Skip to main content

Berbagai Hal yang Perlu Diketahui Seputar Sistem Informasi Akuntansi

Berbagai Hal yang Perlu Diketahui Seputar Sistem Informasi Akuntansi
Berbagai Hal yang Perlu Diketahui Seputar Sistem Informasi Akuntansi

Berbagai Hal yang Perlu Diketahui Seputar Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi atau SIA adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan, apapun bidang yang digelutinya. Mengapa demikian? Pasalnya, SIA ini mengandung proses yang bermanfaat dalam pelaporan kondisi keuangan secara akurat bagi berbagai pihak yang memerlukannya.

Karena mampu menyajikan laporan keuangan yang akurat pula, maka SIA sangat membantu agar biaya produksi bisa lebih efektif dan efisien lagi. Mengingat begitu pentingnya SIA ini, maka setiap orang yang ingin mendirikan usaha atau bisnis perlu memahami berbagai hal tentang SIA dengan baik.

TOC / Daftar Isi

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi (SIA)

Pada dasarnya ada banyak definisi mengenai SIA. Definisi-definisi tersebut dikemukakan oleh sejumlah ahli dan beberapa di antaranya ialah sebagai berikut:

Back to Content ↑

1. Steinbart dan Romnet

SIA ialah sistem yang berperan dalam mengumpulkan atau mengoleksi, mencatat dan menyimpan, serta memproses berbagai data, sehingga menjadi informasi yang bermanfaat dalam upaya pengambilan keputusan yang tepat

Back to Content ↑

2. Nugroho Widjajanto

SIA merupakan susunan catatan, formulir, peralatan yang dalam hal ini termasuk komputer serta perlengkapannya dan juga alat komunikasi, tenaga pelaksana serta laporan yang terkoordinasi dengan erat, dan didesain untuk mentransformasi atau mengubah data keuangan.

Dengan demikian, semua susunan tersebut dapat menjadi informasi yang diperlukan pihak manajemen

Back to Content ↑

3. Mulyadi

Mulyadi menjelaskan bahwa maksud dari SIA adalah organisasi laporan, catatan, dan juga formulir yang dikoordinasi dengan sedemikian rupa, guna menyediakan informasi keuangan yang diperlukan pihak manajemen untuk mempermudah pengelolaan perusahaan.

Back to Content ↑

4. William S. Hopwood dan George H. Bodnar

SIA adalah kumpulan sumber daya seperti manusia dan juga peralatan yang kemudian diatur dengan sedemikian rupa, guna mengubah data akuntansi menjadi informasi akuntansi yang diperlukan oleh para penggunanya.

Back to Content ↑

5. Jones dan Rama

Jones dan Rama berpendapat, bahwa maksud dari SIA ialah suatu subsistem dari sistem informasi manajemen.

Dimana subsistem yang dimaksud menyediakan informasi seputar akuntansi dan juga keuangan, yang di dalamnya terdapat informasi lain dalam proses transaksi akuntansi yang sifatnya rutin

Dari sejumlah pengertian diatas, bisa disebutkan bahwa Sistem Informasi Akuntansi (SIA) itu adalah suatu sistem yang terdiri atas laporan, catatan, serta formulir yang sudah disusun serta menghasilkan suatu informasi keuangan yang diperlukan oleh perusahaan.

Namun, SIA juga bisa diartikan sebagai sistem informasi yang berbasis komputer yang digunakan untuk mengolah data keuangan yang ada kaitannya dengan data transaksi dalam siklus akuntansi, serta menyajikannya dalam bentuk laporan keuangan.

Untuk lebih singkatnya lagi, SIA adalah suatu sistem informasi yang memang diciptakan secara khusus, guna mempermudah kegiatan dan berbagai hal yang ada hubungannya dengan akuntansi.

Back to Content ↑

Tujuan Penggunaan SIA

  • Menyajikan data khususnya data keuangan secara akurat dan juga sistematis untuk periode tertentu.
  • Efisiensi dalam segi waktu dan biaya atas kinerja keuangan.
  • Memproses data khususnya mengenai keuangan, sehingga menjadi informasi yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan bagi pihak manajemen terkait dengan perencanaan serta pengendalian usaha.
  • Mengolah serta menyimpan data seputar transaksi keuangan.
  • Mengawasi berbagai aktivitas keuangan perusahaan.

Back to Content ↑

Fungsi SIA

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) sangat membantu perusahaan terutama dalam mengelola keuangannya dengan baik. Selain itu, sistem ini juga mendatangkan dampak yang bagus untuk kinerja bisnis selanjutnya dan hal ini tampak dengan jelas pada fungsinya sebagai berikut:

  • Efisiensi dari segi biaya serta waktu atas kinerja keuangan.
  • Membantu penyajian data keuangan yang akurat dan juga sistematis dalam periode akuntansi tertentu.
  • Pengawasan atas berbagai aktivitas keuangan yang dilakukan oleh perusahaan.
  • Melakukan kontrol yang tepat dan efektif atas berbagai aset yang dimiliki oleh perusahaan.
  • Memproses data keuangan, sehingga menjadi informasi yang dapat memberikan manfaat terkait dengan pengambilan keputusan manajemen.
  • Mengumpulkan sekaligus menyimpan berbagai data tentang aktivitas atau transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan.

Back to Content ↑

Manfaat SIA

Dengan adanya SIA yang baik, maka jelas perusahaan akan bisa melakukan operasional dengan lebih efisien dan juga efektif. Hal ini dikarenakan SIA memberikan informasi sekaligus membantu dalam mengendalikan keuangan, sehingga membantu mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan.

Di sisi lain, informasi yang disajikan oleh SIA bisa dipertanggung jawabkan, sehingga dapat dipakai untuk mengambil keputusan bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Berdasarkan hal tersebut, manfaat dari SIA dapat dirinci lebih jauh sebagai berikut:

  • Meningkatkan alih ilmu atau sharing knowledge.
  • Meningkatkan kemampuan utamanya dalam upaya mengambil keputusan.
  • Meningkatkan efisiensi kinerja bisnis, dan hal ini termasuk pada bagian keuangan serta bagian yang lainnya.
  • Meningkatkan mutu serta mengurangi biaya produk yang dihasilkan.
  • Menyajikan atau menyediakan informasi yang tepat dan akurat,sehingga perusahaan pun bisa melakukan aktivitas utama dengan lebih efektif serta efisien.

Back to Content ↑

Elemen dan Subsistem SIA

Dalam menjalankan SIA, diperlukan sejumlah elemen supaya sistem bisa berjalan dengan benar dan elemen-elemen yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Accounting software atau perangkat lunak aplikasi seperti Oracle Finance dan MYOB.
  • Hardware atau perangkat keras yang terdiri atas seperangkat komputer yang telah terhubung dengan jaringan serta perlengkapan pendukung yang lainnya.
  • Formulir data keuangan yang menjadi tempat untuk mencatat berbagai aktivitas keuangan, misalnya penjualan, biaya, aktiva tetap, piutang, persediaan, dan kas.
  • Berbagai prosedur akuntansi dan keuangan.
  • SDM atau sumber daya manusia yang telah terlatih serta memahami bisnis dan proses akuntansi serta keuangan secara umum. Namun, SIA ini sebenarnya lebih baik bila dilakukan oleh akuntan.

Selain elemen, SIA juga mempunyai subsistem yang membuat kinerjanya menjadi lebih baik lagi, yakni sebagai berikut:

  • Sistem Pelaporan Manajemen yang sangat bermanfaat dalam mengatur berbagai laporan milik perusahaan, baik itu laporan keuangan maupun laporan yang lain. Contohnya laporan kinerja, laporan pertanggungjawaban serta informasi lain untuk mendukung pengambilan keputusan.
  • Sistem Buku Besar atau Pembukuan yang dipakai dalam menghasilkan laporan keuangan, seperti neraca, laporan laba rugi, cash flow, dan juga pengembalian pajak.
  • Sistem Pemrosesan Transaksi yang akan mendukung operasional perusahaan.

Back to Content ↑

Hambatan dalam Penerapan SIA

Adalah suatu hal yang wajar bila dalam menjalankan suatu sistem terdapat hambatan, dan ini juga berlaku untuk SIA. Biasanya, hambatan yang sering terjadi ketika menjalankan SIA adalah sebagai berikut:

  • Sumber daya manusia yang belum siap atas penerapan sistem serta standarisasi keuangan yang sifatnya baru, sehingga dalam pelatihan dan untuk memulai penerapannya diperlukan waktu yang lebih lama.
  • Diperlukan perangkat lunak akuntansi atau accounting software dan juga perangkat komputer yang akan menunjang keamanan serta kerahasiaan data keuangan secara 100%.
  • Data keuangan yang dimiliki cenderung kurang lengkap, sementara informasi yang dihasilkan masih harus diverifikasi, hal ini juga membuat waktu yang diperlukan lebih lama dari yang seharusnya

Back to Content ↑

Walaupun ada sejumlah hambatan seperti yang telah disebutkan di atas, namun jika perusahaan mampu mengaplikasikan SIA dengan baik, maka berbagai laporan dapat disajikan tepat waktu atau on time. Dengan demikian, berbagai pihak yang berkepentingan dapat mengambil keputusan yang tepat.

Oleh sebab itu, tidak salah bila kemudian SIA dianggap sangat efektif dalam membantu mengembangkan perusahaan dalam jangka panjang. Mengingat manfaatnya ini, sebaiknya memang diperlukan upaya untuk mengatasi sejumlah hambatan yang disebutkan sebelumnya demi tercapainya tujuan perusahaan. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!