Skip to main content

6 Cara Memisahkan File Pdf Yang Mudah dan Praktis

Cara Memisahkan File Pdf Yang Mudah dan Praktis

6 Cara Memisahkan File Pdf Yang Mudah dan Praktis

File dokumen yang berupa pdf saat ini sangat populer dan banyak digunakan dari berbagai kalangan profesi, mulai dari pelajar, mahasiswa dan pekerja untuk tugas dan berbagai dokumen penting mereka, karena file ini sudah mendukung file 2D yang mana sudah mencakup teks, grafik, hingga gambar. Dan jika file tersebut ukurannya terlalu besar Anda bisa memisahkan menjadi beberapa bagian dan dengan ukuran size yang berbeda, dengan melalui website dan berbagai aplikasi lainnya. Berikut caranya memisahkan file pdf yang mudah dan praktis.

TOC / Daftar Isi

6 Cara Memisahkan File Pdf Mudah Dan Praktis

1. Melalui Browser Pada Laptop Atau PC

Ternyata file pdf juga bisa dibuka lewat beberapa browser seperti, Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox, Safari, dan Microsoft Edge dan bahkan kita bisa memisahkan file pdf tersebut dengan mudah, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama klik kanan pada file pdf yang ingin dipisahkan
  2. Kemudian pada menu yang muncul klik open with lalu pilih browser yang ingin kamu gunakan.
  3. Lalu tekan Ctrl+P pada keyboard
  4. Dan kemudian pada menu destination, pilih save as Pdf
  5. Pada bagian Pages, Anda harus mengubah dari All menjadi Custom
  6. Dan setelah itu masukkan informasi halaman yang Anda mau pisahkan dan jika ingin menyimpan beberapa file pdf sekaligus, Anda bisa pisahkan halaman dengan tanda koma. Anda juga bisa memasukkan rentang halaman seperti 1-5
  7. Jika sudah selesai mengisi format tersebut lalu klik tombol save
  8. Dan terakhir ubah nama file sesuai yang Anda inginkan pada folder penyimpanan dan tekan tombol save.

Back to Content ↑

2. Dengan SmallPDF.com

Jika cara diatas menggunakan laptop dan bisa juga ponsel, cara selanjutnya bisa digunakan pada ponsel saja dengan sedikit kuota internet melalui SmallPDF.com, yang merupakan situs cukup terpercaya dalam menunjang beberapa kebutuhan file Pdf seperti mengecilkan file dan mengubah ke dalam bentuk JPG, dan lain-lain. Berikut adalah cara mudah nya.

  1. Pertama Anda harus membuka halaman di web https://smallpdf.com
  2. Kemudian pilih opsi split PDF, dan klik tombol choose File kemudian pilih file mana yang akan dipisahkan.
  3. Lalu akan muncul dua opsi yaitu extract pages dan split 1 PDF into many. Jika ingin gratis maka pilihlah opsi Extract pages, karena selain gratis opsi ini proses ini seperti browser yang hanya menghasilkan satu file PDF namun berisikan halaman-halaman yang Anda tentukan kemudian klik extract.
  4. Kemudian pilih halaman mana saja yang Anda masukkan dalam file PDF yang baru, memilihnya dengan cara mengklik pada thumbnail dan bisa dengan input nomor halaman secara manual.
  5. Jika selesai memilih beberapa halaman klik extract dan kemudian klik tombol download untuk menyimpan file dokumen Anda dalam bentuk pdf yang baru.

Selain mudah digunakan pada perangkat mana saja, aplikasi ini berbasis web dengan memerlukan koneksi internet yang memadai terutama jika file pdf tersebut berukuran besar.

Back to Content ↑

3. Dengan Melalui Adobe Acrobat DC

Cara selanjutnya ini menggunakan aplikasi Adobe Acrobat, yang bisa memproses pemisahan file pdf secara offline, tapi ketika Anda mengunduh aplikasinya saja menggunakan koneksi internet. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan aplikasi bermanfaat Adobe Acrobat DC yang mempunyai beberapa fitur canggih untuk memanage Pdf Anda.

  1. Pertama-tama Anda harus menyalakan koneksi internet untuk mengunduh aplikasi Adobe Acrobat DC pada smartphone Anda di Play Store ataupun App Store.
  2. Setelah sudah mengunduh, buka aplikasi tersebut lalu pilih menu tools dan klik opsi organize pages
  3. Lalu klik tombol select a file dan pilih file pdf yang akan dipisahkan
  4. Setelah sudah memilih halaman mana saja, klik tombol split
  5. Nah, kemudian Anda bisa memilih kriteria pemisahan file, contohnya jika ingin memisahkan file per halamannya pilih opsi Number of pages lalu masukkan jumlah halaman per filenya.
  6. Kemudian klik tombol split dan Anda akan mendapat notifikasi kalau kamu sudah berhasil

Back to Content ↑

4. Menggunakan Pdf Candy

Selanjutnya cara memisahkan file pdf yang mudah dan praktis dengan menggunakan pdf candy, yang dianggap sebagai sebuah situs lengkap dan bahkan dapat Anda miliki dengan aplikasi berbasis desktop atau offline yang dapat diunduh. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka halaman web di situs https://pdfcandy.com/split-pdf.html pada browser Anda di komputer.
  2. Setelah halaman terbuka, kemudian pilih tombol untuk menambahkan file, dan pilih pdf mana yang akan Anda pisahkan. Anda bisa membuka file pada Google Drive atau Dropbox.
  3. Selanjutnya pilih pdf yang akan kita proses dengan klik open dan tunggu hingga proses tersebut selesai
  4. Setelah sudah terbuka Anda bisa memilih opsi tunggal untuk memisahkan pdf per halaman lalu klik pisah pdf untuk memulai pemisahan file
  5. Setelah selesai selanjutnya klik tombol unduh file untuk mendownload file pdf yang telah dipisahkan dan selesai

Back to Content ↑

5. Dengan Nitro Pdf Professional

Cara selanjutnya menggunakan situs bernama nitro pdf professional, yang mempunyai banyak sekali fitur termasuk pemisahan file pdf. Berikut caranya.

  1. Pertama Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut terlebih dahulu.
  2. Setelah sudah mengunduh buka aplikasi tersebut dan klik menu open untuk membuka dokumen pdf yang akan Anda pisahkan
  3. Kemudian klik opsi split untuk memisahkan dokumen Pdf Anda
  4. Nanti akan muncul jendela Split pages pada bagian splitting method pilih into file of, lalu isikan 1 pada bagian kolom pages agar file pdf terpisah per halaman dan klik tombol split untuk memulai proses pemisahan file pdf tersebut.

Back to Content ↑

6. Menggunakan Aplikasi Sejda

Cara memisahkan pdf yang mudah dan praktis dengan aplikasi yang bernama sejda, merupakan situs pengolahan pdf berbasis online yang menggunakan bahasa inggris. Berikut adalah cara praktisnya.

  1. Pertama buka situs web https://www.sejda.com/split-pdf.
  2. Kemudian klik tombol upload file yang berwarna hijau, pilih file pdf yang akan kita pisah dengan klik open
  3. Setelah Anda mengupload file tersebut terdapat opsi dua opsi yaitu, opsi extract every page into a pdf yang berfungsi memisahkan semua halaman pada pdf sementara pada opsi select pages to split yang berfungsi untuk memilih halaman mana yang akan kita pisahkan.
  4. Selanjutnya klik continue setelah selesai memilih salah satu opsi tersebut, dan tunggu hingga proses selesai.
  5. Jika proses sudah selesai akan muncul notifikasi pemberitahuan your document are ready dan Anda bisa klik download untuk mengunduh file yang sudah dipisahkan tersebut. Atau Anda bisa menyimpan dan membagikan file tersebut dengan klik icon share.

Back to Content ↑

Demikian beberapa rekomendasi cara memisahkan file pdf yang mudah dan praktis dan juga tidak membutuhkan banyak waktu. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda dalam memisahkan beberapa file dokumen penting yang Anda miliki agar menjadi simple dan lebih mudah untuk dibaca. Selamat mencoba dan Terima Kasih.