Skip to main content

Cara Mudah Mengaktifkan Fitur NFC Pada HP Android

Cara Mudah Mengaktifkan Fitur NFC Pada HP Android

Cara Mudah Mengaktifkan Fitur NFC Pada HP Android

Dalam dunia digital, NFC bisa dibilang bukanlah hal yang baru. Beberapa HP Android telah menggunakan fitur ini sebelumnya. Namun baru setelah diberlakukannya kartu e-toll, bagi pengguna jalan tol. Maka dengan sendirinya, fitur NFC kembali populer. Meskipun demikian, masih ada yang belum paham bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakan fitur NFC. Berikut akan dibahas mengenai cara mudah mengaktifkan fitur NFC pada HP Android.

NFC sendiri merupakan singkatan dari "Near Field Communication". Teknologi gadget ini memungkinkan 2 perangkat bisa saling berkomunikasi, meskipun tanpa kontak. Selain pada HP Android, NFC biasa disematkan pada kartu pembayaran, mesin ATM, ataupun sejenisnya.

Dengan menggunakan NFC ini, Anda dapat melakukan transfer data dengan mudah. Namun meskipun kegunaannya bisa dibilang sangat penting. Tetap saja, ada beberapa orang yang belum paham bagaimana cara menggunakannya. Dalam artikel ini, Anda bisa mengetahui cara mengaktifkan fitur NFC pada HP Android dengan sangat mudah.

TOC / Daftar Isi

Cara Mudah Mengaktifkan Fitur NFC Pada HP Android Dan Cara Bekerjanya

Dengan adanya fitur NFC pada HP Android yang Anda miliki, membuat Anda bisa melakukan transfer data dengan mudah. Contohnya dalam melakukan top up saldo e-toll, maupun melakukan pembayaran dengan e-money, dan sebagainya.

Cara kerja dari NFC ini yaitu dengan mendekatkan antara 2 perangkat yang berbeda. Hampir mirip dengan teknologi bluetooth dan juga wifi. Namun bedanya, NFC ini menggunakan teknologi lain, yang dikenal dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID).

Dimana, dengan teknologi RFID ini, penautan antar 2 perangkat tersebut disambungkan melalui induksi elektromagnetik dalam mengirimkan informasinya. Salah satu contohnya yang bisa terlihat dalam kartu e-toll.

Dalam kartu e-toll, NFC pada HP Android akan diinduksi arus elektrik yang ada pada kartu e-toll, sebagai perangkat pasif. Dengan adanya perangkat pasif tersebut, proses transfer data tidak akan membutuhkan daya. Sehingga proses transaksi pembayaran, top up ataupun sejenisnya bisa dilakukan dengan mudah.

Namun apakah semua HP Android memiliki teknologi NFC ini? Dan bagaimana cara mudah mengaktifkan fitur NFC pada HP Android? Sebenarnya tidak semua HP Android menyertakan fitur NFC pada perangkatnya. Hanya beberapa diantaranya saja, yang memiliki fitur ini.

Meskipun demikian, para pengguna HP Android yang memiliki fitur NFC ini juga, tak sepenuhnya paham mengenai cara mengaktifkannya. Maka dari itu, untuk pembahasan selanjutnya, akan dijelaskan mengenai hal itu.

Back to Content ↑

Fungsi-Fungsi Dari Fitur NFC Pada HP Android

Sebelum mencari tahu bagaimana cara mengaktifkan NFC ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya fungsi dari fitur NFC ini. Bagi sebagian pengguna HP Android, yang memiliki fitur ini. NFC sering digunakan untuk berbagai transaksi. Diantaranya:

Back to Content ↑

1. Melakukan Pengecekan Saldo E-Toll Ataupun E-Money

Apa Anda sering lupa berapa total saldo pada e-toll ataupun saldo e-money yang Anda miliki? Selain bisa dilakukan dengan gerai pembayaran khusus e-toll ataupun e-money. Sebenarnya Anda juga bisa melakukan pengecekan saldo tersebut hanya dengan mengandalkan fitur ini. Cukup dengan mendekatkan e-toll dengan NFC yang ada pada HP Android. Seketika akan muncul berapa jumlah saldo e-toll/e-money yang Anda miliki.

Back to Content ↑

2. Melakukan Top Up

Selain bisa melakukan pengecekan saldo. Anda juga bisa melakukan top up pada kartu e-toll dan e-money yang Anda miliki. Cara pembayarannya bisa dilakukan dengan menggunakan banking mobile, virtual account, ataupun sejenisnya.

Back to Content ↑

3. Melakukan Pembayaran (Payment)

Bagi Anda yang sering melakukan pembelian e-commerce. Anda bisa mengandalkan fitur NFC untuk melakukan pembayaran. Baik itu atas pembelian barang-barang e-commerce maupun untuk melakukan pembayaran dari beberapa tagihan. Seperti kartu kredit, asuransi, BPJS, tagihan listrik, PDAM, dan yang lainnya.

Back to Content ↑

4. Koneksi Wifi

Selain yang telah disebutkan di atas, NFC juga berguna untuk menyambungkan HP Android dengan Wifi. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menempelkan NFC pada HP Android dengan Wifi porter, maka Wifi bisa segera tersambung.

Wifi porter sendiri merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengakses internet/wifi, tanpa perlu memasukkan password. Dengan fungsinya untuk menautkan HP Android dengan Wifi ini, maka banyak pengguna HP Android yang memiliki fitur NFC, berlomba-lomba untuk mencari tahu bagaimana cara mudah mengaktifkan fitur NFC pada HP Android ini.

Back to Content ↑

5. Mengirim Gambar, Video Hingga Nomor Telepon

Banyak pengguna NFC melakukan pengaktifkan fitur NFC pada HP Android, karena dengan NFC Anda bisa mengirimkan gambar, video hingga nomor telepon. Untuk melakukannya, Anda tinggal mengaktifkan fitur NFC pada HP Android yang Anda miliki, berikut HP yang akan Anda kirim gambar. Dengan demikian, gambar, video serta nomor telepon bisa cepat terkirim dengan mudah. Layaknya saat Anda menggunakan fitur bluetooth.

Back to Content ↑

2 Cara Mudah Mengaktifkan Fitur NFC Pada HP Android

Untuk melakukannya, tentunya Anda harus mengecek terlebih dahulu apakah HP Android yang Anda miliki tersebut, sudah dilengkapi dengan fitur NFC ataukah tidak?. Adapun untuk pengecekannya, bisa dilakukan dengan 2 cara sebagai berikut:

  • Bisa dilihat dari belakang HP. Dimana NFC bisa terlihat dalam di bagian penyimpanan baterai.
  • Mengecek NFC pada situs HP produksi.

Jika memang fitur NFC telah tersedia pada HP Android Anda tersebut, maka cara mudah mengaktifkan fitur NFC pada HP Android tersebut, diantaranya adalah:

Back to Content ↑

1. Melalui Menu Pengaturan

Cara mudah mengaktifkan fitur NFC pada HP Android yang pertama yaitu melalui menu pengaturan. Adapun caranya yaitu sebagai berikut:

  • Buka menu setting/pengaturan.
  • Pilih menu more setting/pengaturan lainnya.
  • Selanjutnya Anda tinggal klik menu tersebut. Dilanjutkan dengan mengklik menu network setting/pengaturan jaringan.
  • Selanjutnya, Anda tinggal mengklik menu share and connect (berbagi dan hubungkan).
  • Jika opsi tersebut telah Anda klik, langkah terakhir yaitu dengan menggeser tombol on, ke arah kanan. Sebagai tanda NFC pada HP Android Anda telah aktif.

Back to Content ↑

2. Melalui Shortcut

Cara kedua yang bisa Anda lakukan sebagai cara mudah mengaktifkan fitur NFC pada HP Android yaitu dengan melalui shortcut. Langkah ini terbilang paling mudah. Karena Anda hanya perlu menggunakan langkah-langkah seperti berikut ini. Diantaranya:

  • Cari menu shortcut, yang terletak di bagian atas HP Android. Letaknya hampir sama dengan posisi menu setting/pengaturan.
  • Setelah Anda membuka shortcut, maka Anda akan melihat beberapa konektivitas yang bisa Anda aktifkan. Seperti Konektivitas Mobile Data, Wifi, Bluetooth dan Konektivitas lainnya. Anda tinggal scroll ke bawah, hingga fitur NFC terlihat. Dan klik menu NFC tersebut.
  • Kemudian aktifkan NFC dengan cara menggeser tab ke kanan, hingga tombol menjadi on, dan berwarna biru, yang menandakan fitur NFC telah aktif.

Back to Content ↑

Demikian beberapa informasi seputar NFC dan cara mudah mengaktifkan fitur NFC pada HP Android. Jadi, sebenarnya fitur ini memiliki banyak kegunaan. Maka tak ada salahnya, jika Anda mengecek HP Anda dari sekarang, dan cari tahu apakah HP Anda sudah memiliki fitur NFC ataukah tidak? Dengan demikian, Anda bisa mengaktifkannya fitur tersebut dari sekarang. Sekiranya HP Android yang Anda miliki, telah didukung oleh fitur NFC ini. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat Ya!