Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris
Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris

Sebagai barang elektronik, laptop terkadang mengalami suatu problematika. Salah satu permasalahan yang kerap terjadi ialah layar laptop bergaris. Permasalahan semacam ini tentu dapat sangat mengganggu aktivitas Anda selama di depan layar.

Pekerjaan dan tugas-tugas yang dikerjakan tentu bisa terhambat apabila permasalahan seperti ini terjadi. Maka dari itu, penting sekali untuk menemukan solusi atas permasalahan tersebut. Jangan sampai dibiarkan jika Anda tidak ingin pekerjaan terbengkalai.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: 10 Penyebab Laptop Mati Sendiri yang Harus Diwaspadai

Mengapa Layar Laptop Bergaris?

Garis yang muncul pada layar laptop tentu amat begitu mengganggu. Terlebih saat Anda harus segera menyelesaikan seluruh pekerjaan dengan tenggat waktu segera. Pastinya akan bikin panik. Maka dari itu, penting cari tahu terlebih dahulu apa penyebab layar laptop bergaris sebelum menemukan solusinya.

Back to Content ↑

1. Layar Pernah Terkena Air

Salah satu penyebab layar pada laptop bergaris dikarenakan pernah terkena air sebelumnya. Garis yang timbul pada layar laptop tersebut merupakan efek paling nyata. Jika sudah begini, sebaiknya jangan sampai didiamkan saja.

Terlebih ketika air mengendap dengan jumlah cukup banyak.Tidak menutup kemungkinan nantinya layar laptop Anda akan mengalami blank. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya Anda meletakkan laptop jauh dari air.

Back to Content ↑

2. Kabel Bagian LCD Mengalami Masalah

Penyebab berikutnya mengapa layar laptop muncul garis karena kabel pada bagian LCD tengah mengalami gangguan. Terlebih ketika Anda mendapati adanya garis dengan wujud bergelombang, mendatar dan memanjang. Sudah pasti ada masalah pada bagian kabel LCD.

Biasanya permasalahan tersebut juga berkaitan erat dengan motherboard. Nantinya layar laptop akan menampilkan garis yang bergerak. Gerakannya juga dapat dipahami yaitu naik turun secara cepat dan terkadang halus.

Back to Content ↑

3. Panel Screen LCD Rusak

Alasan lain mengapa layar pada laptop bergaris ternyata karena adanya gangguan panel screen LCD. Pada tipe gangguan semacam ini biasanya akan memunculkan garis lurus dalam bentuk vertikal yang berwarna. Dominasi warnanya adalah putih dan hitam.

Akan tetapi, permasalahan garis karena panel screen LCD rusak dengan gangguan kabel LCD ternyata berbeda. Jika permasalahan pada kabel LCD garisnya bergerak, akan tetapi permasalahan karena panel screen LCD garisnya tidak bergerak sama sekali.

Back to Content ↑

4. Hardware Bermasalah

Saat hardware mengalami masalah, tentu akan berimbas juga pada layar laptop. Tidak jarang yang mengalami layar bergaris. Bahkan jika permasalahan cukup parah, maka dapat berimbas juga pada VGA serta RAM.

Untuk itu, Anda tidak boleh sampai mengabaikan hal ini. Apabila sudah mendapati layar seperti ini, maka segera temukan solusi terbaiknya. Tentunya Anda masih ingin bekerja dan melakukan aktivitas lainnya lewat laptop kesayangan tersebut, bukan?

Back to Content ↑

5. Ada Masalah Pada Bagian Module Inverter

Module inverter terdapat pada bagian LCD laptop yang berguna untuk mengendalikan sekaligus mengatur tegangan listrik. Kerusakan yang dialami oleh module inverter ini ternyata juga dapat berdampak pada layar laptop. Aliran listrik yang tidak stabil pada LCD akan menjadikan performa layar tersebut juga buruk.

Back to Content ↑

6. Layar Laptop Mengalami Benturan dan Tertekan Benda

Menggunakan barang elektronik tentu harus berhati-hati. Seperti halnya saat menggunakan laptop. Seringkali hal-hal yang menurut Anda tidak berbahaya, justru bisa memberikan pengaruh buruk bagi laptop tersebut.

Seperti halnya benturan yang mencederai layar laptop. Tanpa disadari hal ini bisa menyebabkan layar pada laptop bergaris. Bisa juga Anda tidak sadar sudah menaruh beberapa barang di atas laptop sehingga membuat layar menjadi bergaris.

Back to Content ↑

7. Membuka dan Menutup Layar dengan Keras

Kebiasaan membuka serta menutup laptop dengan keras rupanya juga sangat berpengaruh pada kondisi laptop tersebut. Anda harus tahu bahwa laptop hanya bisa dihubungkan dengan dua engsel saja. Apabila Anda memperlakukannya dengan kasar, tentu hal tersebut hanya akan membawa dampak buruk saja.

Salah satu yang cukup dikhawatirkan adalah menyebabkan kabel mengalami putus. Hal ini nantinya akan membuat layar pada laptop Anda menjadi bergaris. Maka dari itu, perlakukanlah laptop Anda dengan sebaik-baiknya. Mencari engsel laptop yang sesuai rupanya juga cukup sulit dilakukan.

Back to Content ↑

Bagaimana Mengatasi Layar Laptop Bergaris?

Jika sudah mengetahui permasalahan apa yang dialami oleh laptop Anda, maka berikutnya tinggal mencari solusi terbaik. Berikut merupakan beberapa solusi yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan layar laptop seperti semula:

Back to Content ↑

1. Pakai Pixel Repairer

Jika menemukan garis pada layar laptop yang tidak bergerak, maka Anda dapat menggunakan Pixel Repairer. Software ini terbilang ampuh untuk mengatasi persoalan layar laptop yang bergaris. Cara menggunakannya juga sangat mudah, yakni:

  • Unduh dan install software ‘Pixel Repairer’ pada laptop Anda.
  • Buka dan mulai jalankan aplikasi tersebut.
  • Klik menu ‘Pattern’ dan pilihlah jenis pixel manakah yang diinginkan.
  • Apabila sudah, lanjutkan langkah dengan mengetuk pilihan ‘Enable’ guna menampilkan warna yang sudah Anda pilih untuk bagian layar.
  • Lihat pada layar. Jika pattern yang dipilih tidak muncul, maka hal tersebut menandakan bahwa ada dead pixel. Namun, jika pattern yang Anda pilih muncul, maka menandakan bahwa laptop Anda sedang dalam kondisi yang prima.
  • Untuk mengatasi dead pixel, sebaiknya kembali ke bagian kotak dialog ‘Pixel Repairer’, kemudian pilih opsi ‘Repair’.
  • Pada jendela tersebut, pilih opsi ‘Add’ guna melakukan perbaikan.
  • Tariklah kotak repair pada bagian yang mengalami dead pixel.
  • Setelahnya, jalankan mode konfigurasi noise atau repairer solid. Coba satu per satu sampai berhasil.
  • Pilihlah ukuran yang mampu menjangkau wilayah dead pixel.
  • Klik bagian default frekuensi yaitu 60 Hz dan biarkan software melakukan perbaikan sendiri.

Back to Content ↑

2. Cek Bagian Kabel Fleksibel Pada Layar

Solusi berikutnya untuk meredakan laptop bergaris adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian kabel fleksibel layar laptop. Perhatikan baik-baik apakah kabel sudah terpasang atau belum. Barangkali juga terdapat kerusakan.

Untuk lebih efisien, sebaiknya cobalah untuk menghubungkan laptop Anda dengan layar monitor PC. Jika garis tersebut tetap ada, maka bisa betulan dipastikan bahwa kondisi kabel fleksibel rusak. Hal tersebut juga menjadi pertanda bahwa ada kerusakan pada komponen lain yang terhubung dengan layar.

Back to Content ↑

3. Cek VGA, RAM, dan Hardisk

Jika tidak ada masalah yang ditemukan pada bagian LCD, maka kemungkinan besar permasalahan tersebut dipicu adanya gangguan pada VGA, RAM, hingga hardisk. Untuk itu, cobalah lakukan pengecekan. Caranya dengan membuka casing laptop terlebih dahulu.

Periksa bagian RAM dan lakukan pembersihan pin memakai penghapus karet. Jangan lupa pasang kembali. Bila perlu Anda bisa memasang RAM pada slot yang berbeda. Kemudian untuk bagian VGA juga perlu dibersihkan layaknya Anda membersihkan RAM sebelumnya.

Ganti pula kabel hardisk bila dibutuhkan. Bila membutuhkan bantuan teknisi ahli, maka jangan sungkan bawa laptop Anda ke tempat service terdekat. Terlebih jika Anda memang tidak terlalu mahir dalam mengotak-atik laptop.

Back to Content ↑

Layar laptop bergaris ternyata mampu bikin pusing. Sebelum hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda betul-betul menjaga laptop dengan sebaik-baiknya. Perlakukanlah laptop Anda sebagai barang kesayangan. Rawat dan lakukan cek berkala pada komponen laptop Anda. Kiranya bisa membuat performanya prima. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!