Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

10 Layanan Penyimpanan Foto Alternatif Google Photos

10 Layanan Penyimpanan Foto Alternatif Google Photos
Amazon Photos

10 Layanan Penyimpanan Foto Alternatif Google Photos

Ketahuilah sekarang ini beberapa akun layanan penyimpanan foto di Google Photos sudah melakukan perubahan penggunaan akun ruang penyimpanan tanpa batas secara unlimited, sehingga Anda tidak dapat menyimpan foto secara cuma-cuma di Google Photos. Sebenarnya, kebijakan tersebut berlaku pada 1 Juni 2021.

Saat ini, para pengguna masih diizinkan untuk menikmati layanan simpan foto dan video ini secara gratis dengan jumlah kapasitas yang dibatasi 15GB, sehingga sudah tidak unlimited lagi. Untuk membuat pengguna merasa lebih puas dengan kapasitas tambahan yang diberikan rate harga, yaitu mulai dari Rp 26.900 per bulan per kapasitas 100GB.

Hal tersebut tentunya menjadi berita buruk bagi pengguna yang suka menikmati layanan penyimpanan foto dan video gratisan. Tak perlu khawatir, terdapat sejumlah layanan penyimpanan foto dan video alternatif yang masih dapat Anda gunakan gratis selain Google Photos, tetapi memang tidak unlimited.

TOC / Daftar Isi

10 Layanan Penyimpanan Foto Alternatif Google Photos

Ketahui beberapa layanan penyimpanan foto alternatif selain Google Photos yang recomended untuk kalian pilih, berikut penjelasannya.

Back to Content ↑

1. Amazon Photos

Layanan penyimpanan foto alternatif yang dapat menyimpan cloud tidak terbatas secara gratis yaitu Amazon Photos yang sudah menyediakan kapasitas 5GB khusus untuk foto dan video. Tentu saja, kapasitas tersebut tergolong sedikit sehingga mengharuskan pengguna untuk membayar kapasitas penyimpanan selebihnya.

Nah, platform Amazon menawarkan penyimpanan 100GB dengan biaya 1,99 dolar AS yang harganya setara Rp. 28.200 per bulan. Amazon juga dilengkapi dengan layanan simpan foto lainnya seperti Google Photos dan Flickr.

Harganya yang terjangkau tersebut memudahkan kita melakukan penyimpanan foto dan video dengan kapasitas luas, tanpa takut kekurangan ruangan penyimpanan.

Back to Content ↑

2. Dropbox

Selanjutnya, Dropbox menjadi layanan penyimpanan cloud yang populer yang dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti Google Photos. Ketahuilah, setiap akun Dropbox dapat digunakan oleh banyak pengguna, sehingga sering digunakan untuk menyimpan dokumen penting yang digunakan dalam jangka waktu lama.

Seperti Google Photos, Dropbox juga bisa melakukan sinkronisasi setiap foto pada smartphone. Tetapi, Dropbox versi gratis hanya menyediakan penyimpanan sebanyak 2GB, sehingga mengharuskan penggunanya yang membutuhkan kapasitas lebih untuk menggunakan Dropbox Plus.

Dropbox plus dapat digunakan oleh satu pengguna saja yang biaya perbulannya 9,99 dolar AS, seharga Rp. 140.000 per bulan. Terdapat pula Dropbox Family untuk 6 pengguna sebesar 16,9 dolar AS yang seharga Rp. 239.000 per bulan dengan kapasitas penyimpanan cloud terenkripsi 2TB.

Back to Content ↑

3. Flickr

Layanan penyimpanan foto alternatif yang profesional untuk pelaku bisnis dengan harga cukup mahal yaitu Flickr yang dibandrol dengan harga 19,9 dolar AS atau Rp. 281.800 per bulan dengan kapasitas penyimpanan "awan" terenkripsi sebesar 3TB.

Fitur yang dimiliki Flickr yaitu menawarkan skema biaya lebih baik. Jika, harganya terlalu mahal maka Anda bisa menggunakan versi gratis untuk platform ini yang menawarkan penyimpanan cloud sebesar 1TB, akan tetapi sekarang ini jumlahnya dibatasi hanya 1.000 foto.

Back to Content ↑

4. iCloud

Bagi pengguna Apple tentu saja sudah tidak asing dengan istilah iCloud. Sesuai dengan namanya, layanan penyimpanan ini dapat digunakan untuk melakukan penyimpanan beragam file mulai dari foto dan video ke media penyimpanan online.

Nah, pengguna Apple dapat memiliki akun iCloud gratisan dengan kapasitas sebesar 5GB, jangan khawatir kapasitas tersebut bisa diperluas hingga 2TB.

Anda dapat memperluas penyimpanan juga dengan layanan storage ekstra dari iCloud yang mencakup 50GB per 1 dollar AS, sekitar harga Rp. 14.000 per bulan, 200GB seharga 3 dolar AS atau Rp 42.000 per bulan), dan 2TB dengan harga 10 dolar AS, harga sekitar Rp. 140.000 per bulannya.

Back to Content ↑

5. OneDrive

OneDrive dikenal sebagai layanan cloud storage dari Microsoft yang dapat digunakan untuk menyimpan foto dan video, dulunya platform ini dikenal untuk menyimpan beragam dokumen office pribadi. Tetapi, sekarang platform OneDrive juga dapat digunakan untuk mem-backup aneka foto dan video secara online.

Tak jauh berbeda dengan platform lainnya, para penggunanya yang ingin menggunakannya secara gratis maka bisa menikmati media penyimpanannya hingga kapasitas 5GB.

Back to Content ↑

6. Tresorit

Platform penyimpanan foto secara alternatif juga bisa dilakukan di Tresorit yang penyimpanan cloudnya paling aman. Hal tersebut dikarenakan platform ini sudah mempunyai sistem enkripsi kelas militer dan kunci kriptografi yang tidak dapat diakses oleh orang lain.

Selain itu, tresorit juga menerapkan mekanisme yang unik di setiap link yang mengarah ke servernya dengan dilengkapi kunci rahasia agar dapat mengaksesnya.

Hal tersebut memang tergolong rumit, tetapi akan lebih nyaman digunakan dibandingkan platform Google Drive loh. Cocok untuk pengguna yang menjalankan bisnis karena dapat menyimpan file dalam kapasitas besar.

Back to Content ↑

7. pCloud

Berbeda dengan Tresorit yang difokuskan untuk kebutuhan bisnis, platform pCloud dapat dijadikan alternatif sempurna bagi pengguna individu karena mudah digunakan dengan sistem enkripsi sekuat Tresorit.

Selain dilihat dari keamanannya yang tak terkalahkan, ternyata pCloud juga sangat peduli dengan privasi yang dibuktikan dengan adanya kebijakan zero knowledge-protection, sehingga file pengguna akan terenkripsi secara otomatis setelah pengguna meninggalkan perangkat.

Back to Content ↑

8. Box

Platform Box dapat dijadikan sebagai alternatif Google Drive yang tak kalah keren karena menawarkan penyimpanan berbasis cloud yang aman, sehingga pengguna dapat memilih lokasi penyimpanan file dengan mudah.

Tak hanya itu, Box juga dilengkapi dengan integrasi aplikasi pendukung seperti Adobe Sign, Office 365, dan Salesforce.

Selain itu, penggunaan machine learning juga membuat platform satu ini terkesan lebih menarik dengan fitur berbasis AI, sehingga dapat memberikan alur kerja dan pemberian tugas sehingga file yang dimiliki akan terlihat lebih rapi.

Back to Content ↑

9. Mega

Platform Mega menjadi salah satu pilihan terbaik yang dapat melakukan penyimpanan cloud gratis dengan kapasitas penyimpanan tidak sedikit, yaitu sekitar 50GB kepada penggunanya secara gratis.

Hal menariknya para pengguna juga bisa mengajak teman untuk menggunakannya secara gratis, jangan khawatir data yang tersimpan di Platform Mega juga terjamin keamanannya karena disertai dengan sistem enkripsi yang sulit untuk dibobol, karena dilengkapi dengan tools khusus.

Back to Content ↑

10. Sync.com

Platfom Sync.com menjadi layanan penyimpanan foto alternatif dari perpaduan yang fungsionalnya lengkap seperti pada platform Dropbox, yang enkripsinya super aman dengan kapasitas penyimpanan yang besar.

Platform ini memiliki folder khusus untuk para perangkat pengguna dengan setiap file yang ditempatkan secara otomatis yang tersimpan di server.

Selain itu, Sync.com juga juga memiliki kebijakan enkripsi end-to-end dan zero-knowledge sehingga dapat membuat file agar lebih aman, seperti penyimpanan cloud kebanyakan, yang setiap filenya dapat dibagikan bisa diberi password untuk keamanan ekstra.

Back to Content ↑

Demikianlah ulasan mengenai layanan penyimpanan foto alternatif Google photos yang berkapasitas besar secara gratis maupun berbayar, ke semua platformnya memiliki kelebihan tersendiri, sehingga para pengguna dapat memilih sesuai dengan yang dibutuhkan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!