Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Nikon Z5: Review Spesifikasi dan Harga

Nikon Z5: Review Spesifikasi dan Harga
Nikon Z5

Nikon Z5: Review Spesifikasi dan Harga

Kini produk unggulan dari kamera Nikon bertambah dengan hadirnya Nikon Z5. Kamera mirrorless ini cocok digunakan untuk pemula. Harga yang ditawarkan dengan segudang kecanggihan yang dimilikinya terbilang cukup murah.

TOC / Daftar Isi

Keistimewaan dan Perbandingan Nikon Z5 dengan Z6

Bagi Anda pecinta Nikon, kamera mirrorless seri Z5 ini merupakan produk istimewa yang bisa Anda miliki untuk upgrade dari kamera DSLR.

Produk Nikon tidak perlu lagi diragukan kualitas dan hasilnya. Anda akan puas dan merekomendasikan produk Nikon ke keluarga atau teman. Berikut keistimewaan dari Nikon Z5 yang menakjubkan:

Back to Content ↑

1. Memiliki Desain yang Elegan

Nikon seri Z5 didesain dengan mewah dan elegan. Desain bobot, dan fiturnya memiliki kemiripan dengan Z6. Kamera seri Z5 memiliki bobot yang sama dengan Z6 yakni 675 gram.

Kamera seri Z5 memiliki body polikarbonat yang tetap tahan debu dan udara lembab. Terdapat Dial putar di bagian atas kamera sebagai pengaturan dalam memilih mode pengambilan gambar yang tepat.

Back to Content ↑

2. Memiliki Spesifikasi yang Berkualitas

Kamera mirrorless seri Z5 ini memiliki sensor CMOS full frame sebesar 24MP. Resolusi yang tinggi menghasilkan gambar dengan kualitas bagus, detail, dan tajam.

Kamera mirrorless Z5 dilengkapi dengan fitur penstabilan yakni 5 axis stabilization di bagian body yang berfungsi sebagai peredam getaran hingga mencapai 5 stop.

Kamera seri Z5 mampu merekam video dengan resolusi hingga mencapai 4H/30p dengan crop hingga mencapai 1,7 kali.

Kamera dari Nikon seri Z5 unggul karena memiliki jendela bidik sebesar 3,69 juta titik. Hal tersebut akan membuat hasil bidikan kamera Anda lebih akurat dan terlihat nyata seperti aslinya.

Kamera Z5 ini memiliki port untuk tempat audio mic dan headphone monitoring yang akan membuat momen Anda lebih menyenangkan saat menggunakan kamera. Didukung dengan baterai yang lebih besar dan tahan lama akan membuat hari Anda lebih menyenangkan tanpa takut baterai habis.

Back to Content ↑

3. Memiliki Harga Murah

Kamera dengan spesifikasi dan kualitas canggih ini dibandrol dengan harga yang murah. Fitur dan desain body Z5 memiliki kemiripan dengan Z6 yang ditawarkan dengan harga US$ 600 lebih mahal. Tentunya ini merupakan penawaran menarik bagi Anda untuk memilih dan memiliki Z5.

Kamera Z5 memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri jika dibandingkan dengan kamera Z6. Ada beberapa spesifikasi di Z5 yang tidak ada pada kamera Z6, pun sebaliknya.

Jika kamera Z6 memiliki layar untuk menampilkan pengaturan kamera di bagian atas body, pada kamera Z5 fitur tersebut tidak ada. Pada kamera Z5 terdapat dual putar untuk melakukan pengaturan mode pengambilan gambar sesuai dengan kebutuhan.

Kamera Z5 lebih unggul karena memiliki dual slot SD card yang lebih berkualitas yang tidak dimiliki Z6. Kamera Z6 hanya bisa digunakan dengan kartu XQD dengan ukuran yang lebih besar dan harga mahal.

Jika dibandingkan dengan Z5, kamera Z6 lebih unggul di bagian resolusi gambar dan perekaman video. Kamera Z6 sudah dilengkapi dengan sensor BSI yang menyebabkan hasil lebih jernih sekitar ½ sampai 1 stop. Selain itu kemampuan mode foto beruntun lebih cepat hingga 12 fps.

Pada kamera Z5 hanya memiliki kecepatan burst sebesar 4.5 fps dengan sistem cropping 1,7 kali dan kemampuan merekam 4K.

Back to Content ↑

Spesifikasi Kamera Nikon Z5

Berikut spesifikasi lengkap kamera Z5 yang sangat menakjubkan:

No. Komponen Deskripsi
1. Spesifikasi Kamera Nikon seri Z5
2. Lensa Lensa Nikon Z mount
3. Processor EXPEED 6
4. Jendela bidik OLED
5. Sensor Sensor full frame dengan CMOS sebesar 24 MP
6. Auto focus Contrast detect atau sensor
Tracking
Multi area
Single
Touch
Live view
Selective single point
Continuous
Face detection
Phase detect
Center
7. ISO Otomatis atau auto,
100-51200
Expands mencapai hingga 50-102400
8. Layar Layar sentuh dengan tilting 3.2 inch dengan 1.040.000 titik
9. Baterai EN-EL 15 C
10. Dimensi Panjang 138 mm, lebar 98 mm, dan tinggi 88 mm
11. Video Mencapai 3840 x 2160 setiap 30p
MOV, H.264 dan Linear PCM
12. Kartu memori Dual SD/SDHC/SDXC dengan slots UHS-II compatible
13. Bobot 675 gram
14. Konektivitas USB 3.2 Generasi 2 dengan 10 Gigabit per second, HDMI, WiFi, Bluetooth, Headphones, dan Mic
15. Pengisi daya USB Power Delivery melalui port USB

Back to Content ↑

Harga Nikon Z5

Berikut adalah daftar harga Nikon Z5 yang wajib Anda ketahui:

Harga Nikon Z5 (Lengkap)
No. Type Warna Harga
1. Body Nikon Z5 Hitam US$ 1399 atau sekitar Rp. 20 jutaan
2. Body dan lensa 24-50 mm F4-6.3 Hitam US$ 1699
3. Body dan lensa 24-200 F4-6.3 VR Hitam US$ 2199
4. Lensa Nikor Z 24-50 mm f/4-6.3 - US$ 399 atau sekitar Rp. 5,8 jutaan
5. Lensa Nikor Z 24-200 mm f/4-6.3 VR - US$ 2,199 atau sekitar Rp. 32 jutaan

Harga kamera Z5 memang terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan Z6 atau Z7. Meskipun begitu, penting bagi Anda untuk melakukan perawatan yang terbaik terhadap kamera Anda supaya tetap tahan lama dengan performa yang baik.

Back to Content ↑

4 Tips merawat kamera Nikon Z5

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat kamera Nikon Z5:

Back to Content ↑

1. Simpanlah Kamera Jauh dari Zat Cair

Air merupakan zat yang bisa merusak komponen yang ada di dalam kamera. Hal ini terjadi karena air mampu membuat lembab sehingga menyebabkan komponen internal cepat rusak.

Sebaiknya Anda menyimpan kamera Anda di tempat yang kering dan tidak lembab. Anda bisa menyimpan kamera Anda di dry box dan lakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan kamera Anda berada dalam kondisi yang baik.

Back to Content ↑

2. Selalu Jaga Kebersihan Lensa Secara Rutin

Lakukan pembersihan lensa kamera secara rutin menggunakan cairan pembersih khusus. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyemprotkan cairan pembersih lensa ke kain microfiber atau kain yang lembut kemudian diusapkan pada lensa dengan gerakan searah.

Anda dapat membersihkannya pada bagian-bagian luar terlebih dahulu, kemudian bagian dalam. Membersihkan lensa secara rutin akan menjaga kebersihan lensa kamera Anda, sehingga hasil foto atau video akan jernih dan memuaskan.

Back to Content ↑

3. Hindarilah Air Laut

Air laut mengandung garam yang dapat menyebabkan korosif atau karat pada kamera Anda. Jika Anda selesai melakukan pemotretan di area tepi laut, hendaknya segera bersihkan kamera menggunakan kain lembut yang dibasahi air untuk menghilangkan sisa-sisa garam yang mungkin menempel.

Selanjutnya Anda harus melakukan double usap menggunakan kain lembut yang kering supaya kamera Anda tetap terjaga kualitasnya.

Back to Content ↑

4. Perhatikan Perubahan yang Terjadi pada Arus Listrik

Kamera rentan mengalami perubahan arus listrik karena didalamnya terdapat sistem komputer yang bekerja.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan kamera berada dalam keadaan off atau mati terlebih dahulu sebelum melepas baterai dan memory card. Selanjutnya Anda baru dapat menghubungkan kamera ke komputer.

Back to Content ↑

Bagi Anda yang masih pemula memiliki kamera Nikon Z5 ini cukup recommended. Anda dapat mengabadikan momen indah Anda dengan hasil jepretan foto dan rekaman video yang bagus. Hal ini tentu akan membuat Anda puas. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!