Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Ukuran Story Instagram

Ukuran Story Instagram
Ukuran Story Instagram

Ukuran Story Instagram

Mengetahui ukuran story Instagram cukup penting untuk Anda yang suka menggunakan media sosial untuk kebutuhan promosi atau branding. Mengapa harus mengetahui ukuran story Instagram? Karena Anda bisa melakukan posting tanpa ada gambar atau video yang terpotong.

Secara umum ada dua ukuran story pada Instagram. Pertama, ukuran yang ditujukan pada konten dalam bentuk gambar. Kedua, ukuran untuk konten dalam bentuk potongan video pendek. Agar Anda tidak salah ukuran saat posting story, simak artikel di bawah ini.

TOC / Daftar Isi

Ukuran Story Instagram Gambar

Ukuran Story Instagram untuk gambar harus dibuat dengan tepat agar nyaman saat dipandang. Ukuran standar yang ditetapkan oleh pihak Instagram adalah 1080x1920 piksel. Ukuran ini membuat gambar tampak memanjang dari atas. Jadi, seluruh isi Story akan penuh dengan gambar.

Apakah ukuran di bawah itu tidak bisa digunakan? Jawabannya adalah bisa. Ada apa sih bisa menggunakan Story dengan ukuran 1080x1080 piksel, 1080x1350 piksel atau rasio 4:5, dan 1080x608 piksel atau 16:9.

Bagaimana jika ukuran atau rasio gambar terlalu besar? Instagram akan secara otomatis membuatnya jadi kecil atau gambar menjadi terpotong. Alternatif untuk mengembalikan gambar menjadi bentuk semula adalah menariknya ke tengah sehingga ukurannya jadi lebih kecil.

Selain memperhatikan ukuran atau rasio dari gambar yang akan diposting, Anda juga harus memperhatikan besar ukuran file. Satu Story yang diunggah harus memiliki ukuran dibawah 30MB.

Apabila lebih besar dari itu gambar tidak akan bisa diunggah sehingga Anda harus melakukan konversi terlebih dahulu. Selanjutnya, jenis gambar yang bisa diunggah memiliki format PNG atau JPEG. Selain dua format itu Instagram tidak akan bisa menerimanya.

Gambar yang diunggah tidak dibatasi apakah jenisnya statis atau ada elemen animasi. Selama masih memiliki format PNG atau JPEG, Anda bisa mengunggah nya dengan mudah tanpa harus mengatur apapun terlebih dahulu.

Back to Content ↑

Ukuran Story Instagram Video

Apabila Anda ingin mengubah story menjadi video pendek agar pesan atau promosinya lebih maksimal, gunakan video. Anda bisa melakukan perekaman secara langsung dari fitur yang sudah disediakan. Selain itu, Anda juga bisa mengunggah file video yang sudah tersimpan di dalam ponsel.

Jenis file video yang bisa diunggah ke story Instagram memiliki format mp4 dan mov. Jika video yang Anda miliki belum memiliki dua format di atas ada baiknya untuk dikonversi terlebih dahulu dengan aplikasi khusus. Jika tidak, video tidak akan tampil saat akan dimasukkan ke dalam story.

Saat mengunggah video ke story Instagram ada baiknya memperhatikan ukuran file. Instagram memberikan limit 4GB untuk satu ukuran video yang diunggah. Namun, ada baiknya Anda membatasi ukurannya menjadi kecil agar orang lain yang melihatnya tidak mengalami buffering.

Ukuran video yang bisa diunggah dan tidak akan terpotong adalah 1080x1920 piksel. Hampir sama dengan An-Nur Quran Story dalam bentuk gambar. Anda bisa juga membuat ukuran lebih kecil dari ini jika tidak ingin video memenuhi seluruh layar dari story.

Back to Content ↑

Cara Membuat Story Instagram dengan Ukuran yang Tepat

Membuat Story Instagram dalam bentuk gambar atau video ternyata cukup tricky. Apalagi Anda hanya bermodalkan ponsel untuk melakukan pengeditan. supaya hasilnya bisa maksimal Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi akan kita bahas di bawah ini.

Back to Content ↑

1. Canva

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk membuat story Instagram dengan ukuran yang tepat adalah canva. Aplikasi ini bisa diunduh dengan gratis melalui Play Store atau appstore. Di dalam aplikasi ini Anda bisa menemukan beberapa kategori, salah satunya adalah story Instagram.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini Anda hanya perlu memilih salah satu template yang sudah disediakan. Ukuran template ini sudah sesuai dengan aturan Instagram yaitu 1080x1920. Anda hanya perlu mengotak-atik isi dari template itu agar menghasilkan story yang menarik.

Dalam kanvas ada banyak koleksi font yang bisa digunakan secara gratis. Selain itu ada juga aset berupa gambar atau animasi yang juga disediakan secara cuma-cuma. Anda juga bisa menggunakan file yang sudah ada di dalam ponsel.

Meski bisa digunakan secara gratis beberapa fitur dibatasi fungsinya. Alternatif untuk membuka semua fitur dan juga aset yang disediakan oleh canva, Anda harus membeli lisensi resminya.

Back to Content ↑

2. Over

Sedikit berbeda dengan canva yang menyediakan cukup banyak template untuk berbagai bidang. Over mengkhususkan untuk story Instagram saja. Setidaknya ada sekitar 700 template yang bisa digunakan dan diotak-atik sesuai dengan kebutuhan.

Template yang ada cukup menarik dan terlihat premium meski sebagian besar disediakan secara gratis. Anda bisa memilih salah satu dan menyesuaikan ukurannya serta elemen di dalamnya baik itu gambar atau teks. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan elemen animasi yang menarik.

Sebelum menggunakan aplikasi over, ada baiknya Anda tahu jika pengembang memberikan dua pilihan. Aplikasi gratis bisa digunakan kapanpun meski ada beberapa aset yang dibatasi. Aplikasi berbayar memiliki fitur yang lebih penuh sehingga Anda bisa menggunakan untuk kebutuhan kerja.

Back to Content ↑

3. Insta Story

Seperti namanya roma insta story digunakan untuk membuat story Instagram agar lebih menarik dan variatif. Ada cukup banyak koleksi template yang disediakan dan bisa di otak-atik agar story yang Anda buat lebih terlihat unik.

Ada ratusan tempat yang sudah disediakan dengan gratis dan bisa diotak-atik sendiri. Anda hanya perlu mengunduhnya dari Play Store lalu menggunakan semua aset yang ada. Aplikasi ini berfokus pada story dalam bentuk teks. Meski demikian, Anda juga bisa menambahkan story dalam bentuk gambar atau video.

Antarmuka dari aplikasi ini hampir mirip dengan story yang asli. Jadi, Anda bisa sekaligus melakukan preview agar tampilan yang sudah dibuat sama dengan tampilan yang keluar saat di posting di story Instagram.

Back to Content ↑

4. Unfold

Aplikasi yang memiliki rating cukup tinggi di Play Store atau appstore ini cukup diminati karena mudah digunakan. Untuk bisa menggunakannya Anda hanya perlu mengunggah gambar yang dibutuhkan atau video. Selanjutnya melalui aplikasi ini Anda bisa langsung melakukan pengeditan.

Yang bisa ditambahkan dalam aplikasi ini adalah aneka jenis font yang bisa diubah warnanya. Selain itu Anda juga bisa menambahkan elemen animasi lain sehingga story yang akan ditampilkan lebih terlihat sempurna.

Apabila telah dari story sudah dianggap selesai titik Anda bisa langsung menyimpannya ke dalam ponsel. Selanjutnya jika ingin menggunakannya cukup membuka Instagram dan mengunggah gambar yang sudah dihasilkan sebelumnya ke fitur story.

Ukuran Story Instagram sangat penting dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Apalagi Anda adalah seorang social media specialist yang bekerja untuk melakukan promosi dan berinteraksi dengan banyak orang. Setiap posting harus pakai ukuran yang tepat agar pesannya tersampaikan.

Anda bisa membuat Story Instagram secara manual dengan menggunakan aplikasi seperti CorelDRAW atau Photoshop. Namun, jika Anda hanya menggunakan ponsel sebagai alat untuk membuat Story ada baiknya menggunakan aplikasi Android yang sudah dibahas.

Back to Content ↑

Cara mudah lain untuk membuat Story yang menarik dan ukurannya tepat adalah menggunakan template. Jadi, Anda hanya perlu mengotak-atik isi dari template sehingga ukurannya tidak perlu diubah-ubah lagi. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!