Skip to main content

10 Tips Memilih Powerbank Bagus dan Awet Yang Wajib Anda Ketahui!

Tips Memilih Powerbank Bagus dan Awet Yang Wajib Anda Ketahui!

10 Tips Memilih Powerbank Bagus dan Awet Yang Wajib Anda Ketahui!

Powerbank merupakan inovasi teknologi yang dapat membantu Anda charging dimanapun Anda berada. Powerbank atau biasa disingkat PB ini sangat efisien sebagai alat darurat dikala Anda kehabisan daya. Saat Anda bepergian, ditengah sebuah acara dan tidak dapat menemukan colokan atau tempat untuk charging maka powerbank akan menolong Anda.

Ada berbagai macam powerbank yang tersedia di pasaran. Dari yang harganya mahal sampai yang murah. Ada yang dari merek terkenal hingga merek terbaru. Kapasitas yang ditawarkan pun beragam. Termasuk desain yang menarik hingga bisa disesuaikan dengan gaya Anda.

Namun tak jarang powerbank yang Anda incar ternyata berakhir zonk. Dalam beberapa kali pemakaian powerbank tersebut rusak. Hal ini tentu sangat merugikan bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Anda bisa menggunakan tips memilih powerbank yang bagus dan awet sebelum membeli powerbank. Mari simak beberapa tips yang telah kami rangkum dibawah ini!

TOC / Daftar Isi

10 Tips Memilih Powerbank yang Bagus dan Awet

1. Pemilihan Merek

Tips memilih powerbank pertama adalah Anda dapat memilih powerbank dengan merek yang terkenal. Merek terkenal tentu disukai banyak orang karena sebuah alasan. Dan sebuah produk dari brand terkenal pasti memiliki prosedur, standar dan kualitas terjamin yang dapat diandalkan.

Namun Anda harus tetap waspada sebab sering ada barang tiruan. Maka sangat disarankan untuk membeli di toko resmi atau ritel terpercaya.

Back to Content ↑

2. Besar Kapasitas

Anda dapat melihat bahwa banyak sekali powerbank dengan beragam kapasitas di pasaran. Ada 1.000 sampai 10.000 mAh. Lalu kapasitas mana yang baik untuk dipilih? Jawabannya bergantung pada kapasitas Hp Anda. Tips memilih powerbank selanjutnya adalah menentukan kapasitas.

Sangat direkomendasikan untuk Anda memilih kapasitas powerbank minimal dua kali lebih banyak dari kapasitas baterai Hp. Sehingga Anda bisa menggunakan powerbank sebanyak dua kali dalam keadaan darurat. Powerbank pun hanya memberikan daya sekitar 70-80% dari kapasitas karena ia sendiri membutuhkan daya untuk hidup. Contoh jika Hp Anda memiliki kapasitas baterai 3.000 mAh. Maka kapasitas powerbank Anda minimal 6.000 mAh.

Back to Content ↑

3. Arus Daya

Setiap barang elektronik memiliki nilai arus daya termasuk pada Hp sehingga charging dengan arus daya yang tidak tepat dapat mempercepat kerusakan baterai Hp. Saat ini pun banyak Hp yang menawarkan fitur fast-charging.

Umumnya fitur fast-charging memerlukan arus sebesar 2 ampere (2A). Maka akan lebih baik jika powerbank yang kalian beli memiliki output sebesar 2A. Penyamaan arus ini dilakukan sebagai bentuk merawat dan memperpanjang umur baterai Hp. Lebih efisien lagi jika Anda menemukan powerbank yang menyediakan fitur 2 atau lebih arus yang berbeda.

Back to Content ↑

4. Baterai Li-Polymer

Tips memilih powerbank selanjutnya adalah memilih powerbank dengan baterai Li-Polymer (Li-Po). Jika Anda melihat dipasaran, Anda akan menemukan mayoritas powerbank dengan baterai Lithium Ion (Li-Ion).

Powerbank dengan baterai ini memang lebih murah dibandingkan dengan Li-Po. Namun baterai Li-Ion cenderung tidak stabil, lebih cepat panas dan mudah bermasalah. Sedangkan Li-Po lebih stabil dan tidak mudah mengalami kebocoran elektrolit. Jadi power bank baterai Li-Po memiliki daya tahan yang lebih lama dibanding Li-Ion.

Back to Content ↑

5. Kualitas Material

Kualitas material powerbank harus diperhatikan sebab hal ini akan mempengaruhi performa dan usia powerbank itu sendiri. Anda wajib memeriksa apakah bahannya kokoh, mudah retak, cepat panas dan lain-lain.

Salah satu contoh powerbank yang memiliki kualitas material rendah adalah jika Anda goncangkan akan mengeluarkan bunyi. Maka ini bisa menjadi tanda bahwa powerbank tersebut rapuh dan mudah rusak. Sangat tidak cocok dijadikan andalan saat dalam keadaan darurat apalagi untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

Back to Content ↑

6. Layar Indikator

Tips memilih powerbank berikutnya adalah Anda harus memperhatikan layar indikator. Layar indikator merupakan fitur yang cukup vital dari powerbank. Layar ini berfungsi untuk memberikan peringatan ketika powerbank hampir kehabisan daya dan jika daya telah terisi penuh. Meskipun terkesan sepele, layar indikator sangat berguna untuk mengetahui kapan harus mengisi daya powerbank.

Back to Content ↑

7. Proteksi Keamanan

Keamanan menjadi tips memilih powerbank selanjutnya yang harus Anda perhatikan. Hal ini sangat berdampak pada pemakaian Anda. Tentu kita tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan baterai bahkan meledak. Maka Anda bisa memilih powerbank dengan fitur Short Circuit Protection dan fitur Over Charging Protection.

Short Circuit Protection adalah fitur proteksi untuk melindungi powerbank dan Hp Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh arus pendek. Sedangkan, fitur Over Charging Protection berfungsi untuk mendeteksi apabila baterai telah terisi penuh sehingga powerbank dapat menghentikan pengisian daya secara otomatis.

Back to Content ↑

8. Desain

Dipasaran Anda akan menemukan berbagai desain ciamik powerbank. Ada yang desain stylish futuristik, ada yang lucu dengan gambar kartun, ada yang berkonsep minimalis dan lain-lain. Anda boleh memilih desain sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Tidak perlu memiliki ukuran yang besar karena yang penting adalah kapasitas daya yang besar. Selain itu sangat direkomendasikan untuk Anda memilih powerbank dengan lubang konektor yang terletak di bagian atas agar kabel USB tidak tertekuk dan patah.

Back to Content ↑

9. Sertifikasi CE dan FCC

Tips memilih powerbank berikutnya adalah memilih powerbank dengan sertifikat CE dan FCC. Sertifikasi CE (European Standard) dan FCC (US Federal Communications Commission) adalah sertifikat yang menunjukan jaminan kualitas produk elektronik yang telah melewati uji standarisasi.

Maka pilihlah powerbank yang sudah mendapat sertifikat ini agar kualitasnya terjamin. Tidak hanya untuk keawetan powerbank juga mencegah dampak buruk untuk hp Anda.

Back to Content ↑

10. Garansi Resmi

Tips memilih powerbank yang terakhir adalah garansi. Banyak yang menyepelekan garansi, namun jika kerusakan terjadi tentu garansi sangat menguntungkan kita. Maka pilihlah powerbank dengan yang memiliki garansi resmi sehingga jika Anda abnormalitas saat penggunaan dalam rentang waktu tertentu, Anda dapat komplain.

Umumnya garansi memiliki rentang waktu minimal 6 bulan hingga 1 tahun. Anda dapat memanfaatkan garansi jika ada kerusakan pada pemakaian dalam waktu tersebut.

Back to Content ↑

Demikian beberapa tips memilih powerbank yang telah diulas secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat membantu Anda mencari powerbank dengan kualitas yang bagus dan awet. Terima Kasih!