Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

4 Tips Mengatasi Stres Saat Bekerja dari Rumah

4 Tips Mengatasi Stres Saat Bekerja dari Rumah
Work From Home

4 Tips Mengatasi Stres Saat Bekerja dari Rumah

Di tengah pandemi Corona yang tengah melanda Indonesia pada tahun 2020 ini. Ada banyak sekali perusahaan di kota besar yang melakukan kebijakan WFH (Work From Home). Hal tersebut senada dengan aturan pemerintah untuk mengurangi kapasitas karyawan yang berada di satu gedung yang sama hingga 50% dan tentunya didasari oleh kekhawatiran tentang penyebaran virus COVID-19 dalam cluster-cluster baru di area perkantoran yang semakin meluas.

Selain itu, dengan adanya kebijakan ini diharapkan akan memberikan keleluasaan kepada masing-masing perusahaan untuk dapat mengambil langkah-langkah tepat guna dalam membatasi penyebaran Covid-19 di perusahaan masing-masing. Bagi karyawan sendiri, sebagian besar menganggap bahwa Work From Home sangat efektif karena selain membatasi penyebaran Covid-19, para karyawan juga dapat meluangkan lebih banyak waktu dengan keluarganya yang terkadang hanya dapat dilakukan pada akhir pekan dalam kondisi normal.

Namun, dilain pihak, kebijakan Work From Home ini nyatanya juga menimbulkan polemik baru karena minimnya interaksi dengan orang luar, kebosanan hingga work-overload. Disamping itu juga, dengan minimnya pengawasan serta tipisnya batas antara jam kerja dan mengurus keluarga, mengakibatkan sebagian dari mereka merasa stres dan lebih tertekan dibandingkan kondisi normal.

Perubahan kondisi yang terlampau cepat ini tentunya membuat manusia sulit beradaptasi terlebih dengan kondisi lingkungan yang baru. Karyawan tidak bisa lagi menjalani rutinitas berangkat ke kantor seperti biasa, tidak bisa saling bertatap muka dengan teman kantor lainnya dan juga tidak bisa bebas keluar seperti sebelumnya.

Hal tersebutlah yang meningkatkan resiko stres pada karyawan yang mengikuti kebijakan Work From Home dari perusahaan tempat mereka bekerja. Nah, berikut ini ada beberapa tips mengatasi stres dan rasa suntuk ketika bekerja dari rumah yang bisa Anda terapkan:

TOC / Daftar Isi

Buatlah List Daftar Kegiatan

Saat Anda bekerja dari rumah, Anda akan mendapatkan waktu bekerja yang lebih fleksibel meskipun ada beberapa perusahaan yang tetap memberikan jam kerja resmi seperti jam 8 sampai dengan 5 sore. Namun, karena Work From Home ini tak menyita waktu untuk berangkat dan pulang kerja. Anda bisa menghemat banyak waktu.

Agar tidak mengalami stres karena banyak pekerjaan yang menumpuk. Ada baiknya Anda anda membuat timeline atau jadwal pekerjaan sehingga meski dari rumah sekalipun pekerjaan Anda akan tetap tertata dengan baik dan rapi.

Back to Content ↑

Awali Pagi dengan Olahraga dan Sarapan

Poin ini berhubungan erat dengan poin pertama. Dalam daftar kegiatan harian yang akan Anda lakukan ada baiknya memasukkan olahraga dan sarapan ke dalam list teratas.

Olahraga seperti jogging atau bersepeda dapat membuat pikiran menjadi lebih fresh dan tubuh menjadi lebih rileks. Dengan pikiran dan tubuh yang segar, Anda dapat kembali melakukan aktivitas selanjutnya dengan lebih santai namun tetap fokus. Selain itu, sarapan juga sangat penting agar Anda mendapatkan tenaga sebagai penunjang kegiatan selanjutnya.

Back to Content ↑

Design Ruang Kerja yang Menarik

Tips Mengatasi Stres Saat Bekerja dari Rumah

Work Form Home memberikan kesempatan pada Anda untuk mendesain ruangan kerja milik Anda sendiri sesuai dengan keinginan. Hal yang tentunya sangat jarang bisa Anda lakukan di kantor.

Memiliki design ruangan kerja yang menarik dapat mengatasi stres dalam bekerja. Usahakan pula ruangan kerja Anda memiliki ventilasi yang cukup.

Bila Anda kebingungan dalam membangun desain ruang kerja atau rumah yang paling tepat dengan kebutuhan Anda maka sebaiknya dapat didiskusikan dengan intens dengan para desainer contohnya dari Kaisar Propertindo.

Back to Content ↑

Sering melakukan Interaksi dengan Teman Kerja via Online

Anda dapat melakukan interaksi dengan teman kerja baik dengan memanfaatkan media seperti chat, video call dan lain sebagainya. Berinteraksi dengan orang lain yang menghadapi kondisi serupa dapat mengatasi stres kerja karena bisa saling menyampaikan keluh kesah masing-masing.

Back to Content ↑

Demikian tips cara mengatasi stress saat bekerja dari rumah yang dapat terutama saat pandemi corona Covid-19 tengah merebak seperti sekarang ini. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat