Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Spesifikasi Laptop HP Envy X360 yang Compact dan Bertenaga

Spesifikasi Laptop HP Envy X360 yang Compact dan Bertenaga
HP Envy X360

Spesifikasi Laptop HP Envy X360 yang Compact dan Bertenaga

Sama halnya dengan produk elektronik lainnya, komputer portable atau laptop juga ditawarkan dengan pilihan harga yang cukup bervariasi. Adanya hal ini tentunya sangat menguntungkan Anda sebagai konsumen. Sebab Anda bisa menyesuaikan harga dengan kebutuhan maupun keinginan. Rentang harga yang ditawarkan pun jauh lebih lebar yakni mulai dengan harga Rp. 3.000.000 hingga puluhan juta.

Ada cukup banyak produsen ternama yang ada di Indonesia, salah satunya adalah HP. HP bahkan baru saja mengeluarkan komputer portabel atau laptop terbarunya yakni seri HP Envy x360. Tampil lebih berbeda, laptop terbaru 2020 ini memiliki desain yang terasa lebih compact. Untuk masalah performa juga sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan adanya pemakaian chipset AMD Ryzen 7 4700u.

HP Envy 2020 dijual secara resmi dengan kisaran harga 17 jutaan rupiah. Dengan kisaran harga tersebut, kira-kira spesifikasi seperti apa saja yang dibekalkan di dalamnya ya? Nah berikut beberapa penjelasan singkat mengenai spesifikasinya.

TOC / Daftar Isi

Layar

Spesifikasi layar yang ada pada HP Envy x360 tergolong cukup baik dan sangat cocok untuk pemakaian kasual. Bahkan para kreator konten yang membutuhkan layar laptop dengan akurasi warna tinggi, juga akan tetap terasa nyaman ketika menggunakan seri yang satu ini.

Dimensi layar terasa cukup pas pada ukuran 13,3 inch. Ditambah lagi adanya micro-edge bezel, HP Envy terbaru seri Envy x360 semakin terlihat tipis pada keempat sisinya. Panel yang dipakai sudah IPS, dengan resolusi full HD, serta sudah mendukung warna 100% sRGB.

HP telah memberikan proteksi Corning Gorilla Glass NBT. Adanya proteksi tersebut menjadikan layar laptop tidak mudah tergores. Layar pada seri ini juga multi-touch, serta mendukung input stylus. Beberapa hal tersebut tentunya sudah masuk ke dalam paket penjualan.

Untuk masalah tingkat akurasinya HP seri envy 2020 bisa dibilang sudah mendekati stylus yang dimiliki oleh Apple Pencil atau Surface Pen. Teknologi palm rejection tentunya akan sangat baik dalam mencegah sentuhan tangan pada saat ditaruh pada bagian atas kaca layar ketika Anda menggambar.

Sensitivitasnya yang dihadirkan juga tergolong baik, terutama ketika digunakan menggunakan tampilan mode tablet. Bagi Anda yang sebelumnya memang belum pernah memakai laptop layar sentuh, maka nantinya mungkin akan lebih sering memanfaatkan fitur yang ini sebagai cara untuk mempercepat penyelesaian tugas sehari-hari.

Back to Content ↑

Performa

Laptop HP Envy 360x 2020 hadir dengan dua SKU yang ada di Indonesia. Chipset yang dibekalkan adalah chipset yang tergolong cukup baru dari AMD, yakni AMD Ryzen 7 4700U octa-core dengan clock speed sampai 4,1GHz. RAMnya berjenis DDR4 onboard, sehingga sudah tidak bisa diganti maupun upgrade. Namun kapasitas 16GB dan dual-channel tentu akan sangat membantu

Sementara ruang penyimpanannya mungkin lebih sedikit daripada laptop terbaru lainnya yakni 512GB. Dengan spesifikasi tersebut, HP Envy x360 bisa dibilang sudah sangat bertenaga. Bahkan ketika Anda hendak digunakan untuk main game cukup berat pun tidak masalah.

Sedangkan untuk keperluan olah digital ataupun editing video tentunya akan sangat mudah dilakukan dengan laptop satu ini. HP sudah dibekali dengan software Command Center, dengan begitu nantinya para pengguna bisa mengatur dan memaksimalkan performanya.

Meskipun sudah memiliki performa yang bisa dibilang bagus dan mumpuni, HP Envy x360 ternyata masih memiliki kekurangan yakni pada suhunya. Jika digunakan pada pemakaian dalam kurun waktu cukup lama maka suhu dari laptop akan terasa sangat panas terutama pada bagian bawah kanan body.

Panas tersebut memang tidak terasa hingga permukaan namun untuk beberapa aktivitas casual di mana meletakkan laptop pada bagian atas paha tentu akan mengganggu.

Suhu panas yang dihasilkan ini hanya berlaku pada saat Anda memakai mode performance yang ada di baterai maupun command Center pada laptop HP Envy x360. Anda pun bisa memakai mode Quiet atau fitur baterai saver agar panas yang ditimbulkan tidak akan begitu terasa.

Back to Content ↑

Kamera dan Speaker

Kamera yang dibekalkan pada laptop satu ini memiliki 720p 30fps dan diletakan pada di bagian atas layar. HP Envy x360 juga dilengkapi dengan kamera shutter sebagai privasi yang lebih baik. Sementara pada segi audio, HP seri ENVY x360 2020 mempunyai 2 speaker stereo Bang serta Olufsen serta software yang bisa digunakan untuk mengatur Preset Audio. Speaker ada di bagian bawah kanan serta kiri laptop.

Back to Content ↑

Konektor dan Slot Micro

Konektor bisa Anda temukan di sisi kiri laptop. Ada beberapa jenis konektor yang disediakan, berikut beberapa diantaranya:

  • Konektor 1x Audio Jack Combo 3.5mm
  • Konektor 1x USB 3.1 Gen 1 Type-A
  • Konektor 1x Type-C USB 3.1 Gen 2.

Sementara pada bagian kanan ada bagian untuk slot Micro SD Card Reader, 1x DC-In dan1x USB 3.1 Gen 1 Type-A. Selain itu ada pula adapter Multiport Hub, adapter ini terdiri atas Type-C to Type-C, Type-A serta HDMI. Konektivitasnya sendiri menggunakan Realtek 8822CE yang telah mempunyai dukungan Wi-Fi AC, MU-MIMO, serta Bluetooth 5.0.

Back to Content ↑

Fitur Lainnya

Kamera yang ada di HP Seri Envy x360 hadir pada bagian atas layar dengan nama HP Wide Vision HD. Kamera ini memiliki viewfinder sangat luas, dan berkualitas baik ketika digunakan pada kondisi cahaya yang cukup. Kamera yang ada di bagian tengah tentunya akan sangat cocok ketika digunakan untuk aktivitas video call serta video conference.

Untuk memberikan rasa aman, HP Envy x360 menyediakan penutup kamera fisik yang ada dibalik panel kaca layar. Jadi pada saat diaktifkan, nantinya ada lapisan berwarna putih, dan sebagai tanda terjadi pemutusan akses pada kamera tersebut.

Anda bisa memutar layar secara fleksibel memakai berbagai macam mode. Namun ada catatan kadang kala sensor dalamnya salah dalam melakukan deteksi. Misalnya saja pada saat membuka laptop di mode standar, maka kadang keyboard tidak dapat ditekan. Ya seolah-olah laptop sedang berada pada mode tablet.

Namun hal seperti ini masih jarang si dan mungkin masih bisa diperbaiki melalui pembaruan software. Sedangkan untuk fitur audio, lambing Bang & Olufsen diletakan pada bagian bawah keyboard.

HP Envy x360 menjadi laptop Windows yang memiliki kualitas audio speaker baik, meskipun Anda bandingkan dengan laptop lain yang mana tidak dirancang dengan bentuk tipis. Secara garis besar fitur dari laptop ini sudah sangat bagus dalam memanjakan para penggunanya, terutama ketika digunakan menonton konten pada Netflix atau sekedar live streaming musik lagu melalui Spotify.

Back to Content ↑

Di atas adalah beberapa penjelasan singkat mengenai spesifikasi dari HP Envy x360 yang dibanderol dengan kisaran harga 17 jutaan rupiah. Secara garis besar, laptop ini tentunya memiliki spesifikasi yang bisa dibilang baik dan powerfull. Sekian, Terima Kasih dan Semoga bermanfaat.