Skip to main content

Ini Dia Cara agar Whatsapp Tidak Menyimpan Foto Otomatis

Ini Dia Cara agar Whatsapp Tidak Menyimpan Foto Otomatis

Ini Dia Cara agar Whatsapp Tidak Menyimpan Foto Otomatis

Pada saat ponsel sudah menunjukkan pemberitahuan penyimpanan penuh, hal ini bisa disebabkan oleh banyaknya media baik itu foto maupun file yang ada di dalam ponsel. Termasuk file atau media dari aplikasi Whatsapp. Oleh karena itu, pengaturan unduhan otomatis harus diperhatikan. Berikut ini ada beberapa cara agar Whatsapp tidak menyimpan foto otomatis yang bisa Anda terapkan pada ponsel.

TOC / Daftar Isi

1. Konfigurasi Unduhan Otomatis

Konfigurasi Unduhan Otomatis

Secara default, pengaturan WhatsApp secara otomatis akan mengunduh file atau media apabila ada koneksi seluler maupun koneksi wifi. File atau media yang terunduh biasanya berupa foto, dokumen, stiker gambar, maupun audio atau rekaman suara. Hal ini ditujukan saat ponsel sudah terkoneksi jaringan seluler maupun wifi, Anda bisa mengaksesnya dengan cepat saat file tersebut dikirim ke Anda.

Melalui cara ini, Anda dapat memilih kapan WhatsApp dapat mengunduh media atau file secara otomatis. Adapun cara agar Whatsapp tidak menyimpan foto otomatis adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Whatsapp.
  2. Buka pengaturan dengan memilih titik tiga di bagian pojok kanan atas.
  3. Pilih Setelah atau Pengaturan.
  4. Pilih Penyimpanan dan Data.

Pada bagian ‘Penyimpanan dan Data’ ini, Anda akan melihat berbagai pilihan pengaturan agar file atau media tidak terunduh secara otomatis. Ada beberapa pilihan pengaturan yang bisa Anda atur baik melalui data seluler maupun melalui koneksi jaringan wifi.

Konfigurasi Unduhan Otomatis

Back to Content ↑

1.1. Pengaturan Data Seluler

Pada saat data seluler di ponsel dinyalakan, biasanya media atau file tertentu akan diunduh secara otomatis saat Anda terhubung dengan jaringan internet. Adapun media atau file yang terunduh otomatis adalah foto, audio, video dan dokumen.

Cara agar Whatsapp tidak menyimpan foto otomatis adalah Anda harus menghilangkan tanda centang pada media-media ini di pengaturannya. Dengan begitu, media-media ini tidak akan terunduh otomatis saat Anda menyalakan paket data. Terutama tiap kali Anda terhubung dengan internet, media atau file ini tidak mudah memenuhi memori karena unduhan yang dilakukan secara otomatis.

Back to Content ↑

1.2. Pengaturan Wi-Fi

Tidak jauh berbeda dengan pengaturan data seluler, pengaturan wifi juga hampir sama. Secara default, bila ponsel terhubung dengan jaringan wifi, media atau file akan otomatis terunduh. Media tersebut adalah foto, video, audio dan dokumen. Apabila ponsel terhubung dengan jaringan wifi, tentu hal ini dapat mempercepat ruang penyimpanan menjadi penuh.

Namun, hal ini bisa dicegah apabila Anda menghilangkan tanda centang pada bagian pengaturannya. Cara agar Whatsapp tidak menyimpan foto otomatis pada pengaturan ini, Anda tinggal masuk pengaturan kemudian pilih ‘penyimpanan dan data’ lalu pilih pengaturan wifi. Secara default, semua tanda centang akan aktif. Anda bisa menghilangkan tanda ini agar ponsel saat terhubung dengan jaringan wifi, semua media tidak terunduh secara otomatis.

Back to Content ↑

1.3. Pengaturan Roaming

Roaming merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh operator seluler agar Anda sebagai pengguna dapat mengakses layanan seluler saat pergi keluar negeri tanpa harus mengganti kartu SIM. Baik itu layanan berupa telpon, mengakses internet maupun mengirim pesan. Pada saat fitur ini dijalankan, biasanya secara default ponsel akan langsung mengunduh semua media secara otomatis juga.

Selain membuat ruang memori mudah penuh, tentu hal ini juga mengakibatkan biaya tagihan dari operator seluler meningkat secara signifikan karena biaya roaming data umumnya lebih mahal. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mematikan fitur unduhan otomatis agar tidak terlalu membebani baik ruang memori maupun dari segi biaya.

Adapun cara agar Whatsapp tidak menyimpan foto otomatis pada fitur roaming ini juga hampir dengan cara-cara sebelumnya. Anda tinggal masuk bagian pengaturan kemudian cari ‘penyimpanan dan data’. Setelah itu pilihlah pengaturan saat roaming. Secara default, semua tanda centang akan aktif terhadap media video, audio, foto maupun dokumen. Anda tinggal menghilangkan centang ini agar unduhan otomatis mati.

Back to Content ↑

2. Konfigurasi Penghentian Penyimpanan Media

Selain mengatur unduhan secara otomatis, Anda juga bisa mengatur penghentian terhadap penyimpanan media hasil unduhan di galeri atau memori penyimpanan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Yaitu melalui chat pribadi dan melalui chat grup. Berikut caranya.

Konfigurasi Penghentian Penyimpanan Media

Back to Content ↑

2.1. Pengaturan Chat Pribadi

Pada saat Anda mengunduh file atau media, file atau media tersebut akan disimpan ke galeri telepon di mana aplikasi Whatsapp terpasang. Secara default pun, pilihan untuk menampilkan media juga diaktifkan. Adapun kegunaan dari fitur ini dapat mempengaruhi media baru yang diunduh ketika fitur dinyalakan atau dimatikan namun tidak berlaku untuk media yang lama.

Apabila Anda ingin membatasi fitur ini, Anda bisa langsung pada chat pribadi yang sering mengirimkan media atau file secara terus menerus. Setelah itu, pilih informasi kontak dan Anda akan melihat ‘tampilkan media’. Matikan atau pilih tanda centang ‘secara default’ atau ‘ya’ dan pilihlah ‘tidak.’ Pilihan ini bisa membantu ruang penyimpanan tidak terlalu penuh.

Back to Content ↑

2.2. Pengaturan Chat Grup

Cara agar Whatsapp tidak menyimpan foto otomatis lainnya adalah dengan menghentikan penyimpanan media dari obrolan atau chat grup. Adapun langkah-langkahnya juga hampir sama dengan penghentian penyimpanan pengaturan chat pribadi. Anda tinggal buka grup yang dikehendaki. Setelah itu pilih info grup. Kemudian Anda akan melihat ‘tampilkan media’. Anda tinggal mengatur tanda centang menjadi off pada semua media.

Back to Content ↑

2.3. Pembuatan File .Nomedia

Selain melakukan pengaturan pada chat pribadi dan chat grup, Anda juga bisa membuat file .nomedia di folder Whatsapp bagian gambar atau images. Kegunaan file .nomedia (yang dibaca dot nomedia) ini dapat menyembunyikan semua foto Whatsapp dari galeri telepon atau memori penyimpanan ponsel. Adapun langkah-langkah dalam membuat file ini adalah sebagai berikut.

  1. Bagi ponsel yang tidak memiliki file explorer, Anda bisa mengunduh file explorer dari Google Play Store.
  2. Namun bagi Anda yang memiliki file explorer atau folder file yang digunakan untuk mengelola berbagai macam dokumen atau file, Anda bisa langsung menuju folder Whatsapp dan memilih folder images.
  3. Setelah Anda menemukan folder images yang ada di dalam folder Whatsapp, Anda bisa membuat file dengan nama .nomedia, termasuk tanda titik.
  4. Apabila suatu saat Anda ingin melihat foto yang ada di galeri ponsel, Anda cukup menghapus file .nomedia tersebut. Dengan begitu, foto-foto Anda bisa kembali muncul di galeri ponsel.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara agar Whatsapp tidak menyimpan foto otomatis sehingga dapat memenuhi ruang penyimpanan ponsel. Cara tersebut bisa Anda lakukan bila Anda menggunakan ponsel dengan sistem operasi android.

Back to Content ↑

Bagi Anda yang memiliki ponsel dengan sistem operasi iOS, Anda juga bisa mengelola semua media yang ada di dalam ruang penyimpanan ponsel. Adapun cara agar Whatsapp tidak menyimpan foto otomatis pada sistem operasi iOS, Anda tinggal membuka WhatsApp lalu pilih tombol Pengaturan di kanan bawah. Setelah itu, pilih Penggunaan Data dan Penyimpanan lalu pilih Pengunduhan Otomatis Media di atas. Pilihlah ‘jangan pernah’ pada media berupa foto, audio, video, dan dokumen. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!