Skip to main content

Cara Mengaktifkan Server FTP Di XAMPP

Cara Mengaktifkan Server FTP Di XAMPP

Cara Mengaktifkan Server FTP Di XAMPP

Sebenarnya untuk melakukan manajemen file, Anda bisa menggunakan File Explorer Windows dan langsung mengakses lokasi tersebut, tetapi akan lebih menarik jika Anda menggunakan fungsi server FTP di XAMPP untuk proses manajemen file website, seperti membuat file baru, atau menghapus file, dan sebagainya.

Karena jika saat Anda ada rencana untuk mengupload website, dan website tersebut berada di server hosting dan live internet, maka Anda disarankan menggunakan server FTP untuk manajemen file dan akan meringankan pekerjaan Anda.

TOC / Daftar Isi

Beberapa Langkah Cara Mengaktifkan Server FTP Di XAMPP

Server Filezilla merupakan juga versi Xampp yang sering digunakan, maka dari itu jika Anda mengaktifkan server FTP di Xampp dengan menggunakan FTP Client server Filezilla untuk memanajemen file dengan mensimulasikan bagaimana cara bekerja dengan server hosting yang sesungguhnya.

Sebelum mengaktifkan server tersebut terlebih dahulu Anda harus membuat user FTP dan menyiapkan beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu, software XAMPP dan software Filezilla. Untuk langkah-langkahnya Anda simak penjelasannya dibawah ini.

Back to Content ↑

1. Pertama Anda Harus Menyeting Server FTP FileZilla

Pada server komputer Anda yang berfungsi sebagai penerima file, jadi Anda harus mengaktifkan program server FTP FileZilla harus diaktifkan dulu. Berikut adalah langkah-langkah awal dari cara mengaktifkan server FTP di Xampp:

  1. Langkah pertama adalah dengan menyalakan atau opsi start service pada FileZilla yang terdapat di Control Panel XAMPP.
  2. Kemudian Anda harus menjalankan program administrasi FileZilla dengan cara klik tombol Admin pada control panel XAMPP.
  3. Lalu akan muncul kolom kotak dialog yang bertuliskan Connect To Server dengan bermacam pengaturan yang tidak perlu mengganti pengaturan apapun disini, langsung saja klik OK. setelah itu halaman FileZilla akan muncul
  4. Nah pada halaman FileZilla ini Anda harus membuat sebuah akun paling tidak berjumlah satu akun saja, dengan klik menu Edit User dan menu tersebut akan muncul halaman user management.
  5. Saat sudah berada pada halaman user Anda bisa klik Add untuk membuat account FTP baru
  6. Lalu selanjutnya akan muncul menu lagi yaitu Add user Account dengan mengisi nama akun Anda pada kolom yang tersedia sesuai dengan perintah untuk user tersebut. Dan jika sudah Anda bisa klik OK.
  7. Selanjutnya Anda bisa centang kotak password dan masukkan password yang Anda buat untuk akun baru Anda tersebut.
  8. Lalu Anda bisa mengatur folder mana yang bisa diakses oleh user Anda tersebut, dengan klik menu Shared folder pada sebelah kiri halaman.
  9. Setelah itu klik tombol Add dan pilih folder htdocs yang terdapat didalam folder instalasi XAMPP, yang berfungsi sebagai home directory untuk user tersebut.
  10. Untuk memberi akses penuh kepada akun user Anda maka dengan melakukan klik centang semua dalam kotak yang terdapat di sebelah kanan.
  11. Untuk langkah terakhir dengan klik OK untuk menyimpan pengaturan yang sudah dibuat diatas.

Tidak berhenti dengan cara begitu saja, untuk cara mengaktifkan server FTP di XAMPP langkah yang harus ditempuh selanjutnya adalah cara mentransfer file ke server Xampp. Berikut adalah rincian langkah penjelasannya.

Back to Content ↑

2. Cara Transfer File Ke Server XAMPP

Setelah selesai pembuatan akun user FTP langkah selanjutnya yang harus Anda dapat melakukan koneksi FTP pada server XAMPP untuk mentransfer file di website Anda, dengan langkah-langkah berikut ini:

Pada langkah pertama Anda bisa membuka program FTP Client Anda dan dengan memasukkan kredensial koneksi dengan menggunakan server Filezilla. Berikut caranya.

  1. Jika satu perangkat pada komputer yang terinstall XAMPP melakukan koneksi dengan Anda maka gunakan 127.0.0.1 pada field host address.
  2. Sementara jika melakukan koneksi dengan komputer lain maka Anda bisa menggunakan network hostname atau alamat IP komputer yang sudah terinstall server XAMPP tersebut.
  3. Anda bisa mengetikkan angka 21 pada file port atau bisa Anda biarkan kosong saja.
  4. Kemudian Anda bisa memasukkan username serta password yang sudah Anda buat pada langkah pembuatan akun user diatas sebelumnya tadi. Lalu Quick Connect, maka FTP client Anda akan sukses melakukan koneksi pada server Anda yang berada di folder c :\xampp\htdocs, karena disitu merupakan tempat default lokasi untuk root website Anda.

Cara kedua Anda bisa melakukan transfer file Anda pada server atau sebaliknya dengan cara drag and drop, yang pada sebelah kiri merupakan komputer Anda dan sedangkan pada sebelah kanan merupakan komputer server. Atau Anda bisa menggunakan klik kanan pada file atau folder dan kemudian pilih upload atau download. Prosedur tersebut adalah cara untuk mengenalkan atau memfamiliarkan diri Anda.

Back to Content ↑

3. Cara Mencoba Membangun Server FTP Menggunakan Windows

Selanjutnya jika Anda ingin melakukan cara aktifkan server FTP di XAMPP, berikut adalah langkah- langkahnya:

  1. Langkah pertama yang bisa Anda mulai dengan membuka terlebih dahulu pada aplikasi XAMPP yang terdapat di windows komputer Anda, jika tidak terdapat aplikasi tersebut Anda bisa mendownload terlebih dahulu file XAMPP tersebut pada berbagai situs resmi.
  2. Selanjutnya jika sudah didownload Anda bisa memilih start untuk membuka pada bagian Filezilla yang terdapat pada XAMPP itu sendiri. Pada bagian FTP server tersebut Anda bisa mengaktifkan aplikasi konfigurasi
  3. Setelah itu pada tahapan berikutnya adalah dengan memilih menu Admin di bagian XAMPP, dari hal tersebut maka aplikasi Filezilla dengan bantuan XAMPP tersebut yaitu bisa melakukan konfigurasi hal-hal yang diperlukan didalamnya, dimulai dengan membuka FTP server, filtering IP,dll. Semua bisa diterapkan sesuai dengan cara yang Anda inginkan.
  4. Lalu pada bagian Tab akan terdapat Filezilla tersebut, langkah selanjutnya dengan menerapkan cara memilih edit dan kemudian klik edit pada bagian user, yang nantinya akan menampilkan konfigurasi yang bisa akan pakai untuk user tersebut. Dan selanjutnya Anda harus menuju ke Pages General agar bisa memasukkan nama dan password Anda.
  5. Dan kemudian Anda harus menuju ke menu pengaturan di bagian Page Share Folder yang terdapat pada bagian Tab User, pada bagian itulah Anda akan mencoba pilih tambahkan atau add user dan bisa mengetahui file yang akan dishare pada bagian server FTP itu sendiri.
  6. Lalu ditempat yang sama Anda bisa memilih Set As Home pada bagian folder yang akan dishare tersebut dan pada folder tersebut yang akan tampil pada bagian beranda atau menu home, yang penerapannya bisa Anda lakukan dengan memilih klik OK.
  7. Lalu Anda bisa melakukan konfigurasi sesuai dengan keinginan Anda pada menu setting yang terdapat pada FileZilla XAMPP.
  8. Untuk mengakses FTP server, maka terlebih dahulu Anda harus mengetahui IP dari server FTP yang Anda miliki.
  9. Langkah terakhir jika sudah selesai, jika username serta password tampil dengan benar maka nantinya akan tampil folder atau file yang telah dishare pada bagian FTP server terkait.

Back to Content ↑

Demikianlah beberapa ulasan serta penjelasan cara mengaktifkan server FTP di XAMPP yang bisa Anda coba terapkan pada perangkat Anda smartphone maupun pada windows komputer Anda. Jika Anda menerapkan metode yang tepat maka Anda akan memperoleh manfaat yang Anda butuhkan sesuai keinginan Anda.

Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan selamat mencoba dan menggunakan FTP dengan server XAMPP. Terima kasih dan Semoga bermanfaat!.