Skip to main content

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Penyebab dari tombol power yang rusak adalah karena terdapat beberapa jalur tombol power yang tidak terhubung atau terputus, yang disebabkan oleh masuk nya air atau minyak dalam perangkat dalam ponsel yang nantinya akan menjadi kerak dan mengakibatkan jalur tersebut tidak terhubung dengan sempurna. Bisa juga disebabkan karena tombol switch pada tombol power yang sudah aus, maka tembaga yang terdapat didalam switch tidak bisa menyalurkan listrik dengan sempurna. Jika pada ponsel Anda mengalami arus pendek maka HP Anda bisa mati dan menyala sendiri.

TOC / Daftar Isi

Penjelasan Tentang Tombol Power HP Dan IC Power

IC Power merupakan suatu komponen pada ponsel yang yang berfungsi untuk mengatur sumber power dari ponsel tersebut, jika diibaratkan tombol power HP adalah tangan kanan dari IC power. Maka jika IC power tersebut rusak tombol power tidak akan berfungsi lagi.

Dalam ponsel Anda Keduanya saling bekerja sama, pada saat Anda menekan tombol power berarti tanda sinyal diberikan pada IC power, lalu IC power pun akan menghidupkan jalur listriknya.

Back to Content ↑

Beberapa Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Jika ponsel Anda mengalami kerusakan pada tombol power, Anda tidak perlu khawatir dan harus langsung membawanya ke counter service, karena jika ponsel Anda jenis Android hal tersebut tidak akan ada masalah karena ponsel Android memiliki operating system yang open source, yang berarti terdapat banyak pengembangan yang telah dilakukan secara individual berdasarkan pengalaman masing-masing. Jadi Anda hanya perlu membaca beberapa informasi dari internet untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah cara menghidupkan HP tanpa tombol power.

Back to Content ↑

1. Dengan Menggunakan Tombol Volume

Tombol volume pada smartphone Anda ternyata tidak hanya berfungsi sebagai mengatur volume suara saja, tapi tombol volume tersebut bisa juga digunakan untuk menyalakan ponsel Anda tanpa tombol power jika mengalami kerusakan. Maka tombol volume juga akan berguna untuk menyalakan ponsel Anda jika tombol power mengalami kerusakan. Jadi berikut adalah cara menghidupkan ponsel Anda dengan menekan tombol volume.

  • Saat kondisi ponsel Anda dalam keadaan masih aktif dan hidup download dan instal aplikasi power button to volume button pada Google Play.
  • Setelah itu jika aplikasi sudah terinstal buka aplikasi tersebut
  • Kemudian atur dan aktifkan pada pengaturan Enable/Disable volume power sesuai kebutuhan Anda
  • Dan setelah itu Anda bisa menghidupkan ponsel Anda dengan tombol volume jika tombol power mengalami kerusakan.

Back to Content ↑

2. Menggunakan Metode Ejector SIM Card

Pada metode ini, anda bisa menggunakan ejector SIM card atau sejenisnya untuk menghidupkan ponsel Anda tanpa menggunakan tombol power. Pada umumnya tray SIM atau wadah dari SIM Card tersebut jika dikeluarkan akan membuat ponsel menyala dan bisa diaktifkan. Berikut adalah cara menghidupkan HP tanpa tombol power tetapi dengan menggunakan ejector SIM card.

  • Pertama Anda harus menyiapkan ejector SIM card HP atau benda sejenisnya yang bisa masuk ke lubang SIM Card HP tersebut.
  • Kemudian tancapkan bagian ujungnya yang lancip ke dalam lubang yang terletak di bagian samping ponsel untuk mengeluarkan Tray SIM Card.
  • Setelah Anda menarik keluar Tray SIM Card tersebut biasanya ponsel akan otomatis aktif menyala tanpa harus menekan tombol powernya.
  • Saat ponsel sudah menyala, pasang lagi Tray SIM Card tersebut dan Anda bisa mulai menggunakannya. Dan Anda harus selalu memastikan tidak terdapat kotoran yang ikut masuk kedalam dan menempel pada SIM Card saat menggunakan ejector, guna untuk menghindari dan bisa menyebabkan sim card tidak bisa terbaca saat ponsel hidup, jika terdapat kotoran yang masuk didalamnya.

Back to Content ↑

3. Bisa Gunakan Charger Atau PowerBank Untuk Menyalakan Ponsel

Metode selanjutnya Anda bisa memakai bantuan powerbank atau charger Anda untuk menghidupkan HP tanpa tombol power. Cara ini bisa Anda gunakan ketika tiba-tiba tombol power pada ponsel Anda mengalami kerusakan yang mendadak dan HP tersebut masih dalam keadaan yang aktif atau hidup. Berikut adalah caranya.

  • Siapkan Powerbank yang Anda miliki saat ini
  • Kemudian Anda harus menyambungkan ponsel tersebut kedalam charger atau powerbank
  • Selanjutnya HP akan secara otomatis menyala karena sudah tersambung ke powerbank tersebut
  • Setelah itu Anda bisa langsung melepas lagi charger Anda untuk menggunakan lagi. Dan Anda harus menghemat daya baterai untuk menghindari terjadinya kerusakan saat kondisi yang darurat.

Back to Content ↑

4. Dengan Mengaktifkan Fitur Double Tap To Wake

Anda bisa memakai fitur bawaan dari ponsel yang sering disebut dengan fitur Double Tap To Wake, karena salah satu cara tersebut bisa menghidupkan HP tanpa tombol power. Dalam fitur Tap To Wake tersebut hanya terdapat dalam ponsel keluaran tahun 2017 ke atas, jika ponsel Anda masih dengan type yang lama maka Anda bisa root terlebih dahulu ponsel Anda untuk bisa memakai fitur tersebut. Berikut adalah cara mengaktifkan fitur double tap to wake pada ponsel yang mengalami kerusakan pada tombol powernya.

  • Anda bisa memulai dengan membuka menu pengaturan di ponsel Anda
  • Kemudian scroll kebawah dan cari opsi temukan tentang ponsel
  • Anda bisa mengetuk tujuh kali pada build number atau nomor bentukan
  • Setelah itu Anda bisa kembali lagi ke menu pengaturan dan mencari fitur double tap to wake, jika sudah menemukannya Anda bisa langsung mengaktifkan fitur tersebut.
  • Kemudian ponsel Anda sudah bisa diaktifkan hanya dengan mengetuk pada layar ponsel untuk menghidupkannya. Mudah bukan.

Back to Content ↑

5. Menggunakan Beberapa Aplikasi Pengganti Tombol Power

Jika cara diatas menggunakan aplikasi power button to volume button, ternyata masih terdapat cara lain untuk menghidupkan HP tanpa tombol power. Dengan menggunakan aplikasi pengganti tombol power, berikut beberapa aplikasinya.

  • Dengan aplikasi power button to volume button yang sudah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya
  • Aplikasi gravity Screen yang berfungsi untuk double tap to wake di ponsel selain pengaturan bawaan dari ponsel.
  • Dengan fitur double tap screen dengan fungsi yang sama yaitu untuk double tap to wake pada ponsel
  • Dengan fitur Auto Screen on/off yang berfungsi untuk menyalakan atau mematikan ponsel hanya dengan menggunakan sensor jarak.
  • Dan selanjutnya Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi terkait pada yang terdapat di Play Store.

Back to Content ↑

6. Anda Bisa Menghubungkan ke PC Atau Laptop

Dengan metode ini Anda bisa melakukan cara menghidupkan HP tanpa tombol power. Caranya sama seperti Anda menghubungkan pada powerbank atau charger seperti diatas yang sudah dijelaskan. Cara melakukannya Anda harus menghubungkan Ponsel tersebut ke Laptop menggunakan kabel data USB Anda, biasanya ponsel akan langsung otomatis hidup saat Anda menyambungkannya ke PC atau Laptop. Selamat mencoba.

Back to Content ↑

Itulah sajian ulasan beberapa cara untuk menghidupkan HP tanpa tombol power jika terjadi kerusakan yang mendadak pada tombol power ponsel Anda. Anda cukup membaca dan mencoba terlebih dahulu beberapa cara di atas sebelum membawa ke counter terdekat.semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih, Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil!