Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

Jangan Pusing, Seperti Ini Cara Mendidik Anak Remaja Terbaik

Jangan Pusing, Seperti Ini Cara Mendidik Anak Remaja Terbaik
Jangan Pusing, Seperti Ini Cara Mendidik Anak Remaja Terbaik

Jangan Pusing, Seperti Ini Cara Mendidik Anak Remaja Terbaik

Bukan membesarkan anak balita yang menjadi fase paling sulit bagi orang tua. Cara mendidik anak remaja merupakan fase tersulit sekaligus terlama dalam hidup orang tua. Ada banyak hal yang mesti diperhatikan oleh orang tua ketika menjaga anak remaja.

Namun demikian, bukan hal mustahil untuk menjadikan pribadi yang begitu hebat bagi anak remaja Anda. Orang tua hanya perlu mempertimbangkan hal-hal vital ketika membesarkan anak remaja. Tentunya orang tua harus selalu ada, baik pada masa sulit maupun senang.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Pengertian Parenting untuk Perkembangan Anak

Cara Mendidik Anak Remaja Perempuan

1. Selalu Beritahu Bahwa Dia Pintar dan Cantik

Jangan lelah untuk memberikan perhatian kepada anak Anda. Salah satunya adalah dengan mengatakan bahwa dia pintar dan cantik. Di usia remaja, anak perempuan cenderung merasa minder dan terus mencari jati dirinya. Maka dari itu, orang tua sudah selayaknya memberikan perhatian terbaik.

Dengan mengucapkan kata-kata tersebut, maka anak Anda akan terus merasa percaya diri. Percaya diri merupakan modal terbesar bagi seorang anak remaja guna menghadapi kerasnya dunia. Katakan bahwa anak perempuan selalu cantik dan mampu bersaing di luar sana dengan kepintaran yang dimiliki.

Back to Content ↑

2. Jangan Ragu Menghabiskan Waktu Bersama Anak

Tahukah Anda bahwa anak perempuan cenderung membutuhkan begitu banyak perhatian dari orang tuanya. Mungkin bagi orang tua yang sibuk berkarir hanya akan memiliki sedikit saja waktu untuk membersamai anak. Akan tetapi, sulitkah untuk menemukan waktu terbaik?

Cobalah untuk meluangkan waktu demi anak. Secara tidak langsung dengan menghabiskan waktu bersama anak akan menjadi bentuk investasi para orangtua di masa depan. Tidak ada yang sia-sia. Di masa tua nanti, pasti anak akan ada di samping Anda kapan saja.

Back to Content ↑

3. Bertingkah Konyol Bukan Hal Mustahil

Bertingkah konyol bukan lantas menjadi sesuatu yang aneh dan mustahil dilakukan di depan anak. Justru cara mendidik anak remaja perempuan ini penting demi memperkaya imajinasi.

Pastinya anak perempuan Anda akan menyukainya. Anak akan merasa bahwa bercanda dengan orang tua bisa dilakukan.

Hal tersebut juga akan memicu kebahagiaan-kebahagiaan kecil bagi anak. Dijamin, sewaktu anak telah dewasa nanti pasti akan selalu mengenang momen-momen manis bersama orangtuanya. Kenangan manis tersebut tentu akan diterapkan ke anak-anak mereka nanti.

Back to Content ↑

4. Lakukan Berbagi Hobi

Melakukan hobi bersama, tentu bisa menjadi ide aktivitas yang cukup menyenangkan. Misalnya, sama-sama menonton pertandingan sepak bola di lapangan, pergi memancing, bersepeda berkeliling kompleks perumahan dan sebagainya. Saat melakukan hal ini tentu Anda dan anak akan merasa semakin dekat.

Kedekatan yang bagus antara anak dan orang tua tentu akan memberikan banyak dampak positif. Anak akan lebih bersikap terbuka dengan orang tua. Anak juga akan mempelajari banyak hal-hal berharga dari orang tuanya. Pribadi anak tentunya akan menjadi jauh lebih baik lagi.

Back to Content ↑

5. Bantu Anak Untuk Mencapai Mimpinya

Cara mendidik anak remaja perempuan ini harus Anda lakukan. Tentu semasa kecil anak telah memiliki banyak cita-cita, seperti guru, dokter, polisi, selebriti, dan sebagainya. Tidak ada salahnya saat ini Anda mulai membantu anak guna menggapai mimpi-mimpinya.

Merealisasikan mimpi memang bukan hal mudah. Akan tetapi, hal tersebut tidak mustahil dilakukan. Misalnya, ketika anak ingin menjadi selebriti, Anda dapat mengajaknya pergi ke pementasan budaya, mengikutsertakan dalam kegiatan casting, atau menonton film-film menarik di bioskop.

Back to Content ↑

6. Ajari untuk Menghormati Orang Lain

Untuk mendidik anak remaja perempuan, Anda juga perlu memberikan pengertian guna menghormati orang lain. Ada begitu banyak cara yang bisa Anda berikan kepada anak guna menghormati orang lain. Ajarkan pada anak bahwa harus bersikap ramah. Jangan menghina bahkan mengejek orang lain.

Pertimbangkan juga kesukaan serta ketidaksukaan orang lain. Hargailah orang lain dengan tidak mengungkit-ungkit keburukannya. Hindari juga membicarakan kejelekan orang. Di samping itu, hal utama lainnya dalam menghormati orang lain ialah hindari memaksakan kehendak.

Back to Content ↑

Cara Mendidik Anak Remaja Laki-Laki

1. Berikan Pemahaman Perbedaan Bawaan Laki-Laki

Jelaskan kepada anak Anda bahwa terdapat perbedaan antara perempuan dan laki-laki. Sebetulnya, hal ini juga perlu ditegaskan ketika mendidik anak remaja perempuan. Berikan penjelasan bahwa memang sebenarnya perkembangan otak dari anak laki-laki jauh lebih lambat ketimbang anak perempuan.

Di samping itu, masih ada perbedaan lain yang dimiliki antara anak laki-laki dengan perempuan. Seperti halnya persoalan hormon. Jangan lupa untuk hindari risiko membanding-bandingkan antara anak laki-laki dengan perempuan. Bahkan sesama anak laki-laki sekalipun.

Back to Content ↑

2. Ajari Anak Guna Mengungkapkan Perasaan

Pada dasarnya anak laki-laki cenderung lebih sering terlibat dalam tindak kekerasan, baik itu dari lingkungan maupun hormonal. Tentu Anda sering mendengar istilah ‘anak laki-laki tidak boleh cengeng’. Pernyataan tersebut menjadi sebab anak laki-laki lebih sering memendam kesedihan.

Hal tersebut tentu tidak baik dan hanya akan menyebabkan stres. Maka dari itu, Anda bisa membantu anak guna mengungkapkan perasaan yang dialami. Coba dekati anak Anda agar mau mengungkapkan apa yang dialaminya. Usahakan jangan terlalu mendesak karena anak pun butuh privasi.

Back to Content ↑

3. Tanamkan Sikap Baik Guna Menghargai Wanita

Jelaskan kepada anak Anda bahwa menghargai wanita itu sangat penting. Siapapun wanita itu tetap harus dihargai. Kikislah ketimpangan pola pikir bahwa pria jauh lebih baik dari wanita. Hal ini penting demi menciptakan kesamaan gender.

Ajarkan kepada anak Anda untuk tidak memukul perempuan, menyakiti maupun berlaku kasar. Anda dan pasangan harus menjelaskan secara detail hal ini kepada anak. Cara mendidik anak remaja ini juga bisa dilengkapi dengan ajaran untuk membantu pekerjaan dapur. Jadi, tidak melulu harus perempuan.

Back to Content ↑

4. Luangkan Waktu untuk Anak

Bagi orang tua yang serba sibuk, mungkin hanya memiliki sedikit saja waktu untuk membersamai anaknya. Akan tetapi, tetaplah mengusahakan yang terbaik.

Waktu tidak akan pernah bisa tergantikan oleh apapun. Waktu adalah simbol kasih sayang. Lantas, bagaimana jika waktu digantikan dengan materi?

Jangan salah paham. Tidak semua anak cukup dengan pemberian materi dari orang tuanya. Justru yang dibutuhkan oleh anak adalah kasih sayang dan perhatian dari orang tua. Sebanyak apapun materi yang Anda berikan, tetap saja waktu adalah yang paling utama.

Back to Content ↑

5. Berikan Dukungan Tanpa Batasan

Selalu dukung segala hal positif yang dilakukan oleh anak Anda, khususnya dalam mencapai cita-cita. Peran orang tua dalam hal ini sangatlah besar. Mulailah dukung dengan melengkapi kebutuhan belajarnya. Pahami benar-benar apa yang menjadi cita-citanya dan berikan perhatian penuh.

Misalnya, ketika anak Anda ingin menjadi ahli komputer. Anda dapat mendukungnya dengan memberikan sejumlah peralatan komputer. Jangan lupa untuk terus mengawasinya. Bila perlu berikan juga beberapa buku pendamping untuknya.

Back to Content ↑

Cara mendidik anak remaja memang perlu benar-benar diperhatikan. Hal tersebut karena mendidik anak remaja perempuan dan laki-laki cukup berbeda. Pastikan bahwa anak-anak Anda selalu menerima perhatian dan kasih sayang yang cukup. Ini akan memberikan dampak yang bagus di masa depan anak. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!