Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

12+ Rekomendasi Game Edukasi Terbaik 2022

12+ Rekomendasi Game Edukasi Terbaik 2022
Matching Games Memory Games Pairs: Remembery

12+ Rekomendasi Game Edukasi Terbaik 2022

Smartphone pada zaman sekarang mungkin sudah tidak asing bagi anak-anak, bahkan sampai tidak bisa lepas dari smartphone. Anak-anak itu sudah pasti tertarik pada game, apalagi sekarang dengan banyaknya pilihan game, dengan seringnya bermain game sejak dini pasti ada dampak buruknya, Namun tidak semua game berdampak buruk bagi anak-anak loh. Ada juga yang justru mengedukasi.

Berbeda dengan orang dewasa, menggunakan smartphone itu untuk berkomunikasi dan juga bisa jadi alat kerja. Nah, wajib bagi orang tua untuk memantau dan membimbing anak supaya bermain game itu tak hanya sekedar menghibur namun sekaligus bisa menjadi media edukasi yang menunjang tumbuh kembang seorang anak.

Penasaran ada apa saja? Berikut rekomendasi Game Edukasi yang bisa kamu unduh dan mainkan di smartphone kamu tentunya berbasis android. Yuk Simak!

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Brain Out, Game Asah Otak dan Kreativitas yang Bisa Anda Coba

Matching Games Memory Games Pairs: Remembery

Matching Games Memory Games Pairs: Remembery

Game Edukasi pertama adalah Matching Games Memory Games Pairs: Remembery. Game ini bertujuan untuk melatih ingatan, konsentrasi, akurasi, atensi, kecepatan berpikir, dan juga keterampilan logika si anak. Di dalam game si anak akan bermain mencocokan gambar dan juga banyak trik yang mampu mengasah daya ingat si anak.

Back to Content ↑

Doctor Kids

Doctor Kids

Game edukasi berikutnya ialah Doctor Kids. Tidak berbeda dengan game-game edukasi lainnya game ini sangat berperan dalam melihat minat dan bakat si anak. Tidak ada yang ga mungkin bisa saja setelah bermain game ini si anak termotivasi menjadi dokter saat dewasa nanti. Di dalam game ini si anak akan melakukan pemeriksaan gigi, mata, x-ray tulang, menggunakan mikroskop untuk meneliti kuman, dan juga masih banyak lagi.

Back to Content ↑

Cooking Mama: Let's Cook!

Cooking Mama: Let's Cook!

Game Edukasi kali ini dengan tema masak-masakan, mungkin game dengan tema ini dianggap game edukasi anak perempuan. Namun bagi anak laki-laki tidak menutup kemungkinan untuk memiliki minat di bidang ini. Di game ini si anak tidak hanya mengenal minat anak dalam memasak, namun si anak harus mengikuti arahan dan juga instruksi dalam setiap langkah-langkah memasak supaya tidak menggagalkan suatu masakan.

Back to Content ↑

Preschool Learning Games: Fun Games for Kids

Preschool Learning Games: Fun Games for Kids

Game Edukasi lainnya adalah Preschool Learning Games: Fun Games for Kids. Game ini sangat cocok dimainkan oleh anak-anak karena di game ini terdapat 15 permainan yang tersedia di antaranya ada quiz, belajar alphabet, angka dan masih banyak lagi. Di Game ini anda bisa menyesuaikan umur si anak supaya bisa belajar sesuai dengan kemampuannya saat itu. Dan juga anda bisa mengikuti perkembangan si anak secara bertahap.

Back to Content ↑

Puzzle Kids – Animals Shapes and Jigsaw Puzzle

Puzzle Kids – Animals Shapes and Jigsaw Puzzle

Game Edukasi selanjutnya adalah Puzzle Kids – Animals Shapes and Jigsaw Puzzle. Dengan game ini tak hanya anak-anak yang bisa bersenang-senang namun game ini dirancang untuk orang tua dan anak-anak bisa bersenang-senang bersama. Game ini mempunyai 4 kategori mini game yaitu ada, tebak gambar, mencocokkan bentuk, menyusun objek, dan teka-teki jigsaw.

Di setiap mini game tentunya sangat menantang anak anda untuk menemukan dan manipulasi bentuk,mengenali bagaimana bentuk sesuai dengan gambar yang lebih besar, dan memecahkan teka-teki. Tampilan di game ini tentunya sangat berwarna dan juga mudah digunakan untuk tangan mungil.

Back to Content ↑

Block! Hexa Puzzle

Block! Hexa Puzzle

Game Edukasi selanjutnya yang bisa menemani si kecil yaitu Block! Hexa Puzzle. Tentunya dengan penuh warna menjadikan si anak lebih tertarik. Cara bermainnya sangat mudah, ada suatu bentuk yang harus diisi dengan potongan-potongan balok warna-warni yang sudah tersedia. Di game ini si anak membutuhkan ketepatan berpikir karena tantangan game ini yaitu potongan balok tersebut tidak bisa dirotasi untuk disesuaikan.

Back to Content ↑

Coloring & Learn

Coloring & Learn

Game Edukasi lainnya adalah Coloring & Learn. Seperti nama game nya coloring & learn si anak akan mewarnai sebuah objek dan juga mengenal dengan bermacam-macam objek seperti hewan, kendaraan, alphabet, angka dan masih banyak lagi. Tentunya mewarnai itu bermanfaat bagi si anak dalam hal mengembangkan kemampuan motoric, ketangkasan tangan , dan melatih konsentrasi. Dan si anak dapat pula belajar berbagai hal baru dari game ini.

Back to Content ↑

Quick Brain

Quick Brain

Game Edukasi berikutnya ialah Quick Brain. Yap sudah jelas dari namanya juga “Quick Brain”, game ini bagi si anak ialah untuk mengasah kecepatan otak dalam memproses perhitungan. Jika si anak mempunyai bakat di matematika, game ini sangat cocok untuk mempertajam bakat si anak. Di setiap soal mempunyai batas waktu, jadi si anak dilatih untuk berpikir kritis dan juga cepat.

Back to Content ↑

Khan Academy Kids

Khan Academy Kids

Game Edukasi berikutnya adalah Khan Academy Kids. Game edukasi kali mencakup ribuan kegiatan interaktif tak hanya untuk anak-anak, ada balita dan anak-anak prasekolah. DI dalam game ini si anak bisa belajar membaca, menulis, bahasa, matematika, perkembangan social, pengembangan motorik, dan juga keterampilan pemecahan masalah. Dan juga materi pembelajaran di dalam game ini sudah dikemas sedemikian rupa supaya si anak bisa menikmati proses bermain sambil belajar ini.

Back to Content ↑

Duolingo

Duolingo

Di Game Edukasi ini kamu bisa mengajarkan si anak berbahasa asing dengan cara yang menyenangkan pastinya melalui game ini, yang bernama Duolingo. Dalam game ini tak hanya mengajarkan si anak bahasa inggris, namun juga masih ada 30 bahasa asing yang tersedia di dalam game ini, di antaranya ialah bahasa Mandarin, Perancis, Korea, Jepang dan lainnya. Dengan tampilan duolingo yang menarik di jamin si anak akan lebih tertarik dan juga bersemangat saat bermain sambil belajar ini.

Back to Content ↑

All in 1

All in 1

Game Edukasi ini yang dibuat oleh developer Indonesia, yakni RC Multimedia. Game tersebut ialah All in 1, yang bisa kamu dapatkan secara gratis di Google Play Store. Game edukasi satu ini tentu sangat berguna bagi orang tua sebagai media pembelajaran digital.

Karena game ini dirancang untuk membantu kamu dalam memberikan pengajaran mengenai hal-hal dasar seperti pengenalan angka, huruf, warna, dan masih banyak lagi. Game ini patut kamu coba.

Back to Content ↑

Fishing for Kids

Fishing for Kids

Dalam game edukasi ini merupakan game yang memberikan pengenalan kepada si anak tentang makhluk yang ada di bawah laut. Dengan bertema laut, nuansa yang menjadikan pembelajaran seru itu ialah menjadi kan ikan kecil sebagai target tangkapan. Tentunya game ini mampu merangsang daya tangkap si anak dan juga melatih fokus.

Back to Content ↑

Educational Games 4 Kids

Educational Games 4 Kids

Game Edukasi terakhir ialah Educational 4 Kids. Game tersebut memberikan edukasi dalam pengenalan jenis-jenis makhluk hidup, ini juga sangat penting loh bagi tumbuh kembang si anak. Untuk itu game ini sangat membantu anda untuk memberikan pemahaman si anak terhadap makhluk hidup disekitar kita. Pembelajaran yang diberikan game ini lewat berbagai aktivitas di antara lainnya mewarnai, bermain puzzle, dan masih banyak lagi yang bisa dimainkan.

Back to Content ↑

Itulah beberapa game edukasi yang bisa kamu coba untuk si anak. Inget gak semua game itu berdampak buruk, diantaranya tadi dan masih banyak lagi game edukasi lainnya. Di satu sisi dengan game edukasi mampu membangun ketertarikan si anak untuk belajar. Dan di sisi lainnya juga, penggunaan gadget itu perlu diatur karena bermain juga diperlukan belajar tertib dan juga bisa membagi waktu dengan bijak. Pendampingan ortu sudah pasti sangat penting bagi pertumbuhan si anak di segala aspek. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat Ya!