Skip to main content

11 Cara Supaya Video Masuk Halaman FYP TikTok

Cara Supaya Video Masuk Halaman FYP di TikTok

11 Cara Supaya Video Masuk Halaman FYP TikTok

TikTok merupakan salah satu media sosial yang saat ini sedang disukai oleh para penggunanya. Melalui aplikasi TikTok pengguna dapat menjadi konten kreator video yang dikreasikan dan diedit sendiri sesuai dengan kreativitasnya.

Aplikasi TikTok bisa meningkatkan kreativitas para penggunanya karena mereka dituntut kreatif untuk membuat konten agar disukai dan menjadi viral. Ngomong-ngomong tentang viral, artikel ini akan membahas cara supaya video masuk halaman FYP di TikTok dan menjadi viral.

1. Apa itu FYP TikTok??

TikTok merupakan aplikasi yang dibuat oleh developer asal Tiongkok. Aplikasi ini kini banyak disukai orang-orang. Pada aplikasi ini kamu bisa membuat video-video yang menarik. Aplikasi TikTok juga memudahkan kamu dalam mengedit video yang akan diunggah.

Itulah salah satu alasan mengapa TikTok disukai oleh banyak orang. Pada aplikasi TikTok terdapat suatu istilah yaitu FYP. Sebagai pengguna TikTok baru, tahukah kamu apa itu FYP?

FYP (For You Page) merupakan halaman rekomendasi video pada aplikasi TikTok yang muncul pertama kali ketika kamu membuka aplikasi TikTok. Halaman FYP ini berisikan video-video yang direkomendasikan TikTok untuk ditonton dan bisa membuat video tersebut menjadi viral.

Hal tersebut membuat banyak pengguna TikTok yang ingin videonya masuk ke FYP. Halaman FYP berbeda dengan halaman Following. Jika di halaman Following, video yang muncul merupakan video orang lain yang kamu follow.

Sedangkan pada halaman FYP, video yang ditampilkan yaitu video yang sedang viral berdasarkan algoritma tertentu, sehingga video apapun bisa muncul di FYP walaupun tidak sesuai dengan minat kamu.

2. Bagaimana cara supaya video masuk halaman FYP TikTok?

Mungkin kamu bertanya-tanya, gimana sih cara supaya video masuk halaman FYP di TikTtok dan menjadi viral. Sebenarnya tidak terlalu sulit agar video kamu bisa masuk ke FYP. Tapi yang pasti kamu perlu untuk membuat konten yang disukai oleh para pengguna TikTok.

Jika kamu penasaran, berikut ini adalah trip dan trik agar video yang kamu unggah bisa masuk ke halaman FYP di TikTok.

2.1. Mengikuti perkembangan tren dan challenge

Konten TikTok dan challenge yang sedang tren biasanya diminati oleh banyak orang. Kamu harus harus membuat konten yang sesuai dengan tren saat ini dan dikemas dengan konsep yang unik, menarik, dan inovatif.

Konten seperti itu biasanya akan banyak disukai oleh orang-orang. Jika kamu mengunggah konten tersebut, siap-siap kamu akan kebanjiran like dan comment, bahkan kamu bisa viral.

2.2. Menggunakan konsep yang unik dan menarik

Dalam mengunggah konten di TikTok, kamu harus memikirkan konsep yang menarik dan relate dengan orang banyak. Carilah ide-ide yang kreatif dan inovatif agar semakin banyak yang tertarik dengan konten yang kamu buat.

Kamu juga harus memperhatikan kualitas video yang kamu unggah. Pastikan video tersebut berkualitas tinggi dan menggunakan editing yang unik dan keren.

2.3. Menggunakan lagu yang sedang viral

Kamu bisa memilih lagu yang sedang juta sebagai backsound video kamu. Ini merupakan salah satu cara agar video kamu cepat naik ke halaman FYP.

Tapi kamu jangan asal memilih lagu populer tanpa memperhatikan konten kamu dan menyesuaikannya dengan lagu. Jangan sampai antara isi konten dan lagu tidak sesuai. Hal ini akan membuat konten kamu tidak dilihat orang.

2.4. Membuat caption yang menarik dan jelas

Ketika hendak mengunggah video, kamu perlu membuat caption yang berisikan tentang ide video tersebut agar para penonton tau isi video yang akan ditampilkan. Penggunaan caption ini memiliki peran yang cukup besar agar video kamu bisa masuk FYP

2.5. Menambahkan hashtag

Penggunaan hashtag akan memudahkan pencarian video kamu. Berilah hashtag yang relevan dengan video yang kamu buat dan jangan lupa untuk menambahkan #FYP atau #ForYouPage agar videomu ramai. Karena biasanya ada orang yang ingin mencari video tertentu lewat hashtag.

2.6. Berkolaborasi dengan pengguna TikTok lain

Kamu perlu melakukan kolaborasi dengan penggunaan TikTok lain untuk meningkatkan follower. Kamu bisa berbagi follower dengan orang yang berkolaborasi denganmu. Hal ini dilakukan agar follower di TikTok orang yang berkolaborasi denganmu bisa tau akun kamu.

2.7. Mengetahui Algoritma TikTok

Kamu harus mengetahui sistem algoritma TikTok agar konten kamu bisa naik ke FYP dan viral. Sistem kerja algoritma TikTok ini yaitu apabila TikTok akan menunjukkan video yang baru diunggah ke pengguna lain, maka TikTok akan melihat respon mereka terlebih dahulu.

Jika respon mereka baik dan positif dengan memberikan like, komentar, dan share, maka TikTok akan menunjukkan videomu kepada banyak pengguna lainnya. Jadi semakin banyak like dari pengguna TikTok, cakupan penyebaran videomu akan semakin luas.

Terdengar sedikit ribet sih, tapi hal ini merupakan salah satu cara yang perlu diperhatikan agar video kamu masuk FYP di TikTok.

2.8. Memperhatikan waktu mengunggah video

Ada waktu-waktu dimana traffic media sosial sedang ramai. Nah, kapan saja waktu-waktu itulah yang harus kamu perhatikan. Karena di waktu-waktu tersebut video yang kamu unggah akan mendapatkan engagement dari para netizen.

Kamu harus mengetahui waktu yang tepat, misalnya waktu terbaik unggah konten di TikTok yaitu pukul 12.00-16.00 dan juga pada jam prime time sekitar pukul 19.00-23.00. Pada waktu tersebut biasanya banyak orang yang sedang menggunakan aplikasi tersebut.

2.9. Berinteraksi dengan pengguna TikTok lain

Salah satu cara supaya video masuk halaman FYP di TikTok yaitu melalui interaksi dengan para pengguna TikTok lainnya. Kamu bisa meninggalkan komentar pada video milik orang lain.

Adanya interaksi ini akan membantu kamu agar para pengguna TikTok lainnya berkenan memberikan komentar dan like kepada videomu, dan bahkan menjadi follower kamu.

2.10. Tidak membuat video dengan durasi terlalu panjang

Hal ini penting karena kebanyakan para pengguna TikTok menyukai video dengan durasi yang singkat. Apabila kamu mengunggah video berdurasi terlalu panjang, akan membuat pengguna TikTok merasa bosan dan perlu menunggu lama untuk swipe ke video berikutnya.

Kamu bisa memilih video dengan durasi terpendek yang akan kamu unggah agar memaksimalkan konten kamu sehingga lebih singkat, padat, dan jelas.

2.11. Rutin unggah konten di TikTok

Apabila kamu rutin mengunggah konten video di TikTok, kamu akan semakin dikenal oleh para pengguna TikTok lainnya. Hal ini akan membuat jumlah follower dan like pada unggahan kamu semakin banyak.

Jika jumlah like kamu semakin banyak, persebaran video kamu akan semakin luas dan bisa membuat video kamu masuk ke halaman FYP. Dengan begitu, video kamu akan ditonton oleh banyak orang dan menjadi viral.

Itulah informasi terkait 11 Cara Supaya Video Masuk Halaman FYP TikTok. Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa untuk siapkan dirimu untuk menjadi viral dan menjadi seleb TikTok baru. Pastikan kamu untuk selalu mengunggah konten yang bermanfaat dan positif. Terima Kasih!