Skip to main content

Review Asus Vivobook S S43

Asus Vivobook S S43

Review Asus Vivobook S S43

Pada tanggal 22 November 2018, perusahaan asal Taiwan Asus meluncurkan produk terbarunya dengan memperkenalkan Vivobook untuk pertama kalinya pada pameran Computex 2018. Salah-satu keluaran produk tersebut yang membuat mereka bangga adalah hadir dengan warna-warna yang begitu berani dan berbeda dari yang lainnya.

Tidak hanya itu Asus Vivobook menggunakan engsel ergolift, yang akan membuat keyboard akan terangkat saat laptop dibuka, yang membuat para pengguna dengan pengalaman mengetik menjadi lebih baik. Berikut adalah beberapa review dari Asus Vivobook S S43.

TOC / Daftar Isi

Spesifikasi Umum Asus Vivobook S S43

Produk Asus telah merancang beberapa spesifikasi yang tersemat dalam Vivobook S S43 yang berada pada kelas menengah keatas ini, yang terlihat dari penggunaan Intel Core generasi ke-8 sebagai otak pemrosesannya yaitu dengan Intel Core i5 8250u quad-core (6M Cache, up to 3,4 GHz) dan Intel Core i7 8550u quad-core (8m cache, up to 4,0 GHz) generasi ke-8, meskipun cenderung casual tetapi sangat berperan jitu dalam menunjang kinerja kemulusan kinerja pada laptop tersebut.

Selain itu terdapat beberapa komponen yang disematkan dalam laptop Vivobook ini, yaitu unit pengolahan grafis (GPU) Intel UHD Graphics 620 dan GPU terpisah Nvidia MX150 2GB GDDR5 yang merupakan otak pengolahan grafis yang dibuat berdasarkan arsitektur pascal GP108 dan versi mobile dari GeForce GT1030. Komponen tersebut yang dibuat menggunakan teknologi pemrosesan 14 nanometer dan sanggup menjalankan game berat dalam resolusi HD serta detail medium, serta terdapat RAM yang cukup besar yang mencapai 8GB DDR4 serta dual-storage 256GB SSD dan 1TB HDD.

Back to Content ↑

Memiliki Desain Yang Menarik

Desain laptop pada review Asus Vivobook S S43 ini memiliki warna kontras yang jika tampak pada luar memiliki warna hitam pekat seperti laptop pada umumnya, tapi pada bagian dalam terlihat warna yang begitu menarik dan sangat keren padahal konstruksinya terbuat dari plastik tetapi Asus mampu meramu menjadi body warna yang begitu solid dan menarik serta memberikan kesan yang premium untuk warnanya yang mencolok.

Back to Content ↑

Port USB Yang Berjejer Rapi dan Terlihat Menonjol

Dengan faktor warna tersebut lubang port sebelah kanan dan kiri tampak menyatu dan berjejer rapi serta terlihat lebih menonjol dengan perpaduan warna yang menarik. Pada port kanan hadir dengan port audio jack, USB Type-C HDMI, USB 3.1 dan juga port DC. Dengan kehadiran port HDMI di sebelah kanan yang membuat laptop ini menjadi lebih mudah terhubung dengan layar kedua yang umumnya juga terletak pada sebelah kanan.

Pada port sebelah kiri, hadir dengan port untuk microSD reader dan juga dua port lainnya yaitu USB 2.0, selebihnya tidak terdapat port lainnya pada sebelah kanan, jadi terlihat pada sisi kanan terlihat lebih lega. Dengan kehadiran kedua port tersebut tidak mengurangi sisi minus dari desain body laptop tersebut jika dilihat dari keseluruhannya. Bagi Anda yang sangat menyukai laptop dengan warna yang sangat kontras, laptop ini merupakan rekomendasinya.

Back to Content ↑

Didukung NanoEdge Display dan Layar Kaya Akan Warna

Review Asus Vivobook S S43 selanjutnya adalah desain tampilan layarnya yang jernih dan penuh warna, dengan bentangan layar yang luas yaitu 14 inch dan didukung dengan teknologi Nano Edge Display, serta mampu menampilkan gambar dan video yang berkualitas 4K dengan baik dan cukup tajam.

Dengan dukungan teknologi Nano Edge Display tersebut yang dapat menghadirkan layar dengan bezel yang tipis sehingga membuat laptop ASUS Vivobook tersebut memiliki screen-to-body-ratio yang tinggi yakni 84%.

Back to Content ↑

Performa Yang Baik Untuk Kerja dan Bermain Game

Pada spesifikasi performa laptop yang dibekali dengan processor Intel Core i5 8250 yang dikombinasikan dengan kartu grafis Nvidia MX150, yang pada bagian RAM tersemat kapasitas 8GB. Dengan adanya spesifikasi tersebut Asus Vivobook mampu digunakan untuk kebutuhan produktivitas harian Anda terutama untuk hiburan bermain game yang berat dan mengedit video. Jika Anda menginginkan performa yang lebih bagus, laptop tersebut juga menyediakan varian processor Intel Core i7 8550u, yang jelas menawarkan performa gaming yang lebih baik.

Nah, untuk para konten creator sudah disesuaikan dengan kebutuhan kreator video zaman sekarang yakni melakukan render video dari 4K ke Video 1080P, yang menunjukkan bahwa laptop tersebut sudah sangat bisa untuk kebutuhan video editing maupun rendering.

Back to Content ↑

Memiliki Penyimpanan SSD Berkapasitas Besar

Review laptop Asus Vivobook S S43 selanjutnya adalah yang dibekali dengan dua type penyimpanan, yaitu dengan penyimpanan utama yakni dengan SSD berkapasitas 256GB dan yang satu lainya lagi HDD dengan kapasitas 1TB, sudah terbukti memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Selain itu didukung juga dengan SSD yang cukup kencang dengan menggunakan SSD yang bermerk Micron dengan tipe SSD adalah SSD Sata, yang sudah cukup cepat dan tidak terlalu panas seperti SSD NVMe. SSD pada laptop ini mencapai 524 MB/s dan dengan kecepatan tulisnya mencapai 444 MB/s.

Jika menggunakan SSD NVMe jelas kecepatannya biasanya mencapai angka ribuan, dibandingkan dengan SSD Sata pada laptop tersebut. Tetapi pada SSD tipe SATA yang jelas sangat bagus dengan temperatur suhu 32 derajat celcius. Pada Asus Vivobook S S430 memiliki windows yang diinstal pada SSD sehingga booting OS Windows maupun membuka program yang terinstal di SSD begitu cepat.

Back to Content ↑

Hadir Dengan Desain Ergolift dan Portabilitas

Teknologi Ergolift ini juga hadir pada Asus Zenbook S, yang merupakan mekanisme khusus dapat memungkinkan laptop dapat terangkat dan membentuk sudut 3,5 derajat saat layar dibuka. Dan dengan konsep tersebut terdapat dua keuntungan menarik bagi penggunanya, yaitu pertama keyboard akan menjadi miring sehingga memberikan pengalaman dalam mengetik menjadi lebih nyaman dan enak saat dipakai.

Keuntungan yang kedua, dengan hadirnya desain ergolift membuat sirkulasi udara dibawah laptop menjadi lancar karena adanya rongga ekstra yang tercipta akibat dari terangkatnya bagian bawah bodi laptop ke atas. Apalagi bagi para traveller saat menggunakan laptop tersebut di perjalanan akan sangat praktis dan nyaman serta memberikan kemudahan.

Back to Content ↑

Memiliki Baterai Yang Awet Dengan Pengisian Daya Cepat

Review selanjutnya pada Asus Vivobook S S43 yang dibekali baterai 3 Cells 42 Whrs Lithium-Polymer Battery, terutama pada penggunaan produktivitas baterai juga tergolong awet. Memiliki daya tahan baterai dalam penggunaan internetnya lebih ringan dan bisa mengetik bisa mencapai kurang lebih 5 jam lebih, dan para pengguna juga memakai dalam baterai 80% bisa digunakan internet selama satu jam lebih dengan kecerahan layar 90%, daya tahan yang cukup awet bukan.

Hal lainnya yang juga cukup menarik adalah dengan pengisian daya yang cepat, para pengguna juga sudah membuktikan dengan daya 9% untuk mencapai 100% hanya dengan mengisi daya dalam tempo 1 jam 17 menit saja, luar biasa bukan!

Back to Content ↑

Demikian review Asus Vivobook S S43 secara keseluruhan memiliki banyak keunggulan daripada kekurangannya dan merupakan laptop terbaik di kelasnya. Jika Anda tertarik membeli laptop tersebut yang dibanderol dengan kisaran harga 12 juta sampai 15 juta dengan varian Intel Core yang berbeda. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa menjadi rekomendasi Anda dalam membeli laptop sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!.