Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Nikon D6: Review Spesifikasi dan Harga

Nikon D6: Review Spesifikasi dan Harga
Nikon D6

Nikon D6: Review, Spesifikasi dan Harga

Bagi Anda pecinta kamera Nikon, kini bisa mencoba berkarya menggunakan Nikon D6. Kamera DSLR yang rilis pada tahun 2020 ini merupakan penerus dari seri sebelumnya Nikon D5 pada tahun 2016. Pihak Nikon percaya diri mengumumkan DSLR seri terbarunya ini akan menjadi Digital SLR tercanggih.

Berikut adalah review dari kamera Nikon seri D6 yang wajib Anda ketahui:

TOC / Daftar Isi

Mengenal Kamera Nikon D6 2020

Produk terbaru dari Nikon ini merupakan kamera yang masuk kategori kelas Flagship dengan sensor full frame atau FX. Seperti dengan kamera DSLR Nikon dengan seri D single digit sebelumnya, Nikon D6 dibekali dengan fitur-fitur terbaru dan memiliki teknologi canggih.

Kamera seri D6 ini cocok untuk fotografer profesional untuk menunjang hadirnya karya yang luar biasa dan berkualitas. Hal ini sepadan dengan performa kamera Nikon seri D6 yang memiliki performa tangguh, handal, cepat, dan berkualitas tinggi.

Secara tampilan fisik, Nikon seri D6 ini memiliki body kamera berbentuk persegi yang terlihat gagah dan elegan.

Berikut performa kamera Nikon seri D6 yang perlu Anda ketahui:

  • Didalam body kamera terdapat vertical grip yang terintegrasi. Kelebihan dari kamera ini memiliki body kamera yang tahan terhadap cuaca.
  • Body kamera terbuat dari bahan magnesium alloy sehingga mampu tahan terhadap debu dan tetesan air.
  • Kamera Nikon seri D6 memiliki keunggulan kecepatan yang cepat untuk pemotretan.
  • Memiliki kemiripan desain body dengan kamera Nikon seri D5.
  • Menggunakan full frame sebesar 20.8 MP dan di kombinasi dengan prosesor Nikon Expeed 6.
  • Memiliki kemampuan memotret objek secara terus menerus dengan kecepatan hingga mencapai 14 fps dengan menggunakan shutter mechanical.
  • Memiliki kemampuan membidik dengan kecepatan 10.5 fps yang diimbangi dengan resolusi penuh dan tidak ada suara shutter.
  • Memiliki kemampuan untuk memotret hingga 30 fps pada resolusi 8 MP dan 60 fps pada resolusi 2 MP.
  • Memiliki rentang ISO sebesar 100 hingga 102.400.
  • Memiliki kemampuan merekam video hingga mencapai 3840 x 2160 pada video 4K/30p MOV, H.264.
  • Hasil perekaman video dapat didukung dengan format MP4.
  • Memiliki kemampuan auto fokus yang tidak jauh berbeda dari seri sebelumnya. Sistem auto fokus kamera Nikon seri D6 didukung dengan 105 titik fokus.
  • Titik fokus pada sistem auto fokus yang dimiliki kamera Nikon seri D6 merupakan titik fokus cross type. Hal tersebut merupakan sistem auto fokus yang paling canggih dari semua sistem auto fokus yang ada pada semua kamera Nikon.
  • Memiliki kemampuan titik fokus lebih rapat hingga mencapai 1.6 kali, sehingga mampu menjangkau area objek yang lebih luas.
  • Kamera Nikon seri D6 memiliki sistem auto fokus diantaranya multi area, contrast detect, tracking, continuous, single, center, selective single- point, sensor phase detect, touch, live view, dan face detection.
  • Lensa telephoto yang dimiliki kamera Nikon seri D6 mendukung untuk melakukan pemotretan pada bidang sport.
  • Memiliki layar control panel di bagian atas kamera dan terdapat montor LCD untuk mempermudah pengoperasian kamera.
  • Tombol-tombol pada body kamera bisa menyala sehingga membantu memberikan penerangan pada saat melakukan pemotretan di ruang gelap.

Selain memiliki performa yang unggul, kamera Nikon D6 memiliki penyimpanan yang berkualitas. Kamera mempunyai dua slot kartu memori yang dapat digunakan untuk kartu memori tipe XQD atau CFEpress.

Kamera Nikon seri D6 dikenal sebagai kamera DSLR kelas profesional pertama yang tidak didukung dengan kartu memori Compact Flash.

Back to Content ↑

Spesifikasi Kamera Nikon D6

Berikut spesifikasi lengkap kamera Nikon D6 yang sangat menakjubkan:

No. Komponen Deskripsi
1. Spesifikasi Kamera Nikon seri D6
2. Lensa AF S
Nikon 120 mm-00 mm
3. Processor Nikon Expeed 6
4. Layar Layar sentuh 3.2 inch
5. Titik fokus 2.359.000 titik
6. Sensor Full frame sebesar 20.8 MP
7. Auto focus Multi area,
Contrast detect,
Tracking,
Continuous,
Single,
Center,
Selective single-point,
Sensor phase detect,
Touch,
Live view,
Face detection
8. ISO 100-102.400
9. Baterai EN-EL 18 C
Type: Rechargeable Li-ion Battery
10. Dimensi 160 mm x 163 mm x 92 mm
11. Video 3840 x 2160 pada video 4K/30p MOV, H.264
Format MP4
Max 105 menit
12. Kartu memori 2 Slot, XQD atau CFEpress
13. Bobot 1270 gram
14. Konektivitas Port USB-C, Wi-Fi 2.4, 5 GHz
Bluetooth
Port kabel ethernet 1000BASE-T
15. Pengisi daya USB

Back to Content ↑

Harga Kamera Nikon D6

Harga jual kamera Nikon dipengaruhi oleh kecanggihan fitur, spesifikasi dan stabilisasi sensornya. Jika Anda memutuskan untuk membeli kamera ini sebaiknya Anda melakukan stabilisasi ulang pada lensa kamera untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Berikut adalah daftar kamera Nikon seri D6 yang wajib Anda ketahui:

Harga Jual Kamera Nikon D6
No. Type Warna Harga
1. Body Nikon D6 Hitam USD 6.500 atau sekitar Rp 90 jutaan

Harga kamera Nikon D6 memang cukup fantastis, sehingga perlu bagi Anda untuk menggunakannya dengan penuh hati-hati dan melakukan perawatan sesuai prosedur yang benar. Hal ini bertujuan untuk menjaga kamera Anda supaya tetap memiliki performa yang baik.

Back to Content ↑

6 Tips Merawat Kamera Nikon D6

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat kamera Nikon seri D6 ini:

Back to Content ↑

1. Simpanlah Kamera Jauh Air

Meskipun kamera Anda memiliki klaim waterproof namun jangan coba-coba dengan sengaja membiarkannya terkena air. Pastikan Anda meletakkan kamera jauh dari air. Air yang masuk ke dalam kamera akan mampu merusak komponen internal sehingga menyebabkan kerusakan.

Back to Content ↑

2. Tetap Jaga Kebersihan Lensa Kamera Anda

Anda perlu membersihkan lensa kamera secara rutin menggunakan cairan pembersih khusus. Hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih lensa ke kain microfiber kemudian diusapkan pada lensa perlahan.

Selain itu jangan lupa untuk selalu memasang lensa cap untuk melindungi lensa dari sidik jari atau kotoran dan debu.

Back to Content ↑

3. Bawalah Kamera Menggunakan Tas Khusus

Jika Anda akan bepergian atau melakukan hunting foto, sebaiknya bawalah kamera Anda menggunakan tas khusus kamera. Tas khusus kamera memiliki ruang-ruang khusus untuk setiap komponen kamera dan dilengkapi dengan bantalan tebal yang dapat melindungi kamera Anda dari benturan.

Back to Content ↑

4. Pasang Pelindung Layar untuk LCD Kamera

Anda perlu memasang screen guard untuk melindungi layar LCD kamera Anda dari goresan atau debu yang bisa merusak kejernihan layar.

Back to Content ↑

5. Bersihkan Body Kamera Secara Rutin

Anda perlu melakukan perawatan terhadap body kamera dengan membersihkannya menggunakan minyak kayu putih atau menggunakan cairan pembersih khusus kamera. Caranya dengan menyemprotkan cairan pembersih ke kain halus dan usaplah dengan perlahan pada seluruh body kamera.

Back to Content ↑

6. Simpanlah Kamera pada Box yang Kering

Setelah selesai digunakan dan dilakukan pembersihan, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menyimpan kamera di dalam box kering.

Box tersebut akan melindungi kamera Anda dari perubahan suhu dan menjaganya tetap dalam keadaan kering sehingga komponen – komponennya tidak cepat rusak.

Back to Content ↑

Bagi Anda pecinta kamera Nikon, kini Anda bisa mencoba untuk berkarya menggunakan kamera Nikon D6. Dengan performa yang dimiliki kamera tersebut pasti Anda akan puas dengan hasil video atau fotonya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!