Skip to main content

5 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

5 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula
5 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula
Images source: Pixabay.com

5 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Mau jago bahasa Inggris tapi bingung mau mulai dari mana? Atau kamu mungkin sudah membaca modul belajar bahasa Inggris tapi merasa repot dengan aturan grammar yang kaku?

Tenang, saat ini kita hidup di era digital di mana semua berbasis teknologi dengan kecerdasan buatan. Tidak heran, mempelajari bahasa Inggris pun bisa dengan mudah dipraktekkan melalui aplikasi belajar bahasa Inggris. Tampilan visual dan fitur games belajar yang menarik akan memudahkan kamu untuk memahami dan mengingat materi yang diajarkan.

Kemampuan bahasa Inggris seperti speaking, listening, vocabulary, dan pronunciation bisa kamu tingkatkan melalui aplikasi-aplikasi tersebut.;

Penasaran ada aplikasi apa saja yang cocok untuk pemula? Berikut kami rangkum untuk kamu semua.

TOC / Daftar Isi

1. Duolingo

Aplikasi ini banyak digunakan oleh pembelajar bahasa Inggris pemula. Duolingo termasuk jajaran aplikasi Editor’s Choice sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Bukan hanya bahasa Inggris, di aplikasi ini juga tersedia beragam bahasa untuk dipelajari.

Dengan tampilan aplikasi dan fitur games yang menarik, kamu tentu akan betah karena belajar sambil having fun disini. Aplikasi ini memudahkan pengguna dengan pengaturan jam belajar yang bisa diatur sendiri. Duolingo; akan mengirim notifikasi untuk mengingatkan jam belajarmu sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Setiap hari kamu akan diberi materi dan tantangan dengan target belajar yang disebut Xp harian. Setelah menyelesaikan tantangan, kamu akan mendapat skor dan bahkan mendapat rewards dalam bentuk permata/Lingot. Lingot merupakan mata uang virtual yang bisa kamu gunakan untuk semua pembelian aplikasi Android dan iOS. Kamu bisa mendapatkan rewards tersebut setelah berhasil mengerjakan pelajaran sesuai dengan Xp harianmu secara tepat waktu.

Back to Content ↑

2. Cake

Mungkin saja kamu sering menemui iklan aplikasi belajar bahasa Inggris ini di YouTube ya? Dengan ikon yang cukup simple, aplikasi satu ini dilengkapi fitur yang lengkap.

Ketika masuk ke dalam aplikasi, kamu akan disuguhkan kumpulan cuplikan video pendek dari YouTube maupun film. Dengan fitur ini kamu akan melihat pengaplikasian bahasa Inggris yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Mulai dari fitur speaking, pronunciation test, menyusun kata, dan video pembelajaran gratis yang disertai kuis di tiap sesinya. Tentu itu akan sangat membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Back to Content ↑

3. BBC English Center

Buat kamu yang ingin mempelajari bahasa Inggris yang mudah digunakan untuk kehidupan sehari-hari, maka BBC Learning English bisa menjadi pilihan. Terdapat fitur video materi pengajaran singkat yang disebut mini daily lesson. Kamu akan mendapatkan pengetahuan bahasa Inggris dengan case yang; lebih detail dan spesifik. Aplikasi ini juga cukup ringan dan bisa membuat kamu lebih bebas belajar kapan dan di mana saja dengan mengaksesnya melalui smartphone milikmu.

Back to Content ↑

4. Beelinguaapp

Beelinguapp sangat cocok untuk kamu yang ingin mengasah kemampuan reading dan listeningmu. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk belajar bahasa Inggris dengan metode story telling.

Kamu akan disuguhkan beberapa cerita dengan dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sebagai terjemahannya. Untuk melatih listening skill, terdapat fitur audio di dalamnya sehingga kamu bisa; mendengarkan cerita tadi versi penutur aslinya. Kamu dapat mendengar dan mengingat apakah pengucapanmu saat membaca sudah sesuai dengan yang dituturkan oleh penutur aslinya.

Back to Content ↑

5. Grammarly

Sering digunakan untuk kebutuhan membuat jurnal, skripsi, dan bahkan hanya untuk mengirim pesan kepada rekan kerja, aplikasi satu ini dinilai sangat membantu kamu agar terhindar dari kesalahan menulis.

Grammarly secara otomatis akan memperbaiki kesalahan dalam tulisanmu sesuai standar bahasa Inggris yang tepat dengan konteksnya. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur plagiarism checker sehingga untuk keperluan seperti membuat artikel, jurnal, dan sebagainya kamu tidak akan dilabeli plagiat.

Back to Content ↑

Kemampuan bahasa Inggris sekarang menjadi kebutuhan terutama di dunia kerja, kamu mau tidak mau harus mempelajarinya. Dengan rekomendasi aplikasi di atas, kamu tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam belajar karena semuanya sudah tersedia di sana. Masing-masing memiliki keunikan pelayanannya tersendiri. Jadi, ketahui dulu mana yang lebih cocok untuk kamu ya. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat Ya!