Skip to main content

Cara Aktifkan Dark Mode Whatsapp iPhone

Cara Aktifkan Dark Mode Whatsapp iPhone

Cara Aktifkan Dark Mode Whatsapp iPhone

Dark mode di aplikasi mobile, desktop, maupun web kini sudah menjadi satu hal yang wajar. Tak mau ketinggalan, Whatsapp juga akhirnya menyematkan fitur tersebut untuk aplikasinya. Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara aktifkan dark mode Whatsapp iPhone?

Jika Anda merupakan pengguna baru dan belum mengetahui cara untuk beralih ke mode gelap di Whatsapp iPhone, baca penjelasan lengkap di artikel ini. Anda juga akan mendapatkan beberapa pengetahuan lain yang masih berkaitan dengan dark mode.

TOC / Daftar Isi

Apa Itu Dark Mode?

Sebelum jauh membahas mengenai dark mode di iPhone atau Whatsapp, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu dark mode.

Mode gelap atau yang lebih dikenal dengan istilah dark mode merupakan salah satu variasi tampilan (UI) yang menampilkan latar belakang gelap dengan teks berwarna lebih terang.

Sebenarnya, dark mode bukanlah sesuatu yang benar-benar baru. Pasalnya, Windows 7 juga sudah pernah memperkenalkan tampilan dengan mode monokrom menggunakan background gelap dan tulisan terang.

Namun sejak beberapa tahun ke belakang, dark mode benar-benar populer sampai seluruh aplikasi dan sistem operasi menyediakan mode gelap. Mode seperti ini memang lebih disukai karena pengguna tidak akan mudah lelah ketika terus menerus menatap layar.

Berbeda dengan mode terang yang mungkin membuat mata pengguna mudah lelah. Terlebih ketika di malam hari dan berada di lokasi yang minim cahaya. Mode gelap juga dianggap lebih elegan dibanding mode terang, namun hal ini hanya soal selera.

Back to Content ↑

Kenapa Anda Sebaiknya Menggunakan Dark Mode di Whatsapp?

Ada beberapa alasan penting mengapa Anda sebaiknya mengaktifkan dark mode di Whatsapp iPhone? Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Back to Content ↑

1. Mengurangi Mata Lelah

Tidak dipungkiri, orang-orang zaman sekarang menghabiskan sebagian waktunya untuk menatap layar handphone, khususnya di aplikasi Whatsapp. Pasalnya, Whatsapp termasuk aplikasi chatting paling populer saat ini.

Ketika terlalu lama menatap layar smartphone, mata mungkin akan merasa lelah. Hal ini ditandai dengan mata yang berair, terasa kering, bahkan bisa menjalar ke kepala dan membuatnya terasa sakit.

Menggunakan dark mode akan membuat layar handphone sedikit lebih redup. Dengan begitu, pancaran sinar yang mengarah ke mata tidak akan sebanyak ketika memakai mode terang. Oleh sebab itu, mata tidak mudah lelah saat menggunakan dark mode.

Back to Content ↑

2. Hemat Baterai

Apple mulai menggunakan layar jenis OLED sejak pertama kali meluncurkan iPhone X series. layar ini terdiri dari sekumpulan piksel yang menyala untuk menampilkan warna. Namun piksel pada layar OLED tersebut mati ketika menampilkan warna hitam.

Artinya, daya yang diperlukan oleh layar OLED untuk menampilkan warna hitam jauh lebih kecil dibandingkan untuk menampilkan warna-warna terang.

Oleh karena itu, menggunakan dark mode di iPhone X ke atas dapat membantu menghemat daya baterai. Ketika menggunakan dark mode, warna paling dominan yang ditampilkan oleh layar adalah hitam. Jadi, tidak perlu banyak daya untuk menyalakan piksel di layar OLED iPhone.

Namun perlu dipahami bahwa keuntungan ini tidak dapat dirasakan oleh pengguna iPhone 8 atau seri yang lebih lama. Pasalnya, iPhone tersebut masih memakai layar LCD yang pikselnya tetap nyala untuk menampilkan warna hitam. Jadi, daya yang diperlukan juga sama besarnya seperti light mode.

Back to Content ↑

Cara Aktifkan Dark Mode Whatsapp iPhone

Setelah membahas mengenai seluk beluk dark mode, sekarang waktunya untuk mempelajari cara mengaktifkan dark mode di Whatsapp iPhone. Cara pertama ini hanya berlaku untuk iOS 12 ke atas yang sudah dilengkapi mode gelap di tampilannya.

  1. Pertama, pastikan iPhone sudah dalam kondisi stand by dan tidak terkunci.
  2. Klik icon menu Settings dari halaman Home.
  3. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman pengaturan iPhone. Di sini klik pada menu Display & Brightness.
  4. Di halaman selanjutnya akan langsung muncul dua pilihan tampilan, yaitu dark dan light. Klik pada opsi Dark.
  5. Jika ingin mengaktifkan mode gelap secara otomatis ketika matahari terbenam, aktifkan mode Automatic di bawah dua pilihan tadi.
  6. Pengguna juga bisa mengatur sendiri jadwal untuk mengaktifkan dan menonaktifkan mode gelap secara otomatis.

Setelah mengaktifkan mode gelap di settings utama iPhone, seluruh aplikasi juga akan mengikuti menjadi mode gelap, termasuk Whatsapp. Oleh karena itu, Whatsapp di iPhone tidak menyediakan pengaturan untuk mengubah mode di dalam aplikasi.

Hal ini juga termasuk dalam salah satu keunggulan iPhone dibanding Android, yaitu pengaturan yang lebih simple.

Meski begitu, pengguna masih tetap diberi pilihan untuk mengatur wallpaper atau background chat. Whatsapp di iPhone juga menyediakan pilihan wallpaper bertema gelap yang cocok dipadukan dengan dark mode.

Untuk mengatur wallpaper chat, pengguna dapat mengaksesnya melalui menu Settings di dalam aplikasi Whatsapp. Selanjutnya pilih menu Chats. Klik pada Chats Wallpaper dan pilih kelompok Dark.

Back to Content ↑

Setelah membaca penjelasan Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap khususnya mengenai cara aktifkan dark mode Whatsapp iPhone di atas, Anda dapat langsung mempraktekkannya. Sangat mudah, bukan? Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!