Skip to main content

6 Cara Mengatasi Tidak Bisa Update Aplikasi Android

Cara Mengatasi Tidak Bisa Update Aplikasi Android

6 Cara Mengatasi Tidak Bisa Update Aplikasi Android

Pada Android ada sebuah layanan untuk mengunduh aplikasi secara gratis, yaitu Play Store. Sebagaimana yang Anda pahami bahwa aplikasi yang dimaksud disini merupakan suatu sistem tertentu di Android yang digunakan untuk mengerjakan beberapa aktivitas tertentu misalnya bermain games, membuka dan membaca dokumen, memproteksi dan menjaga keamanan data dalam handphone dan masih banyak lagi.

Di Play Store juga terdapat banyak sekali aplikasi yang bisa Anda nikmati bahkan secara gratis, mulai dari aplikasi musik, olahraga, game, dan berbagai macam aplikasi lainnya. Selain itu, bahkan setiap aplikasi juga terintegrasi langsung dengan Play Store, jadi jika ada pembaruan atau update aplikasi, Anda akan selalu mendapat notifikasi.

Namun, yang perlu Anda pahami aplikasi tersebut hanya sekedar memberikan pemberitahuan tentang update tetapi tidak bisa melakukan pembaruan secara otomatis. Sayangnya terkadang ada satu masalah yang sering dialami oleh banyak pengguna, salah satu masalah yang sangat mengganggu adalah, apabila aplikasi yang tidak bisa di update atau diperbarui pada Play Store.

Masalah ini tentu saja sangat mengganggu, karena ada beberapa aplikasi, di mana ketika Anda ingin memperbaikinya, maka aplikasi tersebut tidak dapat terbuka. Padahal, tentu saja Anda ingin selalu menggunakan aplikasi yang selalu up-to-date bukan? Serta tentu saja hal ini dapat meningkatkan keamanan dan menambah kemampuan serta kinerja dari aplikasi tersebut. Mengapa begitu? karena biasanya di aplikasi-aplikasi update akan hadir fitur terbaru.

Nah, penyebab aplikasi android milik Anda tidak dapat diperbarui tentu akan berbeda di antara Anda dan pengguna yang lain. Permasalahan ini memang sering terjadi di kalangan pengguna smartphone Android. Hal ini biasanya disebabkan koneksi data yang lambat juga tidak cukupnya ruang di smartphone yang tersedia.

Nah selain itu, bisa juga disebabkan karena banyaknya cache yang tidak pernah dibersihkan di aplikasi yang akan di perbarui. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara-cara untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa di update pada ponsel android.

TOC / Daftar Isi

6 Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Bisa di Update Pada Android

Perlu Anda ketahui bahwa masalah utama dari error ini terletak pada Play Store, sehingga akan lebih baik ketika Anda membersihkan atau menghapus data dari aplikasi Play Store. Nah, berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mencoba mengatasi aplikasi yang tidak bisa di update pada ponsel android:

Back to Content ↑

1. Menghapus Data Play Store Melalui Menu Pengaturan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa di update pada ponsel android adalah dengan menghapus data Play Store milik Anda. Cara menghapusnya pun sangat mudah dan cepat, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama silahkan buka Pengaturan Smartphone Anda
  • Lalu Anda bisa masuk ke menu Aplikasi Terinstall.
  • Kemudian gulir kebawah hingga Anda menemukan Aplikasi Play Store.
  • Selanjutnya itu klik pada menu Hapus Data.

Nah, dengan melakukan cara diatas, secara otomatis aplikasi Play Store yang Anda miliki akan bersih menjadi seperti pertama kali di-install. Dengan begitu, android milik Anda akan lebih ringan dan bisa lebih optimal dalam melakukan update aplikasi.

Back to Content ↑

2. Menghapus Data-Data Aplikasi yang Akan di Update

Cara yang kedua untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa di update pada ponsel android memang hampir sama dengan cara di atas, namun kali ini data yang dihapus merupakan data-data aplikasi yang akan Anda perbarui. Misalkan kali ini Anda ingin menghapus data aplikasi Game Online, maka langkah-langkah yang harus Anda lakukan diantaranya sebagai berikut:

  • Pertama Anda harus masuk ke Pengaturan Smartphone
  • Lalu Anda bisa masuk ke Aplikasi Terinstall.
  • Selanjutnya silahkan cari Aplikasi Game Online yang akan Anda update
  • Terakhir Anda dapat menghapus data aplikasi tersebut.

Nah, perlu Anda ketahui bahwa jika Anda menghapus data suatu aplikasi, itu berarti semua data yang ada di dalam aplikasi tersebut akan hilang, termasuk akun yang sudah Anda kaitkan. Maka dari itu pastikan Anda sudah menyimpan atau memindah semua data sebelum menghapusnya ya!

Back to Content ↑

3. Menggunakan Aplikasi Pembersih untuk Smartphone

Lanjut cara yang ketiga untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa di update pada ponsel android juga sangat mudah. Jika Anda tidak mau ribet masuk ke pengaturan dan sebagainya, maka cara yang paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pembersih.

Anda tidak perlu khawatir mencari aplikasinya karena ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan, contohnya seperti CCleaner, Clean Master, dan aplikasi pembersih lainnya. Nah untuk menggunakannya, Anda cukup membuka aplikasi tersebut, setelah itu lakukan proses scanning atau pembersihan aplikasi, dan Anda tinggal menunggu hingga prosesnya selesai.

Back to Content ↑

4. Bersihkan Cache dan Data pada Android

Selain cara-cara diatas, cara selanjutnya yang dapat ANda coba untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa di update pada ponsel android. Anda dapat membersihkan cache dari seluruh data di ponsel android Tentu cara ini lebih beresiko kehilangan data, namun cara ini dianggap cukup efektif. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan cara ini adalah sebagai berikut:

  • Masuklah ke menu Pengaturan di Android kemudian klik pada menu Manajer Aplikasi.
  • Pada tombol tab All, carilah aplikasi Google Play Store.
  • Kemudian klik tombol Clear Data dan Clear Cache. Anda dapat menunggu proses pembersihan sampai selesai.
  • Selanjutnya Anda dapat membuka lagi Google Play Store, kemudian update aplikasi seperti biasa

Back to Content ↑

5. Reboot Smartphone Android Milik Anda

Cara untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa di update pada ponsel android berikutnya adalah dengan melakukan reboot pada smartphone android milik ANda. cara ini cukup mudah, cepat dan yang paling penting tidak beresiko. Untuk melakukan reboot pada android Anda, Anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Langkah mematikan smartphone android Anda selama 10 detik.
  • Kemudian coba nyalakan Android Anda kembali.
  • Selanjutnya Anda dapat mencoba untuk melakukan update aplikasi.

Apabila cara ini tidak bisa membantu, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan melakukan Factory Reset. Namun perlu Anda ingat bahwa Factory Reset merupakan jalan terakhir yang bisa Anda lakukan, namun sebelumnya pastikan Anda sudah mem-backup semua data Android milik Anda.

Back to Content ↑

6. Gunakanlah Toko Aplikasi Alternatif

Bila ternyata cara-cara diatas tidak dapat mengatasi permasalahan ini, maka solusi lain untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa di update pada ponsel android adalah dengan mencoba untuk mengunduh aplikasi terbarunya melalui toko aplikasi alternatif lain. Nah, berikut ini beberapa toko aplikasi alternatif yang populer dan bisa dicoba:

  • Aptoide
  • ApkPure
  • ApkMirror
  • dan lainya

Back to Content ↑

Nah itulah dia cara-cara untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa di update pada ponsel android. Anda dapat mencoba langkah-langkah tersebut satu per satu. Terima Kasih dan Semoga Berhasil!