Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

10 Aplikasi Chatting selain WhatsApp, Solusi WA saat Down

 10 Aplikasi Chatting selain WhatsApp, Solusi WA saat Down
Telegram

10 Aplikasi Chatting selain WhatsApp, Solusi WA saat Down

WhatsApp menjadi aplikasi chatting yang saat ini banyak digunakan oleh hampir semua kalangan. Hal ini dikarenakan WhatsApp memiliki fitur yang lengkap serta mudah digunakan. Selain itu, tidak ada iklan yang bermunculan di WhatsApp, sehingga lebih ringan digunakan. Namun, ada kalanya aplikasi WhatsApp mengalami down, sehingga proses komunikasi Anda menjadi terganggu.

Saat terjadi WhatsApp down solusinya ialah berkomunikasi menggunakan aplikasi chatting lainnya. Mungkin bagi Anda yang terbiasa menggunakan WhatsApp tidak terpikirkan untuk menggunakan aplikasi chatting lainnya. Namun, untuk memudahkan komunikasi kenapa tidak? Nah, dalam artikel ini akan dibahas tentang aplikasi chatting selain WhatsApp yang bisa Anda gunakan.

TOC / Daftar Isi

10 Daftar Aplikasi Chatting selain WhatsApp, Solusi saat WA Down

WhatsApp sebagai aplikasi chatting yang digunakan oleh banyak sekali pengguna bukan tidak mungkin mengalami server down. Bahkan pada tahun 2019 silam, aplikasi WhatsApp mengalami down sebanyak lima kali. Sehingga, proses komunikasi para pengguna WhatsApp menjadi terhambat. Berikut ini aplikasi chatting selain WhatsApp yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif saat WA down:

Back to Content ↑

1. Telegram

Alternatif aplikasi chatting yang bisa Anda gunakan ketika WA sedang down adalah Telegram. Aplikasi chatting yang satu ini dapat digunakan dengan fleksibel, sehingga Anda bisa menambahkan fitur-fitur tambahan, seperti polling.

Pesan yang ada di Telegram berbasis cloud, sehingga Anda bisa berkomunikasi dengan para pengguna Telegram tanpa batasan device. Melalui aplikasi ini Anda bisa berbagi foto, video, dokumen, audio, dan file lainnya hingga ukuran maksimal 1.5 GB.

Untuk Anda yang ingin membuat grup di Telegram juga bisa menampung sebanyak 5000 anggota. Keren kan? Dengan daya tampung anggota yang banyak ini, maka Anda tidak perlu membuat banyak grup untuk satu jenis bahasan yang sama. Enkripsi end-to-end yang dimiliki Telegram juga menjadikan aplikasi ini lebih aman digunakan.

Back to Content ↑

2. LINE

Aplikasi chatting selanjutnya yang bisa Anda gunakan yaitu LINE. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk chatting sehari-hari dengan teman, pacar, keluarga, ataupun rekan kerja. Ciri khas aplikasi yang dibuat oleh LINE Corporation ini adalah sticker lucu dan bentuk chat yang interaktif. Hal ini membuat proses berkirim pesan menjadi tidak membosankan.

Melalui aplikasi LINE, Anda juga bisa melakukan voice dan video call secara gratis. Hebatnya lagi Anda bisa melakukan video call sekaligus bermain game di HP. Aplikasi ini bisa digunakan di smartphone dan PC, sehingga lebih mudah digunakan.

Back to Content ↑

3. Facebook Messenger

Ketika terjadi server WA down Anda juga bisa menggunakan Facebook Messenger sebagai alternatif media berkomunikasi. Aplikasi yang merupakan bagian dari Facebook ini memiliki fitur mirip dengan WhatsApp. Anda bisa mengirim chat, melakukan panggilan suara dan video call.

Untuk bisa berkomunikasi dengan pengguna Facebook Messenger, Anda tidak perlu mengetahui nomor telepon yang digunakan, namun cukup dengan mengetahui username Facebook saja.

Untuk Anda yang ingin berkirim pesan via PC, maka Facebook Messenger ini bisa menjadi pilihan yang tepat, karena aplikasi ini bisa digunakan di PC dan smartphone.

Back to Content ↑

4. Discord

Ketika server WhatsApp sedang tumbang Anda juga bisa menggunakan aplikasi Discord sebagai solusinya. Sebenarnya aplikasi ini dibuat khusus untuk chatting para gamer. Di aplikasi Discord ini Anda bisa menemukan komunitas game, sehingga bisa berbagi topik pembahasan dan pengalaman antar gamer.

Aplikasi chatting khusus para gamer ini bisa digunakan di PC dan smartphone, sehingga lebih memudahkan Anda dalam berkomunikasi. Selain itu, dengan menggunakan Discord Anda juga bisa melakukan chatting dan menelepon teman ketika bermain game. Ada banyak game yang sudah didukung aplikasi Discord, seperti LoL, Apex Legends, CS:GO, dan lainnya.

Back to Content ↑

5. Imo

Aplikasi chatting selanjutnya yang bisa Anda gunakan ketika WhatsApp down yaitu Imo. Aplikasi chatting yang satu ini memiliki fitur mirip dengan WhatsApp, sehingga Anda lebih mudah saat menggunakannya. Dengan menggunakan Imo maka Anda bisa berkirim pesan, melakukan panggilan telepon, dan video call dengan sesama penggunanya.

Mirip dengan WA, untuk melakukan komunikasi dengan orang lain melalui aplikasi Imo, maka Anda harus memiliki nomor teleponnya terlebih dahulu. Barulah bisa melakukan komunikasi gratis via Imo.

Aplikasi Imo juga memungkinkan Anda untuk berbagai file seperti video, suara, dokumen, dan lainnya. Terdapat pula ratusan stiker menarik yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Back to Content ↑

6. Skype

Skype menjadi aplikasi yang bisa Anda gunakan ketika terjadi WhatsApp down. Aplikasi ini dikenal sebagai aplikasi video call dengan kualitas terbaik. Disamping itu, Anda juga bisa berkirim pesan dengan aplikasi chatting yang satu ini.

Fitur menarik lainnya yang ada di aplikasi ini seperti berbagai audio, foto, emoticon, dan panggilan telepon. Untuk Anda yang ingin melakukan panggilan video call lebih dari dua orang juga bisa menggunakan aplikasi Skype. Untuk itulah, Anda bisa menggunakan aplikasi ini ketika WhatsApp sedang down.

Back to Content ↑

7. Steam

Untuk para gamer pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini menyediakan berbagai jenis game secara digital. Untuk Anda para pecinta game bisa membelinya melalui aplikasi Steam ini.

Selain itu, aplikasi Steam dapat menjadi solusi untuk berkomunikasi ketika WhatsApp sedang down. Aplikasi ini bisa digunakan di smartphone dan laptop, sehingga memudahkan Anda untuk melakukan komunikasi.

Kegunaan aplikasi Steam adalah untuk mengirim pesan ketika bermain game, sehingga fitur chatting yang dimiliki hanya untuk mengirim pesan teks. Oleh karena itu, Anda tidak akan terganggu dengan munculnya emoticon atau stiker ketika sedang asyik-asyiknya bermain game.

Back to Content ↑

8. Blizzard Battle.net

Blizzard merupakan developer dan penerbit berbagai game ternama. Terdapat banyak game yang dibuat oleh Blizzard, seperti Overwatch, Warcraft, Hearthstone, dan lainnya.

Selain membuat berbagai game ternama, Blizzard Entertainment juga memiliki aplikasi chatting bernama Blizzard Battle.net. Tujuan utama dibuatnya aplikasi chatting ini adalah untuk menghubungkan antar pemain game. Anda bisa melihat game apa yang sedang dimainkan sesame pengguna Blizzard Battle.net sambil chatting.

Back to Content ↑

9. Kik

Aplikasi chatting yang cocok Anda gunakan ketika terjadi WA down selanjutnya adalah Kik. Untuk Anda yang senang melakukan chat grup dengan penuh canda tawa maka Kik menjadi pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan aplikasi Kik menyediakan berbagai emoji, GIF, dan foto yang menarik.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah fitur untuk bermain quiz atau game ketika Anda sedang kehabisan bahan pembicaraan. Meskipun Kik bukan aplikasi chatting buatan Indonesia, namun Anda layak menggunakannya.

Back to Content ↑

10. BAND

Aplikasi pengganti WhatsApp down yang berikutnya yaitu BAND. Anda bisa melakukan komunikasi pribadi ataupun chatting grup menggunakan aplikasi BAND. Aplikasi ini juga menyediakan kalender yang bisa digunakan untuk mengatur segala kegiatan.

Selain itu, Anda bisa menentukan kegiatan apa yang akan dilakukan, membagikan foto dan video dengan menggunakan fitur poll. Aplikasi ini memiliki rating 4.4 di Google Play, sehingga layak untuk dicoba.

Back to Content ↑

Demikianlah ulasan tentang aplikasi chatting selain WhatsApp solusi untuk server WA down. Anda bisa memilih salah satu aplikasi chatting yang sesuai kebutuhan. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!