Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Alasan Mengapa Harus Berwisata ke Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Alasan Mengapa Harus Berwisata ke Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Alasan Mengapa Harus Berwisata ke Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Mencari tujuan wisata terpencil di Indonesia yang menarik untuk dijelajahi? Cobalah pergi ke Pantai Pulau Merah yang terletak di Jawa Timur, tepatnya di Banyuwangi. Pulau Merah adalah teluk yang indah dengan batu ikonik yang menonjol keluar dari air.

Pulau Merah merupakan wisata terpencil dan tempat yang sempurna untuk menghabiskan beberapa hari untuk liburan. Pantai Pulau Merah atau dikenal sebagai Pulau Merah ini terletak di pantai bagian timur Pulau Jawa, dan berjarak sekitar 2 jam berkendara dari pusat Kota Banyuwangi.

TOC / Daftar Isi

9 Daftar Alasan Mengapa Anda Harus ke Pantai Pulau Merah

Jika sedang mencari destinasi wisata yang menyenangkan, sepertinya Anda perlu mencoba pergi ke Pulau Merah. Pulau ini perlu masuk ke dalam itinerary Anda karena sangat dekat dengan Gunung Ijen yang terkenal. Ya, letak pulau ini hanya selatan Gunung Ijen saja.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus pergi ke Pulau Merah yang indah:

Back to Content ↑

1. Memiliki Pasir yang Lembut

Pulau Merah adalah daya tarik utama di daerah Banyuwangi. Bisa dibilang Pantai Pulau Merah ini adalah pantai terbaik di Pulau Jawa. Pantainya memiliki hamparan pasir lembut yang indah dan airnya sangat jernih, bagus untuk menjadi tempat berenang yang sempurna.

Adapula beberapa kursi untuk berjemur dan gubuk yang berjejeran di pantai. Nah, yang membedakan pantai ini dengan lainnya adalah pantai ini bebas dari restoran, bar, dan pembangunan lainnya.

Pulau Merah juga dekat Pantai Mustika. Ada dua pantai yang bisa Anda kunjungi jika berkunjung ke Pulau Merah. Menyenangkan sekali, bukan?

Back to Content ↑

2. Snorkeling

Selain tampilan luarnya yang mempesona, pulau ini juga dianugerahi kekayaan keanekaragaman hayati laut. Anda bisa terjun ke laut dengan peralatan snorkeling untuk menyaksikan keindahan pulau ini.

Snorkeling adalah favorit para wisatawan jika datang ke Pulau Merah. Penduduk setempat juga selalu menyewakan perlengkapan snorkeling dengan harga yang murah. Air di pantai ini sangatlah jernih dan airnya biru kehijauan, tempat yang sangat menakjubkan untuk snorkling.

Back to Content ↑

3. Bisa Dilakukan untuk Surfing

Pulau Merah adalah tempat berselancar yang populer di Jawa. Tidak hanya menawarkan liburan pantai yang menyenangkan dengan ombak yang tenang, tetapi pantai ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk berselancar di Indonesia selain Pantai G-Land.

Ombak di Pulau Merah sangat cocok untuk pemula. Jika Anda datang di waktu yang tepat dan ombaknya sedang bagus, maka Anda bisa menikmati aktivitas berselancar sepuasnya.

Anda dapat menyewa papan selancar dari beberapa warung yang menyewakan atau dari beberapa kamp selancar. Ada banyak pilihan papan selancar yang bisa Anda sewa jika datang ke pantai ini.

Apabila Anda adalah peselancar yang berpengalaman dan mencari ombak terbaik, maka sangat disarankan untuk Pergi ke G-land setelah kunjungan Anda di Pulau Merah, karena memang ombak di pulau ini lebih cocok untuk pemula.

Back to Content ↑

4. Pergi Memancing

Anda yang hobi memancing tidak akan pernah menyesali keputusan untuk datang ke pulau ini sejak awal. Pulau Merah memungkinkan semua orang untuk memancing dari pantai dan tidak perlu menggunakan perahu.

Cukup gunakan pancing dan lempar senar pancing sejauh mungkin, karena ada banyak ikan yang pasti bisa Anda raih. Jika tidak puas, maka Anda bisa menyewa perahu mereka dengan harga yang bervariasi, namun tetap terjangkau.

Back to Content ↑

5. Menyaksikan Matahari Terbenam

Pemandangan matahari terbenam di Pulau Merah benar-benar indah terutama saat Anda berbaring di tepi pantai dan pesan kelapa muda beserta camilan khas Banyuwangi.

Pulau Merah sendiri merupakan tempat matahari terbenam yang populer di kalangan penduduk setempat. Sekitar pukul 5 sore setiap hari ada banyak orang yang tinggal di desa mendekat ke Pulau Merah untuk melihat matahari terbenam.

Back to Content ↑

6. Warganya Sekitar yang Ramah

Pulau Merah masih terbilang masih menjadi kawasan wisata yang masih sepi, sehingga tidak ada klub atau bar. Tidak ada pusat perbelanjaan dan toko pakaian. Fasilitasnya masih minim dan hanya ada beberapa warung yang dikelola oleh penduduk lokal.

Namun, tenang saja! Semua penduduk yang ada di Pulau Merah semuanya sangat ramah. Anda bisa berjalan ke mana saja, dan sangat aman. Hampir semua penduduknya akan menyapa dengan ramah.

Back to Content ↑

7. Wisata yang Murah

Pulau Merah adalah sebuah destinasi wisata yang sangat murah. Untuk menginap saja, tarif per malam dibanderol mulai Rp. 150.000,- per sudah include dengan beberapa fasilitas menarik.

Sementara untuk biaya makannya, Rp. 15.000,- saja, Anda sudah bisa menemukan banyak pilihan menu makanan yang enak.

Back to Content ↑

8. Hunting Makanan Lokal

Ya, memang rasanya belum lengkap jika berwisata ke suatu tempat belum menikmati makanan khas lokal. Lengkapi seluruh pengalaman Anda dengan beberapa hidangan lokal yang dijual di warung-warung sepanjang garis pantai.

Ada banyak makanan jalanan yang ringan dan makanan yang sehat, pilihannya tidak terbatas. Namun, sepertinya Anda perlu mencoba masakan tradisional yang hanya bisa ditemukan di pantai ini. Puaskan lidah Anda dengan rujak soto, pecel rawon, sego cawuk, nasi tempong, dan sayur kesrut.

Rujak soto adalah makanan yang menggabungkan rujak dengan soto babat sapi. Pecel rawon menawarkan nasi dengan sayur dan sambal kacang bersama dengan sop rawon. Sego Cawuk adalah nasi dengan kuah santan, dendeng, dan ikan kukus.

Sementara nasi tempong adalah makanan yang mencampurkan nasi dengan tahu, terong, ikan asin, dan sambal. Sementara sayur kesrut sendiri terdiri dari nasi dan sup pedas dari potongan daging sapi.

Back to Content ↑

9. Ada Sebuah Pura yang Ikonik

Di pantai ini, Anda bisa melihat sebuah pura yang ikonik, namanya Pura Segara Tawang Alun. Pada tahun 1980-an, komunitas masyarakat Hindu membangun sebuah rumah peribadatan. Pura tersebut tidak seperti pura di Bali dengan bata merahnya yang khas.

Situs religi ini berwarna abu-abu karena terbuat dari batu bata berwarna abu-abu. Puluhan pohon kelapa yang kokoh menambah nuansa tropis di tempat suci tersebut. Ketika tsunami dahsyat melanda daerah itu pada tahun 1994, sebagian pura hancur.

Back to Content ↑

Biaya Masuk Pantai Pulau Merah

Bagi Anda yang mengunjungi pantai ini, datang saja kapanpun Anda mau karena pantai ini buka setiap hari selama 24 jam penuh. Sementara untuk konter tiket buka wisata ini dibuka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

Tiket masuk ke Pulau Merah juga sangat murah, harganya sama baik untuk turis lokal maupun asing. Sementara biaya tempat parkirnya juga benar-benar gratis, baik untuk mobil, motor maupun jenis kendaraan lain. Adapun harga tiket masuk Pantai Pulau Merah Banyuwangi sendiri hanyalah Rp. 8.000,-.

Back to Content ↑

Wah, tentunya dengan harga Rp. 8.000,- saja, Anda sudah bisa merasakan asyiknya wisata pantai yang indah ini di Banyuwangi. Jika Anda berasal dari Kota Banyuwangi, Anda hanya membutuhkan waktu 90 menit untuk mencapai tempat ini. Jadi, jangan berpikir dua kali untuk mengunjungi wisata yang indah ini. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!