Skip to main content

Harga Emas Hari Ini dan 6 Tips Investasinya Bagi Pemula

Harga Emas Hari Ini dan 6 Tips Investasinya Bagi Pemula
Harga Emas Hari Ini dan Tips Investasinya Bagi Pemula

Harga Emas Hari Ini dan 6 Tips Investasinya Bagi Pemula

Emas adalah salah satu alat investasi yang banyak digemari. Harga emas sendiri bisa dikatakan cukup fluktuatif dan tentunya jika Anda ingin mulai investasinya perlu mengetahui harga emas hari ini yang update dan akurat.

Pasalnya, ini akan berhubungan dengan besar dana yang akan Anda keluarkan. Fluktuasi harga emas tersebut tentu saja disebabkan oleh berbagai hal. Di antaranya ialah perubahan kurs dollar AS, produksi emas di dunia, suku bunga, dan jumlah permintaan serta penawaran akan emas.

Walaupun cenderung berubah-ubah harganya, namun emas tetap menjadi alat investasi yang aman dan menyenangkan. Apalagi perubahan harganya justru menjadi lebih tinggi. Jika Anda tertarik untuk ikut berinvestasi emas, maka sebaiknya perhatikan informasi harga emas terkini dan tips aman berikut ini:

1. Informasi Kisaran Harga Emas Hari Ini

Anda tentu sudah tahu bahwa harga emas berbeda-beda dan menyesuaikan dengan beratnya. Sebagai gambaran kasarnya, emas untuk satu gram hampir berada di angka Rp 1 juta dan itu masih belum termasuk pajak.

Harga emas hari ini sudah cenderung turun dari beberapa waktu yang lalu yang bahkan melebihi angka Rp 1 juta. Untuk selanjutnya, berikut informasi harga emas Antam berdasarkan informasi di https://www.logammulia.com/id.

No. Berat (Gram) Harga Saat Ini (Rp)
1. 0.5 Rp. 527.000,-
2. 1 Rp. 994.000,-
3. 2 Rp. 1.928.000,-
4. 3 Rp. 2.867.000,-
5. 5 Rp. 4.750.000,-
6. 10 Rp. 9.435.000,-
7. 25 Rp. 23.462.000,-
8. 50 Rp. 46.845.000,-
9. 100 Rp. 93.612.000,-

Harga di atas adalah kisaran harga terkini di pasaran. Harga tersebut juga sudah turun sebesar Rp. 2.000,- dari hari sebelumnya, yakni hari Minggu tanggal 1 November 2020.

Sementara jika dibandingkan dengan harga seminggu yang lalu, harga ini juga relatif turun sebesar Rp. 13.000,- dari yang sebelumnya.

Sedangkan untuk harga pembelian kembali atau buyback emas Antam ikut turun sebesar Rp. 3.000,- sehingga saat ini menjadi Rp, 855.000,- per gramnya.

Logam mulia Antam bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin berinvestasi emas. Pilihan beratnya beragam dengan harga yang menyesuaikan. Jadi, Anda bisa lebih mudah memilih ukuran berat yang paling sesuai dengan dana yang ada.

Jika Anda keberatan dengan harga emas yang beratnya satu gram tersebut, bisa memilih emas yang beratnya 0,5 gram saja. Namun umumnya, memang emas yang beratnya lebih kecil harganya lebih mahal dibandingkan dengan emas yang beratnya lebih besar.

Pasalnya, terdapat biaya tambahan untuk pencetakannya. Perlu ditekankan juga bahwa harga yang terlampir di atas adalah harga emas batangan.

Harga Emas Berbentuk Perhiasan

No. Karat Persen Harga (Rp)
1. 22 K 91,7% Rp. 811.250
2. 20 K 83,3% Rp. 737.500
3. 18 K 75,0% Rp. 663.750
4. 16 K 66,7% Rp. 590.000
5. 14 K 58,3% Rp. 516.250

Untuk emas yang bentuknya perhiasan, harganya disesuaikan dengan besar karat. Namun, harga ini juga tidak termasuk ongkos pembuatan dan juga pajaknya. Harga di atas juga bisa menjadi patokan untuk Anda memperkirakan harga emas pada hari ini.

2. Enam Tips Aman Berinvestasi Emas Bagi Para Pemula

Setelah mengetahui harga emas hari ini, mungkin Anda langsung berminat untuk berinvestasi. Namun sebelum memulainya, sebaiknya pahami dulu sejumlah tips di bawah ini:

2.1. Selalu Pantau Harga Emas

Ketika sudah berinvestasi emas, maka disarankan untuk Anda selalu memantau harganya terutama ketika akan menjualnya. Idealnya adalah, beli emas tersebut saat harganya sedang rendah lalu jual saat harganya sudah meningkat.

Pergerakan harga emas di sini memainkan peran yang sangat penting jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari instrumen investasi satu ini. Dengan Anda memantau terus harga emas, Anda akan terhindar dari kerugian.

Satu hal yang perlu diingat adalah jangan sampai Anda menjual emas tersebut saat harganya rendah, dan bahkan berada di bawah harga ketika Anda membeli. Pasalnya, hal ini hanya akan membuat Anda rugi.

2.2. Tetapkan Tujuan Investasi yang Tepat

Jika Anda memang ingin memperoleh hasil yang menyenangkan dari investasi emas di masa depan, sebaiknya pilih dan beli emas berbentuk batangan saja. Pasalnya, emas dalam bentuk ini akan membuat Anda terhindar dari biaya pembuatan ketika menjualnya kembali.

Biasanya, emas akan mendatangkan keuntungan setelah disimpan setidaknya 2 tahun. Emas juga sebenarnya merupakan instrumen investasi jangka panjang, yang artinya adalah keuntungannya akan lebih efektif dan terasa setelah disimpan paling minimal 5 tahun.

Selain itu, dengan Anda menetapkan tujuan yang tepat sejak awal saat berinvestasi emas, ini akan sangat membantu untuk konsisten membeli dan menyimpan logam mulia tersebut, dengan besaran yang sesuai dengan kemampuan.

2.3. Jangan Terburu-Buru Ketika Membeli Emas

Salah satu kesalahan yang harus dihindari ketika Anda ingin berinvestasi emas ialah terburu-buru saat membelinya. Sebenarnya Anda lebih disarankan untuk membandingkan harga emas di berbagai tempat yang terpercaya terlebih dahulu.

Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan harga yang terbaik, jadi Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak untuk membelinya. Ini pula yang harus Anda lakukan terutama bila tidak rutin memantau pergerakan harga emas.

2.4. Beli Emas di Tempat yang Tepat

Berinvestasi emas yang menguntungkan hanya akan terjadi apabila Anda membelinya di tempat yang terpercaya. Oleh sebab itu, pastikan untuk Anda mengecek track record atau rekam jejak tempat pembelian emas yang diinginkan.

Karena sama seperti jenis investasi yang lain, sekarang banyak juga penipu yang menyasar para pembeli emas. Para penipu ini harus diwaspadai, sehingga sebaiknya Anda berhati-hati ketika ada pihak yang menawarkan emas dengan proses pembelian yang cenderung cepat.

2.5. Tentukan Jumlah Investasinya

Selanjutnya, tentukan berapa banyak uang yang akan Anda keluarkan untuk berinvestasi emas. Tentunya hal ini terkait dengan tujuan dilakukannya investasi, ya.

Karena misalnya jika Anda bertujuan untuk membeli rumah secara tunai dengan cara investasi emas dalam kurun waktu 10 tahun, maka Anda akan lebih mudah memperkirakan atau mengestimasi inflasi setiap tahun di industri properti.

Dengan begini, Anda juga bisa lebih mudah mengetahui berapa nilai yang sebaiknya dicapai dalam 10 tahun yang akan datang untuk mewujudkan tujuan tersebut. Jadi, Anda pun akan lebih mudah dalam menentukan waktu serta jumlah emas yang harus dibeli.

2.6. Miliki Tempat Penyimpanan yang Memadai

Emas termasuk benda yang mudah untuk dibawa dan dipindahkan. Emas juga berisiko cukup tinggi untuk hilang maupun dicuri oleh orang lain. Oleh sebab itu, pastikan Anda mempunyai tempat penyimpanan yang memadai untuk harta yang satu ini.

Atau jika perlu, sewalah tempat di pegadaian atau bank. Atau jika ingin lebih aman lagi, bisa dengan investasi emas digital yang proses pembeliannya dilakukan secara online. Dengan begini, Anda tidak perlu menyimpan benda fisiknya jadi lebih aman dari tindak pencurian.

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa emas memang merupakan instrumen investasi yang menjanjikan. Jika ingin membeli, pastikan Anda mengetahui estimasi harga emas hari ini yang paling up to date dan lakukan ketika harganya berada di titik yang rendah. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!