Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

Mengenal Apa Itu Network Switch dan Switch Hub Pada Jaringan Internet

Mengenal Apa Itu Network Switch dan Switch Hub Pada Jaringan Internet
Mengenal Apa Itu Network Switch dan Switch Hub Pada Jaringan Internet
Images source: Dictio.id

Mengenal Apa Itu Network Switch dan Switch Hub Pada Jaringan Internet

Perlu Anda ketahui bahwa pada dasarnya jaringan switch atau Network Switch termasuk dalam jenis hardware pada jaringan perangkat komputer yang hampir sama dengan Switch Hub. Namun perbedaan antara kedua jenis hardware jaringan tersebut terletak pada sistem kerjanya, dimana jaringan switch memiliki sistem kinerja jauh lebih pintar daripada sistem kerja jaringan hub atau Switch Hub.

Orang yang sudah berkecimpung dalam dunia IT pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Network Switch, yang merupakan suatu komponen jaringan dalam komputer yang berperan sangat penting. Komponen jaringan ini memiliki fungsi utama sebagai penghubung sejumlah perangkat komputer agar bisa melakukan proses pertukaran data serta melanjutkannya ke berbagai perangkat tujuan. Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

TOC / Daftar Isi

Mengenal Network Switch dan Switch Hub

1. Pengertian Switch dan Cara Kerjanya

Pada dasarnya jaringan switch atau Network Switch merupakan suatu jenis komponen perangkat penting di dalam jaringan komputer yang sekaligus berperan sebagai penghubung Hub dalam rangka pembentukan jaringan komputer yang jauh lebih besar. Namun dalam menjalankan jaringan switch tersebut juga memerlukan bandwidth yang memiliki ukuran yang besar.

Selain itu komponen switch memiliki kinerja yang jauh lebih terarah dan efisien serta bisa langsung menuju ke alamat tujuan yang berlaku baik dalam upaya proses pertukaran data hingga ke proses pengirimannya. Bahkan jaringan switch juga mempunyai kemampuan melakukan deteksi terhadap tujuan data yang bisa memungkinkan adanya pencegahan terjadinya tabrakan ketika saat pengiriman data.

Sementara pada sistem jaringan hub atau Switch Hub berdasarkan keamanannya dimana komponen tidak memiliki pemeriksaan data yang sudah dikirim, maka jelas bahwa hal tersebut berbeda dengan jaringan switch. Namun pada jaringan switch memiliki sistem keamanan data yang lebih unggul daripada jaringan hub, karena penerima tidak akan memperoleh data–data yang mencurigakan.

Sementara untuk cara kerja dari sistem switch ini hampir sama dengan jaringan hub, namun sebenarnya switch kinerjanya jauh lebih efisien dari pada jaringan hub. Jadi cara kerja yang diterapkan dalam jaringan ini yaitu nantinya akan menerima data yang berasal dari perangkat lain dengan syarat harus terkoneksi dengan jaringan.

Karena pada saat digunakan nantinya jaringan switch akan melakukan deteksi dan akan mencocokkan alamat MAC pada perangkat tujuan. Lalu akan dilanjutkan dengan proses pengerjaan logika sambungan dengan semacam port yang sudah terhubung dengan perangkat tujuan. Dengan begitu nantinya data yang akan dikirimkan akan diterima oleh port tujuan saja, tidak dengan port lain sehingga bisa mengurangi adanya potensi tabrakan data.

Back to Content ↑

2. Tipe Network Switch

Ada baiknya jika Anda sebelum menggunakan Network Switch, maka lebih baik memahami apa saja kategori utama dari tipe Switch Hub ini, dengan begitu nantinya akan mempermudah dalam pemilihan jenisnya untuk digunakan, berikut ulasannya.

Back to Content ↑

  • 1. Unmanaged Switch

    Penggunaan jenis switch ini sangat mudah dengan harga yang terjangkau karena unmanaged switch tidak bisa dimodifikasi atau diubah pengaturannya jadi Anda tidak perlu repot untuk mengubah pengaturannya. Karena jenis switch ini memiliki jaringan yang lebih kecil maka cocok digunakan untuk usaha kecil seperti usaha rumahan atau toko yang tidak memiliki staff admin IT.

    Karena memiliki jaringan yang lebih kecil untuk penggunaan 5–10 komputer saja maka bisa tetap aman saat tidak terdapat sistem keamanan. Tapi sebaiknya memilih jenis switch yang aman jika bisnis Anda bergerak dalam bidang yang mengandung informasi penting dan sensitif agar bisa lebih aman.

  • Back to Content ↑

  • 2. Smart Switch

    Sesuai dengan namanya jenis switch ini memiliki tampilan yang sederhana dan lebih mudah jika dibandingkan dengan tipe managed, namun dengan fitur dan kemampuan yang terbatas dengan akses internet. Selain itu penggunaannya juga tidak memerlukan bantuan dari staff yang profesional untuk mengoperasikannya.

    Sama seperti tipe Unmanaged Switch dimana tipe ini juga cocok untuk digunakan dengan jaringan yang kecil dan banyak menggunakan aplikasi seperti VoIP. Bahkan Anda juga bisa secara leluasa untuk mengatur masing–masing port dan jaringan virtual, namun tidak memiliki fitur dalam memonitor perbaikan jarak jauh jika terdapat masalah pada switch tersebut.

  • Back to Content ↑

  • 3. Managed Switch

    Tipe Network Switch yang ketiga ini dilengkapi dengan keamanan jaringan yang lebih tinggi, serta kontrol dan pengaturan yang lebih lengkap. Maka dari itu mengapa switch ini sangat cocok untuk memonitor akses kontrol jarak jauh selama 24 jam. Meski hadir dengan harga yang lebih tinggi namun switch ini sangat cocok untuk mendukung perkembangan pesatnya bisnis Anda.

    Selain itu untuk melakukan percepatan jaringan dan dan penggunaan sumber daya maka tipe switch ini dilengkapi dengan fitur–fitur seperti pengaturan arus pengguna, pemisahan jaringan, menyambungkan network yang berbeda dan pengontrol arus sistem. Agar lebih mudah dalam mengatur dan mengoperasikan switch managed maka Anda harus menguasai pengetahuan dan pemahaman tentang command–line.

  • Back to Content ↑

3. Keuntungan Menggunakan Network Switch

Tentu Anda yang masih awam dengan penggunaan sistem jaringan penghubung atau Network Switch dan akan bertanya–tanya apa saja keuntungan dari penggunaan komponen hardware ini, nah berikut keuntungan penggunaan switch yang wajib diketahui.

Back to Content ↑

  • 1. Bisa Meminimalisir Terjadinya Downtime Jaringan

    Keuntungan utama yang Anda dapatkan dari penggunaan jaringan penghubung adalah sesuai dengan fungsinya yang mana bisa mengurangi resiko kegagalan sistem dalam jaringan dan juga bisa mengurangi terjadinya downtime pada jaringan Anda. Selain itu penggunaan jaringan switch Anda bisa mendapatkan bandwidth yang lebih besar untuk beberapa aplikasi yang termasuk dalam high–flow–rate.

  • Back to Content ↑

  • 2. Bisa Menghemat Biaya Operasional

    Selain bisa meminimalisir adanya downtime dalam jaringan, keuntungan kedua dari penggunaan jaringan Switch ini adalah bisa lebih menghemat biaya operasional di bagian IT. Karena sudah dijelaskan pada ulasan diatas bahwa terdapat tipe switch yang bisa secara mandiri untuk memonitor dan mengakses jaringan Anda meski tidak berada di kantor, artinya bisa dilakukan secara remote.

  • Back to Content ↑

  • 3. Bisa Meningkatkan Keamanan

    Keuntungan yang akan Anda dapatkan selanjutnya dalam penggunaan Network Switch, adalah bisa lebih meningkatkan keamanan dalam jaringan. Karena jaringan switch ini telah dilengkapi dengan fitur PoE (Power over Ethernet) dan 802.1X, yang bisa mengontrol akses switch port Anda untuk masing–masing pengguna jaringan.

    Hal tersebut dibuktikan dengan disaat Anda bisa menetapkan 24 alamat MAC statis yang akan disambungkan dengan masing–masing port dan akan menolak akses dari alamat MAC lainnya.

  • Back to Content ↑

Demikian penjelasan tentang Network Switch dan Switch Hub yang bisa melengkapi berbagai kebutuhan jaringan penghubung di kantor Anda. Selain itu Anda bisa menggunakan produk komponen Network Switch dari Alcatel Lucent Enterprise, dimana telah tersedia berbagai produk dengan banyak tipe yang bisa Anda gunakan untuk mendukung jaringan penghubung dalam berbagai bidang bisnis Anda. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!