Skip to main content

Kenapa Kamera iPhone Bagus? Ini Sebabnya!

Kenapa Kamera iPhone Bagus? Ini Sebabnya!

Kenapa Kamera iPhone Bagus? Ini Sebabnya!

Ada dua jenis sistem operasi seluler yang paling banyak dipakai oleh masyarakat yaitu Android dan iOS / iPhone OS. Meski sama-sama sistem operasi seluler, keduanya memiliki perbedaan signifikan. iOS dianggap lebih unggul karena banyak hal, termasuk kameranya. Kenapa kamera iPhone bagus dibanding Android?

Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap dan mendalam mengenai alasan mengapa kamera iPhone lebih unggul. Penasaran bagaimana penjelasannya? Simak artikel ini sampai akhir, ya!

TOC / Daftar Isi

1. Kenapa Kamera iPhone Bagus?

Ini dia empat hal yang membuat kamera di iPhone lebih unggul dan menghasilkan kualitas gambar serta video yang lebih baik.

Back to Content ↑

1.1. Sensor Lebih Besar Meski Resolusi Lebih Kecil

Jika diperhatikan, ponsel Android memang ‘jor-joran’ dalam menyematkan kamera dengan resolusi besar. Bahkan ada Android yang memiliki kamera hingga 108 MP. Sementara iPhone, ponsel ini tidak memiliki resolusi kamera yang besar.

iPhone 12 Pro Max saja yang termasuk seri paling tinggi saat ini hanya dibekali dengan 3 kamera belakang dan 1 kamera depan. Semua kamera tersebut memiliki resolusi yang sama, yaitu 12 MP. Kalah jauh jika dibandingkan dengan 108 MP milik Android.

Namun keunggulan iPhone dibanding Android terletak pada ukuran sensor kameranya yang jauh lebih besar. Apple sendiri sebagai perusahaan pemilik iPhone memang lebih fokus memperbesar ukuran sensor alih-alih memperbesar resolusi kamera.

Misalnya ketika meluncurkan iPhone 5S, Apple hanya menyematkan kamera dengan resolusi 8 MP. Sementara saat ini, Android sudah mulai memakai resolusi kamera 10 sampai 13 MP. Namun ukuran sensor kamera 8 MP tersebut diperbesar 15% dari ukuran 1.4 menjadi 1.5 mikron.

Apple menganggap bahwa langkah ini lebih efektif dan memang terbukti benar adanya. Kamera tersebut mampu menghasilkan foto lebih baik dibandingkan kamera Android yang 10 MP. Mengapa ukuran sensor yang besar mampu mengalahkan resolusi kamera yang jauh lebih besar?

Penyebabnya adalah semakin besar ukuran sensor pada kamera, cahaya yang masuk pun semakin banyak. Artinya, noise akan berkurang dan gambar yang dihasilkan menjadi lebih jernih.

Back to Content ↑

1.2. SOC Buatan Sendiri

iPhone adalah gadget yang bisa dibilang sebagai smartphone eksklusif. Penyebutan ini tidak berlebihan karena Apple memang membuat dan merancang sendiri semua komponen yang ada di iPhone, baik hardware maupun software.

Bahkan Apple merancang sendiri SOC atau processor yang dipakai untuk iPhone. Nama SOC tersebut adalah A Series SOC. Hingga saat ini, SOC terbaru yang dimiliki oleh Apple adalah A14 Bionic.

Karena merancang SOC sendiri, Apple memiliki keleluasaan untuk melakukan pengembangan fitur untuk perangkat iPhone, tak terkecuali kamera.

Saat Apple merancang processor A7, fitur Image Signal Processor disematkan ke dalamnya. Fitur tersebut dibuat khusus untuk melakukan image processing. Contohnya yaitu mengatur white balance, mengoreksi warna atau color correction, konversi format gambar, dan lain sebagainya.

Sementara di processor A9, Apple lagi-lagi menambahkan fitur baru bernama Lives Photos. Fitur ini mampu menghasilkan gambar atau foto bergerak layaknya GIF. Gambar yang dihasilkan akan tampak seolah-olah hidup dan nyata padahal hanya hasil dari jepretan kamera handphone.

Karena sudah mendapatkan fitur yang lengkap langsung dari SOC, aplikasi kamera terbaik di iPhone adalah kamera bawaan. Pengguna tidak perlu lagi menginstall aplikasi kamera lain untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik.

Perlu Anda pahami bahwa harga iPhone yang lebih tinggi dibanding Android salah satunya disebabkan oleh pengembangan processor ini. iPhone membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk riset dan pengembangan processor, oleh karena itu harga produk Apple cenderung lebih mahal.

Back to Content ↑

1.3. Flash Istimewa

LED flash yang dipakai di kamera iPhone lebih banyak jumlahnya karena menggunakan konsep true tone. Dengan true tone, LED flash mampu menghasilkan kilatan cahaya dengan 1000 variasi warna berbeda. Warna LED flash ini menyesuaikan dengan sumber cahaya.

Konsep LED ini juga mampu menghasilkan tone kulit yang lebih alami untuk objek manusia atau orang.

Flash tersebut akan sangat membantu ketika pengguna iPhone ingin mengambil foto di kondisi gelap atau minim cahaya. Tak heran jika hasil foto iPhone di kondisi remang-remang atau gelap pun masih terlihat jernih.

Pengguna tak perlu lagi mencari tambahan aplikasi kamera iPhone terbaik karena kamera bawaan pun sudah mampu menghasilkan gambar terbaik.

Back to Content ↑

1.4. Fitur Tambahan

Satu lagi fitur tambahan yang cukup berpengaruh terhadap hasil foto dan video, yaitu sistem stabilisasi optik pada kamera iPhone. Hasil jepretan menjadi lebih stabil dan bagus berkat fitur tersebut. Bahkan foto dan video yang direkam menggunakan iPhone 12 Pro Max setara dengan kamera profesional.

Apabila pengalaman menggunakan kamera di atas belum cukup memuaskan, pengguna bisa mencoba aplikasi lain. Contohnya adalah aplikasi kamera tembus pandang iPhone. Anda dapat memakai aplikasi tersebut untuk bermain-main.

Back to Content ↑

Setelah membaca penjelasan “kenapa kamera iPhone bagus” di atas, Apakah tertarik untuk membeli iPhone? Jika iya, sebaiknya Anda simak juga pembahasan mengenai tutorial iOS / iPhone OS lengkap terlebih dahulu agar tidak kebingungan ketika pertama memakainya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!