Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Baterai HP Mulai Boros? Perhatikan 9 Tips Merawat Baterai HP yang Baik dan Benar 100%

Baterai HP Mulai Boros? Perhatikan 9 Tips Merawat Baterai HP yang Baik dan Benar 100%
Baterai HP Mulai Boros? Perhatikan Tips Merawat Baterai HP yang Baik dan Benar 100%

Baterai HP Mulai Boros? Perhatikan 9 Tips Merawat Baterai HP yang Baik dan Benar 100%

Teknologi sekarang ini memang sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Terbukti dengan semakin banyaknya keluaran HP terbaru yang tentunya memiliki fitur lebih canggih lagi dan lagi. Tampilan serta fiturnya pun beragam dan rata-rata memiliki ciri khas masing-masing.

Misalnya saja HP yang saat ini banyak digunakan dengan fitur sistem Androidnya yang banyak diminati. Selain itu saat ini rata-rata HP memiliki layar yang luas, prosesor yang lebih cepat serta dilengkapi dengan RAM yang besar.

Fitur-fitur tersebut memang membuat orang-orang merasa senang dan asyik dengan dunia onlinenya. Kecenderungan ini bukan tidak mungkin membuat penggunaan HP semakin berlebihan. Dampaknya Anda akan mengalami kecanduan terhadap HP dan baterai HP pun memiliki umur yang pendek.

Untuk mengatasi permasalahan terkait dengan baterai HP, berikut ini beberapa tips mudah yang bisa Anda tiru agar baterai bisa bertahan lama. 9 Tips yang akan dibagikan berlaku untuk HP dengan baterai tanam maupun baterai removable:

TOC / Daftar Isi

Jangan Aktifkan Mode Getar

Tips pertama agar baterai HP Anda menjadi lebih awet adalah hindari penggunaan mode getar. Meskipun mode getar seringkali dipilih agar tidak berisik apabila ada notifikasi masuk, akan tetapi nyatanya mode getar justru membutuhkan daya yang lebih banyak.

Bagaimana bisa demikian? Bisa Anda bayangkan ketika HP harus bergetar maka secara logika HP tersebut membutuhkan tenaga ekstra sehingga baterai harus bekerja lebih keras lagi. Nah, agar suara HP Anda tidak mengganggu saat bekerja dan baterai tetap awet maka sebaiknya gunakan mode silent atau diam. Dengan begitu HP akan diam dan baterai tetap awet.

Back to Content ↑

Hindari HP Overheat

Peringatan bagi Anda semua, terutama yang hobi main game. Jangan biarkan HP Anda sampai kepanasan atau overheat. Pasalnya, jika HP Anda sering mengalami overheat maka bisa menjadi salah satu faktor baterai HP berumur pendek.

Usahakan untuk menggunakan HP Anda secara bijak dan tidak perlu berlebihan. Misalnya saja pada saat bermain game dan Anda merasa HP mulai panas maka sebaiknya untuk berhenti dan membiarkan HP istirahat sejenak.

Contoh lainnya yakni mempergunakan fitur kamera seperlunya saja. walaupun Anda memang menyukai foto-foto akan tetapi jangan sampai berlebihan. Jangan lupa juga untuk mematikan background aplikasi Anda!

Back to Content ↑

STOP Permukaan HP Panas

Tips selanjutnya adalah menjaga agar layar HP selalu dalam suhu yang normal. Hindarkan layar HP Anda dari sinar matahari secara langsung. Sebab sinar matahari tidak hanya akan membuat kecerahan layar semakin berkurang saja tetapi juga membuat permukaan HP kepanasan.

Panas yang berasal dari luar jika bertemu dengan panas alami permukaan HP maka bisa berdampak ke baterai. Resiko yang mungkin ditimbulkan adalah baterai HP kembung dan gampang drain.

Back to Content ↑

Perbaiki Siklus Pengecasan HP

Ada banyak mitos serta teori yang mengungkapkan tentang pengecasan HP agar baterai tetap awet. Ada mitos yang mengatakan bahwa mengecas HP semalaman akan menyebabkan baterai HP tidak awet.

Mitos tersebut tampaknya sudah tidak berlaku di zaman sekarang ini. Pasalnya, kebanyakan HP sekarang ini sudah dibekali dengan sistem yang mampu menghentikan daya listrik secara otomatis saat baterai sudah penuh. Sehingga meskipun mengecas semalaman itu tidak berpengaruh.

Teori lain menyatakan pengisian baterai yang benar adalah melakukan isi ulang pada saat baterai sudah 40%. Lalu, mencabutnya ketika sudah mencapai angka 80%. Tujuannya adalah agar menjaga siklus baterai HP Anda. Ditambah lagi, saat ini hampir semua HP sudah dilengkapi dengan fitur canggih fast charging.

Back to Content ↑

Gunakan Baterai Saver

Penggunaan fitur battery saver ternyata memiliki pengaruh yang lumayan besar loh. Terlebih bagi HP yang menggunakan baterai tanam. Apabila Anda penasaran, maka coba saja Anda aktifkan fitur ini pada saat baterai Anda tinggal sedikit.

Kemudian lihat perbedaan penggunaan baterainya. Karena ketika Anda mengaktifkan fitur ini saat baterai lemah, secara otomatis sistem akan menurunkan performa CPU nya. Lain halnya jika HP Anda masih tetap full performance saat baterai lowbat, maka ini akan beresiko menurunkan kualitas serta umur baterai HP Anda.

Solusi lainnya yakni Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang memiliki baterai saver ya. Agar baterai HP tetap awet meski menggunakan banyak aplikasi.

Back to Content ↑

Hindari Aplikasi Beriklan

Tips berikutnya yakni Anda harus menghindari penggunaan aplikasi yang mengandung banyak iklan. Sebab, selain akan membuat baterai HP Anda semakin boros juga akan berdampak jangka panjang bisa membuat baterai tidak awet lagi. Hal tersebut dikarenakan performa dari baterai HP Anda akan turun.

Jika ternyata aplikasi yang Anda gunakan selama ini memang mengandung banyak iklan. Sebaiknya gunakan cara jitu untuk menghilangkannya. Caranya bisa Anda lihat di artikel-artikel yang membahas mengenai hal itu.

Back to Content ↑

Fitur Lokasi

Tahukah Anda bahwa mengaktifkan fitur lokasi secara terus menerus bisa mengakibatkan baterai cepat habis? Faktanya memang begitu guys! Disadari atau tidak ketika Anda menghidupkan fitur lokasi Anda jadi lebih sering mengisi ulang baterai.

Dampak yang ditimbulkan ternyata terbilang signifikan loh. Hanya dalam kurun waktu satu bulan pengaktifan fitur lokasi, maka baterai akan mengalami drain. Berkaca dari hal tersebut, akan lebih baik jika Anda menonaktifkan fitur lokasi agar baterai HP Anda lebih awet.

Anda tetap boleh menggunakan fitur tersebut, hanya saja penggunaannya seperlunya saja. Misalnya pada saat akan menggunakan jasa Google Maps barulah Anda aktifkan fitur GPS nya.

Back to Content ↑

Kecerahan Layar

Kecerahan layar HP Anda ternyata juga berpengaruh terhadap keawetan baterai loh. Untuk itulah, disarankan untuk menggunakan kecerahan terendah agar baterai tahan lama. Selain menghemat baterai, hal tersebut juga akan menjaga mata Anda dari sinar yang terlalu terang dari layar HP.

Terkecuali jika Anda sedang berada di tempat yang terang, maka bolehlah Anda menambah tingkat kecerahannya. Apabila tidak begitu Anda pasti tidak akan bisa melihat layar HP dengan jelas.

Memang agak sedikit repot jika mengatur kecerahan layar secara manual. Akan tetapi, penggunaan pencerah layar secara otomatis juga bisa menguras baterai. Oleh sebab itu, pengaturan secara manual adalah pilihan yang paling tepat.

Biar lebih bisa hemat lagi, Anda bisa mengatur waktu tidur layarnya. Boleh 1 menit ataupun kurang yang sekiranya tidak terlalu lama. Karena jika layar on dalam waktu yang cukup lama meskipun tidak dipakai, bisa dipastikan baterai akan banyak berkurang.

Back to Content ↑

Non Aktifkan Notifikasi

Tips yang juga berpengaruh besar terhadap ketahanan baterai HP Anda adalah mematikan notifikasi. Tidak semua aplikasi Anda matikan semua notifikasinya, namun hanya beberapa aplikasi yang Anda anggap kurang penting. Tips satu ini terbilang efektif untuk mengurangi kecanduan terhadap HP dan bisa sekaligus menghemat baterai.

Bagaimanakah caranya? Langsung saja pilih menu Setting dan pilih Apps. Kemudian Anda pilih aplikasi maupun game yang sekiranya tidak ingin Anda tampilan pemberitahuannya. Jika Anda sudah menemukan menu show notification, tinggal hilangkan saja ceklisnya.

Back to Content ↑

9 tips agar baterai tetap hemat di atas bisa Anda praktekkan agar baterai HP Anda tetap tahan lama. Setelah semua tips dilakukan, rasakan manfaat yang akan Anda dapatkan. Jika Anda rajin menjaga serta merawat baterai HP mu, tentu saja masa pakai HP Anda juga akan menjadi lebih lama dan tidak perlu gonta ganti HP baru kan. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!