Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Perbedaan 32 Bit & 64 Bit Pada Gawai, Kekurangan dan Kelebihannya

Perbedaan 32 Bit & 64 Bit Pada Gawai, Kekurangan dan Kelebihannya
Perbedaan 32 Bit & 64 Bit Pada Gawai, Ini Kekurangan dan Kelebihannya

Perbedaan 32 Bit & 64 Bit Pada Gawai, Kekurangan dan Kelebihannya

Gawai atau Gadget merupakan suatu instrument atau peranti yang mempunyai fungsi dan tujuan praktis secara spesifik. Rancangan gawai cenderung lebih canggih jika dibandingkan dengan teknologi yang tercipta sebelumnya. Gawai tersedia dalam 2 versi, yaitu 32 bit & 64 bit.

Masing-masing jumlah bit memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing terhadap kinerja gawai. Bit adalah sistem digit angka biner yang berbasis 1 dan 0 digunakan sebagai satuan terkecil untuk menyimpan informasi digital atau menyimpan data.

Berikut ini ada beberapa perbedaan antara 32 bit & 64 bit pada gawai:

TOC / Daftar Isi

Perbedaan 32 bit & 64 bit pada Gawai

1. Sisi Processor

Sebuah bit hanya bisa disimpan oleh perangkat digital, contohnya processor laptop, notebook, atau smartphone. Jumlah bit yang tersimpan di dalam processor menunjukkan kapasitas dari registry processor tersebut.

Registry berguna untuk menyimpan data. Semakin luas ruang penyimpanan data, maka semakin banyak jumlah data yang dapat Anda simpan. Arus data berjalan juga semakin lancar. processor 32 bit mampu menyimpan data sebanyak 4 miliar data, sedangkan processor 64 bit mampu menyimpan sejumlah 18 miliar miliar data.

Processor 64 bit memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat jauh berbeda dari processor 32 bit. Kecepatan proses data untuk processor 64 bit juga lebih cepat karena bisa memproses nilai komputasi hanya dalam sekali proses.

Back to Content ↑

2. Sisi RAM

Gawai 64 bit bisa menggunakan RAM yang jauh lebih besar dari 32 bit. Jika Anda mempunyai gawai 32 bit, maka aplikasi yang dapat Anda install maksimal sebanyak 4GB. Sedangkan untuk gawai 64 bit bisa memanfaatkan maksimal RAM 8GB.

Semakin besar kapasitas RAM yang dapat Anda gunakan, semakin meningkat pula kemampuan gawai milik Anda. Misalnya Anda sedang bermain game, kapasitas RAM pasti sangat mempengaruhi performa dari game tersebut.

Back to Content ↑

3. Sisi Performa

Kemampuan processor di dalam perangkat mendukung sistem 32 bit & 64 bit dalam pengoperasiannya. Gawai yang menggunakan teknologi processor 64 bit pasti mempunyai kemampuan yang jauh lebih baik dari processor 32 bit.

Hal tersebut disebabkan processor 64 bit adalah versi baru yang sudah sesuai dengan perkembangan teknologi pada masa ini. processor 64 bit juga bisa menyimpan nilai komputasi dalam jumlah banyak, sehingga bisa mengakses 4 miliar kali lipat daripada processor 32 bit.

Back to Content ↑

4. Kompatibilitas Aplikasi

Perbedaan performa sistem 32 bit dan 64 bit juga bisa berpengaruh terhadap kompatibilitas aplikasi yang dapat Anda gunakan pada gawai. Jika Anda memakai sistem operasi 32 bit, pastinya gawai tidak akan bisa menjalankan versi aplikasi 64 bit.

Contohnya aplikasi yang membutuhkan kinerja sistem dan processor mumpuni seperti video editing, grafik beresolusi tinggi, desain, dan game. Namun, gawai yang menggunakan sistem operasi 64 bit mampu menjalankan berbagai aplikasi 32 bit dan 64 bit tanpa adanya masalah.

Back to Content ↑

Kekurangan dan Kelebihan Processor 64 Bit

Selain mempunyai banyak kelebihan, processor versi 64 bit ini juga mempunyai kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan dan kelebihan dari processor 64 bit pada gawai:

Back to Content ↑

1. Kekurangan Processor 64 Bit

  1. Ukuran aplikasi cenderung lebih besar.
  2. Kapasitas penyimpanan internal perangkat Anda harus diperbesar, karena OS untuk 64 bit memiliki ukuran yang juga besar.

Back to Content ↑

2. Kelebihan Processor 64 Bit

  1. Processor 64 bit mempunyai kinerja yang lebih cepat daripada processor 32 bit.
  2. Gawai yang menggunakan processor 64 bit mempunyai kemampuan penyimpanan data lebih banyak, yaitu 18 miliar. Sedangkan processor 32 bit hanya dapat menyimpan data sekitar 4 miliar saja.
  3. Mempunyai dukungan RAM mencapai Exabyte, sehingga gawai bisa memproses data lebih kencang daripada processor 32 bit.

Back to Content ↑

Kekurangan dan Kelebihan Processor 32 Bit

Meskipun processor 32 bit dari informasi sebelumnya memiliki banyak kekurangan, namun processor lawas ini juga memiliki kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dan kelebihan dari processor 32 bit:

Back to Content ↑

1. Kekurangan Processor 32 Bit

  1. Kinerja processor 32 bit lebih lambat jika Anda bandingkan dengan 64 bit.
  2. Kapasitas RAM yang dapat ditampung maksimal hanya 4GB.
  3. Kurang mampu untuk mengerjakan tugas besar.

Back to Content ↑

2. Kelebihan Processor 32 Bit

  1. Sangat optimal untuk ponsel pintar yang menggunakan RAM 2GB.
  2. Cocok untuk mengerjakan tugas ringan.

Back to Content ↑

4 Cara Mengetahui Processor di Windows 64 Bit atau 32 Bit

Setelah mengetahui berbagai perbedaan antara processor 32 bit dan 64 bit beserta kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sudah tahukah Anda cara untuk mengetahui processor di Windows? Mari simak beberapa caranya berikut ini:

Back to Content ↑

1. Melalui Control Panel

  1. Klik menu Start.
  2. Kemudian pilih Control Panel.
  3. Selanjutnya klik menu System and Security.
  4. Terakhir klik opsi System, maka akan muncul informasi tentang perangkat Anda seperti merk processor, tipe OS, jumlah bit, dan lain-lain. Anda bisa melihat informasi bit pada bagian System type.

Back to Content ↑

2. Melalui Modern Settings

Untuk Anda yang menggunakan perangkat dengan sistem operasi Windows 10, bisa mengetahui informasi bit melalui modern settings.

  1. Klik Settings.
  2. Setelah itu klik menu System.
  3. Pilih opsi About, maka sistem akan menampilkan informasi tentang nama perangkat, jumlah bit 32 atau 64, dan lain-lain. Pada bagian System type, jika tertulis x64-based processor, berarti perangkat Anda menggunakan processor 64 bit. Namun jika yang tertulis adalah x86-based processor, berarti perangkat Anda menggunakan processor 32 bit.

Back to Content ↑

3. Melalui Registry Editor

  1. Buka Registry Editor.
  2. Kemudian menuju navigasi path Computer.
  3. Klik HKEY_LOCAL_MACHINE.
  4. Selanjutnya klik HARDWARE.
  5. Setelah itu klik DESCRIPTION.
  6. Berikutnya klik System.
  7. Kemudian klik CentralProcessor.
  8. Terakhir klik 0, sistem akan menampilkan informasi tipe bit processor di bagian key Identifier.

Back to Content ↑

4. Melalui Command Prompt

  1. Klik menu Start.
  2. Masukkan cmd pada kolom pencarian, kemudian tekan tombol Enter.
  3. Ketik perintah echo %PROCESSSOR_ARCHITECTURE%
  4. Tekan tombol Enter pada keyboard.
  5. Kemudian sistem akan menampilkan informasi bit processor perangkat Anda, 32 atau 64.

Back to Content ↑

Cara Mengetahui Processor di Smartphone Android 64 Bit atau 32 Bit

Setelah mengetahui cara mengecek processor di Windows, apakah Anda sudah tahu cara mengecek processor di perangkat smartphone Android Anda? Jika belum, mari ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Download terlebih dahulu aplikasi AnTuTu Benchmark melalui situs website terpercaya.
  2. Kemudian install di ponsel pintar Android Anda.
  3. Setelah proses instalasinya selesai, buka aplikasi.
  4. Selanjutnya tap Pemberitahuan.
  5. Sistem akan menampilkan informasi tentang jenis smartphone Anda dan tipe processor. Anda bisa melihat jumlah bit pada bagian type.

Baik, seperti itulah perbedaan antara processor 32 bit & 64 bit beserta kekurangan, kelebihan, dan cara mengetahuinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang bit pada gawai milik Anda.

Back to Content ↑

Perkembangan teknologi yang semakin canggih ini pasti akan terus menghasilkan berbagai teknologi terbaru yang lebih baik lagi. Mungkin saat ini yang lebih baik adalah processor 64 bit, namun beberapa tahun lagi mungkin akan ada jumlah bit yang lebih besar. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!