Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Durianpay, Platform Terbaik untuk Meningkatkan Strategi Bisnis Anda

Durianpay, Platform Terbaik untuk Meningkatkan Strategi Bisnis Anda
Durianpay, Platform Terbaik untuk Meningkatkan Strategi Bisnis Anda
Images source: Pixabay.com

Durianpay, Platform Terbaik untuk Meningkatkan Strategi Bisnis Anda

Dalam hal bisnis, Anda bukan hanya terpaku dalam menjual dan membeli barang saja. Namun lebih dari itu, Anda juga perlu melakukan strategi bisnis sendiri. Apa saja yang termasuk ke dalam strategi dalam berbisnis ini? Durianpay sebagai platform yang memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli ini akan mengulas semuanya untuk Anda.

Bukan hanya mengenai faktor-faktor yang termasuk ke dalam strategi dalam bisnis ini saja. Platform ini juga akan memberikan penjelasan mengenai contoh dari beberapa strategi yang bisa diterapkan pada bisnisnya.

TOC / Daftar Isi

Apa Saja yang Termasuk ke Dalam Strategi Bisnis? Durianpay akan Mengulasnya untuk Anda!

Strategi bisnis adalah suatu pengambilan keputusan dari sebuah perusahaan dalam mencapai target yang sebelumnya telah dibuat. Salah satu target yang ingin dicapai ini tentunya mengenai perolehan keuntungan dalam jumlah besar.

Beberapa faktor yang termasuk ke dalam strategi dalam bisnis ini di antaranya:

Back to Content ↑

1. Visi dan Misi

Visi adalah segala sesuatu yang menjadi target dan tujuan Anda dalam berbisnis. Sementara misi adalah cara yang bisa Anda tempuh agar target, tujuan maupun visi tersebut bisa tercapai. Dengan kata lain, sebelum Anda memutuskan untuk berbisnis. Anda perlu menentukan terlebih dahulu visi dan misi dari bisnis tersebut.

Misalnya visi yang Anda buat dalam bisnis yang Anda jalani adalah memperoleh keuntungan dalam jumlah besar. Dengan demikian, misi yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari cara agar bisnis yang Anda jalankan tersebut bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Salah satu caranya misalnya dengan memproduksi produk yang dijual dalam jumlah banyak, serta mendistribusikannya ke kawasan-kawasan baru, yang belum pernah Anda masuki, melakukan promosi secara besar-besaran, dan yang lainnya.

Back to Content ↑

2. Core Value (Nilai Dasar)

Salah satu tujuan dari adanya core value adalah untuk mengkoordinasikan segala sesuatu yang sebelumnya telah direncanakan. Bukan hanya itu saja, core value ini juga akan memberikan informasi mengenai segala sesuatu yang harus dilakukan, serta semua hal yang perlu dihindari, dan tidak perlu dilakukan.

Back to Content ↑

3. Analisa SWOT

Analisa SWOT yang terdiri dari:

  • Strength. Yaitu sebuah analisa yang termasuk dalam strategi bisnis, yang dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu beberapa kekuatan yang dimiliki. Tujuannya tidak lain, agar Anda bisa mempertahankan kekuatan (Strength) tersebut, dan bisa dijadikan sebagai cara untuk membuat bisnis Anda bisa mencapai target dengan lebih cepat

  • Weakness. Berbanding terbalik dengan strength. Pada tahap ini, Anda perlu mencari tahu mengenai beberapa kelemahan yang dimiliki dalam menjalankan suatu bisnis. Tujuan dari analisa ini tak lain agar Anda bisa menemukan cara untuk meminimalisir kelemahan tersebut. Bahkan bila memungkinkan, Anda bisa mengubah kelemahan ini menjadi sebuah kekuatan baru

  • Opportunity. Selain dituntut untuk mencari tahu mengenai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Anda juga perlu mencari tahu mengenai peluang yang ada di depan mata. Sehingga Anda bisa menjadikan peluang tersebut sebagai sebuah kesempatan besar untuk mengembangkan bisnis Anda

  • Threat. Selain ketiga analisa tersebut, Durianpay sebagai salah satu platform yang memudahkan penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi pembayaran ini juga tak lupa untuk mengingatkan Anda untuk tidak melupakan analisa yang satu ini. Di mana dalam analisa threat ini, Anda perlu memperhitungkan adanya berbagai ancaman yang mungkin akan dihadapi nantinya, saat menjalankan bisnis yang Anda miliki. Tujuannya tentu saja, agar Anda bisa mencari cara bagaimana untuk membuat bisnis Anda tersebut bisa bertahan dalam setiap persaingan bisnis

Back to Content ↑

4. Metode Strategi Bisnis yang Akan Dijalankan

Faktor lainnya yang harus Anda perhatikan dalam melakukan sebuah strategi dalam berbisnis tak lain adalah mengenai metode yang akan dilakukan. Dengan kata lain, dengan metode/cara yang dilakukan, diharapkan target dari bisnis yang Anda jalankan bisa tercapai dengan mudah dan cepat.

Back to Content ↑

5. Pembagian Tugas

Bagi Anda yang baru merintis bisnis, maupun yang telah menggunakan platform Durianpay. Sebenarnya pembagian tugas ini tidaklah menjadi prioritas. Hal ini dikarenakan, bagi Anda yang menjalankan bisnis sendiri, tanpa adanya pegawai lain dalam bisnis yang Anda jalankan tersebut, bisa dipastikan bahwa semua tugas dan strategi bisnis ini akan Anda lakukan sendiri. Kecuali jika Anda mengandalkan jasa lainnya. Seperti jasa promosi, reseller, dan yang lainnya.

Begitu juga jika Anda menggunakan platform Durianpay ini. Di mana semua strategi bisnis yang bisa Anda lakukan telah tersedia dalam platform yang satu ini. Sehingga pembagian tugas menjadi hal yang tidak perlu Anda lakukan lagi.

Berbeda halnya jika Anda tidak menggunakan platform Durianpay serta memiliki bisnis yang lumayan besar, dengan banyaknya pegawai yang Anda rekrut dalam bisnis Anda tersebut. Maka tentunya, Anda perlu melakukan pembagian tugas, sebagai salah satu strategi dalam bisnis yang dijalankan. Pembagian tugas ini bisa berupa aktivitas promosi, pemasaran, packing dan juga pengiriman barang, menganalisa transaksi pembayaran, dan yang lainnya.

Back to Content ↑

6. Evaluasi

Setelah Anda melakukan hal-hal yang telah disebutkan di atas, maka kini tiba waktunya bagi Anda untuk melakukan evaluasi. Di mana Anda bisa melakukan evaluasi mengenai kuantitas dan juga kualitas dari bisnis yang di jalankan. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa mengevaluasi mengenai kinerja Anda sebagai owner dan juga para pegawai Anda, dalam menjalankan bisnis tersebut.

Back to Content ↑

Contoh Penggunaan Strategi dalam Bisnis

Jika dalam penjelasan diatas, Anda telah menyimak dan juga memahami mengenai faktor-faktor apa saja yang termasuk ke dalam strategi dalam berbisnis. Maka kini, Anda bisa mengetahui mengenai contoh-contoh dari penggunaan strategi bisnis ini. Di antaranya:

  • Membuat sebuah produk yang berkualitas, sekaligus mengembangkan produk tersebut menjadi lebih inovatif
  • Melakukan diferensiasi produk. Dengan kata lain, Anda bisa membuat produk yang beragam Tentunya agar pelanggan memiliki banyak pilihan untuk membeli semua produk yang Anda jual
  • Mempertahankan kualitas pelayanan
  • Mencoba untuk membuat sebuah target yang baru, yang tentunya berbeda dengan target yang telah Anda capai sebelumnya
  • Melakukan promosi secara terus menerus, tanpa harus terpaku pada salah satu produk saja
  • Menjual produk di berbagai platform penjualan
  • Melakukan invasi penjualan ke kawasan-kawasan yang baru
  • Menyediakan layanan pembayaran dengan banyak metode pembayaran. Salah satu solusi untuk memudahkan transaksi pembayaran ini tentunya dengan menggunakan platform Durianpay. Dimana dengan platform ini, Anda bisa menggunakan metode pembayaran dengan teknologi Payment Gateway, maupun Payment Aggregator
  • Memberikan harga yang wajar, dan kompetitif. Namun tetap mempertahankan kualitas produk
  • Mengadakan promo-promo tertentu yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Misalnya dengan melakukan potongan harga (Diskon), promo beli 1 dapat 2, dan yang lainnya
  • Melakukan pengelolaan bisnis dengan lebih cepat dan akurat, yang meliputi pengelolaan keuangan, waktu, tenaga dan juga sumber daya manusia

Back to Content ↑

Demikian penjelasan mengenai strategi bisnis ini. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat bagi Anda. Namun untuk lebih memudahkan Anda dalam menjalankan strategi dari bisnis yang tengah Anda jalankan saat ini. Anda dapat menggunakan platform Durianpay, dan dapatkan beragam fitur yang bisa memudahkan transaksi jual beli antara merchant dan juga pembeli hanya di platform yang satu ini. Selamat mencoba dan Terima Kasih!