Skip to main content

6 Destinasi Wisata Jogja yang Lagi Hits, Sudah ke Sana?

Hutan Pinus Mangunan

6 Destinasi Wisata Jogja yang Lagi Hits, Sudah ke Sana?

Sekarang ini zaman mulai berkembang dan kemajuan teknologi pun sudah sangat pesat, begitu juga dengan pemikiran manusia. Banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik, maka tidak jarang manusia mengalami stress. Oleh karena itu orang-orang sering meluangkan waktunya demi liburan untuk hanya sekadar melepas penat dan stress oleh berbagai tekanan.

Terdapat destinasi wisata yang menarik di dunia, termasuk negara Indonesia. Banyak kota di Indonesia yang memiliki destinasi wisata sedang hits lho! Salah satunya adalah di kota Jogja. Kota Jogja selain dikenal sebagai kota pelajar ternyata Jogja adalah salah satu kota yang paling diminati untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Nah berikut ini adalah rekomendasi 5 Destinasi Wisata Jogja yang Lagi Hits, kamu Sudah ke Sana?

TOC / Daftar Isi

1. Taman Pelangi Jogja

Taman yang berada Ringroad Utara Jogja ini disebut sebagai taman pelangi karena keindahan ratusan lampu lampion warna-warni. Seperti pelangi yang muncul dimalam hari, tempat ini tentunya sangat menarik untuk berfoto.

Taman pelangi ini masih termasuk dalam kawasan Monumen Jogja Kembali. Jadi selain kalian dapat berkunjung ke Objek Wisata Monumen Jogja Kembali kalian juga dapat berkunjung ke Taman Pelangi tanpa perlu berjalan jauh.

Wisata Taman Pelangi ini dibuka dari mulai pukul 17.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB. Untuk harga tiket juga cukup bersahabat dengan kantong ya guys. Jadi tidak perlu khawatir jika kantong kalian akan terkuras habis demi membayar tiket.

Pada hari senin sampai jumat pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 10 ribu per orang dan khusus pada hari sabtu dan minggu pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 15 ribu per orang. Dengan bujet yang sangat terjangkau tersebut, jangan melewatkan tempat yang satu ini ya guys.

Back to Content ↑

2. Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Embung Nglanggeran menjadi salah satu tempat wisata yang romantis untuk dikunjungi dengan pasangan. Tempat ini cocok banget untuk kamu yang ingin melukis kenangan. Embung Nglanggeran adalah sebuah danau dengan pesona yang sangat memanjakan matamu dengan kecantikan dan panoramanya yang indah. Embung Nglanggeran ini terletak di Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ada kabar bahwa Embung Nglanggeran ini menjadi incaran wisata kaum muda saat ini di Yogyakarta. Ya siapa yang tidak akan tertarik untuk pergi ke danau eksotis yang berada di punggung Gunung Api Purba Nglanggeran. Menariknya lagi, tempat ini dikepung oleh Gunung Api Purba Nglanggeran. Apalagi jika kamu datang di saat pagi hari, kamu akan disuguhkan indahnya matahari yang muncul dari kejauhan pasti cantik banget.

Harga tiket masuk yang ditawarkan pun cukup terjangkau hanya dengan membayar Rp. 10.000 per orang saja kamu sudah dapat melihat keindahan yang sangat menakjubkan. Untuk kalian yang berkunjung dengan sepeda motor kalian akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 per motor dan Rp. 5.000 per mobil. Sangat terjangkau banget kan guys.

Back to Content ↑

3. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut ini adalah destinasi wisata yang wajib untuk kalian datangi saat ke Jogja. Sebab, air terjun ini memiliki dua warna yang unik yakni biru tosca dan putih jernih. Air Terjun Kedung Pedut ini berada di Pegunungan Menoreh, tepatnya di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo.

Saat kamu berkunjung kamu akan melihat beberapa kolam air yang jernih, dalam bahasa Jawa kolam air disebut dengan kedung. Untuk mencapai air terjun tersebut memanglah tidak mudah karena letaknya yang cukup tersembunyi. Kamu harus sedikit berjuang untuk mencapainya.

Namun, jangan khawatir akan hal itu karena semua perjuanganmu akan terbayarkan dengan keindahan air terjun yang masih terjaga keasriannya. Untuk kenyamanan pengunjung masyarakat bekerja sama dengan pihak pengelola.

Untuk tiket masuk ke air terjun tersebut dikenakan sebesar Rp. 3.000 dengan ongkos parkir Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000. Sangat murah sekali kan jadi jangan lewatkan untuk mengunjungi air terjun yang indah di Jogja ini yah.

Back to Content ↑

4. Hutan Pinus Mangunan

Selain ada Embung Nglanggeran ternyata destinasi ini juga terkenal dengan tempatnya yang romantis lho. Tempat ini bernama Hutan Pinus Mangunan yang berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke destinasi hutan yang banyak terdapat pepohonan yang menjulang tinggi yang dikenal dengan Pinus merkusii. Karena pemandangannya yang indah dan kesejukannya, tempat ini membuat wisatawan betah untuk berlama-lama.

Di Hutan Pinus Mangunan ini harga tiket masuknya belum diberlakukan secara resmi. Jika kamu datang ke wisata ini menggunakan sepeda motor maka kamu akan dikenai biaya parkir sebesar Rp. 3.000 dan mobil sebesar Rp. 10.000 serta jika kamu membawa bus biaya parkirnya sebesar Rp. 20.000. Wisata ini dibuka setiap hari pada pukul 06.00 WIB sampai pada pukul 17.30 WIB.

Back to Content ↑

5. Gumuk Pasir

Wisata ini adalah wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi karena keistimewaannya. Mengapa? karena gumuk pasir ini hanya ada beberapa jumlahnya di seluruh dunia yang salah satunya terdapat di Jogja tepatnya di daerah Parangkusumo.

Gumuk pasir yang berada di Jogja ini bertipe barchan, tetapi iklimnya tropis basah. Uniknya lagi gumuk ini terdapat di seluruh garis lintang dunia, mulai dari kutub hingga khatulistiwa. Hal itulah yang membuat gumuk yang berada di Jogja itu menjadi istimewa dan langka.

Gumuk Pasir Parangkusumo juga pernah dijadikan lokasi untuk pembuatan beberapa klip video di antaranya adalah pembuatan klip video Agnes Monica dengan lagunya yang berjudul “Godai Aku Lagi” dan video dari grup band Letto. Fakta yang tidak kalah menarik adalah gumuk ini menjadi tempat sandboarding satu-satunya di Asia Tenggara.

Para wisatawan yang ingin bermain sandboarding di gumuk ini dapat menyewa papan sandboarding sepuasnya lengkap dengan pemandu yang sigap mengajarkan cara meluncur di pasir hanya dengan membayar Rp. 70.000.

Back to Content ↑

6. Rumah Teletubbies

Siapa sih di sini yang tidak kenal dengan tokoh kartun bernama teletubbies. Serial kartun ini pernah ditayangkan di televisi Indonesia. Teletubbies memiliki tempat tinggal yang unik. Sekarang tempat tinggal teletubbies yang unik itu bisa kita lihat di dunia nyata lho.

Ya kamu tidak salah dengar, kamu dapat menjumpai rumah teletubbies di kampung teletubbies yang berada di Jogja. Sebuah kampung yang sengaja di desain menyerupai dengan rumah teletubbies. Wisata rumah teletubbies ini berada di Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Kamu bisa berkunjung ke rumah teletubbies dengan membayar harga tiket Rp. 5.000 per orang. Selain itu, kamu di sini juga diperbolehkan untuk menginap lho. jika ingin menginap kalian bisa membayar Rp. 12.000 per orang. Harga ini sangat terjangkau kan untuk sebuah pengalaman unik dan mengesankan bagi para pecinta kartun teletubbies.

Back to Content ↑

Nah, dari enam tempat wisata tersebut mana saja yang sudah kamu kunjungi? Setelah berkunjung kesana jangan lupa ber spot foto ria dengan pemandangan yang indah ya! Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!