Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

11 Fitur Terbaru MacOS Big Sur untuk MAC dan Macbook Apple Paling Keren

11 Fitur Terbaru MacOS Big Sur untuk MAC dan Macbook Apple Paling Keren
Fitur Terbaru MacOS Big Sur untuk MAC dan Macbook Apple Paling Keren

11 Fitur Terbaru MacOS Big Sur untuk MAC dan Macbook Apple Paling Keren

Saat WWDC tahunan yang berlangsung pada tanggal 22-26 Juni 2020, Apple meluncurkan versi terbaru MacOS Big Sur atau MacOS yang berjalan dengan sistem operasi berbasis Arm, Big Sur juga akan tetap bisa berjalan di Mac berbasis Intel. Kenali juga fitur terbaru MacOS Big Sur untuk MAC dan Macbook Apple yang paling menarik dan keren bagi para penggunanya.

Tentu saja MacOS Big Sur hadir dengan fitur-fitur baru yang menarik bagi para penggunanya. Nah, fitur-fitur Big Sur ini diluncurkan pada bulan November 2020. Menurut beberapa review pengguna, ternyata banyak yang kesulitan menginstal MacOS sehingga tidak menikmati semua fitur kerennya, tetapi jangan khawatir Apple sudah memberikan solusi terbaik untuk para penggunanya.

Beberapa fitur terbarunya ini tidak sekadar update pembaharuan saja, tetapi juga berupa penyempurnaan dari fitur-fitur sebelumnya. Dengan demikian user experience dari para pengguna akan semakin puas dengan update fitur-fiturnya, tak heran semua penggunanya ingin mencoba tampilan menu terbarunya.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Daftar 8 Harga Laptop Apple (Macbook Air dan Macbook Pro)

11 Fitur Terbaru MacOS Big Sur untuk MAC dan Macbook Apple Paling Keren

Yuk kenali beberapa fitur terbaru Mac Os Big Sur untuk mac dan macbook apple paling keren yang buat desktopmu makin efisien saat digunakan, berikut penjelasannya.

Back to Content ↑

1. Desain UI User-Interface

Fitur keren MacOS Big Sur yang paling keren dilihat dari dari UI User Interface yang terlihat sedikit berbeda. Apple melakukan perubahan besar dari tampilannya dengan warna palet dan icon yang mirip dengan gaya icon iOS dan iPadOS yang terlihat menarik.

Desain Big Sur memang terlihat sangat sederhana dengan tambahan efek transparan yang mendominasi semua bagian menu, dengan dua sistem operasinya yang mempunyai control center baru di pojok kanan toolbar.

Beberapa menu tersebut dapat digunakan oleh pengguna untuk menemukan pengaturan Wi-Fi, Bluetooth, Do Not Disturb dan pengaturan yang lainnya.

Back to Content ↑

2. Update Safari

Berikutnya, fitur keren yang diusung MacOS Big Sur yaitu adanya update Safari paling besar yang dilakukan selama diluncurkan sejak tahun 2003. Pembaharuan ini mengalami perombakan besar-besaran. Sekarang ini Safari memuat situs paling sering dikunjungi dengan performa yang cepat dan manajemen tab yang sangat baik.

Tak hanya itu, update Safari juga menampilkan fitur privasi dalam bentuk tombol laporan yang dapat digunakan untuk melihat proses kinerja sebuah situs melacak penggunaan data sehingga dapat memantau password yang digunakan tidak melanggar keamanan.

Back to Content ↑

3. Pembaharuan Messages

Fitur terbaru MacOS Big Sur juga melakukan update menu Message yang menjadi daya tarik tersendiri. Menu perpesanan ini dapat menyematkan percakapan yang dibawa dari Apple di versi OS mobil terbaru di iOS 14.

Fitur lain yang dimilikinya juga menghadirkan fungsi pencarian baru yang dirancang ulang dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur grup dalam perpesanan sehingga memudahkan Anda mendapatkan notifikasi ketika nama Anda dimention oleh teman, terdapat kemudahan untuk mendesain emoji dengan menggunakan efek dan pesan.

Para pengguna akan menjumpai fiturnya berupa "pin conversation" untuk menandai pesan agar percakapan tersebut berada di urutan paling atas. Percakapan pesan tersebut juga tersinkronisasi antara perangkat Mac, iPad, iPhone dan Apple Watch sehingga sangat memudahkan penggunanya.

Back to Content ↑

4. Pembaruan Aplikasi Maps

Tidak hanya melakukan pembaharuan aplikasi Safari dan Messages, tetapi Maps juga memiliki update fitur terbaru di MacOS Big Sur. Tentunya, beberapa fitur terbarunya dianggap sangat penting karena sekarang Maps mempunyai lebih banyak pilihan untuk membantu para penggunanya mengeksplorasi tempat baru dengan melihat kondisi lokasi secara indoor.

Pastinya, tampilannya juga sangatlah mendetail mulai dari bandara, tempat perbelanjaan, dan tempat umum lainnya yang mendapatkan sudut pandang 360 derajat, fitur terbarunya disebut dengan Look Around.

Back to Content ↑

5. Widgets

MacOS Big Sur melakukan update semua sistem operasi mereka mulai dari iOS, iPadOS hingga MacOS yang juga membawa widget ke home screen pengguna sehingga terlihat cukup menarik bagi para penggunanya.

Ketahuilah, sebelum dilakukan update Apple juga pernah menghadirkan widget yang bernama dashboard yang kemudian dihapus tahun lalu. Bagi yang belum mengetahuinya widget dianggap sebagai perwakilan untuk sebuah aplikasi cuaca dan aplikasi lainnya yang menampilkan informasi dari aplikasi tersebut secara langsung dan real team.

Back to Content ↑

6. Aplikasi iPhone dan iPad

Kini macOS 11 Big Sur juga dilengkapi aplikasi iPhone dan iPad dengan chip berbasis Arm atau dikenal dengan fitur ‘emulator resmi’ yang memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi iPhone dan iPad secara native.

Pastinya, pembaharuan tersebut menjadi salah satu fitur unggulan Big Sur yang membuat kinerja iPhone dan iPad menjadi lebih efektif dan efisien.

Back to Content ↑

7. Peningkatan lain

Peningkatan lain dalam macOS 11 Big Sur untuk MAC dan MACBook Apple yaitu AirPods, yang sekarang ini secara otomatis beralih di antara perangkat Apple yang menggunakan akun iCloud dengan pengisian daya baterai yang dioptimalkan untuk menghemat penggunaan baterai.

Selain itu, terdapat pula aplikasi Photos yang dapat dinavigasikan dengan efisien menggunakan aplikasi Weather, yang dapat digunakan untuk menampilkan prakiraan curah hujan menit demi menit dalam satu jam ke depan.

Back to Content ↑

8. Sistem Operasi Tercanggih

Fitur keren yang dimiliki MacOS Big Sur dapat meningkatkan sistem operasi desktop tercanggih di dunia ke tingkat kecanggihan, sehingga para penggunaanya dapat menikmati sepenuhnya fitur dan desain baru yang disempurnakan.

Salah satu peningkatan sistemnya yaitu MacOS Big Sur di dock berisi icon aplikasi yang tetap berada di bagian bawah layar sebagai ciri khas OS untuk Mac.

Back to Content ↑

9. Tampilan Baru Control Center

Ketahuilah bahwa MacOS Big Sur juga memiliki tampilan baru untuk Control Center dengan tambahan fitur Do Not Disturb, sehingga penggunanya bisa mengatur kecerahan bisa diakses lewat bar menu.

Dengan begitu para pengguna bisa mengatur tingkat kecerahan tanpa harus membuka menu pengaturan yang dianggap terlalu lama. Dengan membuka bar menu saja, sudah bisa menampilkan kecerahan sesuai dengan yang diinginkan.

Back to Content ↑

10. Membuka Java Script Lebih Cepat

Perangkat MacOS 11 Big Sure yang menggunakan chip M1 akan 1,5 kali lebih cepat saat membuka JavaScript, tak hanya itu pembaruan sistem operasinya juga sudah menjanjikan javaScript dua kali lipat lebih responsif.

Tak heran hal tersebut menjadi fitur keren yang dapat kita rasakan dari fitur-fitur yang tersedia sebelumnya. Kesempurnaannya disertai dengan tab yang muncul disertai tinjauan atau preview saat mengarahkan kursor di atas tab.

Back to Content ↑

11. Fitur Penerjemahan Terintegrasi (Built-In) Dalam Tujuh Bahasa

Terdapat fitur unggulan di macOS 11 Big Sur yang dapat menerjemahkan seluruh isi halaman dari tujuh bahasa yang tersedia. Tentunya, fitur tersebut tersebut sangat memudahkan kita untuk mengecek bahasa asing tanpa membuka Google Translate. Tak heran fitur kerennya menjadi idaman banyak orang.

Back to Content ↑

Itulah beberapa fitur terbaru macOS 11 Big Sur untuk MAC dan MacBook Apple yang kini menjadi impian banyak pengguna dengan update tercanggihnya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!