Skip to main content

Cara Mengatasi Lampu Notifikasi Tidak Menyala di HP Android

Cara Mengatasi Lampu Notifikasi Tidak Menyala di HP Android
Cara Mengatasi Lampu Notifikasi Tidak Menyala di HP Android

Cara Mengatasi Lampu Notifikasi Tidak Menyala di HP Android

Di masa ini, hampir semua Hp Android telah dilengkapi dengan lampu notifikasi yang berupa LED. Lampu notifikasi ini berperan sebagai indikator, bilamana terdapat sebuah pemberitahuan pada Hp Android tersebut. Namun bagaimana jika ternyata, lampu notifikasi tidak berfungsi? Apakah Anda sudah tahu cara mengatasi lampu notifikasi yang tidak menyala di Hp Android?

Mungkin diantara kalian, masih ada yang berpikir bahwa lampu notifikasi pada Hp Android ini tidak memiliki peran yang penting. Ya, mungkin pernyataan tersebut ada benarnya. Namun bagaimana jika ternyata Anda memiliki pesan yang sangat penting. Sementara, Hp Android yang Anda miliki tersebut tidak memberikan notifikasi apapun? Baik itu berupa nada dering / nada pesan, ataupun lampu LED notifikasi yang tidak menyala? Tentunya hal ini akan sangat menjengkelkan, bukan?

Maka dari itu, sangat penting kiranya jika Anda terus mengamati lampu LED notifikasi yang ada pada Hp Android. Karena mungkin saja, dengan tanpa disadari, lampu notifikasi tersebut mendadak mati dan tidak berfungsi dengan baik. Sebelum Anda mengalami hal itu, ada baiknya Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu, bagaimana cara mengatasi lampu notifikasi tidak menyala di Hp Android yang Anda miliki.

TOC / Daftar Isi

Penyebab Lampu Notifikasi Tidak Menyala Di HP Android

Meskipun hampir semua merk Hp Android telah dilengkapi lampu notifikasi. Namun dalam beberapa hal, lampu notifikasi tersebut tidak berfungsi dengan baik. Bahkan dalam beberapa kasus, didapati bahwa lampu notifikasi tersebut, sudah tidak menyala sama sekali.

Sebelum mencari tahu mengenai cara mengatasi lampu notifikasi tidak menyala di Hp Android ini. Ada baiknya, Anda mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab mengapa lampu notifikasi tersebut tidak bisa menyala atau mendadak mati.

Back to Content ↑

Dalam beberapa kasus, penyebab dari lampu notifikasi tidak menyala pada Hp Android ini, diantaranya:

1. Mengaktifkan Mode Hemat Daya

Mode hemat daya diaktifkan, biasanya dengan tujuan agar penggunaan baterai tidak terlalu boros. Namun mungkin Anda tidak menyadari, bahwa dengan mengaktifkan mode ini, tentunya ada beberapa fitur pada Hp Android yang juga dinonaktifkan. Termasuk dengan fitur lampu notifikasi ini. Maka jangan heran, setelah mode hemat daya diaktifkan. Lampu notifikasi menjadi mati dan tidak menyala.

Back to Content ↑

2. Mengaktifkan Mode Hening

Mode hening juga bisa berpengaruh pada lampu notifikasi Hp Android yang tidak menyala. Karena dengan mode hening ini, bukan hanya nada pemberitahuan yang tidak berbunyi. Namun juga lampu notifikasi yang juga tidak akan menyala.

Back to Content ↑

3. Fly Mode

Pada beberapa kasus, orang-orang menyalakan fitur fly mode dengan beberapa alasan. Bisa saja karena pemilik Hp Android tersebut terlalu sibuk, sehingga tak ingin diganggu. Bahkan dengan suara Hp sekalipun. Ataupun karena alasan yang lainnya.

Apapun alasannya, mengaktifkan fitur fly mode ini juga, tentunya akan membuat lampu notifikasi menjadi tidak menyala. Diperlukan sebuah cara mengatasi lampu notifikasi tidak menyala di Hp Android, agar lampu LED tersebut bisa berfungsi kembali.

Back to Content ↑

4. Aplikasi Tidak Mendukung

Penyebab lainnya dari lampu notifikasi tidak menyala yaitu karena aplikasi pada Hp Android yang Anda miliki tidak mendukung. Sebagaimana diketahui, meskipun hampir semua Hp Android kini dilengkapi dengan lampu notifikasi.

Namun ada juga beberapa diantaranya yang belum mendukung fitur tersebut. Bahkan ada juga beberapa Hp Android yang memiliki lampu notifikasi, namun terkadang mengalami kendala. Diantaranya kendala yang menyebabkan lampu notifikasi tiba-tiba tidak menyala.

Back to Content ↑

5 Cara Mengatasi Lampu Notifikasi Tidak Menyala di HP Android Dengan Mudah

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, tentunya Anda bisa menemukan cara mengatasi lampu notifikasi tidak menyala di Hp Android dengan mudah. Berikut ini, beberapa cara yang bisa Anda lakukan, untuk mengatasi masalah ini. Diantaranya:

Back to Content ↑

1. Non Aktifkan Hemat Daya

Jika penyebab lampu notifikasi tersebut dikarenakan Anda telah mengaktifkan mode hemat daya. Maka jika demikian adanya, cara mengatasi lampu notifikasi tidak menyala di Hp Android ini tentunya dengan menonaktifkan mode hemat daya ini. Sehingga, Anda bisa mendapatkan pemberitahuan kembali melalui lampu notifikasi, sekiranya ada pesan masuk, ataupun yang lainnya.

Back to Content ↑

2. Menonaktifkan Mode Hening

Anda bisa menonaktifkan mode hening, sekiranya mode hening yang Anda aktifkan sebelumnya telah menyebabkan lampu notifikasi menjadi mati. Karena meskipun sepele, lampu notifikasi ini memiliki peran yang lumayan penting. Terutama sebagai indikator mengenai adanya pesan masuk, dan yang lainnya.

Back to Content ↑

3. Menonaktifkan Fly Mode

Cara mengatasi lampu notifikasi tidak menyala di Hp Android selanjutnya yaitu dengan menonaktifkan fitur fly mode. Langkah ini dilakukan, bagi Anda yang sebelumnya mengaktifkan fitur fly mode. Sehingga lampu notifikasi menjadi mati, dan tidak berfungsi.

Back to Content ↑

4. Periksa Menu Setting/Pengaturan

Selain yang telah disebutkan di atas, cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi lampu notifikasi yang tidak menyala, yaitu dengan memeriksa menu setting/pengaturan. Adapun caranya diantaranya:

  • Buka menu setting/pengaturan pada Hp Android Anda.
  • Setelah masuk ke menu setting / pemberitahuan ini, Anda bisa langsung memilih menu notifikasi.
  • Langkah selanjutnya yaitu memilih opsi indikator LED akan menyala saat ada notifikasi masuk. Dilanjutkan dengan menggeser scroll ke bagian kanan, sehingga warna pada opsi menjadi biru. Cara tersebut dilakukan untuk mengaktifkan fitur notifikasi. Sehingga dengan sendirinya, lampu notifikasi pada Hp Android bisa menyala kembali.

Back to Content ↑

5. Dengan Melalui Aplikasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa ada beberapa aplikasi pada Hp Android yang tidak mendukung fitur lampu notifikasi ini. Jika memang Hp Android yang Anda miliki adalah salah satu diantaranya.

Maka cara mengatasi lampu notifikasi tidak menyala di Hp Android yang bisa dilakukan yaitu:

  • Buka menu pengaturan / setting pada Hp Android yang Anda miliki.
  • Pilih menu notifikasi.
  • Setelah masuk ke menu ini, selanjutnya Anda tinggal mengklik opsi kelola pemberitahuan.
  • Jika opsi tersebut telah Anda klik, maka dalam tampilan layar Hp Android Anda, akan muncul beberapa aplikasi. Baik yang telah Anda download maupun aplikasi bawaan dari Hp Android tersebut.
  • Langkah selanjutnya yaitu, Anda tinggal memilih beberapa aplikasi yang mana, notifikasinya ingin Anda aktifkan. Dalam arti, lampu notifikasi akan menyala pada beberapa aplikasi yang telah Anda pilih.
  • Jika Anda telah memilih aplikasi yang ingin Anda aktifkan mode pemberitahuannya, maka Anda tinggal menggeser scroll di sisi kanan aplikasi, hingga opsi tersebut, berubah menjadi warna biru.
  • Begitu juga dengan aplikasi lainnya. Ulangi langkah-langkah tersebut hingga semua aplikasi yang Anda inginkan tersebut, bisa aktif, dan lampu notifikasi menjadi menyala.

Back to Content ↑

Demikian penjelasan mengenai penyebab hingga cara mengatasi lampu notifikasi tidak menyala di Hp Android. Meskipun terkesan sepele, namun ternyata lampu notifikasi ini juga berperan penting lho... terutama untuk memberitahukan setiap pesan masuk ataupun notifikasi penting lainnya. Jadi, jika ternyata lampu notifikasi pada Hp Anda tiba-tiba mati. Tentunya Anda harus segera mencari tahu bagaimana cara mengatasinya. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!