Skip to main content

5 Aplikasi Keyboard Virtual Terbaik dan Gratis untuk Laptop

5 Aplikasi Keyboard Virtual Terbaik dan Gratis untuk Laptop

5 Aplikasi Keyboard Virtual Terbaik dan Gratis untuk Laptop

Seperti yang diketahui, keyboard merupakan salah satu komponen penting dalam laptop. Tak hanya dibutuhkan saat mengetik tulisan, tetapi untuk mengoperasikan laptop itu sendiri pun tak bisa lepas sebagai short key tertentu yang memudahkan pengoperasian laptop.

Namun begitu, permasalahan pada keyboard laptop juga cukup sering terjadi. Permasalahan umum yang biasa dari komponen tersebut. Bahkan, setiap tombol yang ada di keyboard pun memiliki fungsi-fungsi ditemukan adalah contohnya adalah tidak berfungsinya tombol-tombol tertentu pada keyboard. Untuk mengatasi hal tersebut, solusi terbaik yang biasa dilakukan oleh orang-orang adalah menggunakan aplikasi keyboard virtual.

Aplikasi keyboard tersebut akan tampil di layar dan dapat membantu Anda untuk mengoperasikan laptop apabila terdapat tombol-tombol keyboard yang tidak berfungsi. Cara penggunaan aplikasi tersebut juga cukup mudah, yakni tinggal meng-klik tiap huruf yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 5 aplikasi keyboard virtual terbaik dan gratis untuk laptop.

TOC / Daftar Isi

On-Screen Keyboard Windows

Rekomendasi aplikasi keyboard virtual terbaik dan gratis yang pertama adalah On-Screen Keyboard Windows. Aplikasi ini dapat langsung ditemukan di laptop Windows Anda secara gratis atau dengan kata lain aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan Windows. Oleh karena itu, untuk menggunakannya pun Anda tidak perlu mengunduh dan menginstall terlebih dahulu.

Untuk membuka aplikasi ini dari laptop, Anda hanya perlu mencarinya di kolom Search dengan mengetikkan nama aplikasi ini. Apabila tombol keyboard Anda tidak dapat mengetikkan nama aplikasi ini, Anda dapat menggunakan cortana untuk voice command.

On-Screen Keyboard Windows dapat digunakan di laptop Windows dengan layar sentuh maupun non layar sentuh. Walaupun cara penggunaannya sedikit berbeda tetapi penggunaan alat ini terolong sangat mudah.

Aplikasi keyboard virtual terbaik dan gratis satu ini memiliki beberapa fitur unggulan, seperti fitur suara keyboard dan prediksi teks. Walaupun sudah memiliki fitur prediksi teks, tetapi sangat disayangkan karena fitur yang tersemat pada aplikasi ini belum mendukung pengaturan multi bahasa.

Back to Content ↑

On-Screen Keyboard Portable

On-Screen Keyboard Portable menjadi salah satu aplikasi keyboard virtual terbaik dan gratis yang dapat Anda coba. Aplikasi ini dikembangkan oleh PortableApps.com. Sistem operasi yang mendukung aplikasi ini juga cukup banyak, yakni mulai dari Windows XP, Vista, 7, 8, dan 10.

Dari segi ukuran, aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil, yakni hanya 1 MB saja sehingga tidak akan memberatkan kinerja laptop. Kemudian dari segi desain dan tampilan, On-Screen Keyboard Portable memiliki tampilan yang sederhana sehingga dapat menyatu dengan layar dan tidak akan mengganggu pandangan ketika ditampilkan di layar laptop.

Selain itu, terdapat fitur menarik yang ada pada aplikasi ini. Aplikasi keyboard virtual ini telah dilengkapi fungsi mengingat pengaturan. Fungsi ini memungkinkan aplikasi untuk menyimpan semua jenis pengaturan yang telah dibuat oleh penggunanya. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu melakukan pengaturan ketika membuka kembali aplikasi ini.

Tak hanya itu saja, On-Screen Keyboard Portable ini juga memiliki kelebihan lain, yakni dapat disimpan dan dijalankan melalui flashdisk. Hal ini tentunya akan sangat berguna, terutama ketika membutuhkannya dalam keadaan darurat.

Back to Content ↑

Free Virtual Keyboard

Aplikasi keyboard virtual terbaik dan gratis selanjutnya adalah Free Virtual Keyboard. Aplikasi ini dapat dijalankan pada laptop dengan sistem operasi Windows, mulai dari Windows XP hingga Windows 10. Free Virtual Keyboard memiliki fitur canggih yang cukup berbeda dari aplikasi lainnya. Tak hanya itu, keunggulan dari aplikasi ini juga patut menjadi pertimbangan Anda apabila hendak menggunakan keyboard virtual.

Aplikasi ini memiliki empat keyboard virtual yang berbeda-beda serta dapat mendukung semua bahasa. Fitur satu ini sangat membedakan aplikasi ini dengan aplikasi ini yang umumnya hanya mendukung beberapa bahasa saja.

Fitur canggih lainnya yang ada pada aplikasi keyboard virtual ini adalah dapat mengubah ukuran, warna, serta transparansi tampilan keyboard pada layar komputer. Pengguna bebas membuat pengaturan tampilan keyboard sehingga nyaman digunakan. Tak hanya itu, keyboard ini memiliki fungsi auto-repeat untuk mengulangi karakter yang sama berulang kali secara otomatis.

Free Virtual Keyboard juga dapat dijalankan melalui flashdisk sehingga sangat mudah digunakan dimana saja. Ini akan sangat membantu apabila Anda sedang berada di situasi mendesak yang membutuhkan keyboard virtual.

Back to Content ↑

Click N-Type

Click N-Type merupakan aplikasi keyboard virtual yang cukup populer di antara aplikasi serupa lainnya. Aplikasi ini dikembangkan oleh lake Software dan dapat dijalankan pada laptop yang memiliki sistem operasi Windows 98 / Me / NT / 2000 / XP / Vista / Windows 7.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang akan memudahkan penggunanya untuk mengetik. Fitur tersebut adalah prediksi teks dan penyelesaian kata. Dengan menggunakan dua fitur tersebut, pengguna tentunya dapat menyelesaikan pengetikan secara mudah dan cepat.

Keunggulan yang dimiliki oleh Click N-Type ini adalah dapat dijalankan di atas aplikasi lain. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk dapat mengetik di atas jendela dan aplikasi apapun menggunakan kursor. Selain itu, aplikasi gratis ini juga memiliki mode Auto-Click dan Scanning yang mendukung pengetikan cepat. Tak ketinggalan, Click N-Type juga telah dibekali dengan berbagai pilihan bahasa.

Layaknya aplikasi keyboard virtual lainnya, Click N-Type juga menyediakan aplikasi versi portable. Aplikasi ini dapat dijalankan melalui flashdisk sehingga sangat cocok digunakan pada kondisi mendesak yang tidak terduga.

Back to Content ↑

Comfort On-Screen Keyboard Pro

Comfort On-Screen Keyboard adalah aplikasi keyboard virtual berbayar namun memiliki versi free trial yang dapat Anda gunakan. Aplikasi ini dapat dijalankan pada laptop dengan sistem operasi Windows, yakni pada Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1, dan 10.

Seperti namanya, aplikasi ini mendukung berbagai fitur profesional yang dapat digunakan oleh penggunanya dengan mudah. Keyboard virtual ini telah mendukung multi bahasa sehingga dapat menampilkan berbagai karakter yang diketik dalam bahasa apapun. Pengguna juga dapat dengan mudah berganti bahasa keyboard hanya dengan satu kali klik saja.

Hal lainnya yang menjadi keunggulan dari Comfort On-Screen Keyboard adalah pengguna dapat mengatur tampilan keyboard. Selain tampilan, kinerja keyboard seperti posisi, ukuran, jumlah tombol, warna dan skin pun dapat disesuaikan oleh penggunanya. Tentunya, pengaturan tersebut dapat dilakukan dengan mudah karena aplikasi ini dilengkapi oleh banyak template yang dapat dengan bebas dipilih sesuai selera pengguna.

Tak ketinggalan, fitur canggih lainnya yang ada pada Comfort On-Screen Keyboard ini adalah dapat menampilkan ikon pintasan berbagai aplikasi yang sangat berguna pada saat pengetikan.

Back to Content ↑

Itulah 5 aplikasi keyboard virtual terbaik dan gratis untuk laptop yang dapat menjadi referensi. Dengan adanya berbagai keyboard virtual dengan beragam fitur canggih ini, Anda tentunya tak perlu khawatir lagi apabila keyboard laptop Anda sedang bermasalah. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!