Skip to main content

Samsung Galaxy Tab A 8.0 vs iPad Mini, Mana yang Lebih Unggul?

Samsung Galaxy Tab A 8.0 vs iPad Mini, Mana yang Lebih Unggul?

Samsung Galaxy Tab A 8.0 vs iPad Mini, Mana yang Lebih Unggul?

Siapa yang tidak kenal dengan dua vendor teknologi raksasa dunia ini. Yup Samsung yang merupakan perusahaan teknologi terkemuka dunia asal Korea Selatan dan Apple yang berasal dari Amerika Serikat. Sejauh ini, kedua vendor tersebut bersaing ketat di bidang teknologi untuk memperebutkan pasar dengan bermodalkan produk-produknya.

Salah satu jenis produk mereka adalah tablet. Tablet adalah salah satu teknologi komunikasi dan informasi yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat. Dua merek tablet paling laris di pasaran tak lain dan tak bukan adalah Samsung dan Apple. Samsung yang mengusung seri Galaxy tabnya dan Apple dengan iPadnya selama ini sama-sama berhasil mencatatkan penjualan yang tinggi.

Produk Galaxy Tab dan iPad saat ini selalu bersaing secara kompetitif di pasaran. Bagaimana dengan Samsung Galaxy Tab A 8.0 dan iPad Mini? Kedua produk tersebut sering disejajarkan dan dibandingkan, namun sebenarnya mana yang lebih unggul? Untuk mengetahui keunggulan Samsung Galaxy tab A 8.0 vs iPad Mini, Anda dapat menyimaknya dalam informasi berikut.

TOC / Daftar Isi

Spesifikasi

Samsung Galaxy Tab A 8.0 vs iPad Mini
No. Spesifikasi Samsung Galaxy A Tab 8.0 (2019) Apple iPad Mini (2019)
1. Layar IPS LCD 1200 x 920 piksel, 283 ppi IPS LCD 1536 x 2048 piksel, 324 ppi
2. Dimensi 201,5 x 122,4 x 8,9 mm 203,2 x 134,8 x 4,1 mm
3. Berat 325 gram 300,5 gram (WiFi); 308,2 gram (LTE)
4. Sistem Operasi Android 9.0 Pie iOS 12.1.3
5. Chipset Exynos 794 Apple A12 Bionic
6. CPU Octa-Core (4x1,8 GHz Cortex-A73 & 6x1,5 GHz Cortex-A53) Hex-Core (2x2,5 GHz Vortex & 4x1,6 GHz Tempest)
7. GPU Mali-G7 MP2 Apple GPU (4-Core graphics)
8. Memory Internal 32GB; RAM 3GB 64GB / 256GB; RAM 3GB
9. Slot Micro SD Hingga 512GB Tidak Tersedia
10. Baterai 4.200 mAh 5.124 mAh
11. Kamera Depan 5 MP (f/2.2); Belakang 8 MP (f/2.0); video 1080p@30fps Depan 7 MP (f/2.2); Belakang 8 MP (f/2.8); video 1080p@30fps

Back to Content ↑

Layar

Berdasarkan perbandingan spesifikasi diatas, layar Samsung Galaxy tab A 8.0 vs iPad Mini memiliki perbedaan yang cukup kentara. Resolusi dan kepadatan layar yang dimiliki oleh Apple iPad Mini lebih unggul dibanding dengan lawannya, Samsung Galaxy A Tab 8.0.

Kedua layar dari produk tablet ini sama-sama menggunakan jenis layar IPS yang dikenal melimpah dan hemat daya. Namun begitu, resolusi layar yang dihasilkan pada Apple iPad Mini lebih unggul. Tak hanya itu, kerapatan warna dari iPad Mini juga lebih tinggi. Kedua aspek ini tentunya akan membuat produk iPad Mini lebih menampilkan gambar yang lebih tajam dan lebih nyaman dipandang.

Meskipun begitu, untuk penggunaan sehari-hari, perbedaan kerapatan layar dan resolusi layar di kedua tablet tersebut tidak terlalu kentara. Layar Samsung Galaxy A Tab 8.0 juga masih terbilang mumpuni dengan spesifikasinya tersebut.

Back to Content ↑

Chipset

Chipset merupakan salah satu komponen penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli tablet. Komponen ini merupakan ‘otak’ pada tablet yang memiliki banyak tugas penting, antara lain memproses data, memproses grafis, memproses kamera (ISP), konektor internet, ataupun menjadi media penyimpanan data.

Samsung Galaxy Tab A 8.0 vs iPad Mini dibekali jenis chipset yang memiliki perbedaan cukup signifikan. Samsung Galaxy Tab A 8.0 dibekali dengan chipset kelas menengah bermerek Exynos 7904 dengan processor Octa-Core 1,8 GHz. Sedangkan Apple iPad memiliki chipset A12 Bionic generasi terbaru yang terkenal kencang dan bisa diandalkan. Bahkan, chipset pada iPad ini juga menjadi otak ponsel iPhone XS.

Back to Content ↑

Baterai

Komponen lain yang sangat perlu Anda perhatikan adalah baterai. Baterai memiliki fungsi untuk memberikan daya pada tablet sehingga tablet tersebut dapat hidup dan dioperasikan. Tentunya tablet yang memiliki baterai berkapasitas lebih banyak dapat menjadi pertimbangan Anda.

Samsung Galaxy Tab A 8.0 vs iPad Mini memiliki kapasitas baterai yang berbeda. Samsung Galaxy Tab A 8.0 memiliki baterai berkapasitas 4,200 mAh sedangkan Apple iPad Mini menggunakan baterai berkapasitas 5,124 mAh. Walaupun memiliki kapasitas yang cukup jauh berbeda, tetapi kedua baterai tersebut sudah mampu bertahan dalam waktu yang lama bahkan hingga satu hari penuh.

Back to Content ↑

Memory

Tablet merupakan teknologi mobile yang memiliki kemiripan dengan smartphone. Fungsi yang dimiliki oleh jenis perangkat ini pun juga tidak jauh berbeda dari smartphone. Fungsi dari tablet ini umumnya untuk menjalankan pemrograman yang ringan, seperti digunakan untuk menonton film, game, ataupun untuk sekadar mengerjakan pekerjaan ringan lainnya.

Melihat dari fungsinya yang tidak terlalu berat, maka penyematan RAM sebesar 3GB merupakan hal yang wajar walaupun relatif kecil. Samsung Galaxy Tab A 8.0 vs iPad Mini memiliki RAM sebanyak 3GB saja sehingga dalam penggunaannya, Anda harus menggunakan kedua tablet ini dengan seefisien mungkin agar tablet dapat beroperasi dengan lancar.

Untuk media penyimpanannya, Galaxy Tab A 8.0 memiliki satu varian penyimpanan saja. Tablet ini hanya tersedia dengan media penyimpanan sebesar 32GB. Namun, Anda tak perlu khawatir karena tablet ini memiliki slot kosong untuk memory eksternal lebih dari cukup untuk kebutuhan Anda. Hal tersebut karena tablet ini dapat membaca slot SD Card hingga kapasitas 512GB.

Sedangkan untuk Apple iPad Mini, tablet ini menyediakan dua varian media penyimpanan yang tergolong besar. Anda dapat memilih iPad Mini dengan kapasitas 64GB ataupun 256GB. Namun kekurangannya, Anda tidak dapat menemukan slot memory eksternal sehingga Anda mau tidak mau harus puas dengan memory yang telah disematkan pada tablet tersebut.

Back to Content ↑

Kamera

Samsung Galaxy Tab A 8.0 vs iPad Mini manakah yang memiliki kamera lebih unggul? Kamera yang dimiliki oleh kedua tablet ini tergolong sudah baik. Samsung Galaxy tab A 8.0 dan iPad Mini dibekali dengan kamera utama 8 megapiksel serta kemampuan rekam video 1080p pada kecepatan 30 frame per detik. Dengan besaran piksel yang terpasang pada kamera tablet ini, penggunanya dapat menggunakan tablet ini sebagai alat fotografi ataupun videografi yang sangat praktis.

Untuk kamera depan, iPad mini lebih unggul dibandingkan dengan Galaxy Tab A 8.0. Galaxy Tab A 8.0. Memiliki kamera dengan sensor piksel sebanyak 5 megapiksel sedangkan iPad Mini menggunakan sensor 7 megapiksel. Tentunya, hasil foto kamera depan iPad mini memiliki resolusi yang lebih tinggi dan memiliki kemampuan memfoto dan merekam menggunakan kamera depan lebih baik dari pada Samsung Galaxy Tab A 8.0.

Back to Content ↑

Harga

Perbedaan harga antara Samsung Galaxy Tab A 8.0 vs iPad Mini yang cukup signifikan memang bukan menjadi hal yang mengagetkan lagi. Samsung Galaxy Tab A 8.0 dibanderol mulai harga Rp 1.700.000 sedangkan Apple iPad Mini dibanderol mulai harga Rp 5.500.000 untuk penyimpanan 64GB dan Rp 6.350.000 untuk penyimpanan 256GB.

Back to Content ↑

Jadi, Samsung Galaxy Tab A 8.0 vs iPad Mini mana yang lebih unggul? Meskipun Apple iPad Mini memiliki lebih banyak keunggulan, tetapi Samsung spesifikasi Galaxy Tab A 8.0 tidak bisa dianggap remeh dengan banderol harga yang sangat murah tersebut. Setiap tablet memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Apabila Anda ingin membeli diantara keduanya, pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan budget belanja Anda. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!