Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Spesifikasi ASUS VivoBook TM420 (Lengkap)

Spesifikasi ASUS VivoBook TM420 (Lengkap)
ASUS VivoBook TM420

Spesifikasi ASUS VivoBook TM420 (Lengkap)

Apabila melihat ke dalam beberapa tahun belakangan ini, sudah banyak laptop convertible atau yang sudah memiliki fungsi bagus. Namun meskipun begitu, semua laptop tersebut memiliki masalah yang hampir sama, yaitu performa atau kinerja laptopnya yang kurang maksimal.

Apabila dibandingkan dengan laptop dengan konsep clamshell, laptop convertible ini tertinggal jauh dari sisi performa. Fitur yang ada seperti layar sentuh dan transformasi ke mode tablet menjadi suatu hal yang perlu diutamakan.

Sekarang ini sudah berbeda, teknologi berkembang dengan sangat pesat, laptop convertible juga bisa memiliki kinerja yang kencang bahkan mengalahkan laptop dengan harga standar di di kelas yang sama. Contohnya adalah laptop keluaran ASUS yaitu VivoBook TM420.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: 5 Rekomendasi dan Spesifikasi Laptop Asus Terbaru

Spesifikasi ASUS VivoBook TM420

ASUS VivoBook TM420 ini hadir dengan desain yang cukup mewah dan spesifikasi cukup tinggi. Laptop ini memiliki ukuran layar 14 inch yang sudah mendukung Full HD 1920 x 1080. Ditambah lagi dengan processor AMD Ryzen 7 4700U yang merupakan versi tertingginya, ada juga versi processor lainnya yaitu AMD Ryzen 5, dan AMD Ryzen 3.

Untuk VGA nya, ASUS VivoBook TM420 juga sudah terintegrasi dengan AMD Radeon Graphics. Untuk ukuran memorinya, ada dua pilihan yaitu varian RAM 8GB dan RAM 16GB keduanya ini merupakan RAM DDR4 3200MHz. Untuk memori internalnya menggunakan SSD 256GB dan 512GB yang membuat kinerja laptop ini makin lancar.

Baterai laptop ini menggunakan 42Wh 3-cells lithium-polymer battery dengan dilengkapi 1 port USB 3.2 Type C, 1 port USB 3.2 Type A, HDMI, audio jack, microSD card reader, K-lock, dan DC-in. ASUS VivoBook TM420 juga sudah memiliki Bluetooth 5.0 dan Intel WiFi 6 with Gig+.

Back to Content ↑

1. Body Desain dan Keyboard

Meskipun masuk dalam kategori VivoBook series, ASUS VivoBook TM420 ini tidak memiliki bodi yang murahan. Desain laptop ini memang tidak sekokoh dan sebagu seri Zenbook. Namun secara bentuk, laptop ini menawarkan konsep desain yang keren dan mengotak. Berat dari laptop ini sendiri adalah 1,5 kg, meskipun bukan yang teringan namun masih mudah dibawa-bawa dengan satu tangan.

Ketebalan laptop ini adalah 1,82 cm, untuk ukuran laptop convertible ketebalan ini cukup bagus dan mudah dijinjing. Desain bodi dari laptop ini merupakan gabungan antara metal dan polimer finishing yang polos (lebih mendominasi).

Laptop ini dilengkapi dengan tas dan juga ASUS pen yang digunakan untuk navigasi layar sentuh pada ASUS VivoBook TM420 ini.

Back to Content ↑

2. Layar

Sesuai dengan namanya, yaitu ASUS VivoBook Flip 14 TM420 ini menghadirkan layar dengan lebar 14 inch. Layar ini merupakan layar standar yang dimiliki oleh kebanyakan laptop, ASUS VivoBook TM420 menawarkan layar dengan panel IPS 1920 x 1080 px dengan 82% screen to body ratio.

Meski memiliki layar berukuran 14 inch, namun laptop ini tidak terasa lebar karena ASUS mengusung teknologi panel 14 inch untuk masuk dalam basis 13 inch. Dengan begitu, laptop ini terlihat lebih kecil untuk ukuran laptop 14 inch.

Layar dari ASUS VivoBook TM420 ini juga diklaim SUS bisa menghasilkan reproduksi warna yang luar biasa dengan visualisasi yang sangat jelas. Selain itu bezel dari laptop ini juga termasuk tipis karena menggunakan teknologi Nano Edge.

Back to Content ↑

3. Performa CPU

Di awal sudah disebutkan bahwa ASUS VivoBook TM420 ini hadir dengan processor AMD Ryzen yang terbaru, yaitu AMD Ryzen 400 series. Processor ini adalah processor yang dibuat dengan fabrikasi 7nm, tipe yang digunakan adalah tipe U karena ASUS VivoBook TM420 merupakan laptop convertible.

Ada tiga varian processor yang hadir di ASUS VivoBook TM420, yaitu AMD Ryzen 7 4700U, AMD Ryzen 5 4500U, dan varian AMD Ryzen 3 4300U. Dengan processor tersebut tentunya kinerja dari ASUS VivoBook TM420 ini akan sangat kencang dan lancar ketika digunakan untuk bermain game maupun multitasking.

Hasil Benchmark dari ASUS VivoBook TM420 menunjukkan angka yang bagus. Sedangkan untuk PCMARK, ASUS VivoBook TM420 mendapat skor 10 yaitu di angka hampir 5.000 an.

Back to Content ↑

4. Performa Grafis

ASUS VivoBook TM420 sebagai laptop convertible tidak masuk akal jika ditambah dengan kartu grafis tambahan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ASUS VivoBook TM420 sudah terintegrasi dengan AMD Radeon Graphic.

Performa dari AMD Radeon Graphic ini tidak bisa dianggap remeh, performanya termasuk bagus. Dengan laptop ini Anda sudah bisa bermain game dengan resolusi tinggi dengan nyaman, contohnya untuk bermain PUBG. Namun jangan berharap FPS tinggi dengan laptop yang satu ini.

Back to Content ↑

5. Performa SSD

ASUS VivoBook TM420 memiliki dua varian SSD, yaitu 256GB dan 512GB dengan merek Kingston. SSD pada laptop ini memiliki mode transfer yang cukup cepat karena menggunakan NVME PCIe 3.0 x4. Kecepatan baca data dari SSD ini bisa mencapai 2GB/s dengan kecepatan menulis 1GB/s.

Hasil ini lebih rendah dibandingkan performa yang dimiliki SSD NVMe PCIe 3.0 x4 yang dimiliki oleh ASUS ZenBook 13. Namun ini hal yang wajar mengingat bahwa seri ZenBook berada di kelas yang berbeda dengan VivoBook, jadi hasil tersebut masih bisa diterima.

Selain itu perbedaannya juga sekitar 200-300 MB saja. Anda juga tidak perlu khawatir karena dalam urusan booting maupun ketika membuka aplikasi tidak ada perbedaan yang signifikan.

Back to Content ↑

6. Fitur

Laptop ASUS VivoBook TM420 yang merupakan laptop convertible memiliki beberapa fitur pendukung. Diantaranya adalah fitur konektivitas yang sudah mendukung Bluetooth 5.0 dan WiFI 6. Adanya WiFi 6 pada laptop ini tentu akan membuat kecepatan transfer jaringan lewat WiFI jadi lebih cepat. Namun tentu saja hal ini terjadi apabila area WiFi tersebut juga memakai teknologi WiFi 6.

Fitur lain yang hadir pada laptop ASUS VivoBook TM420 adalah audionya. Audio pada laptop ini sangat bagus dan sudah tersertifikasi Harman Karno. Suara yang dihasilkan dari laptop ini terasa sangat berkelas dan berbeda dengan audio dari laptop lain di kelasnya.

Back to Content ↑

7. Baterai

Selanjutnya adalah bagian baterai, pada ASUS VivoBook TM420 ini dibekali dengan baterai lithium-polymer 42W 3-cells. Baterai jenis ini juga sudah mendukung fast charging, bahkan ASUS sendiri mengklaim bahwa laptop ini bisa terisi 60% hanya dalam waktu 49 menit. Namun untuk pengisian sampai penuh akan memakan lebih banyak waktu.

Namun hal ini sebenarnya bukanlah masalah karena sebenarnya teknologi ini diperlukan pada saat pengguna ada di luar rumah dan berkebutuhan mengisi daya secukupnya saja untuk dipakai.

Daya tahan laptop ini memang bukan yang terlama, namun dengan menggunakan mode baterai saver Anda bisa mengetik dan menonton Youtube secara bergantian dan baterai akan turun ke 15% dalam waktu lebih dari 4 jam.

Back to Content ↑

Kesimpulan dan Harga

ASUS VivoBook TM420 ini hadir menjadi sebuah laptop yang dapat memenuhi kebutuhan Anda akan laptop convertible dengan performa yang tinggi dan kencang serta memiliki engsel kokoh dan tahan lama. Laptop ini tentu akan sangat cocok dipakai untuk bekerja, menonton film, dan untuk kebutuhan berat juga bisa.

Bagi Anda yang tertarik membeli laptop convertible ini Anda harus mengeluarkan dana sekitar 8jt-10jt tergantung dari versi processor dan SSD yang Anda pilih. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Back to Content ↑