Skip to main content

8+ Cara Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Dicharge

Cara Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Dicharge

8+ Cara Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Dicharge

Mengetahui cara mengatasi baterai HP tidak bisa dicharge merupakan hal yang sangat penting karena salah satu permasalahan yang umum terjadi pada ponsel smartphone adalah terkait dengan baterai yang dimilikinya. Kondisi baterai yang susah dicharge tentu menjadi permasalahan dan kendala yang cukup menjengkelkan bagi para pemilik ponsel.

Pasalnya ketika ponsel tidak bisa dicharge maka hal tersebut bisa saja mengganggu kinerja dan bahkan produktivitas yang Anda miliki. Terlebih saat ini ponsel pintar memainkan peranan yang sangat penting dalam kehidupan modern dan telah menjadi perlengkapan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

HP yang tidak bisa dicharge umumnya memiliki beragam penyebab seperti kabel yang rusak, lubang port ponsel yang tidak berfungsi, dan lain sebagainya. Oleh karena kemungkinan penyebabnya pun cukup beragam maka cara untuk mengatasi baterai yang tidak bisa dicharge pun juga bervariasi.

TOC / Daftar Isi

8+ Cara Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Dicharge Yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang bertanya-tanya mengenai cara untuk mengatasi baterai hp yang tidak bisa dicharge, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda pertimbangkan.

Back to Content ↑

1. Cara Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Dicharge Dengan Restart HP

Perlu Anda ketahui bahwa permasalahan hp yang tidak bisa dicharge biasanya hanyalah merupakan masalah sementara. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa melakukan restart hp dengan cara mematikan dan kemudian menyalakan kembali ponsel yang Anda miliki tersebut.

Ketika hp tersebut dimatikan maka semua aplikasi yang berjalan dibelakang layar pun juga akan turut mati. Jadi jika ada aplikasi-aplikasi yang menyebabkan masalah pada hp pun secara otomatis akan bisa hilang.

Meskipun langkah ini terbilang sebagai cara yang cukup sepele, namun kebanyakan diantara Anda banyak yang masih melupakan cara sederhana ini untuk mengatasi hp yang tidak bisa dicharge.

Back to Content ↑

2. Membersihkan Lubang Charge Pada Ponsel

Penyebab baterai HP tidak bisa dicharge yang berikutnya kemungkinan bersumber dari lubang port yang berada di ponsel pintar Anda. Tanpa disadari sering kali pelat logam yang ada di dalam port dan charger tidak dapat melakukan kontak dengan baik karena adanya kotoran atau penyumbatan debu yang mengganggu koneksi penyaluran daya listrik.

Jika kondisi yang demikian terjadi pada ponsel Anda, maka cara mengatasi baterai HP tidak bisa dicharge yang bisa dipertimbangkan selanjutnya adalah dengan membersihkan bagian lubang port ponsel pintar yang Anda miliki.

Untuk membersihkan lubang port ini terlebih dahulu Anda bisa mematikan ponsel yang dimiliki dan kemudian menggunakan tusuk gigi atau semacamnya untuk membersihkan debu yang menempel pada lubang port.

Perlu dicatat bahwa proses pembersihan debu dan kotoran ini sebaiknya dilakukan dengan perlahan dan juga hati-hati agar tidak merusak lempengan konektor untuk pengecasan. Jika dirasa sudah bersih dari debu dan kotoran, Anda bisa mencoba untuk melakukan pengecasan kembali ponsel tersebut.

Back to Content ↑

3. Melakukan Penggantian Kabel Charging

Kemungkinan penyebab baterai HP tidak bisa dicharge yang selanjutnya adalah karena masalah yang terjadi pada kabel hp yang Anda miliki. Masalah tersebut bisa saja karena ada komponen yang putus, konslet, atau permasalahan lainnya pada kabel tersebut.

Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba mengganti kabel tersebut dengan kabel yang lain. Sangat dianjurkan untuk menggunakan kabel original yang memang merupakan bawaan dari HP pada saat Anda membelinya.

Namun jika Anda harus menggunakan kabel yang bukan bawaan dari HP saat pembelian, usahakan untuk membeli kabel baru yang memang bagus dan juga berkualitas untuk menunjang proses pengecasan ponsel yang Anda miliki.

Back to Content ↑

4. Melakukan Penggantian Adapter Charger

Apabila nampaknya kabel charger yang Anda miliki tidak bermasalah, maka ada baiknya jika Anda mencoba untuk memeriksa adapter charger yang Anda miliki. Ketika sudah terlalu lama dipakai, pada umumnya bagian alat tersebut akan menjadi lebih longgar sehingga memberikan masalah pada proses pengecasan yang akan Anda lakukan.

Bahkan tak jarang adapter yang menjadi longgar ini membuat proses pengecasan baterai HP tidak bisa dilakukan. Maka dari itu, salah satu cara mengatasi baterai HP tidak bisa dicharge selanjutnya adalah dengan mengganti adapter original bawaan HP. Jika diperlukan, Anda bisa membeli adapter baru yang memiliki kualitas terbaik atau setara dengan adapter bawaan.

Back to Content ↑

5. Melakukan Pemeriksaan Kondisi Baterai Ponsel

Jika kabel dan perangkat lainnya masih berfungsi dengan cukup normal dan baik, maka ada kemungkinan bahwa yang mengalami masalah adalah pada bagian baterai ponsel yang Anda miliki.

Biasanya baterai yang sudah terlalu tua usianya, akan sedikit ‘rewel’ dan bisa memiliki sejumlah permasalahan termasuk salah satunya adalah tidak bisa dicharge atau diisi ulang. Jika kondisi demikian yang Anda alami, maka solusi terbaiknya adalah dengan melakukan penggantian baterai smartphone tersebut dengan yang baru agar pemakaiannya menjadi awet dan tahan lama.

Back to Content ↑

6. Melakukan Update Pada Sistem OS

Terkadang permasalahan baterai yang tidak bisa dicharge bisa disebabkan oleh adanya sistem operasi yang sudah terlalu lama dan harus dilakukan update atau pembaharuan. Sistem OS yang terlalu lama akan bisa berpengaruh pada performa pengisian baterai ponsel yang Anda miliki.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda perlu melakukan update atau pembaruan pada sistem OS yang terbaru agar performa dan kinerja yang dimiliki oleh ponsel Anda tetap dalam kondisi yang maksimal dan optimal.

Back to Content ↑

7. Matikan Ponsel Pada Saat Dicharge

Bila selama ini Anda suka menggunakan smartphone ketika sedang dicharge, sebaiknya Anda tidak lagi melakukan hal ini. Melakukan pengecasan hp sembari melakukan streaming Youtube, bermain game, ataupun mendengarkan musik akan membuat kinerja baterai menjadi semakin berat dan bisa saja mengganggu proses pengecasan baterai yang Anda lakukan.

Melakukan pengecasan sembari menggunakannya untuk berbagai aktivitas bisa membuat proses charging tersebut tidak maksimal, berjalan lama, dan bahkan bisa juga membuat baterai menjadi berkurang. Jika Anda melakukan hal ini secara terus-menerus, bisa saja membuat baterai menjadi rusak dan tidak bisa dilakukan pengecasan.

Untuk menghindari kemungkinan ini, ada baiknya jika Anda menonaktifkan ponsel pintar Anda ketika sedang dicharge agar proses charging yang dilakukan bisa berjalan semakin optimal.

Back to Content ↑

8. Membawa ke Service Center

Jika Anda sudah melakukan beberapa hal di atas namun ponsel tetap tidak bisa dicharge, solusi terbaik yang harus dilakukan adalah dengan membawa ponsel tersebut ke service center untuk memecahkan permasalahan yang dialami oleh ponsel Anda.

Sangat dianjurkan untuk membawa ke service center resmi sesuai dengan vendor hp yang Anda miliki. Jika ponsel yang Anda miliki masih dalam masa garansi maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya service dan perangkat sparepart pengganti pun merupakan sparepart yang resmi.

Back to Content ↑

Itulah beberapa cara mengatasi baterai HP tidak bisa dicharge yang perlu Anda ketahui. Kini berbekal dengan beberapa cara yang telah disampaikan di atas, Anda bisa melakukan beberapa cara berbeda untuk mengatasi permasalahan pada baterai ponsel yang tidak bisa dicharge. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!