri. Orang akan terus mencari website Anda jika memang dibutuhkan. Namun, tidak ada batas tempat sehingga dapat menjangkau banyak orang. Bahkan, konsumen jarak jauh juga dapat menggunakan website Anda.

Back to Content ↑

6. Peningkatan Produktivitas Kerja

Domain organisasi ini juga mempunyai kelebihan lainnya yaitu peningkatan produktivitas kerja. Anda tidak harus membuang waktu lagi untuk mencatat semua hasil kerja yang ada. Bahkan, hal ini juga membuang banyak biaya karena harus mempekerjakan orang lainnya. Namun, dalam penggunaan website, Anda dapat mendokumentasikan semua hasil kerja secara digital dan lebih cepat.

Back to Content ↑

Kesimpulan

Pemakaian domain organisasi adalah hal penting untuk meningkatkan kredibilitas dan efisiensi. Bahkan, dapat membantu dalam menarik pengunjung jarak jauh. Jenis or.id adalah pilihan banyak organisasi dalam menjalankan kegiatan yang ada. Anda hanya perlu menyiapkan dokumen asli dan juga biaya pembelian paket. Setelahnya, cari orang yang mengerti website. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Back to Content ↑