Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Xiaomi Mi 10T: Review dan Spesifikasi Lengkap

Xiaomi Mi 10T: Review dan Spesifikasi Lengkap
Xiaomi Mi 10T: Review dan Spesifikasi Lengkap

Xiaomi Mi 10T: Review dan Spesifikasi Lengkap

Hadir sebagai jagoan terbaru Xiaomi di sektor flagship, Xiaomi Mi 10T mengusung spesifikasi yang tidak main-main. Wajar jika ponsel ini menjadi incaran banyak orang setelah perilisannya di bulan September lalu. Lantas, apakah smartphone ini benar-benar layak untuk dimiliki?

Mi 10T sendiri diluncurkan setelah sebelumnya Xiaomi memperkenalkan Redmi 9 sebagai jagoan di kelas menengah. Komposisi hardware di Redmi 9 terbilang cukup tangguh di kelasnya. Lalu, setangguh apakah smartphone flagship terbaru dari Xiaomi ini? Mari kita ulas lebih jauh!

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Xiaomi Mi 10T Pro: Spesifikasi Lengkap dan Harga

Review Lengkap Xiaomi Mi 10T

Seperti biasa, Xiaomi tidak hanya membawa satu varian saja dalam peluncuran smartphone terbarunya. Kali ini Mi 10T hadir dengan 3 varian utama, yaitu Mi 10T Lite, Mi 10T dan Mi 10T Pro. Ketiganya sudah mengusung jaringan 5G yang sebentar lagi akan mulai diterapkan.

Di artikel ini, seri Mi 10T yang akan dibahas adalah Xiaomi 10T. Jika Anda penasaran dengan spesifikasi dari ponsel tersebut, silahkan simak ulasan lengkap Mi 10T dari berbagai aspek berikut ini:

Back to Content ↑

1. Desain

Sektor pertama yang menjadi daya tarik dari Mi 10T adalah dari segi desainnya. Menggunakan material Gorilla Glass 5 sebagai bahan pembungkus body, serta aluminium di bagian frame membuat smartphone satu ini terlihat sangat elegan dan premium.

Saat terkena pantulan cahaya, body belakangnya juga akan tampak berkilau. Sayangnya, smartphone ini tidak dilengkapi coating khusus untuk mencegah timbulnya sidik jari saat dipegang. Meski begitu, pihak Xiaomi telah memberikan case gratis di paket penjualannya.

Untuk penempatan berbagai tombol dan juga port-port konektivitasnya, Xiaomi Mi 10T cukup berani memberikan sesuatu yang berbeda. Mereka menempatkan fingerprint di sisi kanannya, menghilangkan fungsi headphone jack, serta

Selain terdapat side-mounted fingerprint, sisi kanan smartphone ini juga dilengkapi dengan volume button dan juga power. Ada juga 2 garis antena yang juga tersebar di banyak sisi smartphone ini. Sedangkan untuk lubang mic dan infra red blaster ditempatkan di posisi biasanya, yaitu di atas.

Dalam paket pembeliannya, Xiaomi Mi 10T akan dilengkapi dengan beberapa komponen tambahan seperti berikut:

  • Kabel data Type-C dan juga charger 33 W
  • Adapter Type-C to 3.5mm Jack
  • Antibacterial case warna silver
  • Dokumen pembelian dan garansi
  • SIM ejector
  • Kartu ucapan terima kasih dari CEO Xiaomi

Back to Content ↑

2. Display

Beralih ke sektor display, layar Xiaomi Mi 10T memiliki ukuran 6,67 inch dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 pixels). Layar ini juga mampu menghasilkan refresh rate mencapai 144Hz, jumlah ini adalah jumlah tertinggi di kelasnya.

Untuk urusan panel, smartphone ini menggunakan panel IPS yang terbukti baik dalam menampilkan gambar dari banyak sudut penglihatan. Saat berada di terik matahari sekalipun, kecerahan dari layar Xiaomi Mi 10T ini tidak akan redup dan tetap memiliki visibilitas yang sangat baik.

Selain itu, layar smartphone ini juga sudah dilindungi lapisan Corning Gorilla Glass 5 sehingga cukup aman dari goresan benda-benda keras seperti kunci kendaraan, koin, jarum,atau benda-benda lain yang dapat bergesekan dengan layar Mi 10T saat berada di kantong saku atau di dalam tas.

Back to Content ↑

3. Spesifikasi Hardware

Jika berbicara tentang smartphone, sektor paling menarik untuk dibahas tentu saja spesifikasi hardwarenya. Hal Itu karena sektor inilah yang paling sering diadu dengan merek-merek lainnya. Tahu akan hal itu, Xiaomi lagi-lagi membuat para pecinta gadget tidak bisa untuk tidak meliriknya.

Dimulai dari chipset yang digunakan, Xiaomi Mi 10T sudah dibekali prosesor Snapdragon 865 Octa-core 1 x 2.84 GHz, 3 x 2.42 GHz dan 4 x 1.80 GHz Kryo 585. Sedangkan untuk pengolah grafisnya, smartphone ini didukung oleh GPU Adreno 650 yang siap menghadirkan performa grafis terbaik.

Selanjutnya, untuk menopang kebutuhan multitaskingnya, flagship terbaru dari Xiaomi ini telah disematkan RAM berkapasitas 8GB serta storage sebesar 128GB. Dengan spesifikasi ini, proses berpindah aplikasi atau memainkan game HD tidak perlu diragukan lagi.

Back to Content ↑

4. Kamera

Di bagian kamera, smartphone ini memiliki Triple Camera yang masing-masing berukuran 108 MP wide-angle camera, 13 MP ultra wide-angle camera. Dan 5 MP macro camera. Ketiga modul kamera tersebut akan aman dari goresan karena sudah dilindungi lapisan Corning Gorilla Glass 5.

Di sisi depan juga telah tersemat ultra clear camera 20 MP yang dapat memenuhi kebutuhan selfie atau video call Anda. Sayangnya, kamera depan ini belum mendukung mode perekaman 4K, dan hanya mampu menghasilkan mode perekaman 1080p@60fps.

Back to Content ↑

5. Baterai

Untuk urusan daya tahan, Xiaomi Mi 10T menyematkan baterai Li-Poly 5.000 mAh yang dapat menemani aktivitas seharian. Untuk pengisian dayanya juga sudah mendukung mode Fast Charging 33W.Selain itu, ada juga Liquid Cooling Chamber untuk menjaga suhu smartphone ini tetap dingin.

Back to Content ↑

6. Kelengkapan dan Sensor

Dari segi kelengkapan fitur dan juga sensor, smartphone ini sudah cukup lengkap. Mulai dari fitur NFC, IR blaster, fingerprint, jaringan 5G, 4G, Wifi 6, serta Bluetooth. Untuk urusan sensor, ada sensor Accelerometer, Ambience Light, Gyroscope, Proximity, Magnetic, serta Orientation.

Back to Content ↑

7. Software

Smartphone Xiaomi Mi 10T berjalan menggunakan basis Android 10 dengan User Interface MIUI 12. Kombinasi keduanya mampu menghasilkan fitur-fitur yang cukup berguna dalam penggunaannya sehari-hari. Fitur-fitur tersebut di antaranya:

  • a) Floating Window

    Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuka aplikasi dalam bentuk jendela melayang layaknya jendela aplikasi pada Windows. Fitur ini sangat berguna ketika sedang mengerjakan sesuatu di sebuah aplikasi yang tidak bisa ditinggalkan.

  • b) Play Video with Screen Off

    Saat memutar video, hal yang tidak bisa dilakukan adalah mematikan layarnya karena video yang tengah diputar akan berhenti. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mematikan layar smartphone tanpa menghentikan video yang sedang berjalan.

  • c) Turbo Mode

    Jika Anda ingin memaksimalkan performa smartphone saat bermain game, maka fitur ini bisa Anda aktifkan.

  • d) Second Space

    Salah satu fitur unggulan dari MIUI yang sudah hadir sejak beberapa versi sebelumnya. Fitur ini akan menyediakan ruang kedua untuk menjalankan profil yang baru, sehingga semua data yang ada di satu space tidak akan dibawa ke space yang lain.

Back to Content ↑

Spesifikasi dan Harga

  • OS: Android 10 – MIUI 12
  • Ukuran Layar: 6,67 inch
  • Resolusi Layar: 2400 x 1080 pixels, 20:9 ratio (~395 ppi density)
  • Chipset: Snapdragon 865 (7 nm+)
  • CPU: Octa-core (1 x 2.84 GHz, 3 x 2.42 GHz dan 4 x 1.80 GHz) Kryo 585
  • GPU: Adreno 650
  • Kamera Belakang:
    • 108 MP (wide-camera)
    • 12 MP (ultra-wide)
    • 5 MP (macro)
  • Kamera Depan: 20 MP (wide)
  • Tipe ScreenIPS LCD
  • RAM/Storage: 6/128GB, 8/128GB
  • Kapasitas Baterai: Li-Poly 5.000 mAh, (charging 33W)
  • Type USB Type-C: Ya
  • Fingerprint: Ya
  • NFC: Ya
  • Harga Pasaran: Rp 6,1 – 7,5 juta

Dengan spesifikasi yang diusungnya, Xiaomi Mi 10T sangat layak disandingkan dengan sebagian besar flagship dari merek-merek besar lainnya. Hal yang membuat banyak orang tidak bisa berpaling adalah harga jual dari smartphone ini yang terbilang murah untuk ukuran smartphone kelas atas. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Back to Content ↑