Skip to main content

Review Huawei FreeBuds 4i, Kenali Beragam Keunggulannya!

Review Huawei FreeBuds 4i, Kenali Beragam Keunggulannya! Sumber gambar: Gizmologi

Review Huawei FreeBuds 4i, Kenali Beragam Keunggulannya!

Huawei FreeBuds 4i merupakan earphone bluetooth untuk smartphone. Earphone ini unggul karena memiliki daya tahan baterai lebih lama dengan desain yang manis dan nyaman digunakan. Berdasarkan review dari pengguna, Huawei FreeBuds 4i masuk ke dalam kategori earphone TWS terbaik. Harga perangkat yang satu ini sangat terjangkau, yaitu sekitar 1 jutaan.

Kemajuan teknologi membuat perangkat yang dulunya tersambung dengan kabel saat ini bisa Anda gunakan tanpa adanya kabel. Sangat praktis, anti ribet, dan terkesan simpel. Sangat mudah untuk pengoperasiannya dan juga mudah untuk Anda bawa kemana-mana.

Earphone jenis ini mempunyai fitur noise cancellation yang berguna untuk mendengarkan musik di tengah keramaian. Ada satu fitur lain yang lebih penting, yaitu fitur kewaspadaan. Fitur tersebut dapat memasukkan suara-suara penting ke telinga Anda. Mari simak beberapa keunggulan lainnya dari Huawei FreeBuds 4i!

TOC / Daftar Isi

1. Desain Huawei FreeBuds 4i

Review Huawei FreeBuds 4i mulai dari segi desain dan tampilan. Desain earbud mempunyai ukuran yang lebih kompak dengan charging case-nya. Kotak pengisi daya berbentuk oval dan memiliki ukuran yang lebih kecil dengan desain lengkung. Sekilas hampir mirip dengan FreeBuds3. Bentuknya yang lebih kecil akan memudahkan Anda membawanya kemanapun Anda pergi, seperti di saku celana atau di dalam tas. Tersedia 3 pilihan warna, yaitu Ceramic White, Honey Red, dan Carbon Black.

Permukaan earbud dan case menggunakan tampilan yang glossy, sehingga mudah untuk Anda bersihkan. Tetapi, sidik jari Anda akan mudah menempel pada benda tersebut. Bobot masing-masing earbud adalah 5,5 gram, sehingga masih nyaman untuk Anda gunakan dalam waktu yang lama. Sepasang eartips berukuran medium juga sudah terpasang pada earbud. Namun, ada tambahan 2 pasang eartips lagi yang tersedia di dalam kotak dengan ukuran XL dan small.

Mempunyai sertifikasi IPX4 yang menjamin perangkat ini tahan akan keringat atau cipratan air, menurut review dari pengguna Huawei FreeBuds 4i. Case earbud menggunakan mekanisme magnet. Hal ini cukup menyulitkan saat ingin mengambil sepasang earbud dari dalam case. Membutuhkan tenaga ekstra, karena permukaannya yang licin. Di dalam kota juga terdapat kabel USB, kartu garansi, dan buku manual petunjuk penggunaan.

Pada bagian depan case terdapat lampu LED dan juga tulisan “HUAWEI”. Ada tombol pairing pada bagian sebelah kanan dan port USB-C pada bagian bawah case.

Back to Content ↑

2. Fitur Huawei FreeBuds 4i

Fitur yang tersedia pada Huawei FreeBuds 4i menjadi hal yang paling menarik untuk kami review. Tersedia fitur ANC atau active noise cancellation yang menjadi fitur unggulan dari perangkat ini. Memiliki lebih dari satu mikrofon yang dapat mendeteksi suara bagian dalam dan luar, untuk menghadirkan dua fitur sekaligus.

Ada 3 pilihan mode, yaitu mode off, awareness, dan mode noise cancellation yang dapat Anda aktifkan melalui gestur sentuh. Mode noise cancellation bisa Anda gunakan untuk menyumbat suara dari luar. Berguna untuk Anda yang ingin menikmati musik di keramaian atau fokus bekerja. Noise yang terdengar sangat tipis dan masih bisa ditoleransi.

Jika Anda berada di transportasi umum atau di luar ruangan, Anda bisa mengaktifkan mode awareness untuk meningkatkan kewaspadaan. Mode tersebut dapat memasukkan suara dari luar serta bisa berbicara dengan orang lain tanpa melepas earbud. Hal tersebut berdasarkan dari review seorang pengguna Huawei FreeBuds 4i.

Bagi Anda yang ingin menggunakan perangkat ini pada saat sedang melakukan panggilan telepon atau Zoom call. Sebaiknya menggunakan suara yang lebih lantang, agar lawan bicara Anda bisa mendengar suara Anda dengan jelas.

Back to Content ↑

3. Pengoperasian Huawei FreeBuds 4i

Review Huawei FreeBuds 4i selanjutnya adalah mengenai cara pengoperasian perangkat. Anda dapat menyambungkan perangkat yang satu ini ke beberapa perangkat lain seperti komputer, smartphone iOS, dan Android. Untuk masuk ke mode pairing, tekan tombol yang berada di samping kanan case sampai lampu indikatornya menyala.

Saat sudah tersambung, ketika Anda ingin pindah dari satu perangkat ke perangkat lain, dapat Anda lakukan secara instan. Anda tidak perlu memutuskan sambungan dari perangkat sebelumnya yang sudah tersambung. Earphone ini mendukung seamless connectivity, fitur yang jarang digunakan oleh perangkat sejenis dengan harga 1 jutaan. Perbedaannya hanyalah pada pilihan gestur, yaitu sentuh dan tahan serta double tap.

Berdasarkan review dari seorang pengguna Huawei FreeBuds 4i, apabila Anda memasangkan perangkat ini dengan smartphone iOS atau Android. Huawei memberikan fasilitas aplikasi Al Life yang dapat melakukan pembaruan software dan kustomisasi pintasan untuk masing-masing earbud. Untuk kelancaran dan reliabilitas suara jauh lebih baik dari Huawei FreeBuds 3i. Namun, terkadang masih ada glitch ketika sedang melewati area gedung-gedung tinggi.

Huawei FreeBuds 4i juga memiliki fitur wear detection yang hanya bisa Anda gunakan saat menggunakan smartphone Huawei. Fitur tersebut dapat menghentikan pemutaran lagu secara otomatis saat earbud Anda lepas dari telinga.

Back to Content ↑

4. Baterai Huawei FreeBuds 4i

Kualitas baterai juga masuk ke dalam pembahasan review Huawei FreeBuds 4i kali ini. Case earbud memiliki baterai berkapasitas 215 mAh dan masing-masing earbud berkapasitas 55 mAh. Anda bisa mendengarkan musik hingga 22 jam dengan daya tahan untuk sekali pakai mencapai 10 jam. Jika Anda menggunakan mode ANC, durasi penggunaan earbud berkurang sekitar 6 sampai 7 jam.

Membutuhkan waktu kurang lebih selama 2 jam untuk mengisi penuh baterai dengan port USB-C. Tersedia dukungan fast charging pada perangkat ini, sehingga Anda cukup mengisi ulang baterai selama 10 menit. Anda bisa mendengarkan musik sampai 4 jam.

Back to Content ↑

5. Kualitas Audio Huawei FreeBuds 4i

Review perangkat Huawei FreeBuds 4i selanjutnya, yaitu dari segi kualitas audio yang dihasilkan. Menurut salah satu pengguna, kualitas audio perangkat ini lebih versatile. Dirancang untuk dapat memberikan performa low, mid, dan high secara powerfull dan juga seimbang. Performa tersebut membuat kualitas audio tidak terdengar dominan atau warm pada salah satu bagian variabel audio tertentu.

Memiliki driver yang dinamis berdiameter 10 mm untuk masing-masing earbud. Perangkat ini didesain khusus untuk musik pop yang menggunakan vokal dan instrumen seimbang. Pernyataan tersebut berdasarkan dari situs resmi Huawei, namun kenyataannya cocok untuk berbagai jenis genre musik. Output bass-nya sangat powerfull dan tidak pecah saat variabel bass dari equalizer Anda tingkatkan.

Back to Content ↑

Itulah sekilas review tentang keunggulan dari Huawei FreeBuds 4i yang wajib untuk Anda ketahui. Semoga bisa menjadi referensi Anda yang sedang ingin membeli earbud harga terjangkau dengan kualitas terbaik. Ada satu hal yang harus Anda ketahui, perangkat ini tidak cocok untuk seorang gamers yang mencari mode gaming. Tetapi perangkat ini sangat unggul untuk Anda yang hobi mendengarkan musik atau menonton video. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!