Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

10+ Rekomendasi Aplikasi E-money Terpopuler

10+ Rekomendasi Aplikasi E-money Terpopuler
10+ Rekomendasi Aplikasi E-money Terpopuler

10+ Rekomendasi Aplikasi E-money Terpopuler

Kemajuan teknologi telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah bidang transaksi keuangan. Jika sebelumnya masyarakat harus menggunakan media uang cash/tunai untuk membeli dan membayar sesuatu, kini hal itu sedang menuju perubahan besar.

Orang zaman sekarang sudah meninggalkan transaksi tunai dan beralih ke transaksi non-tunai atau cashless. Anda tidak harus membawa uang banyak-banyak dalam dompet atau tas jika ingin membeli atau membayar sesuatu.

Transaksi ini lebih dikenal dengan Digital Payment atau Pembayaran Digital. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi e-money yang terbuktikan banyak digunakan pengguna smartphone di dunia.

TOC / Daftar Isi

10+ Rekomendasi Aplikasi E-money yang Terpopuler

Ada banyak daftar layanan pembayaran digital berupa e-money, dan berikut akan direkomendasikan dari yang terpopuler. Supaya tidak bingung dalam memilih. Terdapat sepuluh Rekomendasi Aplikasi E-money terpopuler. Apa saja itu? Simak beberapa ulasan di bawah ini!

Back to Content ↑

1. OVO

OVO, digital payment milik Lippo Group ini termasuk yang paling banyak digunakan. Per awal Mei 2019, aplikasi OVO di Google Playstore telah diunduh hingga lebih dari 5 juta kali dan mendapat rating 4,3 dari 5 bintang.

Sudah banyak merchant yang bekerjasama dengan OVO, mulai dari bisnis food & beverages (F&B), fashion, beauty, entertainment, transportation, travel dan banyak lainnya. Bahkan, tidak sedikit bisnis rumahan dan UMKM yang menerima pembayaran lewat OVO.

Tak hanya itu, cashback yang ditawarkan pun membuat Anda tergiur. OVO rutin memberi cashback 60 persen pada tanggal tertentu. Cashback itu nantinya menjadi OVO Point dan dapat Anda gunakan lagi di kesempatan yang lain.

Back to Content ↑

2. LinkAja

Jika nomor ponsel yang Anda gunakan menggunakan operator Telkomsel, maka Anda dapat menggunakan layanan uang non-tunai dari operator telekomunikasi milik pemerintah ini. LinkAja ini sudah mendapatkan izin Bank Indonesia untuk beroperasi dan aman digunakan.

Melalui LinkAja Anda bisa melakukan banyak transaksi finansial termasuk Digital Payment. Apabila untuk bisa melakukan transaksi, Anda harus memiliki saldo di akun LinkAja-mu. Bagaimana cara mengisi saldo tersebut? Anda bisa melakukannya di GraPari Telkomsel, minimarket, atau melalui transfer bank.

Back to Content ↑

3. Go-Pay

Pengguna Go-Jek tentunya familier dengan digital payment satu ini. Hal itu karena berkaitan, maka layanan Go-Pay menjadi satu dengan aplikasi Go-Jek. Gak cuma dipakai untuk membayar layanan di aplikasi Go-Jek, mulai dari Go-Ride, Go-Car, Go-Food, Go-Send, dan lain sebagainya.

Praktisnya, Anda bisa mengisi ulang saldo Go-Pay lewat driver, lewat Alfamart, BCA, Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dsb. Jangan lupa memasang PIN dan jangan pernah bagikan kode verifikasi/OTP, untuk proteksi. Tak jauh beda dengan OVO, Go-Pay juga rutin memberi cashback lewat GO-PAY Pay Day tiap akhir bulan.

Back to Content ↑

4. Mandiri Online

Meskipun memiliki nama bank tertentu tapi mandiri online ini ternyata bisa digunakan untuk bank apapun. Anda hanya perlu tap kartu e-money ke HP sambil membuka aplikasi mandiri online. HP yang digunakan harus memiliki fitur NFC. Jika tidak ada fitur tersebut maka Anda tidak bisa menggunakan aplikasi ini.

Terkesan ribet tapi sebenarnya mandiri online memudahkan Anda. Pasalnya, aplikasi ini dilengkapi dengan banyak fitur pembayaran, mulai dari pembayaran internet, PLN, tiket, telepon, hingga pembayaran untuk pendidikan pun tersedia di sini. Dan yang paling penting Anda bisa melakukan isi ulang e-money dengan mudah.

Back to Content ↑

5. Doku

Tak jauh beda dengan iSaku, DOKU juga mencatatkan 1 juta unduhan di Google Playstore dan mendapat rating 3,6. DOKU merupakan layanan e-money yang sudah lama hadir di Indonesia.

Tercatat, DOKU dirilis pada tahun 2010 setelah sebelumnya memiliki nama NSIAPay sejak 2007. Menurut laman resmi DOKU mengklaim sebagai layanan elektronik dan manajemen risiko pertama di Indonesia.

Keunggulan DOKU adalah Anda bisa menggunakannya di berbagai toko online, semisal AlfaOnline, AliExpress, Citilink, KAI, hingga membeli paket data BOLT atau berlangganan First Media. DOKU juga dapat digunakan bagi Anda yang tidak memiliki kartu kredit atau PayPal.

Back to Content ↑

6. DANA – Indonesia’s Digital Wallet

Aplikasi DANA memudahkanmu untuk bertransaksi tanpa uang cash dan tanpa kartu! Anda bisa melakukan beragam jenis pembayaran dengan aplikasi DANA kapan dan di mana saja seperti isi pulsa, bayar tagihan listrik dan air, bayar cicilan, asuransi, serta BPJS.

Dana telah menyiapkan fitur QR Code yang dapat memangkas antrian saat akan melakukan pembayaran di banyak merchant DANA. Anda juga dapat dengan mudah melakukan kirim-kirim uang dengan aplikasi ini.

Cukup dengan memasukan nomor ponsel penerima, Anda bisa mengirim uang lebih cepat. Anda juga bisa meminta uang kepada teman-teman Danamu dengan membagikan kode QR Anda agar bisa langsung mengirimkannya ke akun Danamu.

Back to Content ↑

7. i.Saku

Anda bisa menikmati layanan pembayaran digital yang aman dan nyaman dengan i.Saku. Hal itu karena aplikasi ini sudah mendapatkan izin BI (Bank Indonesia) untuk beroperasi. Selain itu, Anda juga dapat melakukan setor tunai maupun tarik tunai saldo dengan menggunakan fasilitas token.

Anda bisa mengumpulkan poin dari setiap transaksi yang dilakukan dengan i.Saku. Setelah banyak poin terkumpul, Anda bisa menukarkannya dengan berbagai hadiah menarik dari My Poin. Dengan iSaku juga, Anda bisa mendapatkan berbagai macam promo yang ada di lebih dari 14.000 gerai Indomaret.

Back to Content ↑

8. Sakuku

Sakuku adalah layanan pembayaran dengan uang elektronik yang dikeluarkan oleh bank BCA. Aplikasi ini menggunakan nomor ponselmu untuk dijadikan akun nomormu tanpa dibebani oleh biaya bulanan.

Ada banyak transaksi perbankan yang bisa Anda lakukan dengan Sakuku, seperti top up/cash n di ATM BCA, KlikBCA Individual, dan BCA mobile, mengirim uang ke rekening BCA, penarikan uang tunai di ATM BCA, dan lain-lain.

Sakuku memiliki layanan yang lebih lengkap di Sakuku Plus. Beberapa transaksi perbankan di atas hanya bisa dilakukan di Sakuku Plus. Anda bisa mengaktifkan fitur ini jika Anda seorang pengguna BCA Mobile yang telah melakukan transaksi dalam jangka waktu satu bulan terakhir.

Back to Content ↑

9. TrueMoney

Aplikasi ini bisa Anda andalkan untuk melakukan berbagai macam transaksi. Fitur yang ada di dalam TrueMoney antaranya kirim uang ke sesama member TrueMoney atau ke rekening bank, tarik tunai melalui Agen TrueMoney, Alfamart dan Alfamidi, beli pulsa, paket data, token listrik, dan voucher games.

Selain itu, Anda juga bisa membayar tagihan PLN, PDAM, Telepon/HP, Internet, BPJS, TV Berbayar, Multifinance serta token untuk belanja dan tarik saldo di Alfamart & Alfamidi.

Back to Content ↑

10. PayTren

Anda juga dapat melakukan berbagai macam transaksi atau pembayaran dengan PayTren eMoney seperti halnya ATM, Internet / SMS / Mobile Banking, dan PPOB (Payment Point Online Bank). Jamaah Ust Yusuf Mansur mungkin tidak asing dengan PayTren eMoney karena ini adalah produk dari perusahaan yang beliau pimpin.

Fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini adalah: isi pulsa, beli voucher game, token TV prabayar, token PLN, leasing, tagihan listrik, PDAM, tiket pesawat, tiket kereta api, sedekah, dan lain-lain.

Back to Content ↑

Nah, Itu tadi beberapa rekomendasi aplikasi e-money yang terpopuler. Sebagian aplikasi di atas pasti sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Namun, untuk sisanya bisa jadi terdengar baru untuk yang lainnya. Beberapa rekomendasi aplikasi e-money di atas mana yang menjadi pilihan Anda untuk bertransaksi. Selamat Mencoba, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!